Saturday, October 7, 2017

NGADO KONCO PONDOK - KISAHKU YG NYATA ( BARU DAN LUCU )




ini kisah nyata yg aku sendiri pelakunya. seputar kekonyolan santri termasuk aku tempo dulu. yah lebih tepatnya ini kisah revenge alias balas dendam pada teman sekomplek saat dipondok dulu. habisnya aku baru keinget sih peristiwa ini, ya langsung aja aku tuangkan diblog ini. biar para tamu disini pada ngerti. syukur syukur klo mau ketawa... hehehe...





dulu, dipondok udah biasa yg namanya goda godain temen. gak ada istilah gondok atau dendam yg ampek kesumat banget. gak adaaa.. yeeeh abi nih, bisa ngomong gitu kok sekarang nyeritain balas dendam loh ? gimana sih.. bentaaar ... jgn salah paham dulu. disimak dulu kisahnya. sederhana bnget kisah ini dan gak njelimet.

aku tuh paling sebel kalau digodain saat tidur. gak sedikit temen yg suka ini ituin aku saat tertidur. mungkin aku ini tergolong makhluk imut kali ya klo saat tidur ? hmmm.. bisa kuduga gk ada yg percaya pembaca disini. ya udah gk papa aku lanjut lagi ya.

aku sering banget saat bangun dari tidur ada sesuatu yg nyasar dan menutupi wajahku. terkadang kardus , gombal yg biasa dibuat ngepel lantai dan macam-macam. dan yang paling aku sebel bin duwongkol hati ini adalah wajahku saat bangun tidur tertutupi celana dalam alias cd yg super duper mangkak alias lengus dan baunya ? tikuspun bisa pingsan. gimana coba, makanya saat aku tidur jelang bangun seakan hidungku ini bau apaa gitu. eh beneran, saat aku terbangun bener2 wajahku udah dibuntel dg sepontong sempak alias cd usang yg bolong2 warna merah yg sudah agak item. ya krn gk perna dicuci sih , jadi warnanya jdi gitu.

begitu aku lihat mukaku ada cd itu, segera aku buang cd nya dan muntah2 diluar kamar. baunya itu loh yg gak ketulungan. sementara para temen temen pada ngakak liat aku kayak gitu. pelakunya aku ngerti banget, dialah anak blitar yg namanya dimyati yg biasa dipanggil dim aja. ini terjadi gak cuma sekali. hampir sering banget. yah wajar sih dilakukan itu, karena aku sendiri sering banget godain dia saat tidur. hahahaha,,, akhirnya ngaku juga deh. ya udah diterima aja deh bi ... hehehe




hari berlalu dan tahunpun berganti. sidimyati udah pulang dirumahnya alias boyong sdh gak mondok lagi. ya krn sdh lulus. sementara aku masih tetep dipondok krn masih belum selesai mondoknya. kira kira 1 tahun berlalu sejak dim boyong dari pondok , tiba2 ada undangan resepsi pernikahan. ya si dim itu yg nikah. wauuu... amazing banget..!! kok bisa ya , anak kayak gitu laku ? hahaha... becanda ah , jgn dibikin serius. ya jelas laku lah,, apalagi dia tergolong santri yg pinter dan rajin. hafal alfiyah bookk.. kebayang gak ? gimana gk jadi rebutan para cewek coba..? hehehe...

wah tanpa babibu lagi , segera para temen2 sekamar bahkan sekomplek siap siap bikin kado. rame bener pokoknya kalau lagi kumpul. ngerencanain ngasih kado apa ya yg cocok buat dim ? keputusan temen2 beragam. ada yg mau kasih kado sendal , ada yg gelas , piring , sarung , jam dinding wah pokoknya serba patunganlah belinya. klo aku sih langsung kepikiran sesuatu. bersama temen yg dulunya sering diusilin dimyati yg berjumlah 3 org pada sepakat ngasih kado sesuatu yg istimewa. aku dan ketiga temenku tadi sepakat ngasih kado sempak atau cd miliknya dimyati sendiri . loh ? kok bisa ya , padahal kan dia sudah gak dipondok setahun yg lalu. barangnya kok masih ada loh ? gini ceritanya ,

dipondok itu sudah biasa kalau boyongan , gak semua barang2nya dia bawah semua. biasanya sih nyicil bawa pulangnya. biar masih bisa sambang kepondok lagi agak sering gitu loh. makanya disisahkan dipondok. baik itu kitab , baju dll. nah sidimyati juga gitu. masih ada peninggalan anak itu dipondok. kitab2nya dan sebagian baju dan sarungnya. dan lucunya lagi, ternyata sempak yg bolong2 dan warna merah kumel serta baunya ala makjan itu masih nangkring dibawah rak sandal saat dia pulang alias boyong dulu. jadi , sama temen2 langsung dibuntel semua barang tinggalannya berikut cd nya itu. diiket dg kuat lalu ditarok diatas sendiri. agar gak nembus tuh baunya.

nah , saat rapat tertutup dg ketiga temenku itu, ten tang kado apa yg akan diberikan ke dimyati. akhirnya sepakat utk bongkar2 barang peninggalah dia. dan luarbiasa, dibungkusan sarung yg agak besar itu, setelah dibuka ada sempak alias CD merah kusam yg sering digunakan nutupin wajahku saat tidur dulu. asyiiiikkk , batinku. ini dia yg aku tunggu. segera CD aku ambil dg pake kayu dan langsung aku masukkan képlastik. dan ditutup rapat. habis mau diambil langsung dg tangan gk betah baunya. ya terpaksa dg kayu agak panjang dan diarahkan keplastik , beres deh.

aha  !! saat nya tlah tiba. saat datang keacara resepsi dimyati dirumahnya. teman2 pada ngurus surat izin pondok untuk datang keundangan dimyati termasuk diriku. semua sudah aku persiapkan. termasuk kado istimewa yg sudah aku bungkus sebagus mungkin biar yg nerima agak senengan dikit gitu loh. hehehe... singkat kisah , sampailah aku dan teman2ku didaerah dimyati. lumayan rame acaranya. banyak undangan yang pada datang. dan tampak pula si dimyati duduk dikursi pelaminan bersanding dengan istrinya. lumayan cantik juga istrinya. tanpa basa basi, aku pun langsung menuju ke tempat dimyati duduk dipelaminan itu. nah saat dia ngelihat aku , dia langsung ketawa. akupun juga ketawa ngekek. ya gimana , namanya aja temen seperjuangan pondok yg agak lama gk ketemu. ya kangen lah... hehehe..





" mana kadomu bi, masak cuma datang aja gak pake kado "

wih , kurang ajar dia, cuma nunggu kadonya aja ? ah, e g p lah ... yang penting rencanaku lancar.

" nih , kado buat mu. tak kasih yg istimewa khusus buat kamu "

jawabku sambil nyodorin kadonya. dia seneng banget nerimanya. apapun itu yg ada dalam bungkusan kado tersebut, tetep istimewa kalau dari temen seperjuangan dipondok katanya.tanpa curiga apapun , dia persilahkan aku dan temen-temen pondok lainnya utk bersenang2 dan menikmati hidangan.

kita bener bener menikmati suasana itu. full musik , kue dan makanan lainnya. secara gitu loh , kita kan anak pesantren yg gak bisa liat kue dan makanan yg begitu banyak. jadi ya gak salah klo aku dan temen2 pondok lainnya pada sibuk nyemilin tuh makanan. mubadzir klo dibiarkan. kita nikmati tanpa pake ukuran kenyang atau tidak yg penting sikat secara rata semuanya. kan kawatirnya ada yg ngiri tuh salah satu kue yg gak ikut kita cemilin. makanya kita coba secara merata hehehe..

daaan ... gak terasa deh, malam telah mulai larut. para undanganpun udah mulai berangsur angsur pulang. didesa memang seperti itu. klo sudah agak larut dan para undangan udah pada pulang maka jadi sepi. gak ada acara lain selain resepsi tadi yg tanpa hiburan. tinggal kita2 yg dari pondok yg masih ada disitu. maunya kita sih pulang malem ini juga, krn besok udah sekolah. eh , yg punya hajat melarang. kita ditahan gak boleh pulang. ntar pagi2 habis subuh aja katanya. karena si dimyati pake nada dan gaya memelas pada kita, akhirnya kita nurutin aja. kita tinggal disitu dan begerombol dihalaman rumahnya yg sepi itu sedang dimyati kita biarkan masuk rumah. biarkan dia bersama istri barunya. kita tahu diri laaah. tapi asyik juga suasana spt ini. jauh dari pondok lalu berkumpul dg temen2 ditengah malem sambil ngobrol ngalor ngidul. hmmm... jadi teringet masa dulu deh..






nah , sekitar jam 1 an malam , disaat kita lagi asyik ngobrol dan ketawa ketiwi. eh terdengar suara cewek yg lagi muntah2. dan dimyati terlihat bingung juga. ternyata yg muntah muntah itu istri dimyati. aku lihat berulang ulang keluar masuk kamar tidur menuju belakang yaitu kamar mandi. kasihan juga rupanya. kita semua gk bisa ngapa2in. cuma bisa lihat dan bengong aja.

selang beberapa lama , dimyati keluar dg wajah yg terlihat mau ketawa. spt ada yg lucu gitu. dia langsung nyariin aku. begitu sudah ada didekatku , dia langsung nyemprot dan damprat aku ,

" bi, nih gara-gara kado dari kamu tuh "

" knp emangnya " tanyaku pura2 gk ngerti

" istriku tak bilangin klo kado yg agak panjang itu kado spesial. mungkin dia penasaran, saat aku tinggal BAB eh dia buka. gak taunya dia muntah2 langsung begitu lihat dan pegang isi kado itu, langsung dia muntah gk berhenti berhenti. kamu kok masih nyimpen CD ku itu sih bih ?

hahahaha.... kapoooookkk kataku. biar tahu dia bau CD nya yg bikin resah dipondok dulu...


tapi semuanya berakhir dg indah dan saling ngakak. alhamdulillah ...


Terimaksih

Tulisan Muhammad Abikhoir Basyaiban




Monday, October 2, 2017

[ BARU ] SYI'IRAN SEJARAH SINGKAT NDRESMO



Halaman ini saya tampilkan buah karya saya , sebuah syair yg berkisah singkat berdirinya kampung ndresmo. nah coba dilihat catatan dibawah ini. pasti kalian akan faham karena saya kemas seringkas mungkin



Sunday, October 1, 2017

[ BARU ] VIDEO SEJARAH TOKOH NDRESMO ( Sayyid Ali Akbar Bin Sayyid Sulaiman Basyaiban )

ini kelanjutan kisah dari video pertama .tapi yang ini tervokus pada kisah sayyid Ali Akbar bin Sayyid Sulaiman Basyaiban . nah , langsung saja saksikan ...

[ BARU ] VIDEO SEJARAH AWAL NDRESMO ( Awal Mula adanya Ndresmo )

Assalamualaikum semuanya ,,

agak lama juga sih aku gak liat-liat blogku ini. biasalah , namanya aja orang yg makin dewasa , ciee.. pasti punya kesibukan sendiri tiap harinya. maklumin aja deh.yang penting blog ini gak sampai mati aja. nah kali ini , sengaja aku bikin postingan baru tentang ndresmo , yaitu kisah ndresmo yang dikemas berupa video. jadi para pembaca disini yg biasa ngebaca artikel2 , sekarang tinggal lihat gambarnya dan dengerin aja biar enak . nah , biar gak banyak omong , langsung aja simak videonya dibawah ini . silahkan ...

Friday, September 1, 2017

FILM ONLINE BARU DAN KABAR YG UPDATE TIAP HARI


Silahkan Tonton Film baru kan kabar berita disini, yang insyallah akan selalu berganti judul filmnya. silahkan mampir setiap hari disini. suwun




FILM JENDRAL SOEDIRMAN









Berita Hari ini ? BELUM ADA ! 

PENTING UNTUK PENGUNJUNG BLOG INI...

Monday, August 28, 2017

DAFTAR ARTIKEL BLOG NDRESMO INI


Saturday, August 19, 2017

NDRESMO - SING NDERES KABEHE LIMO . . .



Ndresmo, kampungku yg kecil. yg berbagai macam orang mengucapkannya. ada yang bilang sidosermo atau sidoresmo. namun nama asal dari kampung itu bernama ndresmo dari kata 'sing nderes kabehe limo. hampir seluruh daerah bahkan negara-negara lain terlebih timur tengah banyak yang kenal desa itu. ya karena kebanyakan penduduknya punya pesantren.

DAARUSSAMA DAARUNA - NDRESMO RUMAHKU


KISAH UNIK SAYYID ALI AL-ARIF SEGOROPURO DAN SAYYID SULAIMAN MOJOAGUNG

kita semua tahu bahwa beliau berdua ini adalah satu saudara kandung putra dari sayyid abdurrahman bin umar basyaiban. sudah banyak postingan diwebsite2 yg bertebaran diinternet yg mengisahkan tentang beliau berdua. maklum saja, karena anak keturunan beliau berdua ini bertebaran diseluruh pula jawa. maka tak heran jika para anak keturunan beliau berdua ini sama2 mengisahkan perjalanan kakek buyut mereka ini .


Friday, August 18, 2017

SAYYID ALI AKBAR BIN SULAIMAN NDRESMO


sebuah perjalanan panjang sudah beliau(sayyid ali akbar)tempuh hingga terwujudnya sebuah desa yangg beliau kasih nama ndresmo. keberhasilan dalam hal membangun sebuah desa dalam segi ke-agama-an sudah terlihat sekali. tak sedikit yang datang ketempat beliau untuk belajar ilmu agama dan menetap dipesantren beliau. sekarang tak ada lagi tempat yang bernama ndemungan yg angker dan seram. berganti dengan nama desa ndremo yang asri, sejuk dan penuh dengan cahaya ilahi.

SAYYID ISKANDAR BIN SAYYID ALI AKBAR BUNGKUL SURABAYA

diantara putra-putra sayyid ali akbar, sayyid iskandarlah yang paling unik perjalanan hidupnya. beliau sangat sayang pada ibundanya hingga nyawa sebagai taruhan demi ibundanya.setelah kelahiran adik beliau yaitu sayyid ali ashghor, beliau meneruskan perjuangannya dalam melawan penjajahan belanda. seperti ayahandanya yang dulu yakni sangat merepotkan pihak kolonial belanda, sayyid iskandar pun juga tak kala merepotkan mereka . 

SAYYID ALI ASGHOR BIN SAYYID ALI AKBAR NDRESMO


sudah saya kisahkan tentang ayah beliau (sayyid ali akbar) yg di asingkan oleh belanda dinegara mereka. namun bukan berarti pemerintah kolonial belanda merasa aman dan tenang dg sudah tiadanya sayyid ali akbar. mereka lupa bahwa beliau mempunyai beberapa putra laki-laki yang semangat juangnya sama dg ayahanda beliau . ter catat nama2 putra sayyid ali akbar sebagai berikut :

BUYUT FATAH - SEGOROPURO PASURUAN

Buyut Fatah yang berjuluk pangeran joko segoro lantaran beliau dapat berjalan diatas air, konon beliau adalah keponakan ipar dari Sayyid Arif segoro puro. ada yg bilang beliau ini saudara ipar sayyid arif segoropuro. dan ada yg bilang lagi beliau adalah putra dari sayyid arif itu sendiri. dan tak menutup kemungkinan juga buyut fatah ini adalah saudara dari istri sayyid arif yang artinya beliau adalah salah satu anak dari sayyid sholeh bin syarif hidatulloh sunan gunung jati.

KISAH KYAI FATAH SEGOROPURO DAN MBAH SHOLEH SEMENDI


Dulu, sesama habaib jawa apabila sudah berkumpul atau bertemu pasti tak lepas dari yg namanya becanda ala kyai. dan tradisi itupun masih berlangsung di ndresmo hingga kini. seperti halnya pada kyai fatah ini, disaat beliau silaturrahmi kekerabat dekatnya, kyai sholeh bin syarif hidayatullah ( sunan gunungjati ) dipasuruan. beliau tak bisa menghindar atas guyonan kyai sholeh tersebut. ketika kyai fatah sudah dipersilahkan duduk diruang tamu, kyai sholeh segera memanggil santrinya utk mengambil suguhan. selang beberapa waktu, suguhan itupun datang. bukan berupa makanan nasi dan lauk pauknya atau lainnya, tapi berupa buah semangka yg masih utuh yg belum dikuliti. disamping buah semangka tersebut sudah disediakan satu buah pisau agak besar dan sangat tajam .

KYAI EDOR ATAU MBAH EDOR BUNGKUL SURABAYA

Jika kita berziarah kemakam sayyid iskandar bin ali akbar bin sulaiman, yang dikoplek makam bungkul Surabaya, maka kita harus menanyakan kejuru kunci letak makam mbah edor ini. kenapa begitu ? ya karena sosok kyai satu ini sangat dekat dimasa hidupnya dengan sayyid iskandar bin ali akbar. ya benar ! mereka berdua memang berjuang menghadapi belanda bersama-sama dibumi nusantara ini , tepatnya dikota Surabaya 

SAYYID WAZIR ATAU KYAI WIJIL BIN NYAI AYU BINTI SULAIMAN BIN ABDURRAHMAN


Nama kyai wijil, itu bukan nama asing lagi diseputar daerah Surabaya. apalagi diseputar daerah ketintang. itu tak lepas dari kisah beliau yang sangat terkenal dgn mengalahkan gangguan raja jin yg menantangnya. apalagi beliau adalah masih cucu daripada sayyid sulaiman bin Abdurrahman bin umar basyaiban. begitulah menurut data silsilah kuno yg hingga skrg masih terjaga keutuhannya.

SAYYID ABU DZARRIN AT-TUQO - MBAH TUGU PASURUAN [NEW UPDATE]

Sama juga dengan ndresmo yang bermula sebuah tempat mati yang dihidupkan oleh Allah lewat hambanya yg sholeh bernama sayyid ali ashghor yang datang dengan membawa bekal ruhani yg kuat dan akhirnya jadilah ndresmo sebuah desa yg sangat religius sekali, pasuruan juga begitu. Terdapat sebuat alas atau hutan yang terkenal angker dan dekat dengan sebuah desa. Penduduk pada ketakutan dg keangkeran alas itu.

PENOLAKAN SILSILAH SAYYID ABU DZARRIN ?

aneh, sekali lagi sungguh aneh jika ada orang yang tiba2 merasa paling benar atas segala penemuan dan penelitiannya. seakan lakonan dan perjalanan sejarah bisa dia rubah dan ganti dengan aturan dan omongannya. dan ternyata memang ada org seperti itu . sejarah dan silsilah memang harus digali dan dicari tanpa batasan waktu. katakanlah saat ini kita sedang membahas sebuah runtutan silsilah. dalam hal ini aku contohkan saja silsilah sayyid abu dzarrin pasuruan.

KISAH INDAH " SEGITIGA EMAS " !!


Salah satu kisah perjalanan syaikhona kholil madura yg sangat masyhur adl, ketika beliau masih sangat kecil , bahkan masih belum baligh beliau pernah diajak ayahandanya, kyai abdul lathif untuk bersilaturrahmi kepasuruan . ketempat pesantren sahabat ayah beliau yg bernama sayyid abu dzarrin yg belakangan masyhur dg julukan sayyid tugu atau mbah tugu . sayyid abu dzarrin kala itu adalah sosok ulama yg berasal dari jawa tengah [Cirebon] dan menetap dipasuruan [karangsono]. beliau mendirikan sebuah pesantren didesa itu. beliau sangat alim , zuhud dan wara' . konon dipesantren beliau, bukan para manusia saja yg menuntut ilmu disana, namun banyak juga dari para jin banyak yg ngaji disana . 

SAYYID HASAN SANUSI ( MBAH SELAGA ) PASURUAN


Mbah Slagah, pada masa mudanya bernama mbah Hasan Sanusi, karena beliau menyebarkan Agama Islam di daerah Malang, maka mendapat julukan Mbah Slagah (Macan Putih). Selanjutnya di Pasuruan terjadi peperangan dengan Belanda yang menimbulkan banyak korban, akan tetapi pada akhirnya Belanda gagal dalam menduduki Pasuruan.

KYAI MUJAHID BIN ALI ASGHOR [ UPDATE ]


beliau ini adalah putra dari sayyid ali ashghor yang konon menurut cerita dindresmo adalah orang yg sangat zuhud ' alim dan wara' . seperti pada umumnya putra seorang kyai , beliau juga mondok ditempat lain disamping sudah banyak mendapatkan pendidikan dari sang ayah sendiri. 


KYAI ABDUL QOHAR BIN THOLHAH BIN HAJJI


Siapakah beliau? hingga semua telinga dan mulut di-ndresmo sudah tak asing lagi mendengar nama dan kisah tentang beliau. begitu berpengaruhnya perwujudan beliau ini hingga patut dibuat tauladan bagi anak cucu beliau khususnya, dan bagi warga ndresmo pada umumnya. beliau lah sosok ulama yg sangat alim allamah pada zamanya. yaaa kalau diitung2 mungkin bisa kurang lebih dari 200 thn-an yg lalu beliau hidup dan memberi warna keharuman tersendiri pada kampung para habaib ndresmo itu. kealimannya tak diragukan lagi. kezuhudan dan kewaro’annya sudah menjadi buah bibir dikalangan penduduk ndresmo . 

KYAI UBAIDAH BIN HAJJI BIN MUHAMMAD

Salah satu sosok yang membuat harum dan dikenal disegenap pelosok negri ini adalah seorang kyai yg masih berdarah basyaiban. beliau adlh kyai ubaidah bin hajji. hingga kini, jika kita menyebut nama kyai ubaidah sepuh maka semua pst tahu, yg dimaksud nama itu ya kyai ubaidah bin hajji itu. knp begitu ? iya karna semasa hidupnya tuh sangat penuh dengan misteri.

KENAPA MESTI NGOTOT MENYALAHKAN SILSILAH ORANG LAIN SIH ?

tentang silsilah nasab bagi para dzurriyah nabi itu sangat penting. dan saya yakin mereka2 yg memiliki catatan silsilah itu pasti dg mati2an akan menjaganya. entah itu dari garis fam manapun pasti akan sangat memperhatikannya. bahkan setiap keluarga yg mendapat peninggalan tulisan silsilah keluarga dari kakek buyutnya tak akan rela jika ada org yg dengan dengan 'bodoh'nya menolak tulisan itu. kenapa aku tulis dg bodoh ? bukankah orang yg menolak nasab seseorang dg ke-sok tahu-annya ' dan tanpa berlandaskan cara2 yang bijaksana dan sopan itu menunjukkan kebodohannya sendiri. dan itu memang terjadi . contoh saja penolakan terhadap nama sayyid abdul-wahhab bin abi bakar basyaiban, toh ribuan orang ternyata bernasab dari garis beliau bahkan pesantren2 besar dijawa-timur banyak dari keturunan beliau. ada juga yg sebagian orang yg menyangsikan 

KISAH NYATA MEYAKINKAN SILSILAH DG CARANYA SENDIRI


hah ? emang ada amalan yang kayak gitu? ah, gak taulah ! setidaknya emang itu yang pernah terjadi didaerah saya ndresmo. itupun cuma 2 orang saja yg aku ketahui. dan aku yakin pasti masih banyak yg mengalami seperti itu pada yang lainnya.

KH MAS AHMAD MUHAJIR BIN MANSYUR


beliau itu salah satu seorang kyai besar diakhir dekade dindresmo. beliau pecinta ilmu. sangat istiqamah dalam hal mengajar ngaji pd santri2nya. itu tak heran karena beliau itu pernah mondok dibeberapa pesantren hingga 26 tahun lamanya. salah satu pesantren yg beliau mondok disana adalah tempat kyai muntaha madura. 

KH MAS THOLHAH BIN ABDULLAH SATTAR

beliau ini juga salah satu kyai besar pada dekade terakhir ndresmo. hidup sezaman dengan kyai mas muhajir. jika kyai mas muhajir dipesantren annajiyah, maka kyai mas tholhah di pesantren at-tauhid. banyak dikalangan kyai2, habaib dan para pejabat pemerintahan yg mengenal baik beliau .

KH MAS ABU SU'UD BIN HAMID


beliau ini salah satu kyai ndresmo yg sangat wara' dan zuhud. beliau dikenal dg 'kyai yg diijabah doanya. bahkan sekelas kyai mas muhajir sendiri pernah bilang langsung padaku bahwa saat ini tak ada lagi orang yg se-wara',sezuhud dan terijabah doanya seperti kyai su'ud itu.

KYAI MAS YAHYA BIN ABU DZARRIN


beliau nih termasuk kyai yg sangat penyabar dan sangat tekun beribadah. bisa dibilang kesabarannya itu yg membawa beliau kederajat yg sangat mulia. tiap hari rumah beliau selalu banyak dikunjungi para tamu dari berbagai kalangan. mulai orang biasa, kyai , habaib dll. banyak yang terkesan jika habis bertemu dg beliau.

KYAI MAS THOHA BIN ABU DZARRIN


beliau ini adalah saudara kandung dari kyai yahya bin abu zarrin.kalau tak salah beliau ini kakaknya. menurut penuturan orang2 yg pernah aku tanya, kyai thoha nih orangnya hampir sama dg adiknya, kyai yahya. yaitu pendiem , sabar dan tak banyak bicara. kisah tentang beliau bisa jadi banyak sekali namun aku menceritakan satu saja, karena itu yg baru aku tahu. begini :

KYAI NUR BIN YUSUF BIN ASDAR



beliau ini adalah kyai muhammad nur bin yusuf bin ashdar bin ibrohim basyaiban. salah satu sesepuh ndresmo yang sangat 'alim, zuhud dan waro'. dalam hal ilimu agama siapapun tak meragukannya. setiap hari pekerjaan rutin beliau kebanyakan diisi dg sholat, puasa, wirid dan mengajar ngaji.

KYAI KHOZIN BIN MUHAMMAD NUR BIN YUSUF


aku kurang tau banyak dengan kisah2 hidup beliau. namun yg aku,tau putra beliau yg bernama kyai muhammad sangat akrab dengan ayahku sejak masih muda. nah dari kisah2 yg sering saya dengar adalah sosok kyai khozin ini sangat luar biasa kuatnya beribadah. hingga jarang sekali ada waktu yg tidak diisi dengan berdzikir atau apapun .

KYAI MUHIBBIN BIN ABDULLAH NDRESMO

Entah ini tahun berapa aku gak ngerti. Tapi yg penting sangat lama sekali. Beliau ini sezaman dg kyai mansyur bin thoha ayahanda kyai muhajir. Beliau ini tergolong kyai sepuh yg sangat keras dan giat beribadah. tak banyak yang aku tahu tentang beliau. Mungkin saya saja yang kurang cari cari info tentang beliau. Tapi setidaknya aku punya sedikit kisah tentang beliau. Begini ringkas kisahnya...

KYAI SAID AYAHANDA IMAM SIBAWEH NDRESMO

beliau ini salah satu guru ayahku ilmu nahwu dan sharaf. dulu ayahku ngaji pada beliau. Beliau ini sangat wira'i dan zuhud sekali. Sama sekali tidak tertarik pada urusan duniawi kecuali hanya tertarik pada kenikmatan beribadah. Kalau urusan amal ibadah jangan ditanyakan, pasti beliau itu suka mengamalkannya. Beliau adalah teladan yg bagus bagi para pemuda ndresmo...

[ UPDATE ] KYAI AHMAD MARZUQI BIN SALIM BIN ILYAS (ada videonya juga)

Beliau ini termasuk kyai sepuh ndresmo yg hidup dizaman penjajahan dan PKI. Saat rakyat kita ditindas oleh para penjajah jepang yg sangat kejam dan PKI, Beliau ini terkenal dgn pemberani dan tegas. Dalam kesehariannya beliau tidak pernah tinggal dengan tasbihnya artinya lisannya tdk pernah terputus wirid. Baik shalawat dzikir atau lainnya. Jika punya pendirian yg benar maka sangat kuat untuk mempertahankannya.

KYAI HAMDANI BIN ... [belum tahu] NDRESMO

saya bener" buta informasi dg beliau. Bin siapa atau keluarganya itu yg mana. Tapi sosok kyai hamdani ini bukan mitos tapi bener bener ada. Beliau hidup dizaman penjajahan belanda. Bagi yg punya informasi tentang beliau, baik anak2 nya atau keluarganya atau santrinya mohon kirim atau beritahu ke saya.

KYAI MAS YAZID BIN THOHA BIN ABU DZARRIN




kalau tdak salah nama lengkap beliau adl Yazid anwar bin thoha bin abudzarrin bin muhammadun bin abudzarrin basyaiban. beliau ini salah satu sesepuh ndresmo dimasa2 akhir. dan wafat tahun 2009 bulan lalu. banyak yg merasa kehilangan atas kepergian beliau. semasa hidupnya, beliau tak jauh berbeda dengan ayahanda tercintanya, yaitu kyai mas thoha, yg selalu berpegang teguh dg ajaran2 islam kuno meski disekelilingnya terbentang kehidupan modern yg begitu melekat pada masa jaman sekarang, tapi beliau tetap mengamalkan ajaran2 ayahandanya yaitu ibadah, ngaji dan wirid. itu yg beliau amalkan tanpa henti dan tanpa terputus hingga ajal menjemputnya. banyak juga yg mengaji ketempat kediaman beliau dihari sabtu dan minggu. kalau tak salah, salah satu kitab yg beliau ajarkan adl fathul mu'in.


kehidupan sehari-harinya nyaris tak ada kesan kemewahan yg terdapat didlm rumahnya. bahkn pada diri beliau sendiri-pun aku melihat seperti sosok kyai kuno yg hidup dimasa modern ini .aku tak pernah melihat beliau menggunakan celana panjang atau apalah yg biasa digunakan orang2 modern , kecuali beliau tak pernah lepas dengan pakaian berupa baju yg sopan, sarung dg lengkap kopyah hitamnya . dan yg tak bisa terbantahkan lagi faktanya adalah , beliau salah satu orang yg sukses dg istiqomahnya . barangkali bagi kita semua masih sangat sulit dan berat jika meng amalkan ke-istiqomahan terhadap bidang apapun , namun bagi kyai mas yazid hal itu sudah beliau lakukan dg jerih payah sejak beliau muda hingga sudah terbiasa ketika beliau sudah tua .

selama aku berhadap2an atau mengobrol dg beliau, tak pernah beliau itu bicara kecuali hanya memberi kesemangatan pd jiwa2 muda spt diriku tentang betapa pentingnya ilmu agama dan istiqomah. beliau selalu berpesan agar senantiasa kuat dan bertahan dlm hal ke-imanan. jika ada orang yg berkata bahwa ilmu itu penting dan istiqomah juga tak kalah pentingnya, namun hanya sebatas omongan dg tanpa pembuktian, maka sangat berbeda dg kyai yazid ini. beliau buktikan pentingnya mencari ilmu tanpa batas itu dg selalu membimbing jam'ah musyawarah kitab diberbagai golongan. baik golongan tua dan muda. hampir baliau tak pernah absen. dengan telaten sang kyai ini selalu mengikuti bahtsul masa'il yg diadakan setiap hari senin malem selasa, minggu malam senin dll. subhanallah. bukti umur beliau tak pernah disia-siakan. semoga hal2 seperti itu akan mengalir kedalam diri putra-putri beliau semuanya. aku sangat berharap itu .semoga allah mengabulkan ke-inginanku itu, amin.


salah satu dari karomah beliau yg aku sendiri menyaksikannya adl, ketika aku sowan dg mengajak santriku dari riau (udin) untuk meminta barokah dari beliau. seperti biasanya, beliau menanyakan kabarku, kabar ayah ibuku dll. nah tiba2 beliau menyapa santriku itu begini :

" nama kamu zainuddin bin fulan ya " 

" iya kyai " jawab udin .

dan masih banyak yg beliau utarakan didepan kami tentang si-udin dan semua keluarganya yg ada diriau itu. bahkan beliau seperti tahu banyak tentang daerah udin berikut nama2 keluarganya melebihi udin sendiri. nah, gimana aku dan udin ga' heran, lha wong gak pernah kenal dg udin kok. malahan udin itu santri dipesantrenku masih baru harian. tapi aku baru tahu bahwa semakin hamba itu mengenali Allah-nya, maka allah akan membukakan rahasia2 yg orang lain tak tahu . 

dan satu lagi, pernah ada salah satu santriku yg tiba2 beliau marahi. bahwa menjadi santri ga boleh kurang ajar dg kyainya. harus ngerti terima kasih dan balas budi. padahal santriku itu gak punya salah dan ga pernah bertemu dg beliau. aku sendiri sempat heran, kenapa kok tiba2 wak abah (begitu aku memanggil kyai yazid) marah2 tanpa sebab? nah, aku baru tahu satu tahun kemudian bahwa santriku itu berbuat sesuatu yg membuat nama pesantrenku jelek dan membuat ahlil bait ponpes attaqowwiyah marah. dan diapun pulang tak kembali. oh, baru sadar aku, bahwa apa yg kyai yazid lakukan dulu itu adl satu isyarat buatku .. masyallah ..

nah, ini lah yg bisa aku tulis tentang profile beliau secara ringkas. barangkali ada pihak keluarga atau santri2 beliau yg ingin menambahi kisah2 masa hidup beliau, maka segera kirimkan dikomentar sini atau di email xpdccinta85@gmail.com 


" YA ALLAH , JADIKAN KAMI ORANG ORANG YG SELALU MEMBAWA KE-IMANAN PADA-MU DG BENAR. JADIKAN-LAH KAMI DAN SEMUA KETURUNAN KAMI MENJADI ORANG2 YG SELALU MENCINTAI-MU DAN MELAKUKAN SEMUA PERINTAH-MU " 




thanks 




muhammad khoir 

KYAI MUHAMMAD NUR ROSUL BIN ABD.ROHMAN [ NEW UPDATE ]


beliau ini ayahku. beliau sudah meninggal tahun 2005 yg lalu dlm usia 55 thn. beliau juga pendiri pesantren putra AT-TAQOWWIYAH di ndresmo. meski pesantren itu kecil, tapi bagaimanapun juga itu salah satu dari penghias keharuman desa ndresmo. lewat pesantren itulah hidup beliau dipersembahkan utk mengajar para santri yg menetap dan santri kalong [santri yg habis mengaji, pulang kerumah mereka] .

GUS UD SANG WALI FENOMENAL JAWA [ nEW UPDATE + VIDEO ]


Siapa yang gak kenal beliau ? sang wali Allah yg super fenomenal dan banyak kisah yg lucu. benar benar sebagai panutan dan rujukan orang jawatimur. beliau bertempat di pagerwojo sidoarjo. namun sayang hingga wafat beliau tak punya keturunan..

KISAH UNIK GUS 'UD DAN KYAI MUHAJIR NDRESMO


GUS UD KABUR ...!


GUS 'UD DAN RANTAI KAPAL ...


KISAH KYAI MUHAMMD ROSUL DAN KYAI ABD.QODIR


PANJENENGAN DARI KETURUNAN SIAPA ?



Hehe...ngabaca judulnya aja kayak angker banget ya ? seakan aku ini sebagai polisi silsilah / nasab aja. jangan salah faham dulu. disini cuma ruang terbuka bagi para saadah atau raden atau kang mas atau ning mas atau syarifah atau habibah atau apa aja lah untuk menyebut para anak keturunan baginda nabi Muhammad SAW. maksudnya, jika anda terlanjur nyasar di-blog ini dan ngebuka diruang ini, maka dengan amat sangat ( jangan keberatan ya ) aku minta ninggalin comment atau pesen2 atau perkenalan atau sekedar guyonan disini ok . 

AYO NGAJI DI-MAJELIS KAMI KANG...

Ahamdulillah, akhirnya bisa ketemu lagi disini. sudah lama sekali tidak mengupdate blog ini. gak tau kenapa kok saya gak ngurusi sama sekali. mungkin karena kesibukan lain, jdi gak kepikiran klo msih punya blog ini .. hehehe

DUET UNIK : GUS 'UD PAGERWOJO DAN KYAI MAS MUHAJIR NDRESMO

Kita pasti setuju, masa itu adalah masa terbaik buat pulau jawa terutama bagi jawa timur. Yang mana Allah memberi kemuliaan dengan hadirnya para wali-wali Allah yang sholeh2. Termasuk dua orang yang akan saya kisahkan sekarang ini. Mereka berdua mengenalkan manusia pada Allah dg gaya dan caranya masing-masing. Seperti ini kisahnya, coba simak baik-baik ya …

Thursday, August 17, 2017

[ PROKLAMASI ] PERTEMUAN SOEKARNO DENGAN KYAI HASYIM ASY'ARI


PENGALAMAN SPIRUTUALKU YANG ANEH DAN NYATA


TOILET YANG ANEH ...


BYURR PEMBAWA BERKAH DAN SHALAT YG BERBIS - BIS


SANTRI KUOPLAK TENAN IKI ... !!


NEKAT ! 3 SANTRI NGELAMAR PUTRI KYAI MEREKA


ABU JAHAL dan ABI LAHAB KEPERGOK DAN SANGAT MALU..



4 HAL YG PENTING BANGET KALIAN TAHU


TELADANI RASULULLAH SAW


AKU DAN KYAI ITU ... [ [ Pengalaman Saat Aku masih Mondok dulu ]


MASAKAN KAMU MANTAB BI ...


PERATURAN SANGAT ANEH DIBERBAGAI NEGARA


Wednesday, August 16, 2017

TERNYATA MEMUTIHKAN DAN MENCERAHKAN KULIT ITU GAMPANG LHO..


WEEHH , TERNYATA INI AKU DULU TOH ...


LOH , KOK SEMUA PADA BAU GINI SIH ??


ADUH, AKHIRNYA TIANG LISTRIK ITU SUKSES BIKIN AKU MALU

NABI YANG DIBUNUH DAN DIPOTONG KEPALA DAN TUBUHNYA


ALLAH SIBUK APA HARI INI ??



aku akan menceritakan sebuah kisah yang unik yang terjadi pada al-imam al ghazali. kisah ini terjadi pada diri beliau dan salah salah satu pengikut pengajian rutin yang beliau buka di masjid kota Basro baghdad. seperti biasanya beliau mengajar satu kitab dimasjid itu. pengikutnya pun sangat banyak. maklum lah orang sekelas imam ghazali sudah dikenal orang dipenjuru belahan kota mesir , irak dan arab lainnya. semua ingin mengalap berkah pada beliau dan ingin menimba ilmu darinya.



pada suatu hari, setelah pengajian usai beliau selalu bertanya pada peserta pengajian " adakah yang bertanya diantara kalian ?" . dan itu yg selalu beliau tanyakan pada jamaah agar selepas pengajian tidak ada keraguan dan ganjalan dihati. nah pas habis beliau bertanya, ada salah satu pemuda yg terihat biasa-biasa saja dan seperti tidak golongan ahli ilmu. mungkin bisa dilihat dari cara berpenampilan atau sikapnya. ini pertanyaan pemuda peserta pengajian itu ,

"Ya Syekh, dalam alquran surat Ar-rahman Allah bersaba :
    
                                        كل يوم هو فى شأن 



yang artinya, setiap hari Allah ada kesibukan. lalu yang saya tanyakan sekarang adalah, kira-kira hari ini Allah sibuk apa ? "

tanya pemuda tadi yang membikin imam ghazali agak shock karena belum pernah ada orang yg bertanya seperti itu. beliau diam dan gak bisa jawab. namun beliau buat perjanjian dg pemuda itu.


"maaf, saya masih belum punya jawaban untuk pertanyaan ini. datanglah besok kesini lagi. barangkali aku sudah menemukan satu jawaban untuk pertanyaan ini ". 


jawab imam ghazali dg terpaksa karena memang beliau tidak menemukan jawabannya. barangkali nanti saat dirumah dan beliau buka-buka semua referensi buku dan kitab yg beliau miliki akan menemukan jawaban itu.




Setelah pulang kerumah beliau langsung buka2 kitab yg dimiliki. Lama sekali beliau mencari jawaban atas pertanyaan unik pemuda tadi. Namun meski waktu yg sangat lama beliau masih belum juga menemukan jawaban itu. Pagi siang sore malem beliau gak capek mencari terus. Tapi toh tetep gak menemukannya. Baru kali ini beliau menghadapi masalah yg sangat rumit. Makin bertambah penasaran rasanya.


Besoknya akhirnya beliau seperti biasa mengajar dimasjid itu. dan pemuda yg tanya kemarin juga hadir disitu. Singkat kisah pengajian sudah berlangsung dg lancar dan setelah usai, pemuda itu mendekati imam ghazali dan berkata,

"ya syeikh, apakah engkau telah menemukan jawaban dari pertanyaanku kemarin ? ".

Tanya pemuda itu pada beliau. dengan malu2 imam ghazalipun menjawab ,

"masih belum hai anak muda. Coba kasih waktu aku lagi untuk mencarinya. Besok datanglah lagi kesini ". 

Jawab imam ghazali pada pemuda itu. Dan pemuda itu meng-iyakan atas permintaan imam ghazali tadi. 


Seperti yg sudah2, imam ghazali terus mencari jawaban pertanyaan itu. Bebagai referensi dia cari tapi tdk menemukan. dan tiap hari pula imam ghazali meminta waktu pada pemuda itu untuk bersabar dan menunggu. Selalu dikatakan besok datanglah lagi kesini pada pemuda itu. Hingga akhirnya imam ghazali pun berkata pada pemuda itu begini ,

" kasih aku kesempatan terakhir utk cari jawabannya. Besok jika aku masih belum temukan jawabannya maka aku menyerah dan silahkan tanya pd yg lain".


itulah janji al ghazali pada pemuda itu. Dan spt biasanya pemuda itu menyetujui permintaan imam ghzali tersebut. dan betul juga, hari ini adalah usaha terakhir imam ghazali utk mencari jawaban pertanyaan itu. capek juga kalau dipikir-pikir beliau. hingga beliau merasa putus asa karena memang semua jalan sudah buntu. sempat berpikir besok saat berhadapan dg pemuda itu akan dia katakan saja kalau dirinya sudah tak mampu lagi dan suruh cari orang lain untuk menjawabnya.


karena capek yang beliau rasakan, akhirnya diletakkan semua kitab-kitabnya. sekarang beliau ingin menepuh jalan terakhir yaitu istikhoroh dg sholat dua rokaat. cuma itu yg bisa beliau lakukan. setelah selesai istikhoroh, beliau tidur sebentar. dan dalam tidur itu beliau bermimpi bertemu Rasulullah SAW.  sungguh luar biasa beliau ini. disaat kepepet dan terdesak seperti ini , beliau ditemui Baginda Nabi didalam mimpinya. dan Nabi-pun bertanya pada imam ghazali,

"ada apa ghazali ? kok kelihatannya kamu menghadapi masalah ? "
tanya Nabi dalam mimpi itu.

"Benar wahai Nabi. hamba sedang gelisah .... "
lalu imam ghazalipun menceritakan permasalahannya itu. mendengar penjelasan imam ghazali tersebut, baginda Nabi tersenyum.

"kenapa bingung Ghazali ? besok temui pemuda itu dan katakan padanya bahwa pekerjaan Allah hari ini adalah , Allah dalam hari ini bertindak atas izinNya





غفر ذنباً، ويفرج كرباً، ويرفع قوماً، ويضع آخرين، ويحيي ميتاً، ويميت حياً، ويجيب داعياً، ويعز من يشاء، ويذل من يشاء، 
ويغني فقيراً، ويعلم جاهلاً، ويهدي ضالاً، ويرشد حيران،ويشبع جائعاً، ويكسو عارياً، ويشفي مريضاً، ويعافي مبتلى، ويقبل تائباً، ويجزي محسناً، وينصر مظلوماً، ويقصم جباراً، ويقيل عثرة، ويستر عورة، ويؤمن روعة

yaitu mengampuni dosa, melapangkan kesedihan, mengangkat satu kaum dan menjatuhnya satu kaum yg lain. menghidupkan yg mati dan mematikan yg hidup. meng-ijabah bagi hamba yg berdoa. memuliakan orang yg Dia kehendaki dan merendahkan pada orang yg Dia kehendaki. membuat kaya si-miskin. dan mengajari yg bodoh, memberi hidayat bagi yg tersesat , menunjukkan jalan bagi yg bingung. membuat kenyang dan mebuat lapar yg lain dll ...
setelah mendapat jawaban dari Baginda Nabi tadi, beliaupun terbangun dari tidurnya. beliau merasa bahagia dan bersemangat lagi. tak sabar rasanya ingin segera bertemu dengan pemuda penanya itu. segera beliau persiapkan diri untuk berangkat kepengajian rutin dimasjid bashro. terlihat sekali kesemangatan beliau dan keceriaan wajah2 beliau. akhirnya tiba juga beliau dimasjid yg biasanya itu. beliau saat pengajian ini tidak seperti kemarin2 yg terlihat lesu dan gelisah. tapi kali ini sangat semangat sekali. setelah selesai pengajian, segera beliau memanggil pemuda itu.


dihadapan pemuda itu, dan dihadapan khalayak ramai imam ghazali menjawab pertanyaan pemuda tersebut dg yang persis diajarkan baginda Nabi SAW. terlihat imam ghazali sangat mantab menjelaskannya. semua seisi masjid terkagum-kagum dg kepintaran beliau. semua gak ada yg tahu kalau jawaban itu diajarkan baginda Nabi dlm mimpinya semalam. sedang pemuda itu terlihat biasa saja dan tak ada rasa kagum atau takjub dg jawaban beliau. malah pemuda itu berkata setelah jawaban imam ghazali selesai dg ucapan begini ,

"wahai syeikh, perbanyaklah membaca Shalawat pada orang yang telah mengajari engkau jawaban itu".

setelah ngomong gitu, pemuda itu ngeloyor pergi dan keluar dari masjid. imam ghazali seketika itu terbengong atas keanehan pemuda itu. kenapa dia tahu kalau jawaban itu  diajarkan baginda Nabi semalam ? ... sungguh , diatas langit pasti ada langit. dan ini satu pembelajaran buat beliau. hikmah yg luar biasa besarnya bagi Beliau. sejak saat itu, beliau semakin rajin membaca sholawat utk baginda Nabi Muhammad Shollallahu alaihi wasallam.

terimakasih.

karya tulis muhammad khoir

Tuesday, August 15, 2017

KALIAN TAKUT ISTRI YA ? BACA INI AJA DEH ...

                     

BURUNGKU ILAAANNGGG ... !



‘BURUNG’ sudah ga’ cakep , suka nampang pula ! aneh2 ya jika ngeliat para santri tidur ? ini santri dulu lho ? bukan santri jaman sekarang yang jika kepesantren bawa perlengkapan lengkap seperti layaknya orang mau nginep dihotel. 

Monday, August 14, 2017

AKU DAN SI-BAPAK SOMBONG ITU [ 28 - 11 - 2008 9:30 ]


tulisan ini aku tulis atas dasar apa yg aku dengar dan aku liat . langsung aja gak' banyak omong . gini ceritanya ,

INI AKU , MASA LALOE DAN MASA KINI ...




hehehe . . . oh ya, salam tuk smuanya aja yah. napa emang dg pict aku itu ? gak sreg liatnya yah ? klo gitu aku acungin dua jempol deh. soalnya aku sendiri juga eneg banget ngeliatnya. abis, sok buanget sih ! mksudnya sih pingin niru si amy "Search" dr malaysia. ituloh, yg sempat hits banget disini dg lagu ISABELLA-nya. tau kan ? . hehehe .. ah biarin lah !. 




oh ya, nih pict aku tempo dulu. saat masih punya sebuah group band rock metaldeath. itu aku yg pakai kaos lengan pndek warna item yg berambut panjang kayak' rambut ekor kuda ha ha ha. tapi, ntar dulu atuh. gini2 aku kan

SENENG DONG JADI DIRI SENDIRI



oh iya, setelah kamu semua liat abi berpakaian spt ini, apa kesan kamu? kamu suka ya syukur, gak suka jG gak apa-apa kok . 

Sunday, August 13, 2017

BIOGRAFI SINGKAT SANTRI NDESO


BUAT RAMBUT DAN WAJAH NIH ...


DURIAN MERAH ITU ADA LOH ...


Saturday, August 12, 2017

BOJOMU BEDHES TA ??

Ini hari minggu , hari yg ditunggu tunggu cak pras buat ngajak jalan istri barunya , Ruminten. Ah bahagianya cak pras. Uang habis dpt gajian kerja sabtu sore kemarin, sekarang gk salah dong mau nyenengin istri tercinta.

7 DESA YG HILANG - [ RANU GRATI PASURUAN ]


judulnya kok serem amat sih ? emng tuh nyata ya ? jawabnya, ya ! itu betul2 nyata . jadi begini kurang dan lebih kisahnya , 

TEKA-TEKI AL-IMAM AL-GHAZALI





Suatu hari, Imam Al-Ghazali berkumpul dengan murid-muridnya lalu beliau bertanya ( Teka-Teki ) :


Friday, August 11, 2017

VALENTINE ? EMOH BINTI OGAAAH ... !!

COBA

COBA

ADSENSE

ADSENSE


html5 tutoriels - cheap morocco desert tours