Saturday, October 7, 2017

NGADO KONCO PONDOK - KISAHKU YG NYATA ( BARU DAN LUCU )




ini kisah nyata yg aku sendiri pelakunya. seputar kekonyolan santri termasuk aku tempo dulu. yah lebih tepatnya ini kisah revenge alias balas dendam pada teman sekomplek saat dipondok dulu. habisnya aku baru keinget sih peristiwa ini, ya langsung aja aku tuangkan diblog ini. biar para tamu disini pada ngerti. syukur syukur klo mau ketawa... hehehe...





dulu, dipondok udah biasa yg namanya goda godain temen. gak ada istilah gondok atau dendam yg ampek kesumat banget. gak adaaa.. yeeeh abi nih, bisa ngomong gitu kok sekarang nyeritain balas dendam loh ? gimana sih.. bentaaar ... jgn salah paham dulu. disimak dulu kisahnya. sederhana bnget kisah ini dan gak njelimet.

aku tuh paling sebel kalau digodain saat tidur. gak sedikit temen yg suka ini ituin aku saat tertidur. mungkin aku ini tergolong makhluk imut kali ya klo saat tidur ? hmmm.. bisa kuduga gk ada yg percaya pembaca disini. ya udah gk papa aku lanjut lagi ya.

aku sering banget saat bangun dari tidur ada sesuatu yg nyasar dan menutupi wajahku. terkadang kardus , gombal yg biasa dibuat ngepel lantai dan macam-macam. dan yang paling aku sebel bin duwongkol hati ini adalah wajahku saat bangun tidur tertutupi celana dalam alias cd yg super duper mangkak alias lengus dan baunya ? tikuspun bisa pingsan. gimana coba, makanya saat aku tidur jelang bangun seakan hidungku ini bau apaa gitu. eh beneran, saat aku terbangun bener2 wajahku udah dibuntel dg sepontong sempak alias cd usang yg bolong2 warna merah yg sudah agak item. ya krn gk perna dicuci sih , jadi warnanya jdi gitu.

begitu aku lihat mukaku ada cd itu, segera aku buang cd nya dan muntah2 diluar kamar. baunya itu loh yg gak ketulungan. sementara para temen temen pada ngakak liat aku kayak gitu. pelakunya aku ngerti banget, dialah anak blitar yg namanya dimyati yg biasa dipanggil dim aja. ini terjadi gak cuma sekali. hampir sering banget. yah wajar sih dilakukan itu, karena aku sendiri sering banget godain dia saat tidur. hahahaha,,, akhirnya ngaku juga deh. ya udah diterima aja deh bi ... hehehe




hari berlalu dan tahunpun berganti. sidimyati udah pulang dirumahnya alias boyong sdh gak mondok lagi. ya krn sdh lulus. sementara aku masih tetep dipondok krn masih belum selesai mondoknya. kira kira 1 tahun berlalu sejak dim boyong dari pondok , tiba2 ada undangan resepsi pernikahan. ya si dim itu yg nikah. wauuu... amazing banget..!! kok bisa ya , anak kayak gitu laku ? hahaha... becanda ah , jgn dibikin serius. ya jelas laku lah,, apalagi dia tergolong santri yg pinter dan rajin. hafal alfiyah bookk.. kebayang gak ? gimana gk jadi rebutan para cewek coba..? hehehe...

wah tanpa babibu lagi , segera para temen2 sekamar bahkan sekomplek siap siap bikin kado. rame bener pokoknya kalau lagi kumpul. ngerencanain ngasih kado apa ya yg cocok buat dim ? keputusan temen2 beragam. ada yg mau kasih kado sendal , ada yg gelas , piring , sarung , jam dinding wah pokoknya serba patunganlah belinya. klo aku sih langsung kepikiran sesuatu. bersama temen yg dulunya sering diusilin dimyati yg berjumlah 3 org pada sepakat ngasih kado sesuatu yg istimewa. aku dan ketiga temenku tadi sepakat ngasih kado sempak atau cd miliknya dimyati sendiri . loh ? kok bisa ya , padahal kan dia sudah gak dipondok setahun yg lalu. barangnya kok masih ada loh ? gini ceritanya ,

dipondok itu sudah biasa kalau boyongan , gak semua barang2nya dia bawah semua. biasanya sih nyicil bawa pulangnya. biar masih bisa sambang kepondok lagi agak sering gitu loh. makanya disisahkan dipondok. baik itu kitab , baju dll. nah sidimyati juga gitu. masih ada peninggalan anak itu dipondok. kitab2nya dan sebagian baju dan sarungnya. dan lucunya lagi, ternyata sempak yg bolong2 dan warna merah kumel serta baunya ala makjan itu masih nangkring dibawah rak sandal saat dia pulang alias boyong dulu. jadi , sama temen2 langsung dibuntel semua barang tinggalannya berikut cd nya itu. diiket dg kuat lalu ditarok diatas sendiri. agar gak nembus tuh baunya.

nah , saat rapat tertutup dg ketiga temenku itu, ten tang kado apa yg akan diberikan ke dimyati. akhirnya sepakat utk bongkar2 barang peninggalah dia. dan luarbiasa, dibungkusan sarung yg agak besar itu, setelah dibuka ada sempak alias CD merah kusam yg sering digunakan nutupin wajahku saat tidur dulu. asyiiiikkk , batinku. ini dia yg aku tunggu. segera CD aku ambil dg pake kayu dan langsung aku masukkan k├ęplastik. dan ditutup rapat. habis mau diambil langsung dg tangan gk betah baunya. ya terpaksa dg kayu agak panjang dan diarahkan keplastik , beres deh.

aha  !! saat nya tlah tiba. saat datang keacara resepsi dimyati dirumahnya. teman2 pada ngurus surat izin pondok untuk datang keundangan dimyati termasuk diriku. semua sudah aku persiapkan. termasuk kado istimewa yg sudah aku bungkus sebagus mungkin biar yg nerima agak senengan dikit gitu loh. hehehe... singkat kisah , sampailah aku dan teman2ku didaerah dimyati. lumayan rame acaranya. banyak undangan yang pada datang. dan tampak pula si dimyati duduk dikursi pelaminan bersanding dengan istrinya. lumayan cantik juga istrinya. tanpa basa basi, aku pun langsung menuju ke tempat dimyati duduk dipelaminan itu. nah saat dia ngelihat aku , dia langsung ketawa. akupun juga ketawa ngekek. ya gimana , namanya aja temen seperjuangan pondok yg agak lama gk ketemu. ya kangen lah... hehehe..





" mana kadomu bi, masak cuma datang aja gak pake kado "

wih , kurang ajar dia, cuma nunggu kadonya aja ? ah, e g p lah ... yang penting rencanaku lancar.

" nih , kado buat mu. tak kasih yg istimewa khusus buat kamu "

jawabku sambil nyodorin kadonya. dia seneng banget nerimanya. apapun itu yg ada dalam bungkusan kado tersebut, tetep istimewa kalau dari temen seperjuangan dipondok katanya.tanpa curiga apapun , dia persilahkan aku dan temen-temen pondok lainnya utk bersenang2 dan menikmati hidangan.

kita bener bener menikmati suasana itu. full musik , kue dan makanan lainnya. secara gitu loh , kita kan anak pesantren yg gak bisa liat kue dan makanan yg begitu banyak. jadi ya gak salah klo aku dan temen2 pondok lainnya pada sibuk nyemilin tuh makanan. mubadzir klo dibiarkan. kita nikmati tanpa pake ukuran kenyang atau tidak yg penting sikat secara rata semuanya. kan kawatirnya ada yg ngiri tuh salah satu kue yg gak ikut kita cemilin. makanya kita coba secara merata hehehe..

daaan ... gak terasa deh, malam telah mulai larut. para undanganpun udah mulai berangsur angsur pulang. didesa memang seperti itu. klo sudah agak larut dan para undangan udah pada pulang maka jadi sepi. gak ada acara lain selain resepsi tadi yg tanpa hiburan. tinggal kita2 yg dari pondok yg masih ada disitu. maunya kita sih pulang malem ini juga, krn besok udah sekolah. eh , yg punya hajat melarang. kita ditahan gak boleh pulang. ntar pagi2 habis subuh aja katanya. karena si dimyati pake nada dan gaya memelas pada kita, akhirnya kita nurutin aja. kita tinggal disitu dan begerombol dihalaman rumahnya yg sepi itu sedang dimyati kita biarkan masuk rumah. biarkan dia bersama istri barunya. kita tahu diri laaah. tapi asyik juga suasana spt ini. jauh dari pondok lalu berkumpul dg temen2 ditengah malem sambil ngobrol ngalor ngidul. hmmm... jadi teringet masa dulu deh..






nah , sekitar jam 1 an malam , disaat kita lagi asyik ngobrol dan ketawa ketiwi. eh terdengar suara cewek yg lagi muntah2. dan dimyati terlihat bingung juga. ternyata yg muntah muntah itu istri dimyati. aku lihat berulang ulang keluar masuk kamar tidur menuju belakang yaitu kamar mandi. kasihan juga rupanya. kita semua gk bisa ngapa2in. cuma bisa lihat dan bengong aja.

selang beberapa lama , dimyati keluar dg wajah yg terlihat mau ketawa. spt ada yg lucu gitu. dia langsung nyariin aku. begitu sudah ada didekatku , dia langsung nyemprot dan damprat aku ,

" bi, nih gara-gara kado dari kamu tuh "

" knp emangnya " tanyaku pura2 gk ngerti

" istriku tak bilangin klo kado yg agak panjang itu kado spesial. mungkin dia penasaran, saat aku tinggal BAB eh dia buka. gak taunya dia muntah2 langsung begitu lihat dan pegang isi kado itu, langsung dia muntah gk berhenti berhenti. kamu kok masih nyimpen CD ku itu sih bih ?

hahahaha.... kapoooookkk kataku. biar tahu dia bau CD nya yg bikin resah dipondok dulu...


tapi semuanya berakhir dg indah dan saling ngakak. alhamdulillah ...


Terimaksih

Tulisan Muhammad Abikhoir Basyaiban




Monday, October 2, 2017

[ BARU ] SYI'IRAN SEJARAH SINGKAT NDRESMO



Halaman ini saya tampilkan buah karya saya , sebuah syair yg berkisah singkat berdirinya kampung ndresmo. nah coba dilihat catatan dibawah ini. pasti kalian akan faham karena saya kemas seringkas mungkin



Sunday, October 1, 2017

[ BARU ] VIDEO SEJARAH TOKOH NDRESMO ( Sayyid Ali Akbar Bin Sayyid Sulaiman Basyaiban )

ini kelanjutan kisah dari video pertama .tapi yang ini tervokus pada kisah sayyid Ali Akbar bin Sayyid Sulaiman Basyaiban . nah , langsung saja saksikan ...

[ BARU ] VIDEO SEJARAH AWAL NDRESMO ( Awal Mula adanya Ndresmo )

Assalamualaikum semuanya ,,

agak lama juga sih aku gak liat-liat blogku ini. biasalah , namanya aja orang yg makin dewasa , ciee.. pasti punya kesibukan sendiri tiap harinya. maklumin aja deh.yang penting blog ini gak sampai mati aja. nah kali ini , sengaja aku bikin postingan baru tentang ndresmo , yaitu kisah ndresmo yang dikemas berupa video. jadi para pembaca disini yg biasa ngebaca artikel2 , sekarang tinggal lihat gambarnya dan dengerin aja biar enak . nah , biar gak banyak omong , langsung aja simak videonya dibawah ini . silahkan ...

Friday, September 1, 2017

FILM ONLINE BARU DAN KABAR YG UPDATE TIAP HARI


Silahkan Tonton Film baru kan kabar berita disini, yang insyallah akan selalu berganti judul filmnya. silahkan mampir setiap hari disini. suwun




FILM JENDRAL SOEDIRMAN









Berita Hari ini ? BELUM ADA ! 

PENTING UNTUK PENGUNJUNG BLOG INI...

Monday, August 28, 2017

DAFTAR ARTIKEL BLOG NDRESMO INI


Saturday, August 19, 2017

NDRESMO - SING NDERES KABEHE LIMO . . .



Ndresmo, kampungku yg kecil. yg berbagai macam orang mengucapkannya. ada yang bilang sidosermo atau sidoresmo. namun nama asal dari kampung itu bernama ndresmo dari kata 'sing nderes kabehe limo. hampir seluruh daerah bahkan negara-negara lain terlebih timur tengah banyak yang kenal desa itu. ya karena kebanyakan penduduknya punya pesantren.

DAARUSSAMA DAARUNA - NDRESMO RUMAHKU


KISAH UNIK SAYYID ALI AL-ARIF SEGOROPURO DAN SAYYID SULAIMAN MOJOAGUNG


kita semua tahu bahwa beliau berdua ini adalah satu saudara kandung putra dari sayyid abdurrahman bin umar basyaiban. sudah banyak postingan diwebsite2 yg bertebaran diinternet yg mengisahkan tentang beliau berdua. maklum saja, karena anak keturunan beliau berdua ini bertebaran diseluruh pula jawa. maka tak heran jika para anak keturunan beliau berdua ini sama2 mengisahkan perjalanan kakek buyut mereka ini .

Friday, August 18, 2017

SAYYID ALI AKBAR BIN SULAIMAN NDRESMO


sebuah perjalanan panjang sudah beliau(sayyid ali akbar)tempuh hingga terwujudnya sebuah desa yangg beliau kasih nama ndresmo. keberhasilan dalam hal membangun sebuah desa dalam segi ke-agama-an sudah terlihat sekali. tak sedikit yang datang ketempat beliau untuk belajar ilmu agama dan menetap dipesantren beliau. sekarang tak ada lagi tempat yang bernama ndemungan yg angker dan seram. berganti dengan nama desa ndremo yang asri, sejuk dan penuh dengan cahaya ilahi.

SAYYID ISKANDAR BIN SAYYID ALI AKBAR BUNGKUL SURABAYA

diantara putra-putra sayyid ali akbar, sayyid iskandarlah yang paling unik perjalanan hidupnya. beliau sangat sayang pada ibundanya hingga nyawa sebagai taruhan demi ibundanya.setelah kelahiran adik beliau yaitu sayyid ali ashghor, beliau meneruskan perjuangannya dalam melawan penjajahan belanda. seperti ayahandanya yang dulu yakni sangat merepotkan pihak kolonial belanda, sayyid iskandar pun juga tak kala merepotkan mereka . 

SAYYID ALI ASGHOR BIN SAYYID ALI AKBAR NDRESMO


sudah saya kisahkan tentang ayah beliau (sayyid ali akbar) yg di asingkan oleh belanda dinegara mereka. namun bukan berarti pemerintah kolonial belanda merasa aman dan tenang dg sudah tiadanya sayyid ali akbar. mereka lupa bahwa beliau mempunyai beberapa putra laki-laki yang semangat juangnya sama dg ayahanda beliau . ter catat nama2 putra sayyid ali akbar sebagai berikut :

BUYUT FATAH - SEGOROPURO PASURUAN

Buyut Fatah yang berjuluk pangeran joko segoro lantaran beliau dapat berjalan diatas air, konon beliau adalah keponakan ipar dari Sayyid Arif segoro puro. ada yg bilang beliau ini saudara ipar sayyid arif segoropuro. dan ada yg bilang lagi beliau adalah putra dari sayyid arif itu sendiri. dan tak menutup kemungkinan juga buyut fatah ini adalah saudara dari istri sayyid arif yang artinya beliau adalah salah satu anak dari sayyid sholeh bin syarif hidatulloh sunan gunung jati.

KISAH KYAI FATAH SEGOROPURO DAN MBAH SHOLEH SEMENDI


Dulu, sesama habaib jawa apabila sudah berkumpul atau bertemu pasti tak lepas dari yg namanya becanda ala kyai. dan tradisi itupun masih berlangsung di ndresmo hingga kini. seperti halnya pada kyai fatah ini, disaat beliau silaturrahmi kekerabat dekatnya, kyai sholeh bin syarif hidayatullah ( sunan gunungjati ) dipasuruan. beliau tak bisa menghindar atas guyonan kyai sholeh tersebut. ketika kyai fatah sudah dipersilahkan duduk diruang tamu, kyai sholeh segera memanggil santrinya utk mengambil suguhan. selang beberapa waktu, suguhan itupun datang. bukan berupa makanan nasi dan lauk pauknya atau lainnya, tapi berupa buah semangka yg masih utuh yg belum dikuliti. disamping buah semangka tersebut sudah disediakan satu buah pisau agak besar dan sangat tajam .

KYAI EDOR ATAU MBAH EDOR BUNGKUL SURABAYA

Jika kita berziarah kemakam sayyid iskandar bin ali akbar bin sulaiman, yang dikoplek makam bungkul Surabaya, maka kita harus menanyakan kejuru kunci letak makam mbah edor ini. kenapa begitu ? ya karena sosok kyai satu ini sangat dekat dimasa hidupnya dengan sayyid iskandar bin ali akbar. ya benar ! mereka berdua memang berjuang menghadapi belanda bersama-sama dibumi nusantara ini , tepatnya dikota Surabaya 

SAYYID WAZIR ATAU KYAI WIJIL BIN NYAI AYU BINTI SULAIMAN BIN ABDURRAHMAN


Nama kyai wijil, itu bukan nama asing lagi diseputar daerah Surabaya. apalagi diseputar daerah ketintang. itu tak lepas dari kisah beliau yang sangat terkenal dgn mengalahkan gangguan raja jin yg menantangnya. apalagi beliau adalah masih cucu daripada sayyid sulaiman bin Abdurrahman bin umar basyaiban. begitulah menurut data silsilah kuno yg hingga skrg masih terjaga keutuhannya.

SAYYID ABU DZARRIN AT-TUQO - MBAH TUGU PASURUAN [NEW UPDATE]

Sama juga dengan ndresmo yang bermula sebuah tempat mati yang dihidupkan oleh Allah lewat hambanya yg sholeh bernama sayyid ali ashghor yang datang dengan membawa bekal ruhani yg kuat dan akhirnya jadilah ndresmo sebuah desa yg sangat religius sekali, pasuruan juga begitu. Terdapat sebuat alas atau hutan yang terkenal angker dan dekat dengan sebuah desa. Penduduk pada ketakutan dg keangkeran alas itu.

PENOLAKAN SILSILAH SAYYID ABU DZARRIN ?

aneh, sekali lagi sungguh aneh jika ada orang yang tiba2 merasa paling benar atas segala penemuan dan penelitiannya. seakan lakonan dan perjalanan sejarah bisa dia rubah dan ganti dengan aturan dan omongannya. dan ternyata memang ada org seperti itu . sejarah dan silsilah memang harus digali dan dicari tanpa batasan waktu. katakanlah saat ini kita sedang membahas sebuah runtutan silsilah. dalam hal ini aku contohkan saja silsilah sayyid abu dzarrin pasuruan.

KISAH INDAH " SEGITIGA EMAS " !!


Salah satu kisah perjalanan syaikhona kholil madura yg sangat masyhur adl, ketika beliau masih sangat kecil , bahkan masih belum baligh beliau pernah diajak ayahandanya, kyai abdul lathif untuk bersilaturrahmi kepasuruan . ketempat pesantren sahabat ayah beliau yg bernama sayyid abu dzarrin yg belakangan masyhur dg julukan sayyid tugu atau mbah tugu . sayyid abu dzarrin kala itu adalah sosok ulama yg berasal dari jawa tengah [Cirebon] dan menetap dipasuruan [karangsono]. beliau mendirikan sebuah pesantren didesa itu. beliau sangat alim , zuhud dan wara' . konon dipesantren beliau, bukan para manusia saja yg menuntut ilmu disana, namun banyak juga dari para jin banyak yg ngaji disana . 

COBA

COBA

ADSENSE

ADSENSE


html5 tutoriels - cheap morocco desert tours