Ndresmo - sing nderes kabehe limo
dikenal dengan sebutan makkah-nya tanah jawa dan tempat para haba-ib yang berwajah pribumi .
Pemberitahuan !! saya pernah menemukan beberapa blog yang mencopy paste-kan artikel-artikel yang ada diblog ' ndresmo ' ini . tapi yg membuat saya tidak me-ridhoinya adl : dengan mengatas namakan dirinya sendiri sebagai sang penulis , bukan nama saya atau menyebut dari blog ini . maka , ini adalah haq adami yg saya tak ridho . dan Alloh tak akan mengampuni dosa haqqul adam sampai yg bersangkutan mendapatkan maaf dari orang tak meridhoi tadi . yg merasa , takutlah pada Alloh !! sekian mohon maklum adanya . . . abi elkhoir basyaiban .
__________________________________

Lihat Artikel Baru : MP3 pengajian Al-hikam bahasa indonesia .

KISAH NYATA MEYAKINKAN SILSILAH DG CARA SPIRITUAL



hah . . . ?? emang ada amalan yang kaya' gituan ? ah , g' taulah ! setidaknya emang itu yang pernah terjadi didaerah saya ndresmo . itupun cuma 2 orang saja yg aku ketahui . dan aku yakin pasti masih banyak yg mengalami seperti itu pada yang lainnya .

sebenerya sih ngga' ada amalan khusus tentang meyakinkan silsilah nasab dirinya apakah bener2 keturunan baginda nabi atau bukan ? . namun semua itu mereka lakukan sebagai jalan alternatif terakhir utk penambah keyakinan . walau peninggalan berupa tulisan kuno dari leluhurnya sudah punya , ditambah lagi dengan penelitian dan pelacakan silsilah nasab sudah dilakukan , maka bagi mereka tak ada salahnya agar semakin merasa yakin akan kebenaran bahwa dirinya bener2 keturunan baginda nabi muhammad SAW .

semua saya tulis kisahnya disini bukan utk memamerkan betapa hebatnya orang2 itu , bukan ! toh semuanya hanya Allah yg lebih tahu tentang orang2 itu . nah simak kisahnya :


yang pertama
:


ini fakta dan betul2 terjadi terhadap diri kyai mas muhajir bin kyai mas manshur ( PP. annajiyah ) . bahkan beliau sering berkisah dihadapan para mustami'in saat ngaji tafser jalalain . kisah ini bermula saat beliau berada dimadinah almunawwaroh dlm melaksanakan ibadah haji . saat itu beliau duduk tenang dg membaca alqur'an di-raudhoh dekat makam baginda nabi muhammad SAW .

dengan khusyu'nya beliau baca alquran itu begitu lamanya dimalam itu . perlu diingat , keadaan masjid madinah tidak seperti sekrang yang jam 9 malam ba'da isya' pintu utk masuk kemasjid sudah ditutup . kalau dijaman dulu ngga' seperti itu .. selalu dibuka . nah , setelah selesai baca alquran beliau berdoa . lalu beliau sambil menangis bilang dg sangat lirih :


' Ya Allah . . . hamba mohon padaMU . jika hamba ini benar2 masih keturunan kekasihMU baginda nabi muhammad SAW,mohon pertemukan hamba dg beliau malam ini . agar saya semakin yakin bahwa hamba benar2 keturunan beliau . bukan hamba ini tak percaya dg tulisan silsilah dari leluhur , tapi dengan cara inilah hamba akan betul2 merasa yakin ' .

entah bagaimana selanjutnya , yang jelas malam itu juga beliau ( kyai muhajir ) berkisah bahwa baginda nabi muhammad SAW datang dihadapan beliau dalam keadaan tidak tidur . beliau sangat kaget atas kehadiran nabi dihadapannya . segera beliau mendekat dan bersalaman . dan yang terjadi adalah , tangan yang bekas dipakai bersalaman dg baginda nabi masih berbau wangi dan harum . tak ada minyak wangipun dimakkah dan madinah yg menyamai keharuman baginda nabi SAW . nah inilah kisah singkat beliau yg sudah umum dimasyarakat ndresmo . semoga beliau selalu mendapat kan tempat yg baik di sisihNYA ..amin .


yang kedua :


kisah ini di-alami oleh al-marhum ayahku sendiri saat beliau masih hidup, dan ini bukan bualan saja tapi fakta . sejumlah saksi yg masih hidup bisa ditemui hingga sekarang ini . ini terjadi saat beliau melakukan ibadah haji yg pertama ditahun 1996 .

suatu ketika beliau didalam masjidil haram makkah . seperti layaknya orang lain , beliau membaca alqur'an disitu . entah berapa lama beliau membaca alquran yg jelas ketika selesai beliau masih duduk ditempatnya yg semula . sambil alquran masih ditangan , beliau memejamkan matanya dan menangis . dalam hati beliau berdoa dg doa yg hampir sama dg yg diucapkan kyai muhajir itu , yaitu jika dirinya benar2 keturunan baginda nabi muhammad SAW , mohon agar Allah mempertemukan dirinya dg beliau .

knp ayahku kok berdoa dg doa yg sama spt yg diucapkan kyai muhajir ? ya karena kyai muhajir sering bercerita kejadian itu pd ayah . bahkan beliau bilang pd ayah agar nanti jika ada takdir ketanah suci , lakukan spt yg beliau lakukan . cuma perbedaannya adl , kyai muhajir di madinah sedangkan ayah dimakkah .



begitu lama ayah berdiam diri ditempat duduknya dg menangis . sedang saat itu masjid haram dalam keadaan sangat ramai . maklum ini hari jumat . tiba2 beliau dikagetkan oleh sosok lelaki tegap dan gagah yg dari jauh sudah bersinar indah . lelaki itu menghampiri ayah dengan selalu senyum yg begitu menawan . dan anehnya begitu banyak kerumunan orang dimasjid itu tak menyentuh sama sekali tubuh lelaki itu . hingga tak berdesakan dan lancar mendekati tempat ayah .


singkat kisah setelah orang itu dekat dg ayah dan memperkenalkan diri , ayah langsung terpaku krn paras wajah baginda nabi muhammad SAW yg ada dihadapan beliau itu .. namun aneh , semua orang yg disekitar ayah nggak bisa ngelihat . persis juga yg dialami kyai muhajir dulu saat dimasjid madinah .
bukan sekedar senyum dan mendekat saja baginda nabi terhadap ayah , namun beliau memegang pergelangan tangan ayah dan berkata :

" aku terlahirkan dikota ini ( makkah ) , mari aku tunjukkan kamu tempat dimana aku dilahirkan "

beliaupun mengajak ayah disuatu tempat yg dekat masjidil haram yg dikenal dg maktabah ( perpustakaan ) yg jarang dibuka saat musim haji . karena tmpat itu adl tmpat sangat bersejarah dimana baginda nabi dilahirkan ditempat itu . setelah sampai dimaktabah tersebut , didalam sudah terdapat 3 orang yg berjubah yg bersih2 . mereka semua tersenyum dan hormat saat melihat baginda nabi memasuki ruangan itu dg ayah .

" ambilkan alqu'an itu " kata beliau pada salah satu 3 org td .

setelah diambilkan , beliau menyuruh ayah membaca alquran itu dg menunjuk satu kamar diruang itu .

" sekarang kamu baca alquran ini di ruangan itu . disitulah aku dulu dilahirkan " .

itulah yg dikatakan beliau pd ayah . singkat kisah , ayah memasuki kamar itu dan duduk membaca alquran disitu . selebihnya ayah ngga' bisa berkisah lagi karena begitu wangi dan harumnya ruangan itu . apalagi terdapat cahaya ruangan yg sangat indah . ayah begitu terkagum .

nah , bersamaan dg jam yg sama , teman ayah yg masih dikamar hotelnya tidur pulas dikamarnya . dalam tidur itu dia bermimpi bertemu dg baginda nabi dengan menggandeng tangan ayahku . dalam mimpi itu nabi berkata pd teman ayahku itu begini :

" hari ini , kyai mas kamu ini ( ayahku ) telah aku ajak melihat tempat kelahiranku " .itulah yg dikatakan nabi pd orang itu ..

dan anehnya , bukan dia saja yg bermimpi seperti itu , namun terdapat satu org lg yg bermimpi sama dan dijam yg sama . subhanallah ... jadi tanpa ayahku berkisah tentang kejadian yg beliau alami , banyak yg sudah tahu karena mimpi ke- dua orang itu tadi .

nah , saat ayah pulang keindonesia , kyai ma'shum bin ahmad marzuqi pengasuh pesantren ditanggulangin sidoarjo langsung memeluk ayah . beliau ciumi sekujur tubuh ayah ( meski berkeringat ) dengan menangis sambil berkata :

" beliau-lah Rasulallah dik ... beliau telah datang menemuiku dan mengatakan bahwa sampeyan telah ditemui beliau dan diajak ketempat kelahiran beliau " .


nah , jelas ayah kaget , wong ayah masih belum bercerita apa2 kok .. allahu akbar.

nah sekarang tinggal pertanyaannya adalah :

disaat kyai muhajir dan ayahku minta diyakinkan bahwa apakah mereka itu betul2 anak keturunan / ahlil bait baginda nabi . lalu jika memang benar mereka berdua memohon pada Allah agar dipertemukan dg baginda nabi . nah , kejadian yg mereka berdua alami itu sebagai apa ? . . .

saya berkisah tentang ayah saya tadi bukan bertujuan apa2 ... namun itu bisa dibuat keyakinan dan kemantapan bahwa nasab yg dari jalur sayyid abdul wahab bin abi bakar basyaiban ( yg sangat banyak yg menyangsikan jalur itu ) ternyata memang termasuk dzurriyah nabi muhammad saw .

wallahu a'lam ...
sekian saja kisah saya ini .

salam

abi el-khoir bin muh nur rosul

PP AT-TAQOWWIYAH

ndresmo - surabaya .

.




18 komentar:

ya ya...emang kadang banyak orang yang meragukan apa yang orang lain katakan ya bi?
mudah2an nasab ali juga benar...


maaf betul abiku, ikut tanyak silsilah sya , muhammad bin jamil binta sawiyah bin mubah bin idrus bin palbah bin ja'far ashshadiq bin sayyid muhammad......terus?,wakilah dari kyi zaini bawean bahwa dari aceh dan tanya lagi, muhammad bin jamil bin ridhowi.....terus? mohon bantuannya silsilah aku ni bi...ya . maaf kalu tidak sopan dan menggangu ya bi,. muhammad di surabaya


wah pengalaman spiritual yang menakjubkan.
kalau peristiwa yang dialami Kyai Mas Muhajir kapan kejadiannya Kang.
mengenai sejarah dan nasab jadi ingat puzzle, mungkin sejarah nasab Basyaiban analognya seperti puzzle, yang pelan-pelan disusun sehingga nantinya menjadi sejarah gambaran nasab yang utuh. Amin.


> wahyu :

kalau yg dialami kyai mas muhajir itu aku kurang jelas tahunnya kang ... namun , kisah beliau itu berulang-ulang kali beliau ceritakan didepan bnyak orang khusus-nya dipengajian sore tafsir jalalein , kebetulan aku juga ikut ngaji .

iya betul ! sejarah silsilah memang seperti layaknya penyusunan pazzle yg semakin lama semakin membuat hati ini ingin menemukan urutan keseluruhan secarah utuh . makanya salah besar jika ada oknum yg berani mengatakan : " punyamu itu gak sah ! atau punya kamu itu palsu atau mengaku-ngaku ! " . contoh nama sayyid abdul wahhab saja , sejak -/+ 150 tahun yg lalu sudah tertulis nama itu dg sebutan muhammad abdul wahhab bin abu bakar basyaiban, ada yg versi lain yang menulisnya dg urutan abdul wahhab muhammad bin ahmad bin abu bakar basyaiban . nah , apapun perbedaan itu , bukan berarti sang penulis para kyai sepuh dulu itu ngarang atau ngasal atau bikin palsu . krn dizaman penjajahan belanda dulu , kyai2 kita disibukkan dg menjaga masyarakatnya dan berjuang . jd gak ada waktu utk ngurusin pengumpulan silsilah org lain . paling2 nulis miliknya sendiri .dan lagi keberadaan kitab2 silsilah saat itu sulit didapatkan spt saat ini . makanya jgn heran jika ada 1 org , bisa tertulis dg 2 nama yg berbeda . nah , itu adalah tugas para pencari data silsilah nasab itu yg hrs mencari sebisa mungkin .

yg jelas , adanya salah satu 'lembaga 'pencatat silsilah sejarah nasab itu kebanyakan cuma menampung data yg sdh ada. tapi tak berusaha mencari data yg tak tercatat . itu kewajiban mrk . kalau tak mau mencari ? ya tidak perlu ada salah satu oknum yg menvonis gak sah kan ?? ..

syukron kang atas kunjungan anda ke blog ku ini ...


klo kisah2 di atas kan waktu di tanah suci, makkatul mukarramah & madinatul munawwaroh. lha kalo kita di indonesia gmn dong kang caranya. coz aq skr ini jg lagi cari2 nasab-nasab yang ada sebelum aq. br ktm sampe buyut. dah keliling2 n tanya2 tp msh belum brhasil. ya smg ja Allah SWT memberikan aku kemudahan dalam mencari nasab2ku. Amin Ya Rabbal 'Alamin..... klo kang abi pny amalan khusus ttg hal tsb, tlg dong kang ksh tau aq. coz aq pengen tau bgt siapa2 mbah2ku dulu. sbnrnya dulu ada yang tau silsilah keluargaku, tp sblm beliau kasih tau keluargaku, beliau keburu di panggil oleh Allah SWT. suwun kang atas postingannya yg semoga bermanfaat buat kita semua. Amin Ya Rabbal 'Alamin......... salam dari musthofa arek sidoarjo


al faqir..
urun renbug sedikit Ndresmo jg berasaL dr kt DARUL ASMA'...dlm ktb syajorotul auliya' yg jg brrti perkampungan orng" yg dkt dng asma'" aLLoh klo orng jw bilang gudangnya suwuk ...:-)


Bib ijin copas untuk disebarkan ke teman2 di milis...nama antum Insya Allah selalu tercantum sebagai shohibul tulisan...gak ada royalti khan? hehehe jazzakallahu--abu athilya


abah bantu saya kyai siapa yang bisa bntu saya menelusuri nasab saya yang menurut para kyai leluluhr saya orang alim.yang trecatat eyang saya berama Raden Sumadiharja atmaja sebagian ada yang mengatakan masih keturunan s.g.jati sebagian mengatakan masih ada hubungan dengan kerajaan mataram islam. mohon pertolongan demi anak cucu dan meluruskan akidah.edi sudjakatmadja


Gus, saya ambil artikelnya. Saya print buat guru saya. Dulu santrinya Kiai Mas Nur. Saya sertakan nama njenengan kok Gus. Hehehehehe


Kalau kita lihat silsilah Saidina Muhammad SAW, jelas ada benang merah dari Hasyim, ayah dari Abdul Muthalib, kakek dari Saidina Muhammad SAW, beliau juga anak tunggal, sama dengan Abdul Muthalib sendiri. Orang tuanya, Hasyim meninggal sebelum Abdul Muthalib lahir. Tetapi, anak Abdul Muthalib banyak, yang bungsu adalah Abdullah, juga wafat sebelum lahir Saidina Muhammad SAW. Berarti, Saidina Muhammad SAW adalah anak tunggal.

Lalu, anak lelaki Saidina Muhammad SAW dengan Bunda Khadijah, baik Ibrahim dan Abdullah, juga tidak hidup lama krn meninggal sebelum dewasa. Tak heran jika kelompok musuh Nabi Muhammad SAW slalu mencela dengan putusnya nasab beliau krn tidak adanya anak laki-laki.

Inilah mukjizat Allah SWT pada Nabi kita Muhammad SAW, nasab beliau diputuskan supaya tidak ada golongan yang mengklaim 'mereka' adalah keturunan Saidina Muhammad SAW, atau keturunan nabi dan keturunan rasul. Jika merujuk pada QS. 33:4-5 jelas nasab itu hanya dari pihak laki-laki bukan perempuan. Otomatis mahkota 'ahlul bait' dari keluarga Saidina Muhammad SAW itu terputus hanya sampai pada Bunda Fatimah.

Artinya, anak-anak dari Saidina Ali bin Abi Thalib dengan Bunda Fatimah, jelas bukan bernasab pada Saidina Muhammad SAW, sehingga anak-anaknya tidaklah mewarisi tahta 'ahlul bait' atau ada yang menyebutnya sebagai 'keturunan' nabi atau rasul. Kalau saya, tidak ada keturunan nabi atau rasul, tetapi yang ada keturunan Saidina Muhammad SAW jikalah anak beliau yang laki-laki sempat berketurunan.

Apa hikmahnya, baik kelompok Syiah maupun habaib yang sama-sama mengaku keturunan 'ahlul bait' tidak perlu bertengkar lagi karena mahkota 'ahlul bait' atau keturunan nabi yang diperebut-rebutkannya itu, memang 'sudah' tak ada.


keturunan nabi harus mampu menunjukkan sebagai turunan nabi saaw dg akhlak yg luhur, masalah diakui dan tidak diakui orang lain tdk penting, apalagi mengharap orang lain mengakui, membahayakan syaiton bersamanya selalu, krn hanya disibukkan dg kebanggaan keturunan nabi , tapi lupa akhlak yg luhur, mengetahui dirinya keturunan nabi penting untuk dirinya sendiri bukan harus disebarkan bahwa dirinya keturunan nabi saaw, mengetahui untuk menjaga dirinya tdk mau disentuh syaithon, untuk lebih bertawadhu', melakukan hal yg simpati, dermawan, dan banyak hal yg terkait dg akhlak mulia, dan yg paling penting tidak suk dhon (buruk sangka) pada orang lain yg melihat dirinya, selalu husnu dhon (baik sangka), krn suk dhon bukan perangai keturunan nabi saaw.


bagiku jujur ku akui.. malu jika mengaku Dzurriyah nabi Muhammad SAW jika Ahlaq dan prilakunya tidak cocok dengan yang beliau contohkan.. apa nggak menghina nabi itu namanya.. kalau aku sih silsilah tetap dijaga dan dilestarikan.. bukan untuk di perlihatkan apalagi disombongkan.. aku kenal benar dengan lingkungan dresemo atau ndorosemo.. ya.. setiap aku melihat undangan dari sana selalu ditulis RKHM (Romo Kiyai Haji Mas)


سلام على أخوة ألإسلامية

A Reza Fuadi


aslmkm...perlu di ketahui bahwasanya,nasab itu ada 3 1, nasab jasmani rohani 2, nasab jasmani tdk bernasab rohani 3, bukan nasab jasmani tapi nasab rohani karna Nabi Muhammad saw, hidup pada hamba hamba pejuang islam di alam semesta ini siapapun orangnya tdk pandang golongan atau keturunan kalau Alloh berkehendak pasti dan pasti tersambung Rohani Nabi,itulah hidupnya muhammad saw, trimaksih


Assalamu"alaikum ya abi ana, ana mohon petunjuk nasab, kakek ana adalah ulama dari india yg hijrah ke indonesia, sampai sekarang ana tidak tahu nasab beliau apa? karena ana selalu di panggil habib sama temen2, ana merasa risih karena ana sendiri tidak tahu fam ana apa? sementara kakek sudah lama meninggal, mohon bantuannya ya Abi? nama ana Burhanuddin bin abdul Rachman bin Ibrahim bin abdullah bin ??????


no komen ah.
takut kualat


Assalamu"alaikum ... ya abi ana mau tanya, ana asli bonsari pasuruan, ibu dari kakek ana dari mbah slaga sedang ayah dari kakek ana katanya dari ndorosemo yang namanya ahmad bersaudara dengan umar, terus ada saudara bilang saya dari mbah nawawi dari ndorosemo menantu dari mbah gede putra mbah slaga apa betul di ndorosemo ada nasab dari mbah nawawi, sukron


podo ae kabeh .


Poskan Komentar

setelah baca2 ... isi dong commentnya . ok ! kutunggu ya

baca ini :

- Barang siapa yg berpendapat bahwa silsilah nasab dari Basyaiban dan adzamat khan itu Rancu , maka saya balik tanya : yg rancu itu silsilah nasabnya atau org2-nya yg mencari tahu ?

- Dan Barang siapa yg dengan " mudahnya " menvonis nasab org lain dg kalimat:" mengaku-ngaku " maka org itu tak ubahnya memperkenalkan dirinya dg nama : " inilah aku sibodoh ! " .
silsilah nasab itu satu hasanah warisan leluhur yg
sudah diyakini kebenarannya oleh yg punya dan tak bisa diatur disatu lembaga , . yg penting kt ini tdk sok menyalahkan kepuya'an org lain . sejarah adalah masa lalu .. dan masa lalu itu ghaib , milik Allah ! . dan tak satupun pakar sejarah yg berani bilang : ini dia ! penemuanku 100 persen yg paling benar !! yang lain ? salah dan mengaku-ngaku !! "

= abi el-khoir Bin Muh Noer Rosul Basyaiban
PP AT-TAQOWWIYAH - ndresmo - sby
=


________________________
pemberitahuan poro sanak . . .

blog ini sengaja saya buat agar menjadi ajang silaturrahmi antar sanak ndresmo - pasuruan - dungduro - kemlaten -ampel - mbungah gresik - berbek - malang - sidoarjo - pumpungan - mojokerto dll . bahwa kita ini adl saudara sesama dzurriyah baginda nabi SAW .

diblog ini tak akan ada penolakan silsilah karena itu sudah menjadi keyakinan masing2 . yg dipentingkan disini adl silaturrahmi poro sanak . karena bagi kami , orang yang dg mudahnya menolak silsilah nasab orang lain itu cuma menunjukkan kurang fahamnya mereka terhadap sejarah dan perwatakan leluhurnya sendiri . tak kenal maka tak tahu . tak tahu maka tak sayang . tak sayang maka tak ada niatan untuk menyambung silaturrahmi . ok ! . . .

mari kita bersama menyambung silaturrahmi sesama saudara senasab . baik yg tercatat atau yg belum tercatat . agar bisa nyambung lagi . bukannya malah memutus yang sudah ada . kita dan keluarga kita sendirilah yg lebih tahu silsilah kita . dan wajib hukumnya untuk menjaganya ... suwun


NB :
agar blog ini akan penuh dg kisah para sesepuh kita atau artikel2 lainnya , maka dg sangat berharap agar anda2 sekalian mengirimkan kisah para sesepuh2 anda atau artikel2 anda utk dipublikasikan di blog ini . . . atau anda ingin salah satu keluarganya ditampikan disini ? kirim aja foto dan silsilah beserta kisah2 disini .saya tunggu ! kirim lewat email saya di : zaky_nafis@yahoo.co.id atau coment diblog ini . . .

wassalam
abi alkhoir bin muh. nur rosul - ndresmo

DIHARAMKAN MENGAMBIL FOTO2 YG ADA DIDALAM BLOG INI


Artikelku yg laen yg ada di abikumanis.blogspot.com . bisa dibaca disini :

___________________

Pengalaman spiritualku
___________________

Ternyata ini adalah Aku dulu
___________________

Tiang listrik itu bikin malu aku
___________________

Tolong . . . ! Burungku Hilaang !
___________________

Thanks bi ! Masakannya Mantabs!
___________________

Koleksiku Film Sejarah Islam
___________________

Kisahku dg Kyai itu ( malu aku )
___________________

lho? kok smua jd bau gini seh ??
___________________

Warga NU wajib ke PKB ?
___________________

Kisahku dan sibapak itu
___________________

Aku di masa doeloe & Sekarang
___________________

Ah, senengnya jd diri sendiri
___________________

Biografi santri desa
___________________

Tentang poligami ?
___________________

busana para bini kita 1
___________________

busana para bini kita 2
___________________

busana para bini kita 3
___________________


Followers