Posts

Showing posts from 2009

PESAN dari akhina al-kirom Habib Hadi Al-Jufri utk Keluarga Besar Bani Basyaiban

Buat seluruh Ikhwan dan Akhwat habaib ....
yg paling tahu akan nasab & silsilah adalah antum sendiri dan keluarga antum sendiri, oleh karena itu buat seluruh keluarga Basyaiban agar selalu memelihara nasab & silsilah-nya serta para dzurriyah nya .

mengapa demikian ?
alangkah celakanya bila seseorang berani mengaku keturunan fulan yg sesungguhnya bukan . dan Allah SWT melarang menjadikan anak tiri , angkat dg bin ayah angkat atau tiri . seperti hal nya yg terjadi terdahulu kpd sahabat Zaid , Rosul pun tidak jadi menjadikanya bin kepada zaid . oleh karena itu , apakah sebodoh itu datuk2 kita berani memberikan sisilah kepada keturunanya kalau tidak haq ?.

oleh karenanya apa yang ikhwan dan akhwat sekarang peroleh dari datuk2 itu tentang silsilah adalah haq. maka wajib hukumnya untuk memilihara dan menjaga nya . dan percayalah , bahwasanya bila ada seseorang yg berani memalsukan sisilah maka bencana dan azab-lah yang akan di terimanya. karena dg memalsukan silsilah maka akan tidak…

NGOCO NANG NDRESMO KANG !!

Image
_____________________________________________










Bahtsul Masaa'il kitab" FAT-HAL MU'IN "

ini dilakukan ditempat bergilir setiap hari juma't jam 1 siang . di-ikuti oleh kyai - kyai muda ndresmo . kenapa aku katakan kyai muda ? ya karena meski mereka masih muda tapi semuanya punya pondok pesantren. kebetulan difoto ini bahtsul masaa'ilnya dirumahku di PP ATTAQOWWIAH .

ini adalah salah satu kegiatan para kyai2 muda dindresmo , karena masih banyak lagi bahtsul masaa'il yg seperti ini di-ndresmo . semoga kita semua sebagai ahli ndresmo akan selalu mengharumkan nama kakek buyut kita dg ilmu dan akhlaq karimah kita ..allahumma amiin .
__________________________________________________















_________________________________________________














___________________________________________







___________________________________________


Panjenengan dari Keturunan Siapa ?

Image
foto 1 : aku ( yg bikin blog ini )dengan kyai minanurrahman bin utsman al-ishaqi PP.ROUDLOTUL MUTA'ALLIMIN
foto 2 : aku dg kyai mas kholiqPP AT-TAUHID
foto 3 : aku ( lagi liat org2 ngobrol )
foto 4 : aku , kyai mas yusuf dan kyai mas abdullahPP. AN-NAJIYAH


He .. he ..
ngabaca judulnya aja kaya' angker banget ya ? seakan aku ini sebagai polisi silsilah / nasab aja . jangan salah faham dulu . disini cuma ruang terbuka bagi para saadah atau raden atau kang mas atau ning mas atau syarifah atau habibah atau apa aja lah untuk menyebut para anak keturunan baginda nabi Muhammad SAW . maksudnya , jika anda terlanjur nyasar di-blog ini dan ngebuka diruang ini , maka dengan amat sangat ( jangan keberatan ya .. ) aku minta ninggalin comment atau pesen2 atau perkenalan atau sekedar guyonan disini ok .


blog ini masih baru , jadi jarang yg tau . makanya masih sepi . siapapun sampeyan , baik dari jatim , jateng , jabar dll silahkan masuk . asal masih ada sambungan keluarga ( fam apa aja ) .tenan…

penolakan silsilah sayyid abu dzarrin ?

aneh ... sekali lagi sungguh aneh jika ada orang yang tiba2 merasa paling benar atas segala penemuan dan penelitiannya . seakan lakonan dan perjalanan sejarah bisa dia rubah dan ganti dengan aturan dan omongannya . dan ternyata memang ada orang seperti itu . sejarah dan silsilah memang harus digali dan dicari tanpa batasan waktu . katakanlah saat ini kita sedang membahas sebuah runtutan silsilah . dalam hal ini aku contohkan saja silsilah sayyid abu dzarrin pasuruan .

banyak yang menanyakan ke-absahan silsilah beliau itu . bahkan dengan beraninya ada yang menolak bahwa sayyid abu dzarrin tak bisa dimasukkan ke qabilah basyaiban . namun aku maklum dengan fenomena itu asal dengan cara yg baik dan punya tatakrama .

kita semua pasti setuju , meski silsilah bukan untuk dibuat kebanggaan , namun itu adalah jati diri dan martabat keluarga . apa jadinya jika jatidiri kita dipertanyakan dengan sebuah pertanyaan yg meragukan terhadap apa yg kita miliki ?. sebenarnya kalau ingin tahu jalur urutan …

Kenapa mesti ngotot menyalahkan silsilah lain sih ?

tentang silsilah nasab bg para dzurriyah nabi itu sangat penting . dan saya yakin mereka2 yg memiliki catatan silsilah itu pasti dg mati2an akan menjaganya . entah itu dari garis fam manapun pasti akan sangat memperhatikannya . bahkan setiap keluarga yg mendapat peninggalan tulisan silsilah keluarga dari kakek buyutnya tak akan rela jika ada org yg dengan dg 'bodoh'nya menolak tulisan itu . kenapa aku tulis dg bodoh ? bukankah orang yg menolak nasab seseorang dg 'ke-sok tahu-annya ' dan tanpa berlandaskan cara2 yg bijaksana dan sopan itu menunjukkan kebodohannya sendiri . dan itu memang terjadi . contoh saja penolakan terhadap nama sayyid abdulwahhab bin abi bakar basyaiban , toh ribuan orang ternyata bernasab dari garis beliau bahkan pesantren2 besar dijawa timur banyak dari keturunan beliau . ada juga yg sebagian orang yg menyangsikan urutan dari silsilah bani basyaiban dan bani adzamat khan .wah , ada2 saja mereka itu . seperti sudah yakin dg penemuannya saja .


jika …

KISAH NYATA MEYAKINKAN SILSILAH DG CARA SPIRITUAL

Image
hah . . .?? emang ada amalan yang kaya' gituan ? ah , g' taulah ! setidaknya emang itu yang pernah terjadi didaerah saya ndresmo . itupun cuma 2 orang saja yg aku ketahui . dan aku yakin pasti masih banyak yg mengalami seperti itu pada yang lainnya .

sebenerya sih ngga' ada amalan khusus tentang meyakinkan silsilah nasab dirinya apakah bener2 keturunan baginda nabi atau bukan ? . namun semua itu mereka lakukan sebagai jalan alternatif terakhir utk penambah keyakinan . walau peninggalan berupa tulisan kuno dari leluhurnya sudah punya , ditambah lagi dengan penelitian dan pelacakan silsilah nasab sudah dilakukan , maka bagi mereka tak ada salahnya agar semakin merasa yakin akan kebenaran bahwa dirinya bener2 keturunan baginda nabi muhammad SAW .

semua saya tulis kisahnya disini bukan utk memamerkan betapa hebatnya orang2 itu , bukan ! toh semuanya hanya Allah yg lebih tahu tentang orang2 itu . nah simak kisahnya :

yang pertama :

ini fakta dan betul2 terjadi terhadap diri kyai m…

Sayyid Abu Dzarrin At-tuqo - ( kyai tugu pasuruan )

Sama juga dengan ndresmo yang bermula sebuah tempat mati yang dihidupkan oleh Allah lewat hambanya yg sholeh bernama sayyid ali ashghor yang datang dengan membawa bekal ruhani yg kuat dan akhirnya jadilah ndresmo sebuah desa yg sangat religius sekali , pasuruan juga begitu. Terdapat sebuat desa yang bernama karangsono . sebuah desa yg berbeda dg ndresmo yg awalnya adalah hutan kosong .

karangsono berawal dari sebuah dusun yang sudah berpenduduk ramai . namun kehidupan desa itu penuh dengan kebodohan dan kemaksiatan . hingga akhirnya datanglah seorang 'alim yang wara' bernama SAYYID ABU DZARRIN BIN SAYYID HUSEIN dari kota cirebon . lewat perjuangan dan kesabaran beliau didesa itu ,sehingga jadilah karangsono sebuah desa yang sangat religius sekali .

lalu kenapa diblog ndresmo ini perlu adanya postingan tentang karangsono atau pasuruan pada umumnya ? jelas sekali karena antara pasuruan dan ndresmo sangat erat hubungannya . ibarat hubungan keluarga ndresmo adalah saudara kandung …

Sayyid Ali Akbar Bin Sayyid Sulaiman

sebuah perjalanan panjang sudah beliau ( sayyid ali akbar ) tempuh hingga terwujudnya sebuah desa yang beliau kasih nama ndresmo . keberhasilan dalam hal membangun sebuah desa dalam segi ke-agama-an sudah terlihat sekali . tak sedikit yang datang ketempat beliau untuk belajar ilmu agama dan menetap dipesantren beliau . sekarang tak ada lagi tempat yang bernama ndemungan yang angker dan seram . berganti dengan nama desa ndremo yang asri , sejuk dan penuh dengan cahaya ilahi .

tak ada lagi suara-suara orang berkumpul didepan api besar sambil tertawa dan menenggak minuman keras . yang ada sekarang adalah suara lantunan ayat-ayat suci alquran dan pengajian kitab kitab klasik . hampir disepanjang arah dan rumah desa itu sering terdengar suara mengaji . dan jika sholat mereka lakukan dengan berjama'ah . dulu hanya 5 orang santri yg selalu nderes al-qur'an dan kitab2 . kini sudah hampir semua penduduk seperti itu . sebuah keberhasilan yang nyata dirasakan .

sekarang , perjuangan sayyid…