Kisah Unik : Sayyid Arif segoropuro & Sayyid Sulaiman Kanigoro

segoropuro 1sayid-sulaiman-04

- Pic kiri : makam sayyid ali al-arif basyaiban - segoropuro – pasuruan

- Pic kanan : makam sayyid sulaiman basyaiban - kanigoro – mojoagung – jombang

- masuk pesantren ampel – surabaya

kita semua tahu bahwa beliau berdua ini adalah satu saudara kandung putra dari sayyid abdurrahman bin umar basyaiban . sudah banyak postingan diwebsite2 yang bertebaran diinternet yang mengisahkan tentang beliau berdua . maklum saja , karena anak keturunan beliau berdua ini bertebaran diseluruh pula jawa . maka tak heran jika para anak keturunan beliau berdua ini sama2 mengisahkan perjalanan kakek buyut mereka ini .

seperti hal nya para pemuda lainnya yang notabene keturunan dari seorang ulama terkemuka dari bumi yaman, beliau berdua mendapat bimbingan yg sangat bagus oleh ayahnya , sayyid abdurrahman bin umar basyaiban dan ibunda tercintanya , syarifah khodijah binti sayyid syarif hidayatullah ( s. gunung jati ) . bukan Cuma kedua orangtuanya saja yg ikut membimbing beliau berdua , tapi paman beliaupun ( kyai sholeh semendi pasuruan bin syarif hidayatullah ) pun ikut andil dalam pendidikan beliau berdua .

ada yang unik dari keturunan basyaiban dan adzamatkhan ini jika dibandingkan dg para saadah atau habaib lainnya . yaitu sejak berada diindonesia , ke-dua fam itu selalu mengikuti adat istiadat para pribumi tanah jawa. itu yang ditekankan oleh sayyid abdurrahman bin umar basyaiban dan syarif hidayatullah ( s. gunung jati ) .

yang paling menyolok adalah dalam hal berpakaian yg sudah ditekankan agar selalu memakai pakaian jawa tempo dulu . itu dilakukan agar tak membuat para rakyat kecil , pribumi tak merasa asing atau canggung saat dihadapan beliau . karena dulu , jika orang-orang pribumi melihat seorang kyai atau ulama dengan berpakaian serba putih dan pakai jubah panjang , maka mereka akan merasa kecil dan minder untuk mendekati ulama tersebut . maka tak ada jalan lain untuk melancarkan syiar islam secara merata dan diterima secara universal dibumi jawa , maka harus dg mengikuti adat istiadat jawa .

nah , saya awali kisah sayyid arif segoropuro dan sayyid sulaiman kanigoro ini dengan bahasa sederhana ala saya hehehe …

dulu , disaat mereka berdua masih sangat lah muda , atas perintah sang ayah ( sayyid abdurrahman ) agar mereka berdua ini segera pergi untk mencari ilmu dipesantren. Singkat cerita , akhirnya sang ayah mengantarkan kedua putranya itu kesebuah pesantren dijawa timur – surabaya . tepatnya dipesantren yg dulu didirikan oleh sunan ampel ( raden rahmat ) . saya kurang jelas saat itu siapa yang menjadi pengasuh pesantren itu setelah wafatnya sunan ampel dan generasi keberapa .

dipesantren itu , keduanya diterima dengan sangat gembira oleh kyai pengasuhnya . segera beliau sediakan tempat kamar untuk ditempati mereka berdua . pada awalnya , tak nampak kelebihan dari kedua pemuda itu . jadi sang kyai menganggap ali arif dan sulaiman adalah pemuda yang pada layaknya santri2 seperti lainnya . ya karena pesantren ampel itu memang banyak juga dari anak2 ulama , habaib dan pejabat2 kerajaan yg nyantri disana . jadi katakanlah pesantren itu tak sedikit berisi anak2 para pembesar .

hari berganti hari hingga bulan berganti bulan , mereka berdua sangat kerasan dan menikmati masa2 pencarian ilmu dipesantren itu . mereka sangat tekun dan rajin dan bukan tipe orang yang pemalas . mereka berdua itu gak bisa berdiam diri dan nganggur . selalu belajar dan menjaga kebersihan pondok . jika terdapat waktu luang , tak jarang dua saudara itu berikut teman2 pesantren lainnya saling berkumpul dan saling becanda . dan ternyata , dari ali arif dan sulaiman itulah yang paling pinter membuat teman2-nya pada ketawa ngakak karena humor2 mereka berdua . dan ini diakui atau tidak , dari keturunan beliau berdua itu sangat pinter membuat hati orang ketawa dg guyonan2-nya . tentunya yg paling utama adalah kealiman dan kecerdasan beliau berdua .

- mulai dipanggil awalan mas

nah , tiba saatnya hari yang Allah SWT menunjukkan kelebihan dari mereka berdua . sesuatu yang membuat kagum dan kaget pada kyai pengasuh pesantren tersebut . itu terjadi ketika malam sudah larut dan seluruh para santri sudah pada tidur . termasuk ali arif dan sulaiman . tapi hari ini beda . biasanya mereka berdua itu tidur dikamarnya sendiri , kalau malam ini mereka berdua tidur kumpul bersama teman2 lainnya . jadi seru keliatannya . kalian pasti punya pengalaman seperti itu kan ? tidur bareng orang2 banyak , yang sebelumnya diselingi dg cerita2 ngalor ngidul sampai tertidur .. iya kan ?? hehehe asyik ngga’ tuh ??

sedangkan sang kyai sendiri , juga punya kegiatan rutin setiap malam , yaitu setiap para santri sudah pada tidur , beliau selalu berjalan berkeliling seputar pesantren . memeriksa para santri atau apapun yg perlu diawasi . itu sangat maklum jika beliau itu punya kekhawatiran kalau-kalau ada salah satu santri yang tak ada dipesantren . jika dilihatnya sudah lengkap jumlah para santri itu , beliau kembali kerumahnya dengan lega .

namun bagi sang kyai , malam ini agak aneh . sebab tempat yg ditempati para santri tidur itu kok terlihat ada cahaya terang kekuningan . laksana pantulan emas . kalau biasanya , jika lampu minyak dimatikan , maka gelaplah yang terjadi . merasa ada keanehan tersebut , kyai mendekati tempat itu dengan perasaan yg sangat penasaran atas cahaya kuning itu . dan apa yang terjadi setelah beliau mendekati tempat itu ? ternyata ada penyebab dan sumber munculnya cahaya kuning itu . ketika dilihat , sumber itu keluar dari sekujur tubuh ali arif dan sulaiman . tentu saja sang kyai itu kaget dan kagum . namun karena kepala kedua saudara kandung itu tertutupi dengan kain , maka kyai itu nggak tahu siapa pemilik jasad yang mengeluarkan sinar kuning tersebut .

tanpa pikir panjang , segera kyai itu membuat tanda dengan membuat ikatan kecil dikedua kain ali arif dan sulaiman . itu dilakukan karena beliau gak enak jika sampai membangunkan murid2nya yg masih tertidur pulas itu. Setelah selesai membuat tanda ikatan kecil itu , beliau segera meninggalkan tempat itu karena sebentar lagi waktu . Akhirnya berkumandanglah adzan shubuh . semua santri segera bangun dan bersiap-siap melaksanakan sholat subuh berjama’ah . karena itu adalah salah satu peraturan wajib dipondok . agar nantinya sudah terbiasa dg sholat subuh berjama’ah . seperti kamu kan yg selalu berjama’ah subuh ? iya dong ..hehehe .

assalamu’alaikum warahmatulloh . . . itu adalah bacaan salam penutup sholat . berarti sholat subuh sudah selesai . seperti hari2 biasanya , sang kyai melantunkan wirid wirid ba’da subuh . begitu selesai semuanya , segera beliau berdiri dihadapan para santri yg masih duduk dishaf sholat itu :

“ wahai para santri semuanya … saya harap dengarkanlah ini . siapa diantara kalian yang ujung kainnya terdapat ikatan kecil ? ayo diperiksa ! “ . kata kyai menanyakan pada para santri . spontan semua santri memeriksa kainnya masing2 . dan tiba2 ada dua orang yang mengaku kainnya ada ikatan kecilnya .

“ saya kyai “ kata ali arif

“ saya juga kyai “ kata sulaiman juga .

baru tahu sang kyai itu akan karomah dan kemuliaan kedua saudara kandung itu . selama ini beliau tak menganggap kedua pemuda itu adalah org2 yg begitu istimewa , namun atas kejadian semalem itu lah menyadarkan hati kyai akan istimewanya mereka .

“ sekarang , dengarkan pesanku ini wahai para santri-santriku . mulai saat ini kalian jangan memanggil arif dan sulaiman dengan langsung menyebut namanya . namun , awali panggilan kalian terhadap keduanya dengan panggilan MAS . panggil dengan sebutan mas ali arif dan mas sulaiman . begitu juga terhadap semua keturunan mereka berdua “

nah , itulah yang dipesankan oleh kyai itu terhadap semua para santri2 nya . kenapa dipanggil dengan awalan MAS ? itu karena cahaya kekuningan yang memancar pada tubuh dua orang tersebut . dan semua para santripun sejak saat itu memanggil mereka berdua dengan sebutan MAS . dan itu berlangsung bukan saat itu saja , namun hingga saat ini semua para keturunan sayyid arif segoropuro dan sayyid sulaiman kanigoro dipanggil dengan awalan MAS . baik itu laki-laki dan perempuan . dari garis laki-laki atau garis perempuan . sebagai contoh saja , nama ahmad dan syarifah . maka apapun jabatannya , baik masih bayi sampai dewasa bahkan tua akan disebut begini :

( mas ahmad dan mas syarifah ) ( kyai mas ahmad dan nyai mas syarifah ) ( kang mas ahmad dan ning mas syarifah ) ( dik mas ahmad dan dik mas syarifah ) . dan fakta membuktikan , anjuran kyai pengasuh pesantren ampel itu berlangsung hingga kini . jika ingin bukti , silahkan datang kedesa NDRESMO yg paling banyak berkumpul para anak cucu sayyid sulaiman disana . ada lagi disebagian desa di pasuruan dll . nah , saya kira sudah jelas kisah tadi . sekarang saya akan meneruskan kisah perjalanan sayyid ali arif dan sayyid sulaiman tadi …

- disuruh pulang ke-cirebon menemui sang bunda

selang beberapa waktu lamanya ali arif dan sulaiman berada dipesantren ampel itu dengan sangat tawaddhu’ dan tekun , kini saatnya mereka berdua dipanggi sang kyai pengasuh pesantren tersebut untuk menghadap . keduanya dengan sangat rapi dan sopan menghadap panggilan kyai-nya . setelah bertemu , sang kyai tadi banyak menyampaikan pesan-pesan spiritual yg tidak semuanya para santri diberi wejangan itu . dan pada akhirnya , sang kyai itu berkata begini :

“ nak mas arif dan nak mas sulaiman , kini sudah tiba waktunya sampeyan berdua pulang . segera menghadap ibunda kalian dicirebon . dengarkan dan turuti semua perintah ibunda kalian nantinya . sebab ibunda kalian sudah punya rencana buat kalian berdua “ .

itulah yang disampaikan kyai pada kedua saudara kandung tersebut . akhirnya , dengan sangat berat hati karena masih betah dipesantren itu , mereka pun berpamitan untuk pulang kecirebon . untuk menghadap ibunda tercinta yaitu syarifah jene ( khodijah ) putri dari syarif hidayatullah atau sunan gunung jati .

singkat kisah , surabaya – cirebon mereka tempuh perjalanan itu dan sampailah kerumah , dengan tak sabar segera menemui ibunda tercinta . yang namanya seorang anak kangen dengan orang tua itu wajar karena sudah lama tak saling bertemu . begitu bertemu dengan ibunda tercinta , mereka langsung sungkem dan memeluk sang bunda . tampak jelas air mata kerinduan yang terlihat dikelopak syarifah khodijah terhapat kedua putranya tersebut . kita singkat lagi kisah ini setelah mereka saling menumpahkan kerinduan mereka dan saling menceritakan pengalaman selama ada dipesantren ampel dan entah sudah berapa lama ali arif dan sulaiman berada dirumah cirebon . bisa seminggu atau sebulan atau lebih .

- mendapat perintah pergi ke-pasuruan

kini tibalah waktunya sang bunda menyampaikan apa yang harus disampaikan . karena ini adalah amanat yang hrs disampaikan . ( kurang jelas amanat dari siapa itu . bisa jadi dari salah satu tiga orang : sunan gunungjati ayah syarifah khodijah sendiri atau sayyid aburrahman sang suami beliau sendiri atau sayyid sholeh semendi adik kandung syarifah khodijah ) . meski dengan sangat berat hati sekali , namun yang namanya amanat harus disampaikan . inilah yg disampaikan syarifah khodijah terhadap ali arif dan sulaiman :

“ anak-anakku … kini tiba waktunya kalian meninggalkan cirebon . kalian harus menemui paman kalian dijawa timur , tepatnya dipasuruan sana . nanti , jika sudah bertemu dengan beliau , kalian harus menurut dan sabar atas apapun yg dilakukan paman kalian . dan ini … aku kasih bekal kalian dengan sesuatu yg sudah aku bungkus dalam kain ini . nanti apapun yang diperintahkan paman kalian ( kyai sholeh semendi – pasuruan ) gunakan apa yg ada didalam bungkusan ini “

itulah yang dipesankan syarifah khodijah terhadap kedua putra beliau . namun ali arif dan sulaiman tak tahu , apa yang ada didalam bungkusan itu . karena sifat ta’at dan tawaddhu’ mereka terhadap sang bunda , mereka tak berani menanyakan atau membuka bungkusan itu sebelum waktunya . tak lama kemudian , kedua putra itu berpamitan pada bunda mereka , syarifah khodijah untuk segera brangkat kejawa timur menuju kepasuruan . yaitu dipesantren paman beliau di desa semendi . apakah mereka berdua pernah bertemu dengan paman mereka , kyai sholeh itu ? ya jelas lah ! namanya juga paman . apalagi selama dipesantren ampel dulu , kyai sholeh pernah menjenguk mereka berdua disana .

- kyai sholeh – semendi – pasuruan

kyai sholeh semendi itu orangnya sangat alim , waro’ dan zuhud . beliau mengasingkan diri sampai kepasuruan karena beliau tak mau terlibat dalam urusan singgasana keraton cirebon . intinya , beliau Cuma ingin mengabdikan dirinya untuk agama . dan tak lupa , kyai sholeh itu disamping alim , juga sangat sakti dan tajam pengucapnya ( kebanyakan yg dikatakan , itu terwujud atas idzin Allah SWT ) . tentag kyai sholeh ini , ada khilaf tentang silsilah nasab beliau . ada yang tertulis beliau ini putra kandung dari sayyid syarif hidayatulloh ( s . gunung jati ) yang artinya , beliau ini saudara kandung dari ibunda sayyid ali arif dan sayyid sulaiman , yaitu syarifah khodijah binti syarif hidayatulloh . catatan yang lain tertulis beliau in ( kyai sholeh semendi ) adalah putra sulthan hasanuddin bin syarif hidayatulloh . yang artinya beliau ini cucu daripada sunan gunung jati . namun apapun itu , inilah sejarah ! gak ada kepastian yg pas . namun yang pasti adl , beliau keturunan dari sunan gunung jati cirebon .

sekarang saya singkat saja kisahnya . bahwa ali arif dan sulaiman sudah sampe kepasuruan ketempat pesantren kyai sholeh semendi . namun setelah bertemu dengan paman tercintanya itu , diluar dugaan yg sudah diperkirakan oleh mereka berdua . mereka berpikir akan ada pertemuan antar paman dan 2 keponakannya ini dengan mesra dan haru . ternyata apa yang terjadi ? kyai sholeh malah menunjukkan wajah yg kurang bersahabat . nyaris tanpa senyuman . dengan wajah yang disengaja kaku dan angkuh , kyai sholeh menemui mereka berdua . tapi jangan salah sangka dulu ya , itu semua emang disengaja oleh beliau agar bisa tahu seberapa besar tekad dan kemauan mereka berdua itu untuk menimba ilmu terhadap beliau .

“ oh , kalian ali arif dan sulaiman kan ? “ tanya kyai sholeh .

“ inggih paman “ jawab mereka dengan sopan . apalagi melihat wajah pamannya itu sangat serius .

“ ada pesan dari mbak yu ku , ibu kalian ? “ tanya kyai sholeh lagi .

“ oh , gak ada paman , saya Cuma diutus kepesantren ini agar bisa belajar disini , ditempat paman “ . jawab ali arif .

“ oh begitu … lha memang kalian mau belajar disini ? “

“ iya paman . kami sangat ingin ngaji ke paman “ . jawab mereka .

“ kalian pikir , mudah ya belajar dipesantren ini ? memang kalian bisa apa hingga mau belajar ketempat paman ini ? “ tanya kyai sholeh yang berniat men-coba kesabaran mereka berdua .

mendapat pertanyaan seperti itu , mereka berdua hanya bisa diam dan menundukkan kepala saja . dalam hati mereka berkata harus bersabar . karena ibunda mereka sudah memberi perintah belajar disini . pasti gak ada yang salah dengan perintah ibu mereka . dan tiba-tiba kyai sholeh berkata lagi :

“ jika kalian bisa membabat hutan yang ada digunung itu dalam waktu sehari , maka kalian boleh menetap disini . ingat ! Cuma sehari saja . bagaimana ? “

kata kyai sholeh sambil menunjuk arah gunung kecil yang dikelilingi hutan yg lebat itu . itulah syarat beliau terhadap mereka berdua . ali arif dan sulaiman melihat arah yang ditunjuk beliau . wajah mereka menunjukkan keheranan atas syarat yang ditentukan pamannya . namun , apa boleh buat ? teringat pesan2 ibundanya dulu harus bersabar dengan apapun yang dilakukan pamannya itu .

“ insyallah paman . kami akan mengusahakannya “ . jawab mereka berdua dengan mantap .

“ ya sudah , segera kalian pergi sekarang ketempat hutan itu . nanti menjelang maghrib aku akan datang kesana melihat langsung hasilnya “ . kata kyai sholeh dengan sangat tegas-nya .

- membabat alas ( hutan ) segoropuro – pasuruan

singkat kisah , merekapun berangkat menuju arah segoropuro yang masih berupa hutan. sesampainya disana mereka tidak langsung membabat hutan itu . namun terlebih dulu beristirahat dan sambil memusyawarahkan perintah pamannya tadi .

“ bagaimana ini kang ali ? mungkin kah Cuma kita berdua yang akan membabat hutan ini ? Cuma ada waktu beberapa jam lagi “ . kata sulaiman pada kakaknya .

“ ya bagaimana lagi dik , lha wong itu perintahnya . kan ibu kita sudah berpesan pada kita . apapun yang diperintahkan paman kita harus kita turuti dengan bersabar “ . jawab ali arif pada sulaiman adiknya .

“ lha terus ? kita menebang seluruh pohon-pohon dihutan yang sangat luas ini pakai apa kang ? sedang paman sholeh sendiri tak membekali peralatan utk menebang pohon2 besar itu . gimana kang ? “ . tanya sulaiman yang membuat kakaknya ( ali arif ) bingung juga . karena memang tak membawa satu peralatanpun untk membabat hutan itu .

“ oh iya kang , ibu kita kan membekali sebuah bungkusan saat dicirebon kemarin . coba dibuka kang . siapa tahu ada gunanya “

“ baik lah , kita buka saja bungkusan ini “ . kata ali arif dengan mengeluarkan bungkusan pemberian ibunya itu . dia pun membuka ikatan bungkusan itu . dan ternyata berisikan 2 bilah pisau kecil yang hanya pantas dipakai cukur kumis atau jenggot .

“ hah ?? kok Cuma pisau kecil sih kang ? mana bisa dipakai membabat hutan dg pohon2 yg sangat besar2 ini ? “ kata sulaiman keheranan .

“ iya dik , aku juga heran apa yang dimau ibu kita . tapi saya yakin ! tidak mungkin ibunda kita membekali sesuatu yang tak ada gunanya “ . jawab ali arif .

“ lha terus piye ini kang ? “ tanya sulaiman lagi dengan penasaran .

“ ya gak usah piye-piye lagi dik . apapun yang terjadi kita harus segera memulai membabat hutan ini dengan peralatan dari ibu kita yang alakadarnya ini . bimillah .. “ . jawab ali arif dengan mantap .

“ oh gitu kang ? oke lah .. bismillah kita mulai saja ! “ . kata sulaiman yang tak kalah mantapnya dengan kakaknya , ali arif .

setelah membawa pisau kecil satu satu , mereka pun segera memasuki area hutan itu . dengan diawali bismillah merekapun memulia membabat semua pohon-pohonan hutan seperti yang diperintahkan pamannya tersebut . saya ga’ tahu kronologi pembabatan hutan yang begitu luasnya itu hanya dengan bekal 2 pisau kecil pemberian ibunda mereka . Cuma , kisah yang aku dengar dari sumber2 yang bisa dipercaya bahwa pekerjaan itu selesai bahkan Cuma beberapa jam saja . batas waktu yang ditentukan pamannya bahkan masih lama sisanya . subhanallah … hanya Allah yang mampu membuat seperti itu . mereka berdua hanyalah makhluq-NYA seperti yang lainnya . namun karena Allah mencintai mereka berdua , maka DIA memberi pertolongan dan kemudahan .

sekarang kita beralih ke sosok kyai sholeh semendi yang masih berada dipesantrennya . beliau seakan tahu kalau pekerjaan kedua keponakannya itu selesai lebih cepat dari waktu yang dia tentukan . tentunya ini sangat menggembirakan dan membanggakan hati beliau , yang melihat kedua keponakannya adalah manusia2 yang diberi kekaromahan atau kemuliaan oleh Alloh seperti itu .

segera beliau berangkat menuju hutan yg tlah dibabat habis itu . beliau melangkah dengan membawa perasaan sangat bangga . namun apa yang terjadi setelah beliau sampai ditempat itu ? beliau melihat hutan itu telah bersih . tanpa ada pohon satupun yang tersisa . baik yang kecil atau yang besar . baik yang berbuah atau yang belum . kyai sholeh terlihat agak marah melihat itu . segera beliau mendekati kedua keponakannya itu dengan wajah yang terlihat marah . kontan saja itu membuat hati ali arif dan sulaiman makin keheranan . bukan kah kita sudah melaksanakan perintahnya dengan sukses ? pikir mereka .

“ ali !! sulaiman !! kemari kalian ! “ panggil kyai sholeh dengan agak membentak . mereka pun dengan perasaan takut mendekati beliau .

“ dalem paman ( iya paman ) “ . jawab mereka berdua dengan sangat takutnya .

“ kalian berdua ini bagaimana sih ? kok asal nebang pohon saja . lihat ! gak ada yang tersisa sama sekali . mestinya kalian itu gak menebang pohon yang bisa dipakai sumber kehidupan masyarakat sini kelak . seperti pohon kelapa , nanga , pisang dan yang lainnya yang bisa dimakan buahnya “ . kata kyai sholeh dengan marah .

nah lho ? ya jelas hal itu malah membuat ali arif dan sulaiman smakin heran atas pamannya ini . gimana engga’ ? kan perintahnya emang begitu ? membabat habis !! . tapi memang dasarnya kedua saudara kandung itu berhati bersih , jadi berusaha tetap bersabar .

“ pokoknya saya nggak mau tahu ! kalian harus mengembalikan pohon-pohon yang bisa diambil kemanfaatannya !! “ lanjut kyai sholeh dengan suara marah .

“ insyallah paman . . . “ itulah jawab ali arif dan sulaiman .

segera mereka berdua kembali ketempat pohon2 yang sudah berjatuhan karena ditebang tadi . mereka asal aja berbuat karena sudah gak punya jalan keluar lagi . mereka memilih pohon nangka , duren , kelapa dan pohon2 yang bisa berbuah lainnya yg sudah terpotong . mereka berdirikan lagi pohon2 itu . mereka tancapkan ketanah . tak ketinggalan pohon2 kecil seperti pohon pisang atau sayuran-sayuran lainnya . mereka tancapkan pula ke tanah .

terlihat perbuatan mereka berdua itu asal saja . namun apa yang yang terjadi ? bi-idznillah ! seluruh pohon-2 pilihan yg sudah terpotong dan roboh , ternyata hidup lagi ketika mereka tancapkan kebumi . yang awalnya tak berbuah , seketika itu muncul buahnya dengan segar-segar . tanaman sayuran pun langsung tumbuh kembali berikut terlihat keluar buahnya seketika , seperti tomat , lombok , ubi , ketela dan lain2nya . itulah salah satu dari karomah kedua pemuda dari keturunan sayyid abdurrahman basyaiban dan cucu dari syarif hidayatullah adzmatkhan ( s.gunungjati ) .

sedang kyai sholeh yang melihat tingkah laku kedua keponakannya itu , Cuma tersenyum dari kejauhan . sang kyai itu merasa bertambah yakin atas kemuliaan mereka . kyai sholeh tahu kalau ali arif dan sulaiman adalah sosok pemuda yang akan menjadi orang besar kelak . an apapun yg kyai sholeh lakukan itu tak lebih dari sekedar pencoba’an dhahir dan bathin mereka berdua .

kini , hutan yang sangat luas itu sudah kembali bersih dan indah . hanya terisi pepohonan yang bisa dimakan buahnya . terlasa sejuk hawanya . apalagi itu adalah daerah pegunungan kecil . yang kala itu masih belum punya nama .

- menikah

Setelah beberapa coba’an yang mereka berdua terima dari paman mereka ( kyai sholeh ) maka , sejak itu pula mereka sudah diperkenankan mengaji dan diajar langsung oleh kyai sholeh . mereka sungguh senang tatkala bisa memulai mengaji pada pamannya tersebut . sedang kyai sholeh semendi sendiri setiap hari makin bertambah kagum atas kecerdasan kedua keponakannya itu . tak ada satu pelajaran pun yang tak mereka serap dengan cepat oleh mereka berdua . bahkan termasuk ilmu hikmah yang tak semuanya mampu memahami . namun bagi mereka seperti memahami hal yang mudah saja . dari situlah , kyai sholeh berpikiran ingin menikahkan kedua keponakannya itu dengan kedua putrinya . kebetulan kyai sholeh ini punya 2 putri .

Singkat cerita , kyai sholeh mengutarakan maksud hatinya utk menikahkan ali arif dan sulaiman dengan putri2-nya . karena keta’atan dan kemantapannya , akhirnya mereka berduapun setuju atas tawaran pamannya tersebut . konon putri kyai sholeh yang pertama itu kurang begitu cantik . sedang putri yang kedua itu sangat cantik . kyai sholeh berencana menjodohkan putrinya yang pertama untuk sulaiman dan putri yang kedua untuk ali arif . ali arif sebagai kakak sulaiman tahu betul atas keinginan adiknya itu . terlihat dari sorotan mata sulaiman , adiknya itu menginginkan putri kyai sholeh yang kedua , yg cantik itu . apalah artinya seorang kakak jika tak mengalah terhadap adiknya ? . segera ali arif mengutarakan usul terhadap kyai sholeh :

“ maaf paman sholeh . ada sesuatu yang mau saya sampaikan terhadap panjenengan . secara garis besarnya , kami setuju untuk dinikahkan dengan putri panjenengan . kami suka sekali tawaran paman . namun saya mohon , untuk saya yang mana dan untuk adik saya sulaiman juga yang mana , biarlah kami sendiri nanti yang menentukannya . saya harap paman pada akhirnya menyetujui keputusan pilihan kami . apakah saya berjodoh dengan putri yang pertama atau yang kedua . mohon maaf , mohon paman jangan marah . dan satu lagi , saya berharap paman bilang dulu sama ibunda khodijah dicirebon jika saya telah anda jodohkan dengan putri-putri panjenengan “ . itulah yang diusulkan ali arif .

mendengar usul keponakannya itu , kyai sholeh langsung sepakat . dan beliau sangat senang melihat kebijakan yang ditempuh ali arif itu .

“ baiklah ali dan sulaiman . semua permohonan kalian aku setujui . bicarakan pilihan calon istri yg dari putri2ku buat kalian . aku akan tetap menyetujui keputusan akhirnya . dan urusan ibunda kalian ( syarifah khodijah ) , serahkan padaku, kerena ibunda kalian adalah kakak kandungku sendiri . itu hal mudah sekali . aku sendiri yang akan menyampaikannya pd beliau perihal pernikahan kalian dengan kedua putri-putriku . kakak ku itu pasti menurut apa kata ku . “ jawab kyai sholeh dengan bijak pula .

Akhirnya mereka berduapun keluar dari rumah kyai sholeh semendi . tingal sekarang masalah pemilihan calon istri buat mereka berdua . dengan gaya seperti layaknya para pemuda yang suka bercanda , mereka memusyawarahkan hal itu dengan sangat santai dan sesekali becanda .

“ bagaimana ini kang ? saya yang nomer dua aja ya ? “ kata sulaiman setengah menggoda kakaknya , ali arif .

“ hahaha , kamu kepingin yang adiknya ya dik ? memang dia cantik ? kalau menurutku , kakaknya juga manis kok dik “ . jawab ali arif dengan tertawa .

“ iya kang , saya kok suka yang adiknya . pas buat saya .. saya kan ganteng kang ? hehehe gimana kang menurut sampeyan ? “ kata sulaiman dengan menggoda kakaknya itu .

“ iya iya , kalau … kalau masalah ganteng sih , saya juga sama seperti kamu sulaiman hehehe … baiklah , saya gak keberatan kamu menikah dengan adiknya . asal kamu harus membuktikan bahwa kamu memang layak mendapatkannya “ kata ali arif pada adiknya .

“ membuktikan apa kang maksudnya ? saya kurang ngerti maksud kang ali “ tanya sulaiman penasaran .

“ yaa membuktikan apa saja lah . yang bisa membutku berpikir bahwa kamu layak jadi suaminya “ jawab ali arif .

akhirnya , pembicaraan seputar calon istri selesai . kini tinggal sulaiman yang harus memikirkan hal apa saja yang bisa membuat kakaknya itu salut dan percaya , bahwa dia layak mendapatkan istri pilihannya itu .

suatu hari , sulaiman memulai aksinya . dia berencana mencegat kakaknya ditengah jalan , yang disitu banyak pohon-pohon kelapanya disepanjang jalan . kebetulan saat itu kakaknya sedang disuruh kyai sholeh untuk satu keperluan dirumah seseorang . dan sulaiman tahu pada akhirnya kakaknya akan melewati jalanan yg akan dia cegat nanti . dan ternyata ? tepat dugaan sulaiman . dari kejauhan terlihat kakaknya berjalan melewati jalan itu .

“ kang . . . kang ali .. . ! “ panggil sulaiman pada kakaknya . dan sambil teriak memanggil , tangan sulaiman membuat isyarat kearah pohon-pohon kelapa agar tunduk dan melengkung kebawah . dan benar ! dengan isyarat tangan sulaiman tadi , semua pohon-pohon kelapa sepanjang jalan itu sama-sama melengkung kebawah . walhasil , buah kelapanya sama menggantung dan mendekati tanah.

“ kang … kang ali gak haus ? itu kang , kelapanya pada nunduk . ambil kelapa muda kang . pasti seger air nya “ . kata sulaiman dari kejauhan terhadap kakaknya . sedang ali arif mengerti akan maksud adiknya yang berusaha membuat kepercayaan pada dirinya . dia senyum aja melihat tingkah laku sulaiman .

“ oh , terima kasih dik , saya ngga’ haus kok “ . jawab ali arif .

“ ayo lah kang … pasti seger-seger kelapa mudanya itu . tak ambilin ya kang .. biar kang ali tinggal meminumnya “ . kata sulaiman sambil melambaikan tangannya kearah pohon-pohon kelapa yg nunduk itu . tiba-tiba buah kelapa mudanya terjatuh dengan sendirinya dan sekalian terbuka kulitnya . jadi tinggal meminumnya saja .

karena kasihan dengan jerih payah adiknya itu , akhirnya ali arif mengambil salah satu kelapa muda yg sudah terbuka itu . dia meminumnya . segar memang . terlihat dari wajah ali arif yg begitu segar setelah meminumnya . sebenarnya bukan satu buah kelapa saja yg terjatuh dan terbuka , tapi banyak juga .

“ dik , saya Cuma minum satu saja . gak perlu banyak2 . mubadzir yang sudah terlanjur jatuh dan terbuka ditanah ini “

kata ali arif sambil mengambili kelapa2 muda lainnya yg berceceran ditanah dan langsung ditempelkan lagi kepohonnya . yang sudah pecah kulitnya diusap oleh ali arif dan kembali utuh kembali . lalu setelah itu , ali arif melambaikan tangannya dengan isyarat ke-pohon2 kelapa itu . dan seketika , yang semula pohon2 itu melengkung sekarang menjadi tegak kembali seperti sedia kala . sulaiman melihat yang dilakukan kakaknya itu dengan senyum2 sendiri .

begitulah kedua pemuda itu jika saling menggoda . karena kebersihan hati mereka , maka tak heran jika mereka berdua tergolong orang yang dimaqbul doanya oleh Allah SWT . namun tak Cuma begitu saja rupanya sulaiman yang ingin menunjukkan pd kakaknya bahwa dia memang pantas menjadi suami dari wanita yang dia harapkan . meski kakaknya ali arif juga mengimbangi kesaktian adiknya , namun ali arif tak merasa ada persaingan .

“ kang ali , bawa apa itu ? “ tanya sulaiman pada kakaknya yang tadi terlihat meletakkan bungkusan semacam tumbu ( tempat makanan atau kue yg terbuat dari anyaman bambu ) diatas batu besar .

“ oh , itu … itu kue yang dititipkan seseorang untuk paman kita , kyai sholeh “ . jawab ali arif kakaknya .

“ sini kang , biar saya saja yang bawa , itu berat lho kang “ . kata sulaiman menggoda kakaknya lagi .

kan Cuma bungkusan tumbu yg berisi kue ? ringan benget lah . emang sih , bukan ali arif sendiri yg membawa tumbu itu . tadi selama perjalanan pulang , santri pamannya yg disuruh ikut ali arif itulah yang membawa tumbu itu . merasa akan ada permainan lagi dari adiknya , ali arif segera menyuruh santri itu mengambil bungkusan yg tadinya diletakkan diatas batu .

“ coba kang ! ambil tumbu yang tadi sampeyan bawa itu “ . perintah ali arif pada santri untuk mengambil tumbu yang dia letakkan diatas batu besar tadi . apa yang terjadi ? ketika santri itu mengambil tumbu itu , seketika itu langsung terjatuh karena terlalu beratnya . akhirnya dia bangkit lagi dan berusaha mengangkat tumbu kecil yg berisi kue ringan itu . dan tetap saja , dengan sangat ngotot dan berkeringat , dia tak bisa mengangkat sedikitpun bungkusan tumba tadi . diulang lagi , dan gagal terus … sedang kakak sulaiman , yaitu ali arif tersenyum saja melihat kelakuan adiknya itu . dia tahu maksud adiknya .

“ sudah … sudah sulaiman … kasihan santri itu . tuh , ngotot sekali dia . ayo kang santri , sekarang kamu angkat lagi . kita segera menghadap kyai sholeh . sudah ditunggu dari tadi “ . kata ali arif sambil menyuruh santri tadi mengulangi sekali lagi untuk mengambil bungkusan kecil tadi . subhanallah , begitu ali arif yang menyuruhnya , bungkusan itu kembali enteng seperti sedia kala . santri itupun kagum akan kesaktian dua saudara tersebut . sedang sulaiman tetap senyum senyum saja pada kakaknya .

karena sudah meresa cukup atas jerih payah adiknya yang ingin menunjukkan bukti tersebut , akhirnya ali arif mendekati adiknya dan berbicara pelan :

“ wes dik , saya sudah percaya kalau kamu memang pantas mendapatkan adiknya . saya ridho dan ikhlas . dan saya yang akan menikah dengan kakak calon istri kamu “ . kata ali arif .

“ beneran nih kang ? “ tanya sulaiman .

“ iya …bener … “

“ alhamdulillah … terimakasih ya kang ali “ . ucap sulaiman sangat gembira . dan ali arif pun merasa senang melihat adiknya bahagia seperti itu .

akhirnya hasil akhir kesepakatan mereka berduapun dilaporkan ke kyai sholeh semendi . beliau sangat senang , akhirnya kedua keponakannya itu sudah mempunyai keputusan yang baik . segera kyai sholeh mengatur rencana pernikahan kedua putrinya dengan kedua keponakannya itu . dan tak lupa , setelah menentukan hari pernikahan kedua putrinya , kyai sholeh juga mengutus salah satu santrinya untk pergi kecirebon , guna memberitahukan kakak perempuan beliau yaitu ibunda ali arif dan sulaiman ( syarifah khodijah binti syarif hidayatulloh ) .

memang sejak dulu , ssebelum kedua putranya masuk dipesantren kyai sholeh , syarifah khodijah sudah pasrah penuh masalah perjodohan kedua anaknya itu pada kyai sholeh , adiknya . namun yang tak menyangka adalah , bahwa calon istri anak-anaknya ternyata adalah misanannya sendiri , yaitu anak dari saudara . ya mungkin kalau syarifah khodijah tahu pasti kaget . tapi bukan menolak … ya tak menyangka saja . akhirnya , utusan kyai sholeh kecirebon pun berangkat . namun , saya kurang jelas kisah selanjutnya , yang jelas ditengah jalan utusan kyai sholeh tersebut mendapat halangan hingga sangat telat untuk memberitahukan hari pernikahan ali arif dan sulaiman pada ibunda mereka berdua . terbukti , saat hari pernikahan keduanya , ibunda meraka masih belum nyampai ke pasuruan dipesantren semendi milik kyai sholeh .

“ kita teruskan saja acara aqad nikah kalian . ibu kalian masih dalam perjalanan . mungkin 2-3 hari lagi nyampe kesini . sementara undangan sudag pada datang . kalian berdua tenang saja . nanti aku yang akan menjelaskan semuanya pada ibu kalian “

itulah yang dikatakan kyai sholeh terhadapa ali arif dan sulaiman . karena keduanya sangat ingin pernikahannya dihadiri oleh ibunda mereka . namun , keadaan lah yg mendesak untuk melanjutkan pernikahan tersebut . singkat kisah , berlangsung lancarlah pernikahan itu . semua terlihat lega dan gembira termasuk ali arif dan sulaiman .

kita beralih ke ibunda mereka yang masih dalam perjalanan menuju pasuruan . syarifah khodijah tahu bahwa saat ini adalah sudah melewati batas tanggal pernikahan putra2nya . namun beliau punya keyakinan , pasti pernikahan itu ditundanya karena menunggu dirinya sampai datang . namun apa yang terjadi ? ketika sudah masuk dikota pasuruan , beliau mendengar sebuah perbincangan orang2 sekitar bahwa pernikahan ali arif dan sulaiman sudah berlansung 2 hari yang lalu . nah ? jelas itu membuat beliau kecewa dan marah . bukan marah pada kedua putranya itu , tapi pada adiknya sendiri , yaitu kyai sholeh semendi . beliau berusaha ingin cepat2 sampai kepesantren adiknya itu . beliau ingin memarahinya . hatinya sudah tak sabar segera ingin sampai .

sedang dipesantren kyai sholeh sendiri , adem ayem saja . dan tiba-tiba , kyai sholeh memanggil ali arif dan sulaiman untuk segera menghadap beliau saat itu juga . setelah mereka berdua sudah menghadap . kyai sholah berkata :

“ ali arif dan sulaiman … saya mau tanya pada kalian . masakan apa yang paling disukai ibu kalian ? “ tanya kyai sholeh secara tiba2 .

“ ada apa paman ? kok tanya itu ? setahu saya , ibunda kami paling suka dengan yang namanya sayur asem dan ikan yang digoreng kering . apalagi ada sambel pedasnya .. ada apa paman ? “ jawab sulaiman dengan sangat penasaran .

“ ya sudah , sekarang , suruh istri-istri kalian memasak yang kalian sebutkan tadi . yang enak kalau memasak . saat ini , ibunda kalian sedang ditengah perjalanan dalam keadaan marah . kalian tenang saja . biar semuanya aku yang mengurus “ .

segera mereka berdua menyuruh istri2nya memasak apa yang paling disukai ibundanya itu . mereka berpesan agar sangat hati2 kalaun memasak dan harus teliti bumbunya . karena , makanan yang akan disuguhkan buat ibunya nanti harus sempurna .

singkat kisah , akhirnya ibunda mereka sudah sampai dipesantren sang adik ( kyai sholeh ) . dengan langkah yang terlihat cepat dan wajah yang agak memerah tanda memendam kemarahan , beliau langsung menuju kerumah kyai sholeh . terlihat se-isi rumah sangat bingung atas kedatangan dan kemarahan syarifah khodijah . hanya kyai sholeh yg terlihat nyantai tak menunjukkan kebingungannya . setelah kyai sholeh mempersilahkan kakak perempuannya itu masuk dan menyuruhnya duduk dibale depan agar bisa istirahat , maka kyai sholeh pun duduk didepan beliau .

“ arif ! sulaiman ! ini loh bunda kalian sudah datang “ .

panggil kyai sholeh pada kedua keponakannya dan sekaligus menantunya itu , tak lama , keduanya pun keruang tamu utk menemui ibunda tercinta mereka yg selama ini mereka rindukan . terlihat wajah2 mereka yg begitu bahagianya dalam pertemuan itu . suasana terlihat haru biru saat itu . tangisan dari mereka semuanya tak terhindarkan . dan ?? apa yang terjadi adalah , syarifah khodijah tenggelam dalam perasaan bahagia atas pertemuan tadi hingga beliau lupa akan marahnya . lupa akan tujuan utamanya yaitu marah terhadap adiknya ( kyai sholeh ) yg telah menikahkan kedua putranya itu tanpa menunggu kedatangan beliau . dan anehnya , karena saking bahagianya , syarifah khodijah tak begitu memperhatikan kalau dari tadi kedua menantu perempuannya telah keluar masuk untuk mempersiapkan makan siang yg mereka masak tadi buat mertuanya .

“ monggo yu ( kak ) , makan dulu . nih , ada sayur asem dan gorengan kering ikan kesukaan sampeyan “ . kata kyai sholeh mempersilahkan kakaknya untuk makan . karena habis menempuh perjalanan sangat jauh , tentunya beliau terasa lapar . dan ketika melihat ada makanan kesukaannya diatas meja makan itu , langsung selera makan beliau memuncak .

“ oh iya dik , terima kasih “ jawab syarifah khodijah pada kyai sholeh . tak lama , beliau pun menikmati makananan bersama kyai sholeh dan kedua putranya . sedang kedua menantunya menunggu didalam rumah tak ikut makan bersama .

Dengan lahapnya mereka semua menikmati masakan itu , hingga sayarifah khodijah lupa dan hilang tujuan utamanya , yaitu kemarahan yg akan ditujukan pada adiknya itu . hingga selesailah acara makan2 itu . dengan wajah yang berkeringat dan perut yang sudah kenyang , syarifah khodijah berkata :

“ masyallah dik , enak bener masakan ini . sudah lama aku tak merasakan masakan seenak dan senikmat ini . kok tahu loh resepnya bikin sayur asem dan ikan goreng kering sesempurna ini . siapa dik yang masak ini ? “ . tanya syarifah khodijah pada kyai sholeh , adiknya .

“ hehehe , siapa lagi toh yu ? yang bisa buat masakan itu yg mirip dengan masakan sampeyan kalau bukan keponakan2 sampeyan sendiri ? itu loh , kedua putri2 ku yang saat masih kecil sering ikut membantu sampeyan memasak . dan sekarang , mereka berdua itulah menantu sampeyan , istri2 dari putra2 sampeyan “ . jawab kyai sholeh pada kakaknya . tapi jawaban kyai sholeh itu tak membangkitkan kemarahan beliau lagi . malah beliau teringat kenangan masa lalu saat masih bersama kedua keponakan perempuannya dulu . dengan senyum-senyum sendiri syarifah khodijah meng-ingat masa lalu itu . dalam benaknya memang setuju dan cocok dengan menikahnya arif dan sulaiman dg kedua keponakan perempuannya itu .

“ masyallah … gitu ya dik ? mana ?? mana ??? mana mereka ? mana kedua keponakan perempuanku itu ? “ kata syarifah khodijah yg terlihat sangat rindunya . segera kyai sholeh memanggil kedua putrinya tadi .

“ nduk … nduuk … ayo kalian berdua kemari ! ini loh ibu mertua kalian memanggil “ . panggil kyai sholeh agak keras . dan tak lama , kedua putrinya itu keluar dan sungkem hormat dan lembutnya dihadapan syarifah khodijah , mertuanya itu .

Akhirnya , mereka saling berpelukan dan suasana terharu terjadi . beliau terlihat senang dan bangga mempunyai kedua menantu seperti mereka berdua . kemarahan yg tadinya bergejolak dalam hati beliau langsung sirna saat berhadapan dg kedua menantu . yang ada adalah perasaan senang dan bangga . beliupun berpesan dan memberi nasihat2 bagus pada semuanya .

Singkat cerita , entah berapa hari syarifah khodijah berada dipesantren adiknya itu . bisa berhari2 atau berminggu2 atau berbulan-bulan . yang pasti , ketika beliau mau berniat kembali kecirebon , baru keluar dari kota pasuruan tepatnya dikota bangil , beliau sakit dan beristirahat dirumah salah satu kerabatnya . tak jelas nama kerabat itu . karena sakitnya makin hari makin parah , akhirnya beliau meninggal dunia ditemnpat itu pula . maka hingga saat ini , makam beliau yang berada dikota bangil itu semakin ramai dikunjungi oleh para peziarah dari segala penjuru . konon , beliau disitu dimakamkan dengan salah satu putra beliau yang saya sendiri kurang pasti namanya .

Berlalunya waktu yang cukup lama , akhirnya kedua saudara kandung ( sayyid arif dan sayyid sulaiman ) saling berpisah untuk melaksanakan tugas yg mereka emban mensyi’arkan agama islam . untuk sayyid arif , beliau berpindah dari pesantren kyai sholeh menuju ke tempat hutan yang dulunya dia babat bersama adiknya . masih ingat kan kisah itu ? . disitu beliau mendirikan pesantren yang pada akhirnya banyak para penuntut ilmu yg datang utk nyantri ketempat beliau . karena tempatnya dulu dekat dengan lautan , maka pesantren itu dinamakan segoropuro . tapi kenapa kok sekarang tempatnya agak jauh dari pesantren segoropuro ? ada kisah menarik tentang itu . konon , dulu sayyid arif saat mengajar sering terganggu dengan suara ombak yg terus menerus tiada henti itu . akhirnya beliau disaat mengajar berhenti sejenak dan keluar memandang pantai itu . dengan terompahnya atau sandal , beliau lemparkan sendal itu ke pantai dengan berkata : “ menjauh-lah hai pantai ! dengan izin Allah !! “ . nah , apa yg terjadi ? ternyata keberadaan pantai itu semakin mundur dan menjauh hingga suaranya tak mengganggu pengajian beliau lagi . subhanallah ….

Adalah beliau , sayyid ali arif segoropuro mempunyai beberapa keturunan . yaitu beberapa anak lelaki dan perempuan . salah satu putra beliau adalah abdurrahman . mungkin nama itu beliau pakai utk putranya untuk tabarrukan dari nama ayahnya ( sayyid abdurrahman bin umar basyaiban ) . dan ada lagi informasi yg mengatakan bahwa putra beliau ada yg bernama hasan madinah . makamnya juga ada dan terawat . dan masih ada lagi nama2 putri beliau yg tak saya sebutkan disini . meski ada salah satu lembaga pengumpul data silsilah nasab yang tak mengakui bahwa beliau mempunyai putra laki2 , namun faktanya sangat berbeda dengan yg dilapangan. Kenapa nama2 putra beliau tak tertulis ? yaa , itu kan tugas para pencari data silsilah kan ? dan kita tak bisa menafikan itu . asal dalam pencarian data silsilah tak disertai dg hati ‘ujub dan merasa benar sendiri , dan asal dengan hati yg jernih , insyallah akan menemukan , insyallah . wallahu a’lam bis-showab .

Lain sayyid ali arif , lain pula adiknya , yaitu sayyid sulaiman . beliau juga menetap lama disebuah desa disekitar pasuruan juga . hingga beliau mendapat panggilan kyai kaniigoro . sangat banyak kisah perjalanan beliau . kalau kita mau mencari kisah2 tentang sayyid sulaiman ini di situs2 lain , pasti akan bertebaran tulisan tentang kisah beliau . salah satu peninggalan beliau yang hingga kini masih berdiri kokoh adalah sebuah rumah yg dulunya beliau tinggali bersama putranya , khazam namanya ( kalau ga keliru ) . dan satu lagi peninggalan beliau , adalah sebuah pesantren yg hingga kini masih sangat eksis dan terdapat ribuan santri didalamnya . yaitu pesantren SIDOGIRI . nama sidogiri itu berasal saat sayyid sulaiman ketika berangkat menuju kemataram krn diundang oleh sultan kerajaan itu . disaat beliau sampai didaerah mbetek – mojokerto , beliau teringat kalau tongkat yang beliau bawa tertinggal dirumahnya ( dipesantren-nya ) . nah , dari tertinggalnya tongkat itulah beliau mengucapkan kalimat berulang-ulang dengan ucapan : sido keri … sido keri … ( jadi teringgal ) . hingga nama itu lestari hingga sekarang menjadi sidogiri ( pengucapan agak berubah dari kata asal . mungkin dari mulut kemulut hingga menjadi kata seperti itu ) . adapun sayyid sulaiman mempunyai beberapa istri , maka pantas jika mempunyai banyak putra-putri dari beberapa istri beliau . namun banyak juga yg tak tercatat . diantara putra-putri beliau adalah : abdul wahhab , hazam , nyai ayu ( ibunda kyai wijil , ketintang – surabaya ) , mu’minah , tsabit , nyai dewi , ali akbar ( ndresmo ) , nyai endah ( kalau gak salah ) yg menjadi penerus pesantren sidogiri bersama suaminya . abdullah , hasan ( pangeran agung ) , ‘abid , husein dan muhammad baqir ( geluran – surabaya ) , dan insyallah masih ada lagi nama2 anak beliau yg belum tercatat disini . wallahu a’lam bis-showab . semoga kisah ini bermanfa’at bagi para pembaca dan membawa hikmah yg baik . amin

Bagi para anak cucu sayyid arif segoropuro – pasuruan dan sayyid sulaiman kanigoro , monggo saling silaturrahmi lewat manapun . darat atau maya atau via telephon . agar bisa saling sambung dan bisa saling mendo’akan sesama saudara . blog ini memang dibuat untuk menyambung sanak family yg tak saling mengenal dimanapun anda berada , bukannya malah memutus tali saudara yg sudah ada . na’udzubillahi min dzaalik .

Terakhir , kami mengharap para pegunjung blog ini agar tak meng-copy paste artikel ini atau menjiplak dg cara apapun dan artikel2 yg lainnya yg ada diblog ini . kalian pasti tahu yg namanya haq adami kan ? allah tidak akan mengampuni dosa haq adami tadi sebelum yg bersangkutan memaafkan . maka , sayangilah diri anda sekalian . agar kehidupan kita tak terberatkan dg dosa2 haq adami .

tulisan : abi elkhoir basyaiban

.

Comments

  1. Assalamu alaikum Kang Abi

    Wah “sersan” (serius tapi santai) Kang Abi. Kudu ngguyu moco gaya tulisane, Sayyid Sulaiman dan Sayyid Ali Arif yang becanda dan bikin ngakak teman-temannya, mungkin lebih pas kalo itu maksude Kang Abi he3x… iya to. But its oke Kang, pengunjung Blog bisa tambah wawasan/tahu “kepingan” sejarah Sayyid Sulaiman Mojoagung/Kanigoro dan Sayyid Arif Segoropuro. Ada lain disebutkan Sayyid Abdurrahim Segoropura. Dua kakak beradik selain Sayyid Muhammad.

    Sedangkan dalam “Jejak Langkah 9 Masyayikh Sidogiri” disebutkan, adik Sayyid Sulaiman kedua Abdul Karim dan dimakamkan di kompleks pemakaman Sunan Ampel. Dalam terbitan Sidogiri ini Sayyid Sulaiman merupakan putra tertua.

    Maaf Kang Abi, aku tambahi sebagaimana dikutip dalam “Jejak Langkah 9 Masyayikh Sidogiri 1” (2009:25-26). Ben tambah komplet. Dari istri pertama di Krapyak Pekalongan Sayyid Sulaiman dikaruniai 4 orang putra, yakni Hasan (Pangeran Agung), Abdul Wahhab, Muh. Baqir (makam di Geluran Sepanjang Sidoarjo), dan Ali Akbar. Semua pejuang pembebasan dari kompeni Belanda.
    Sayyid Ali Akbar meninggalkan enam putra, yakni Ghazali (makam di Tawunan, Pasuruan), Ibrahim (makam d Kota Pasuruan), Badruddin (makam di sebelah Tugu Pahlawan, Surabaya), Iskandar (makam di Bungkul Surabaya) dan Abdullah (makam di Bangkalan Madura) dan Ali Asghar (makam di Sidoresmo). Dari Sy. Abdullah, generasi penerusnya memangku pesantren Sidogiri dan Demangan Bangkalan. Sy. Ali Asghar penerusnya merupakan pemangku Sidoresmo dan Sidosermo juga ulama pemangku ponpes Tambak Yosowilangun.

    Dari istri kedua (putri Mbah Sholeh Semendi) berputra di antaranyaKyai Ahmad Lebak Pasuruan. Dari istri ketiga di Malang berputra Sy. Hazam, tapi riwayat lain menyebutkan Sy. Hazam merupakan putra dari istri kedua.

    Nyai Indah/Endah binti Sy. Sulaiman menikah dengan Kyai Aminullah sebagai penerus Ponpes Sidogiri waktu itu setelah Sy. Sulaiman, demikian selanjutnya yang menjadi pemangku Ponpes Sidogiri adalah keturunan Sayyid Abdullah bin Sulaiman.

    Keturunan Sy. Arif Segoropuro moga bisa ditelusur lagi Kang Abi dan dinanti tulisannya. Dan maaf background tulisane sing item marakno mripatku rodo blabur, maklum wis koco motoan Kang he3x….

    Matur nuwun. Wassalamu alaikum

    ReplyDelete
  2. seneng yaaa, nenek-kakek moyangnya orang2 utama yang

    ReplyDelete
  3. Assalamualikum Wr.Wb trims ya aq firmansyah dr dsn-krajan segoropuro saya oarang sini sendiri tp ndak pernah mmpromosikan sejarah yang seharusnya semua orang tahu jd aq kagum ketika melihat isi blog ini sekian Wassalam Wr.Wb

    ReplyDelete
  4. Assalammualaikum Wr. Wb,
    Saya ingin menanyakan, apakah ada keterkaitan antara Sayyid Sulaiman dan Kyai Hasyim Ashari (Tebu ireng), Kyai Imam Zahid (Penggagas Kabupaten Jombang yang makamnya berdekatan dengan Sayyid Sulaiman)?, mohon pencerahannya terima kasih.

    Wassalam

    ReplyDelete
  5. - iyul02 : alaikum salam ... kalau keterkaitan kyai hasyim asy'ari dan sayyid sulaiman itu insyallah tdk ada , krn jelas kyai hasyim itu dari fam adhamatkhan dari jalur sunan giri sedangkan sayyid sulaiman dari jalur basyaiban ( menantu syarif hidayatulloh cirebon ) . adapun kyai imam zahid saya belum mengetahui tentang sosok beliau itu siapa dan dari jalur mana .. maaf .

    ReplyDelete
  6. assalamualaikum
    ceritanya sgt bagus,....
    kebetulan saya keturunan yang hilang dari mbah soleh semendi, mbah buyut saya namanya kyai abror juga masih sambung saudara dari mbah sholeh semendi, Kyai abror berpetualang dan minta tanah perdikan kepada adipati Lamajang, tepatnya di timur Sungai Asem. dari kyai Abror punya anak KH habib al abrori dan KH Ghozali dan banyak sekali keturunannya yang sekarang bermukim di desa Sukosari dan Gambiran LUMAJANG, mungkin pak abi bisa membantu keluarga besar kami untuk menemukan jalur keluarga tsb..
    jazakumulloh khoir.
    telp ana
    08563313133/hamid hasan

    ReplyDelete
  7. assalamualaikum..
    Mas Abi bisa mita tolong d ceritakan tentang sosok KH.Aminullah yang membantu Sy Sulaiman mendirikan sidogiri karena literatur tentang beliau tidak ada cm d sebutkan berasal dari Bawean n beristri Nyai Indah/Endah binti Sy. Sulaiman..
    matur nuwun Mas Abi n ngapunten Ingkang katha
    menawi nggadha lepat.
    wassalam.

    ReplyDelete
  8. Assalamualaikum...saya minta ijin copy paste..kisah kisah luar biasa ini..di note FB saya...
    tidak lupa nanti saya akan sertakan sumber dari blog ini...

    semoga bisa mengispirasi saya dan teman2 di FB saya..
    nuwun

    ReplyDelete
  9. wah ternyata tidak di ijinkan mengcopy artikel disni..

    ReplyDelete
  10. ass wr wb saya minta izin untuk mencopy kisah2 ndresmo ntuk diri pribadi boleh nggak sekian wass wr wb x dari lombok

    ReplyDelete
  11. Assalamu'alaikum wr.wb.
    Mohon informasi mungkin ada yang tahu alamat makam Sayyid Ghazali (makam di Tawunan, Pasuruan) putra dari Sayyid Ali Akbar.
    Dan siapa sajakah putra-putri beliau ?
    terimakasih.
    Wassalamu'alaikum wr.wb

    ReplyDelete
  12. ass wr br.,.saya mau tanya.apakah hanya keturunan beliau2 inikah yang d panggil 'mas'?

    ReplyDelete
  13. nice article..ana dr jakarta cuma mau mnjalin slahturahmi dgn sodara2 ana sesama basyaiban ..

    ReplyDelete
  14. Ass wr wb mohon izin mengcopy artikel nya bib ... syukron katsir
    wass

    ReplyDelete
  15. Minta tolong postingkan nama2 anak dan cucu dari embah sholeh semendi..... penting

    ReplyDelete
  16. Mbah Soleh Semendi saudara kandung dari Syarifah Kodijah Bangil lihat di http://bintang-sufi.blogspot.com/2009/05/al-habib-umar-bin-abdurrahman-al-atthos.html

    ReplyDelete
  17. ingin merevisi kalimat "Dari istri kedua (putri Mbah Sholeh Semendi) berputra di antaranya Kyai Ahmad Lebak Pasuruan. Dari istri ketiga di Malang berputra Sy. Hazam, tapi riwayat lain menyebutkan Sy. Hazam merupakan putra dari istri kedua."
    KH. Ahmad wafat pd akhir thn 1980an, shg kurang tepat jika beliau dikatakan putra Mbah Sulaiman, kalau keturunan Insya alloh Benar.

    ReplyDelete
  18. Assalamualaikum, wr.wb
    Salam silaturahim.
    saya sangat berterima kasih atas artikel mas, sehingga dapat mengingat sejarah para leluhur dan nenek moyang kita perkenalkan nama saya Firmandes bin Aliyaman bin Ahmad bin Ali Ahmad bin Alimuddin, garus keturunan Ali bin abitholip. karna menurut saya banyak generasi kita sekarang yang sudah melupakan silsilah dan sejarah dikarenakan modernisasi saat ini yang melupakan sejarahnya sendiri. sekali lagi terima kasih. wasssalam.

    ReplyDelete
  19. assalamualaikum... apa benar keberadaan makam mbah mangku dermo (sayyid ahmad shoddiq bin sayyid sulaiman) di tumpang jago kab. malang. karena saya pernah ziarah kesana.

    ReplyDelete
  20. Assalamualaikum ya akhi, ana mau tanya, anak keturunan sayyid hasan madinah yg makam ada di bohar tu siapa saja? Trusnada hubungan pertalian darah sama mbah bagus santri & mbah joko laut?

    ReplyDelete

Post a Comment

setelah baca2 ... isi dong commentnya . ok ! kutunggu ya

Popular posts from this blog

KISAH NYATA MEYAKINKAN SILSILAH DG CARA SPIRITUAL

GUS 'UD ( kyai ali mas'ud )