KH MAS AHMAD MUHAJIR MANSHUR


____________________________________________


beliau itu salah satu seorang kyai besar akhir dekade dindresmo . beliau pecinta ilmu . sangat istiqamah dalam hal mengajar ngaji pd santri2nya . itu tak heran karena beliau itu pernah mondok dibeberapa pesantren hingga 26 tahun lamanya . salah satu pesantren yg beliau mondok disana adalah tempat kyai muntaha madura . ayah beliau , kyai mas manshur sangat disiplin dalam hal mendidik beliau sejak kecil . sang ayah tak segan2 marah jika beliau malas2-an utk ibadah dan mengaji . seperti layaknya ujian sekolah , sang ayah selalu menge-test apa2 yang sudah diperoleh putranya itu selama dipesantren . karena ada rasa takut g' bisa menjawab jika sewktu2 ayahnya bertanya pd beliau seputar ilmu yg tlah beliau pelajari dipesantren , maka setiap beliau bermain pasti selalu membawa kitab korasan alfiyah ibnu malik .

beliau pernah bercerita pdku saat masih muda dulu paling senang bermain layang2 dan musik gambus . namun , kata beliau lagi , jika sedang main layang2 atau sedang main gambus tak lupa selalu membawa korasan kitab alfiyah itu . beliau ini sangat luar biasa pengetahuan ilmu tafsir dll terutama nahwunya .wah , aku ingat ketika ngaji tafsir aljalalein jam 4 sore pada beliau . jika beliau menjelaskan isi dari kitab tersebut , seakan membius para pendengarnya . itu karena kefashehan dan kewibawaan beliau saat menjelaskannya . hingga meski sangat lama , para santri2 tak merasakan waktu yg lama .

ada lagi yg beliau suka , yaitu wayang kulit ... wah betah banget beliau jika melihat acara TVRI tempo dulu saat acara wayang . biasanya beliau didampingi oleh khadam terdekat beliau yang bernama syafi'i ( yg pd akhirnya beliau juga mempunyai pesantren di kota mojokerto ) . kyai muhajir ini orangnya sangat istimewa . beliau sangat keras dan tegas tapi anehnya bisa bikin kangen jika ngga' ketemu beliau sehari aj . g' tahu kenapa . mungkin cara beliau ngobrol itu sangat enak sekali didenger . apalagi jika menasehati org dengan bahasa yg membuat org bangkit lg semangatnya . kealiman dan kewibawaan beliau hingga dikenal hampir semua para tokoh kyai dan habaib di-indonesia. bukan itu saja . bahkan dulu pernah ada seorang habib dari makkah al-mukarromah yg jauh2 datang ke ndresmo hanya utk bertemu dg beliau . begitu ketemu dg beliau , si habib itu langsung menciumi anggota tubuh beliau sambil berkata yg artinya begini :

" kulit anda ini , berdzikir pd allah .. rambut anda ini , juga berdzikir pd allah .. darah anda dan semua anggota tubuh anda pun berdzikir pd allah " .

subhanallah ... kalimat itu dia katakan sambil menciumi tubuh kyai muhajir itu . sambil menangis habib itu menceritakan knp dirinya sampai ingin bertemu dg beliau ? habib bercerita bahwa suatu malam pernah bermimpi bertemu dg baginda nabi muhammad SAW . dan dalam mimpi itu , baginda nabi menyuruhnya agar menemui seseorag ditanah jawa yg bernama ahmad muhajir utk tabarruk . dan baginda nabi pun menunjuk dg telunjuknya ke arah seseorang yg ternyata tiada lain adalah kyai muhajir itu sendiri . nah itu lah kisah singkat ttg habib itu tadi .

sebenarnya masih sangat banyak kisah2 dan karomah beliau saat masih hidup . agar supaya adil ..sengaja aku cuma bercerita sedikit,untuk mempersilahkan para pembaca yg kebetulan punya kisah atau pengalaman dengan kyai mas muhajir , mohon dikirimkan ke sini atau ke emailku : zaky_nafis@yahoo.co.id . atau langsung di-comentar blog ini juga ngga' apa2 ..

ok tunggu kisah2 beliau dari kalian semua ya ..

terima kasih

Abi Al-Khoir

PP. ATTAQOWWIYAH - NDRESMO - SURABAYA





Comments

  1. Assalamu alaikum!
    Saya M.Nahrowi SAg sekarang berdomisili di Pulau Lombok Pns Depag Lobar putra almarhum Bpk Suyono salah satu santri kesayangan Kh, Muhajir. Almarhum Bpk saya selalu mengawal kemana kyai pergi berceramah dengan lengkap memakai baju dinas tentara Marinir (KKO jaman dulu, red) dulu pernah bercerita bahwa berkat barkah kedekatan dgn beliau bpk saya mendapat berkah kekuatan spiritual yg jika dipikir dg logika tidak masuk akal, begini ceritanya.
    waktu itu sering terjadi perkelahian antara kesatuan ARSU artieri senapan udara TNI AU dengan korps KKO (marinir jaman sekarang. Waktu itu Bpk Suyono baru pulang pagi sendirian dari dinas jaga malam ditengah jalan Bapak menemukan seorang anggota TNI AU yang meninggal dengan kondisi luka tusukan disekujur tubunya.Bapak melihat kejadian itu lantas memanggil masyarakat sekitar untuk diamankan dan dikembalikan ke keluarganya namun beberapa jam kemudian datanglah 2 truk teman2nya dari kesatuan TNI AU tanpa basa-basi semua tentara mengeroyok bapak saya pada saat itu. Dikira Bapak saya yang membunuh temannya. Waktu itu Bapak tidak membawa senjata apa2 baik pisau maupun pistol, hanya ada peluit. Bapak dipukul, ditendang, dikeroyok dari kiri dan kanan depan dan belakang. Saat itu logika berpikir tidak mungkin 1 org lawan 2 truk orang. Namun pada saat Bapak mau ditusuk dgn pedang sangkur yng panjang saat itulah Bapak berpasrah diri kepada Allah Swt (berkat didikan KH MUhajir. Dan entah suara dari mana bpk saya terdengar bisikan dari mana asalnya (suara itu mirip suara Kh Muhajir )supaya melawan sekuatnya. dan pada saat itu pula tenaga bpk saya seperti tebal dan kuat sehingga pedang sangkur hanya ditangkis dgn
    tangan sehingga terheran2lah pasukan pengroyok yang jumlahnya 2truk itu sehingga mereka takut dan lari tunggang langgang. Setelah berakhir kejadian itu Bpk melihat sekujur tubuhnya tidak ada lecet sedikitpun Dia bersyukur kehadirat allah. Pada sore harinya Bpk menceritakan kejadian ini kepada Kh Muhajir. Dan apa yang Beliau bilang, "Santriku insya Allah tidak akan bisa mati dengan peluru dan pedang".
    Sejak peristiwa itulh Bpk Suyono diangkat oleh Komandannya di TNI-AL Surabaya sbg Pembina Rohaniawan dan mental prajurit TNI,
    Inilah jika kita bergaul dengan penjual minyak wangi kalau tidak dapat minyaknya ya... paling tidak dapat wanginya aja!... sukur alhamdulillah....
    Salam Hormat saya dari kejauhan di p. Lombok kepada seluruh Putra-putri Kh Muhajir! semoga putra2nya bisa menggantikan orang sekaliber beliau amin!......
    Insya allah masih banyak kisah bapak saya dgn almaghfurlah KH muhajir Ndresmo.
    Mochammad Nahrowi SAg
    Jl. Tunjung Raya Blok i-44 Btn Pesona kayangan Sandik Batulayar Lombok Barat NTB
    HP: -081907808315

    ReplyDelete
  2. Ohya Kangmas alamat E-mailku Mnahrowi@Gmail.com

    ReplyDelete
  3. assalamu'alaikum wr. wb.
    pak abi alkhair, saya minta ijin mengambil foto yi muhajir di blog ini, mau saya berikan ke paman saya, saya ingat, paman saya dulu santrine yi muhajir, sempat menangis ketika fotone yi muhajir hilang, boleh nggih? suwunm wassalam ws wb
    Moh Qodri, Pati

    ReplyDelete
  4. aku salah satu santri annajiyah.. mkasih udah ngasih informasinya

    ReplyDelete
  5. Abi mau tanya Kh Mas Ahmad muhajir Mansur apakah anak kandung dr KH mas mansur di Kalimas Udik Ampel surabaya Utara ya

    ReplyDelete
  6. mas abi,, nyuwun ngapunten, kulo mundhut potone mbah muhajir... kulo paringaken ten family sedherek mbah muhajir, kulo cucune mas chaidaroh binti mbah muhajir...
    syukron

    ReplyDelete
  7. Saya cucu dari KH.MUNAWIR ALWI, Bandongan Magelang

    beliau ROMO YAI MUHAJIR sekitar 1963 sering NGGEMBLENG orang orang di RANDUCANAN BANDONGAN di Ndalem simbah...

    ReplyDelete

Post a Comment

setelah baca2 ... isi dong commentnya . ok ! kutunggu ya

Popular posts from this blog

KISAH NYATA MEYAKINKAN SILSILAH DG CARA SPIRITUAL

GUS 'UD ( kyai ali mas'ud )

Kisah Unik : Sayyid Arif segoropuro & Sayyid Sulaiman Kanigoro