Ndresmo - sing nderes kabehe limo
dikenal dengan sebutan makkah-nya tanah jawa dan tempat para haba-ib yang berwajah pribumi .
Pemberitahuan !! saya pernah menemukan beberapa blog yang mencopy paste-kan artikel-artikel yang ada diblog ' ndresmo ' ini . tapi yg membuat saya tidak me-ridhoinya adl : dengan mengatas namakan dirinya sendiri sebagai sang penulis , bukan nama saya atau menyebut dari blog ini . maka , ini adalah haq adami yg saya tak ridho . dan Alloh tak akan mengampuni dosa haqqul adam sampai yg bersangkutan mendapatkan maaf dari orang tak meridhoi tadi . yg merasa , takutlah pada Alloh !! sekian mohon maklum adanya . . . abi elkhoir basyaiban .
__________________________________

Lihat Artikel Baru : MP3 pengajian Al-hikam bahasa indonesia .

GUS 'UD ( kyai ali mas'ud )

.


hehehe .. ketika kita membicarakan sosok wali yang satu ini nih , psti kita banyak yg tau kisah2 ttg beliau . beliau itu seorang wali allah yg luar biasa sekali . hingga tak ada satupun ulama atau para wali yg ada ditanah jawa ini yg tak mengenal sosok beliau .jika dilihat dari garis nasabnya , beliau itu masih ada hubungan dengan sayyid badruddin bin ali akbar bin sulaiman . beliau dimakamkan di desa pagerwojo-sidoarjo . banyak yg berziarah kesana . beliau meninggal dunia tanpa mempunyai keturunan .

menurut kisahnya , gus ud mendapat derajat kewalian itu sejak masih kecil . sangat nakal memang dan banyak tingkah . hingga membuat ayahnya sering memarahinya . sang ayah konon orang yg 'alim dan mengajar ngaji dirumahnya . sering2-nya saat beliau ngajr ngaji , selalu keganggu oleh suara2 teriakan gus ud kecil itu .. hingga sang ayah memarahinya bahkan memukulnya dg kayu kecil ... nah , dari situlah sang ayah melihat ke-anehan pada diri sang putra tersebut . disaat sang ayah bilang :
" kamu ini banyak tingkahnya .. makanya g' bisa ngaji !! " . bentak ayahnya . karena mendapat olok2an ayahnya seperti itu , maka gus ud langsung bilang :
" ngajar ngajinya saya ganti ya ? "
ayahnya heran dg ucapan anaknya yg baru berusia 8 tahunan itu . gus 'ud langsung mengambil kitab kuning ayahnya tersebut dan langsung membacanya . meski kitab itu gundul ( g' ada harokatnya ) toh gus ud kecil itu lancar membacanya berikut menjelaskan semua keterangan kitab itu . wah .. subhanallah !! ayahnya terbengong heran ... sejak itulah sang ayah membiarkan saja apa yg dilakukan putranya itu ...


- Kisah Lainnya :

pesawat terbang mogok ? ... hahaha lucu ya ..tp emang bener kok ..gini kisahnya ..
saat itu musim haji .. gus ' ud berangkat haji bareng dg wak abahku , yaitu KH mas zubeir bin harits .. entah tahun berapa itu . nah ketika para jama'ah haji mau diberangkatkan , eh didalam pesawat itu gus 'ud membaca marhabanan dengan suara keras dan ngga' teratur sambil mukul2 sesuatu dipakai utk musiknya. semua yg ngelihat ga' berani melarang . karena seluruh penumpang pada tahu siapa itu gus 'ud . salah satu awak pesawat lelaki menegur gus 'ud dg halus .

" maaf pak .. pesawat mau berangkat ..tolong berhenti dulu " katanya .
kontan gus 'ud berhenti mambaca marhabanan itu dg hati yg dongkol . dan apa yg terjadi ? sampai berjam-jam mesin pesawat itu ngga' mau hidup . sudah diperiksa ternyata ngga' ada masalah . tapi tetep aja ngga' bisa hidup . akhirnya salah satu jama'ah haji ada yg memperingatkan pd awak pesawat td agar minta maaf pd gus 'ud karena telah menegurnya untuk diam . dituruti juga anjuran itu ..


" saya minta maaf ya pak atas kelancangan saya tadi . jika sekarang bapak mau baca marhabanan td , monggo " .
lalu gus 'ud menjawab :
" iyo yo ... " ...


dengan rasa suka gus 'ud langsung membaca marhabanan seperti tadi dg memukul2 sesuatu utk menjadi musiknya ... dan ? mesin pesawat langsung bisa hidup dan berangkat ke saudi dg selamat ... hehe luar biasa beliau itu .
kalau kisah2 tentang Gus 'ud , wah ! buanyak banget kisah2nya . tapi aku kasih kesempatan buat para pembaca yg punya kisah beliau atau pengalaman dg beliau , silahkan kirim kesini aja yah ...


Kisah lainnya :

beliau paling suka yang namanya seni sholawat hadrah . kalian tahu kan seni hadrah ? kalau belum tahu , coba ditanyakan aja keteman2 kalian hehehe … saking sukanya dengan seni hadrah , kemanapun ada undangan hadrah , bisa dipastikan beliau akan hadir . meski dengan suara yang tak enak dan baca’an yang kurang jelas , beliau tetap suka membaca diba’iyah dengan memukul terbang hadrah . jangan kan dapat undangan , beliau itu jika sedang ditengah jalan , naik apapun juga jika mendengar ada hadrah pst akan turun dan ikut shalawatan ditempat itu . nah , itu artinya apa ? itulah gambaran sifat amat cintanya gus ud terhadap baginda nabi Muhammad SAW .

suatu ketika ada orang yang dapat uang banyak karena habis menjual tanahnya . orang itu terbilang sangat miskin . hasil penjualan tanah itu dipakai untuk ongkos umroh aja gak cukup , apalagi naik haji . dia sangat bingung apa yang paling tepat digunakan . dalam kebingungan itu , tiba2 diluar rumah ada orang yang mengucapkan salam dengan agak teriak . dia mengenali betul siapa pemilik suara diluar pintu itu . tak lain dan tak bukan adalah gus ud !

“ oh alaikum salam , mari gus masuk didalem “ . jawab orang itu mempersilahkan gus ud masuk .

“ ya … suwun . kamu punya uang banyak ya ? “ . nah , itulah salah satu karomah gus ud ! beliau tahu jika pemilik rumah tersebut sedang punya uang banyak meski dlm keadaan bingung . jelas orang itu kaget atas diri gus ud yang tahu akan kondisi dirinya meski belum menceritakannya .

“ inggih gus ( iya gus ) … tapi saya bingung . digunakan untuk apa yang bisa bermanfaat . sedang saya ini orangnya ga punya apa2 selain duit itu “ . jawab orang itu polos .

“ ya sudah , belikan kempyeng saja semuanya !! “ . perintah gus ud yg kedengarannya agak kacau dan gak ada manfaatnya . kalian tahu ga’ , apa kempyeng itu ? itu loh , tutup botol minuman dari lempengan besi . nah coba aja bayangin , masa’ uang jutaan disuruh beli gituan ? hahaha . tapi yang namanya orang nurut , dia pun membelikan uangnya itu dengan kempyeng .uang segitu dibelikan kempyeng ? ya jelas dapet super banyak lah . berkarung2 .

nah , karena alasan dari gus ud itu ga jelas , saat kendaraan truk pengankut kempyeng nyampai dirumahnya , banyak tetangga yg Tanya : untuk apa kempyeng sebanyak itu ? . dia gak bisa jawab apa2 atas pertanyaan para tetangga dan teman2nya itu . yang terlihat , dia pasrah aja dengan apa yg terjadi . dalam hatinya ada juga rasa sayang terhadap uangnya dibuat beli gituan .

singkat kisah , gak sampai dua mingguan , ternyata ada salah satu perusahan yg mencari pasokan kempyeng utk dikirim keperusahaannya . gak jelas bagaimana kisahnya , yg penting adalah perusahaan berani membeli kempyeng orang itu dg harga dua kali lipatnya . bukan cukup itu saja , orang itu diminta agar menjadi pemasok tetap kempyeng buat perusahaan . hehehe , subhanallah … sampai saat ini , orang yg disuruh gus ud beli kempyeng tersebut tergolong orang yg kayaaaa banget . itu lah sikap dan tingkah laku para kekasih allah seperti gus ud yg terkadang nganeh-nganehi tapi membawa hikmah dan barokah . cerita hampir sama juga terjadi pada orang lain . tapi bukan kempyeng . dia disuruh gus ud membeli rantai kapal … hehehe dan berakhir sama dengan orang yg pertama tadi . wallahu a’lam …

ada lagi kisah karomah gus ud :

tahu ga’ kalau gus ud itu sering merogoh kantong baju orang ? . bagi orang2 yg ngerti siapa gus ud sih maklum . tapi bagi yg gak seberapa ngerti siapa gus ud sebenarnya ? pasti akan dongkol hatinya . dan ini memang terjadi .

suatu hari ada undangan kecil2an disebuah rumah seseorang yg ga’ aku sebutkan namanya . kebetulan gus ud lewat didepan rumah pemilik hajatan tersebut. Melihat ada acara itu , gus ud langsung masuk kedalam rumah . melihat sudah banyak orang disitu , gus ud langsung mengajak salaman satu persatu para undangan . namun , bukan salaman aja . setelah salaman pasti gus ud merogoh kantong baju para undangan satu persatu . hehehe , semua pada diem dan nurut aja karena tahu siapa itu gus ud . namun ada salah satu orang yg gak suka dengan tingkah gus ud seperti itu . dalam hati orang itu berkata : “ katanya wali allah , kok gitu perbuatannya ? “ .

sementara itu , gus ud tetap terus merogoh kantong para undangan ( tapi beliau tak mengambil apa2 dari milik para undangan itu ) . nah , disaat pas giliran orang yang gak suka atas tingkah laku gus ud tadi , beliau Cuma senyum dan ga’ merogoh kantong orang itu . sambil senyum dan memandang org itu , gus ud menirukan kata2 orang itu yg terucap Cuma dalam hati tadi :

“ katanya wali allah , kok gitu perbuatannya ? “ itulah yg diucapkan gus ud berulang-ulang dg agak keras menirukan perkataan hati orang tadi . ya jelas membuat orang itu malu dan minta maaf pada gus ud …

“ yo ,, yo .. ga popo “ ( ya ya ga apa apa ) . kata gus ud pada orang itu .


- Tambahan kisah :


- Thawaf –
Dalam hal ini , sudah banyak yg sepakat dan juga banyak saksi mata yang masih hidup . yaitu jika gus ud berthawaf saat dimakkah , sangat aneh sekali . kita pasti melihat ribuan org yg sedang thawaf disana . gimana cara jalan mereka ? sudah pasti saling berdesakan dan berhimpitan . jelas gak akan bisa berjalan dengan dg mulus dan lancar . tapi beda dengan gus ‘ud . beliau saat thawaf lancar2 saja . bahkan dengan setengah berlari . dan anehnya meski kondisi sangat berdesakan dan berhimpitan , tapi buat beliau lancar2 aja . seakan didepannya tak ada yg menghalangi jalannya thawaf . pokoknya jka dipikir dg nalar , ga’ akan masuk nalar deh …

- Kitab Al-Hikam .
Dulu , dipesantren sawahpulo pimpinan kyai utsman al-ishaqi ada pengajian rutin kitab al-hikam yg dibacakan oleh kyai utsman sendiri. hampir semua yg ngaji disana adalah para kyai2 yg tabarrukan kebeliau . ada hal yg menarik disana , yaitu suatu ketika gus ud ikut kesana . namun ya gitu , banyak tingkahnya . berdiri , duduk , berjalan dan apalah . gak bisa diem . lalu tiba2 , gus ‘ud mendekati kyai utsman yg sedang asyik membaca kitab al-hikam itu . gus ud minta izin utk meminta kitab yg dipegang kyai utsman tadi . akhirnya , kitab itupun diberikan ke gus ‘ud . kontan saja para jama’ah pengajian itu terbelalak melhat tingkah gus’ud seperti itu . dan banya yg berpikir : “ mau apa beliau minta kitab alhikam itu ? memang bisa baca ? “ . nah itulah yg ada dalam pikiran banyak orang para jama’ah pengajian itu . apa yg dilakukan gus’ud setelah menerima kitab itu coba ?? ternyata kitab itu dibalik sehingga tulisan arabnya terlihat terbalik . dan dengan sangat mantapnya beliau membaca alhikam dg berikut penjelasannya meski dengan kitab terbalik . nah disitulah beliau membuat decak kagum para jama’ah pengajian tersebut . ..

thanks

abi elkhoir basyaiban




16 komentar:

sae gus ceritane,mbenjeng ceritane sing akeh


tambah ship ae wak gus..piye kbre wak gus..?


tanks infonya


wah trims banyak atas pengetahuannya,,,,


(Achmad Lutfi, Pasuruan)
ada suatu cerita menarik dari Gus Ud; pada waktu hujan deras beliau masuk ke Masjid Jami' (Masjid jami' Al Anwar) Pasuruan tanpa memakai sandal langsung dari jalan masuk kemasjid tanpa mencuci kaki dulu dan anehnya kaki beliau tidak kotor sama sekali


lek nang gus ud gowoo duwek sek akeh.....
iklash karono Allah SWT...
boleh di coba....tambah akeh rejekine
Amiiin,,,,,
tembusbatasadv@ymail.com


Gus Ud....
Allahumma sholli ala Muhammad


Waktu aku masih kecil :
Tiap mau jum'atan di masjid jami' Pasuruan, aku selalu tengak tengok nyari Gus Ud...'
Kata Alm. Bapakku : ntar lagi beliau datang.
Tak lama kemudian beliau datang, dan aku ikut rebutan cium tangannya....

Kenangan spiritual yg sangat indah.
stonokasep@gmail.com


matur nuwun Mas ceritanya....subhanallah....


memang Allah the best sutradara dalam segalah hal,TERMASUK PADA SAAT ITU MBAH ALI MAS UD adalah pemeran utama dalam skenario ,yang ceritanya akan abadi,sampai nanti.hanya ALLAH yang megang semua skenario,termasuk kita,who the next mbah ud di sidoarjo,,,,,,,,,,


mbah UD ,BI BABARAKH AL FATHIHAH UNTUK SAMPEYAN, DARI FASNS MU MUHAMMAD SUPRIONO KULON STASIUN.


bagus sekali ceritanya mas.... dilanjut lagi kalo ada..

kalo kata kenalan saya, kalo ke makam mbah ud cri tempat duduk sebelah selatan makam beliau. ini pun berlaku bagi makam wali yg lain

wassalam


tolong di tulis silsilahnya,bnyak orang yg pengen tau


waktu aku masih baru baligh, waktu malam 21 ramadhan hujan deras, habis 'isya aku mimpi dikenalkan sama mbah 'ud oleh bapakku, habis itu aku disamperin mbah'ud tanpa bicara beliau gendong ke aku, aku bilang aku masih kecil mbah 'ud tapi mbah 'ud tetep aja duduk gendong aku papah.sebenarnya mimpinya panjang tapi biarlah ini untuk masukan aja buat salah satu catatan peristiwa mbah'ud dalam mimpi. wallohu a'lam mas....salam sedulur kabeh.....sekarang aku lagi di tangerang mas bro....kangen sidoarjo(Moch.Sulton)


Ceritra dari guru saya pada saat bahas bab sholat: pada suatu hari gus Ud disuruh jadi imam oleh orang-orang dimasjid, Gus Ud berkata: saya tidak bisa jadi imam. karena jamaah memaksa, maka Gus Ud mau jadi imam, karena Gus Ud itu wali khoarikul Adat (diluar dari kebiasaan) maka pada sujud terakhir, Gus Ud lama banget sujudnya kira-kira hampir setengah jam, makmum dibelakangnya pada ngedumel di dalam hati ("kok sujudnya lama banget", ada yang lirik2 ke depan ("udah selesai belum yah sujudnya", oh belum, " lalu sujud lagi")setelah Gus Ud selesai sholat, beliau langsung pergi diam2 melalui sisi masjid, tanpa di ketahui oleh jamaah. karena saking lamanya, pada liat ke kepan, ternyata Gus Ud nya udah gak ada, hehehehehehehe......
Ke esokan harinya para jamaah ketemu lagi dengan Gus Ud, mereka menanyakan, Gus kok memarin ninggalin sieh, Gus Ud menjawab: Habis nya sholatnya pada berisik. "Gus Ud kan tau dumelan hati para jamaah nya xixixixixixi" Salallahu Ala Muhammad

ghaib212@yahoo.com


izin share, gus


Poskan Komentar

setelah baca2 ... isi dong commentnya . ok ! kutunggu ya

baca ini :

- Barang siapa yg berpendapat bahwa silsilah nasab dari Basyaiban dan adzamat khan itu Rancu , maka saya balik tanya : yg rancu itu silsilah nasabnya atau org2-nya yg mencari tahu ?

- Dan Barang siapa yg dengan " mudahnya " menvonis nasab org lain dg kalimat:" mengaku-ngaku " maka org itu tak ubahnya memperkenalkan dirinya dg nama : " inilah aku sibodoh ! " .
silsilah nasab itu satu hasanah warisan leluhur yg
sudah diyakini kebenarannya oleh yg punya dan tak bisa diatur disatu lembaga , . yg penting kt ini tdk sok menyalahkan kepuya'an org lain . sejarah adalah masa lalu .. dan masa lalu itu ghaib , milik Allah ! . dan tak satupun pakar sejarah yg berani bilang : ini dia ! penemuanku 100 persen yg paling benar !! yang lain ? salah dan mengaku-ngaku !! "

= abi el-khoir Bin Muh Noer Rosul Basyaiban
PP AT-TAQOWWIYAH - ndresmo - sby
=


________________________
pemberitahuan poro sanak . . .

blog ini sengaja saya buat agar menjadi ajang silaturrahmi antar sanak ndresmo - pasuruan - dungduro - kemlaten -ampel - mbungah gresik - berbek - malang - sidoarjo - pumpungan - mojokerto dll . bahwa kita ini adl saudara sesama dzurriyah baginda nabi SAW .

diblog ini tak akan ada penolakan silsilah karena itu sudah menjadi keyakinan masing2 . yg dipentingkan disini adl silaturrahmi poro sanak . karena bagi kami , orang yang dg mudahnya menolak silsilah nasab orang lain itu cuma menunjukkan kurang fahamnya mereka terhadap sejarah dan perwatakan leluhurnya sendiri . tak kenal maka tak tahu . tak tahu maka tak sayang . tak sayang maka tak ada niatan untuk menyambung silaturrahmi . ok ! . . .

mari kita bersama menyambung silaturrahmi sesama saudara senasab . baik yg tercatat atau yg belum tercatat . agar bisa nyambung lagi . bukannya malah memutus yang sudah ada . kita dan keluarga kita sendirilah yg lebih tahu silsilah kita . dan wajib hukumnya untuk menjaganya ... suwun


NB :
agar blog ini akan penuh dg kisah para sesepuh kita atau artikel2 lainnya , maka dg sangat berharap agar anda2 sekalian mengirimkan kisah para sesepuh2 anda atau artikel2 anda utk dipublikasikan di blog ini . . . atau anda ingin salah satu keluarganya ditampikan disini ? kirim aja foto dan silsilah beserta kisah2 disini .saya tunggu ! kirim lewat email saya di : zaky_nafis@yahoo.co.id atau coment diblog ini . . .

wassalam
abi alkhoir bin muh. nur rosul - ndresmo

DIHARAMKAN MENGAMBIL FOTO2 YG ADA DIDALAM BLOG INI


Artikelku yg laen yg ada di abikumanis.blogspot.com . bisa dibaca disini :

___________________

Pengalaman spiritualku
___________________

Ternyata ini adalah Aku dulu
___________________

Tiang listrik itu bikin malu aku
___________________

Tolong . . . ! Burungku Hilaang !
___________________

Thanks bi ! Masakannya Mantabs!
___________________

Koleksiku Film Sejarah Islam
___________________

Kisahku dg Kyai itu ( malu aku )
___________________

lho? kok smua jd bau gini seh ??
___________________

Warga NU wajib ke PKB ?
___________________

Kisahku dan sibapak itu
___________________

Aku di masa doeloe & Sekarang
___________________

Ah, senengnya jd diri sendiri
___________________

Biografi santri desa
___________________

Tentang poligami ?
___________________

busana para bini kita 1
___________________

busana para bini kita 2
___________________

busana para bini kita 3
___________________


Followers