Ndresmo - sing nderes kabehe limo
dikenal dengan sebutan makkah-nya tanah jawa dan tempat para haba-ib yang berwajah pribumi .
Pemberitahuan !! saya pernah menemukan beberapa blog yang mencopy paste-kan artikel-artikel yang ada diblog ' ndresmo ' ini . tapi yg membuat saya tidak me-ridhoinya adl : dengan mengatas namakan dirinya sendiri sebagai sang penulis , bukan nama saya atau menyebut dari blog ini . maka , ini adalah haq adami yg saya tak ridho . dan Alloh tak akan mengampuni dosa haqqul adam sampai yg bersangkutan mendapatkan maaf dari orang tak meridhoi tadi . yg merasa , takutlah pada Alloh !! sekian mohon maklum adanya . . . abi elkhoir basyaiban .
__________________________________

Lihat Artikel Baru : MP3 pengajian Al-hikam bahasa indonesia .

Ayo Ngaji Reboan Al-Hikam dulu kang ..

Rabu, Agustus 18, 2010

Assalamu'alaikum wr.wb ...

alhamdulillah , akhirnya saya berkesempatan menampilkan halaman ini . mungkin karena kesibukan yang setiap hari selalu datang hingga saya hampir tak punya kesempatan untukmembuka-buka blog ini . jadi mohon maaf jika banyak surat-surat atau lainnya yang belum saya balas .

oh iya , halaman ini lain dengan halaman yang lain . karena disini saya menyuguhkan MP3 pengajian saya sendiri ( pemilik blog ndresmo ini ) dlm kitab al-hikam dengan bahasa indonesia . dan insyallah nanti akan saya tampilkan pula pengajian al-hikam bahasa jawa ala suroboyoan ( tapi sabar dulu ya ).

pengajian al-hikam ini biasa saya adakan disetiap hari rabu malem kamis . makanya biasa disebut dengan majlis ta'lim reboan . bertempat dirumah saya sendiri dan bersifat untuk umum . untuk siapa saja .


nah , tanpa basa-basi , silahkan didownload link-link al-hikam disini . untuk sementara hanya ada beberapa episode dan insyallah akan disusul dg episode lainnya atau pengajian kitab2 lainnya . dan saya pribadi mohon maaf jika dlm pembacaan kitab atau cara menerangkan ada kesalahan yg saya sengaja atau yang tidak , mohon kiranya dimaklumi , karena saya hanyalah manusia biasa yang tak lepas dari kekurangan .

terima kasih atas kunjungannya dan tunggu episode lanjutannya .

abi al-khoir basyaiban
081-93-10-11-888

nih link untuk mendownload nya , monggo di unduh ...



Bagian 3:

http://www.4shared.com/audio/NOILErSs/Al-hikam_3_-_Diasuh_oleh_KH__A.html
atau di:
http://www.ziddu.com/download/10934426/agian3-DiasuholehKHAbialkhoirbasyaiban-ndresmo-sby.mp3.html
atau di :
http://www.indowebster.com/Al_Hikam_Bagian_3.html

_______________

bagian 4 - 1 ...

http://www.4shared.com/get/ruExzSyb/Al-hikam_41_-_Diasuh_oleh__Abi.html
atau di :
http://www.ziddu.com/download/10934427/ian4.1-DiasuholehKHAbialkhoirbasyaiban-ndresmo-sby.MP3.htm
atau di :
http://www.indowebster.com/Al_Hikam_Bagian_41.html

________________

bagian 4 - 2 ...

http://www.4shared.com/audio/U2zar_sV/Al-hikam_42_-_oleh_abi_alkhoir.html
atau di :
http://www.ziddu.com/download/10934430/ian4.2-DiasuholehKHAbialkhoirbasyaiban-ndresmo-sby.MP3.html
atau di :
http://www.indowebster.com/Al_Hikam_Bagian_42.html

_____________

bagian 5 ...

http://www.4shared.com/audio/_QCjvjvq/Al-hikam_5_-_oleh_abi_alkhoir_.html
atau di :
http://www.ziddu.com/download/10934428/agian5-DiasuholehKHAbialkhoirbasyaiban-ndresmo-sby.mp3.html
atau di :
http://www.indowebster.com/Al_Hikam_Bagian_5.html

_______________

bagian 6 ...

http://www.4shared.com/audio/k1_PisnD/Al-hikam_6_-_oleh_abi_alkhoir_.html
atau di :
http://www.ziddu.com/download/10934432/agian6-DiasuholehKHAbialkhoirbasyaiban-ndresmo-sby.mp3.html
atau di :
http://www.indowebster.com/Al_Hikam_Bagian_6.html

______________

bagian 7 ...

http://www.4shared.com/audio/hg-1Sraw/al-hikam_7_-_oleh_abi_alkhoir_.html

atau di :
http://www.ziddu.com/download/10934431/agian7-DiasuholehKHAbialkhoirbasyaiban-ndresmo-sby.mp3.html

atau di :
http://www.indowebster.com/Al_Hikam_Bagian_7.html


____________
Read On 4 komentar

Ndresmo - sing nderes kabehe limo . . .

Jumat, April 30, 2010










Ndresmo , kampung-ku yg kecil. yang berbagai macam orang mengucapkannya . ada yg bilang SIDOSERMO atau SIDORESMO . namun nama asal dari kampung itu bernama NDRESMO . hampir seluruh daerah bahkan negara2 lain terlebih timur tengah banyak yg kenal desa itu . ya karena kebanyakan penduduk nya punya pesantren . ya ! jumlahnya sangat banyak . dan lagi para penduduk asli situ adalah dari keturunan baginda nabi MUHAMMAD SAW dari berbagai arah silsilah yg berbeda . ada dua jalur silsilah yg menghubungkan nasab penduduk ndresmo ke-baginda nabi muhammad . yaitu dari keturunan sayyid abu bakar basyaiban dan sayyid adhmat khon ( bisa jadi ada yang lain dari kedua keturunan itu ).


nama NDRESMO itu bukan sebuah kebetulan saja . namun terdapat sejarah awal penamaan itu . dahulu sekali , setelah sayyid sulaiman dan kakaknya sayyid ali ( keduanya adalah putra dari sayyid abdurrahman suami dari syarifah khodijah putri syarif hidayatullah , sunan gunung jati ) berkelana dalam penyi'aran islam , akhirnya beliau berdua menetap disuatu tempat . sayyid sulaiman berakhir di mojoagung hingga wafat beliau dan dikebumikan disana . namun sebelum ke-mojoagung beliau sudah mendirikan sebuah pesantren dipasuruan yg hingga kini masih berdiri kokoh dan besar . nama pesantren itu adalah SIDOGIRI .
sedangkan kakaknya , sayyid ali al-arif menetap dan mengajar didaerah pasuruan yg terkenal dg sebutan SEGOROPURO . beliau-pun diwafat dan dikebumikan disana .


nah , disaat sayyid sulaiman masih memangku pesantren dipasuruan itu-lah , beliau berkeinginan lebih meluaskan syi'ar islamnya ke-daerah2 lain . beliau menyuruh putra2-nya agar semakin giat dalam hal penyebaran islam diberbagai daerah . terdapat beberapa nama dari putra2 beliau yang tercatat diberbagai silsilah . diantaranya :

abdul wahab , hazam , tsabit , ali akbar , abdulloh , abid , hasan , husein dan muhammad baqeer . ( mungkin ada yg lain ? allahu a'lam ) .


para putra2 sayyid sulaiman itu banyak yg menyebar untuk melaksanakan keinginan ayah mereka utk memperluas penyebaran islam . tak terkecuali putra beliau yg bernama sayyid ali akbar . dalam masa pengembaraan , beliau ( sayyid ali akbar ) bermunajat pada Allah agar diberi petunjuk dimana tempat atau daerah yg layak buat dirinya menetap . dan ternyata Allah memberikan petunjukNYA . terlihat oleh sayyid ali akbar ditengah2 munajatnya , sebuah cahaya yg terang yang mengarah kesuatu tempat yg kala itu masih sebuah hutan yg angker .
menurut riwayat tidak ada satupun orang yg sanggup memasuki hutan itu . orang banyak yg menyebutkan nama daerah itu dengan nama ' alas demungan ' . akhirnya sayyid ali akbar melaporkan hal itu pada ayahandanya , sayyid sulaiman . mendengar penuturan putranya itu , sayyid sulaiman menyuruh sayyid ali akbar agar membabat dan menakhlukkan hutan itu dan membangun tempat tinggal disitu . beberapa santri ayahnya dipesantren sidogiri di-ikut sertakan untuk membantu putranya mengemban tugas itu .

singkat cerita , sayyid ali akbar berhasil membabat dan menakhlukkan hutan itu . berbagai kendala dan cobaan alhamdulillah berhasil beliau lalui . setelah selesai , beliau membangun satu rumah sederhana yang dihalaman depan-nya terdapat sebuah ' gutek'an ' atau istilah sekarang satu tempat yg disediakan untuk santri menetap . setelah selesai semuanya , tak lama ayahanda beliau datang untuk melihat hasil kerja putranya itu . cukup puas perasaan sayyid sulaiman melihat semua hasilnya . maka beliau berpesan pada putranya agar menetap disitu dan beliau menyuruh sebagian santrinya yg tadinya membantu sayyid ali akbar agar ikut menetap bersama putranya . sayyid sulaiman memilih beberapa santri yg berjumlah 5 orang . akhirnya sayyid sulaiman kembali kepasuruan dan meninggalkan 5 santri buat putranya , ali akbar .

hari terus berganti . kehidupan sayyid ali akbar penuh berisi dengan ibadah , ngaji dan pembenahan . setiap tak ada kegiatan ngaji bagi para 5 santri tersebut , mereka isi dengan muthola'ah ( belajar ) kitab2 yg telah diajarkan sayyid ali akbar . hingga suara mereka dalam hal membaca kitab terdengar oleh beliau . akhirnya beliau segera menghampiri para santri-nya itu . dihadapan para 5 santri itu beliau berkata :

" kang , tiap malam aku selalu mendengar kalian belajar bersama saling nderes ( membaca ) kitab yg telah aku ajarkan . maka ingat baik-baik , sejak saat ini yang mulanya desa ini bernama ndemungan , maka aku ganti dengan nama NDRESMO . sing nderes kabehe limo ( yang belajar lima orang ) .

" inggih kyai " ( iya kyai ) jawab para 5 santri itu kompak .

maka sejak itulah , desa itu mulai dikenal orang dengan nama ndresmo . dan lama kelamaan ndresmo mulai berdatangan para murid sayyid ali akbar yang ingin menimba ilmu dipesantren beliau ini . semakin ramai dan terkenal desa itu . dan hingga kini kampung ndresmo terkenal dengan sebutan ' mekkah-nya tanah jawa ' .

perlu diketahui , salah satu dari 5 santri sayyid ali akbar tersebut adalah ' ki ageng hasan besari ' yg terkenal dg ki kasan besari ponorogo . seorang ulama besar dan sangat terkenal hingga kini .


NDRESMO DIMASA PENJAJAHAN

sudah sejak dulu atau tepatnya sejak zaman penjajahan desa itu selalu dikunjungi banyak orang . bagaimanapun juga keamanan didesa itu terjamin sejak terikatnya perjanjian antara sayyid ali akbar dan pemererintah kolonial belanda . lalu diperkuat lagi perjanjian sayyid iskandar (putra beliau).
jadi para tamu-tamu yang memasuki desa ndresmo dulunya itu bisa dipastikan ada 2 hal : yaitu niat belajar mengaji atau cari perlindungan dari kejaran para tentara belanda . perjanjian antar belanda dan kedua tokoh sentral ndresmo itu sudah tertulis . hingga sekarang konon tulisan perjanjian untuk menjadikan desa ndresmo sebagai tempat yg di-istimewakan masih tersimpan rapi dinegara belanda sana . desa itu memang membuat masalah dan mati kutu bagi para penjajah . tak bisa berbuat banyak jika berurusan dengan penduduk desa itu . dan itupun berlanjut hingga kepenjajahan jepang . sudah menjadi rahasia umum disaat penjajahan belanda dan jepang dulu , jika ada tentara yg berusaha melanggar perjanjian tersebut bisa dipastikan terkena musibah yg mengenaskan . bahkan jika ada tentara yg berusaha masuk kedesa itu , banyak yang matanya tertutupi dengan sesuatu hal, hingga keberadaan ndresmo se-akan hilang tak berbekas ( baca dipostingan sayyid iskandar bin sayyid sulaiman ).

ada banyak beberapa peninggalan kuno yang masih ada didesa ndresmo . yaitu masih utuhnya rumah bekas kediaman sayyid ali akbar hingga keputranya sayyid ali ashghor . yang kini rumah itu ditempati oleh K.H.Mas Mas'ud (almarhum ) . lalu celana panjang yg biasa dipakai dalaman jubah milik sayyid ali ashghor yg masih tetap utuh . kemudian sumur yang dulunya biasa dipakai sayyid ali akbar untuk memberi minuman para pejuang, hingga sesiapapun yg habis meminumnya secara fakta tak mempan oleh segala macam senjata para penjajah . sekarang keberadaan sumur itu ditutup karena pernah terjadi hal yg sangat menakjubkan . ada seseorang yang mencuci buah pepaya yang masih utuh disitu . lalu setelah habis dicuci ternyata pepaya itu tak mempan dikuliti oleh pisau . dan masih banyak lagi kejadian yg berhubungan dengan sumur itu hingga membuat orang yg meminumnya kebal akan segala senjata tajam ( fakta tak terbantahkan dan banyak saksi yg masih hidup hingga saat ini ) .


NDRESMO DIMASA tahun 1950 - 2009 .

dimasa itu desa ndresmo ibarat bunga yang segar dan indah . dimasa itu pula makin banyak berdatangan para santri disetiap rumah-rumah anak cucu keturunan baginda nabi SAW didesa itu . banyak tokoh-tokoh kyai ndresmo kala itu yang berwibawa dan kharismatik . baik kyai ndremo yg menetap didesa itu, ataupun kyai ndresmo ( ahli ndresmo ) yang berada dikota-kota lain seperti pasuruan dll . atau baik kyai ndresmo dari fam basyaiban atau fam adhamat khan atau fam lainnya .para sesepuh dulu dengan tindakan nyata memberikan contoh terhadap keturunan mereka kelak , agar senantiasa mementingkan ilmu agama daripada duniawi . juga pentingnya berserah diri pada Allah SWT disaat kondisi apapun . membiasakan diri utuk selalu meng-khatamkan alqu'an minimal 3 hari sekali .membiasakan diri agar tak tidur malam untuk memuji Allah hingga pagi . semua itu masih terlaksana hingga saat ini . maka jangan heran jika kita melihat dirumah-rumah keturunan baginda nabi di-ndresmo jika malam jarang yang tidur . ada yang dimasjid 'ali akbar' dan ada yang dirumah membaca alqu'an , ada yang memimpin para santrinya untuk istighotsah , ada yang ngelalar pelajaran agama . namun jika siang hari jarang yg keluar rumah ( ingat , bukan rumah para pendatang lo ) . terdapat nama-nama para kyai yang bisa mempertahankan kewibawaan ndresmo dari dulu hingga saat ini . yaitu kyai mujahid , kyai mansur bin thoha , kyai muhibbin , kyai baqer , kyai abdul qadir , kyai yahya , kyai thoha , kyai ahmad dan kyai2 lainnya ( masih banyak yg tidak aku sebutkan ) .

kini , ndresmo masih tetap sebuah desa yg sangat religius sekali . makin banyak kegiatan saadah ( para sayyid ) dimasa modern ini . tak seperti sesepuh ndresmo hadapi, yg berupa para penjajahan dan peristiwa keganasan PKI yang penuh dengan kekerasan , maka para saadah sekarang menghadapi sesuatu yg complicated . baik dalam kehidupan bermasyarakat yg lain dg yg dulu . karena para pendatang baru makin banyak . apalagi teknologi yg maju pesat dan zaman telah banyak berubah . tapi alhamdulillah tak bisa merubah ke-religiusan ndresmo itu .

tercatat kegiatan para saadah yg masih berjalan hingga saat ini . antara lain :

a)-bahtsul-masa'il kitab fat-hal mu'in . dilaksanakn seminggu sekali dirumah KH mas ja'far shadiq yang dipimpin oleh KM Mas Khoirul anam .

b)-bahtsul masail kitab fat-hul mu'in juga dilakukan oleh jam'iyah pemuda para gus-gus ndresmo setiap jumat sekali secara keliling yg dipimpin oleh KH.mas syaikhul akbar , KH.mas muzammil dll.

c)- pengajian kitab dan istighostah antar masjid dindresmo dan sekitarnya ( luar ndresmo ).banyak yang mengikuti kegiatan yang dipimpin oleh KH.Mas khoirul anam tersebut .

d)- khataman alqur'an secara keliling yg dilakukan oleh para gus-gus ndresmo yg terbentuk dalam organisasi ORISSA .

e)- Pengajian rabu malam kamis (aku sendiri yg mendirikannya) yg di-ikuti oleh orang-orang luar ndremo ( ada juga orang ndresmo ) . meski jumlah pengikutnya ngga' terlalu banyak, ngga' apa2 .

f)- pengajian jumat malem sabtu yang diasuh oleh KH Mas abdullah muhajir yg diikuti oleh orang2 ndresmo sendiri .

g)- pengajian dan istighotsah yang diasuh oleh adik-ku sendiri H.mas saiful bin KH Mas Nur Rosul yang di-ikuti oleh orang2 luar ndresmo setiap hari selasa malem rabu .

h)- kalau ini memang kegiatan sehari-hari para saadah ndresmo . yaitu mengajar ngaji pada santrinya masing-masing baik ditempat lain atau dipesantrennya masing2 .

i)- masih buanyak lagi kegiatan religie yg dilakukan para saadah ndresmo . belum lagi kegiatan para ning-ning dan para bu nyai disitu . kalau aku catat semuanya , wah bisa capek aku .

dan perlu diinget , bahwa meski ndremo desa yg sangat kecil tapi terdapat puluhan pesantren disitu , meski rata-rata santrinya cuma sedikit . terhitung hanya 2 pesantren yg bisa dikatakan besar dindresmo itu . yaitu ponpes annajiyah dan ponpes at-tauhid . dan inilah nama pesantren didesa ndremo yg memang sudah punya nama :

1 . an-najiyah ( pim. KH.Mas yusuf muhajir , diponpes barat )
2 . an-najiyah ( pim. KH.Mas abdullah muhajir , diponpes timur )
3 . at-tauhid ( pim. KH.Mansyur Tholhah )
5 . Yanaabi'ul-ulum ( pim. KH.Mas Khotib )
6 . Al-haqiqi ( pim. KH.Mas Lukman abdul qadir )
7 . Al-wasilah ( pim. KH. Anshor Muhajir )
8 . lupa namanya ( pim. KH.Mas Khalim dan K.Mas Abdul Qadir )
9 . lupa namanya ( pim. K.Mas Faqor )
10. lupa namanya ( pim. Nyai Hj. Mas Farohah
11. al-irsyad ( pim. Nyai Hj. Mas Afifah binti KH.Mas Nur Rosul )
12. lupa namanya ( pim. Nyai Mas Luthfa binti KH.Mas Abu Dzarrin )
13. al-hasan ( pim . . . . )
14. at-taqowwiyah ( pim. saya sendiri, pemilik blog ini,bin KH.Mas Nur Rosul )
15. lupa namanya ( pim. Kyai Mas Qadir )
16. al-ahih ( pim. KH.Mas Dawam )
17. lupa namanya ( pim. KH.Mas Busyairi )
18. Al-badar ( pim . KH.Mas Nur )
19. lupa namanya ( pim. KH.Mas abdul qahar )
20. Al-badar putri ( pim. KH.Mas Muzammil )
21. lupa namanya ( pim. KH.Mas Yazid )
22. masih banyak .. kapan2 saya teruskan lagi


kisah2 lainnya tentang ndresmo akan saya buat postingan lain .

thanks

abi elkhoir - ndresmo






Read On 31 komentar

Kyai Ubaidah bin hajji bin Muhammad bin abdulloh manshur bin abd karim bin abd.rahman bin umar basyaiban .

Kamis, April 29, 2010


- Salah satu sosok yang membuat harum dan dikenal disegenap pelosok negri ini adalah seorang kyai yang masih berdarah basyaiban . beliau adalah kyai ubaidah bin hajji . hingga kini , jika kita menyebut nama kyai ubaidah sepuh maka semua pasti tahu yg dimaksud nama itu adalah ya kyai ubaidah bin hajji itu . kenapa begitu ? iya karena semasa hidupnya tuh sangat penuh dengan misteri.

Dulu, beliau sempat membuat seluruh penduduk ndresmo bahkan daerah lainnya punya perasaan salah paham dan tidak menyukai prilaku yg serba aneh dari beliau . namun semua itu hanyalah aturan dari Allah SWT semata . dan pada akhirnya Allah jualah yg membuka jati diri beliau tersebut .

Apakah ada hal aneh hingga membuat para penduduk ndresmo itu banyak yang tidak suka ? iya ! coba bayangkan , sosok beliau yg notabene putra seorang kyai yg disegani . dan beliau juga cucu dari sayyid ali asghor bin ali akbar bin sulaiman bin umar basyaiban. karena ayah beliau , kyai hajji , adalah suami dari nyai ruqoyyah binti ali asghor . jelas sekali jika dilihat dari nasab beliau baik dari ayah dan ibu adalah keturunan orang2 yang alim-alim dan sangat berwibawa . dikenal diberbagai daerah . kan semestinya beliau itu berprilaku yang layak sebagai seorang putra kyai . lha ini tidak , beliau itu hampir tak pernah terlihat sholat lima waktu . siapa coba yang tidak jengkel melihatnya ? banyak yang mengingatkan beliau , namun hanya diam dan senyuman aja yg beliau lakukan . subhanallah ….

Banyak para pemuda yg sebaya dengan beliau kala itu sama2 rajin ber-ibadah dan mengaji . beda dengan beliau ini . se'enaknya sendiri dengan Cuma main-main saja kala itu . namun yg membuat aneh adalah , pengetahuan ilmu agamanya tak kalah dengan teman2 sebayanya yang memang terlihat sangat rajin mengaji . hal itu sudah terbukti dan diakui oleh masyarakat ndresmo . ayahnya sendiri aja juga heran kok . kapan ngajinya kok ubaidah itu tahu banyak dg ilmu2 pesantren . itu lah salah satu hal yang mengherankan dari diri kyai ubaidah bin hajji ini .

namun , apapun itu , yang paling membuat orang2 anti terhadap beliau adalah masalah sholatnya . banyak yang bilang : buat apa pinter tapi kalau ninggalin sholat …!! . dan ada juga yang bilang gini : anak kok gak ngerti balas budi sama orang tua . gara2 dia yg gak pernah sholat tuh , akhirnya banyak yang menggunjing keluarganya . karena tak mapu mendidik anaknya . .. nah itulah yg paling sering dibicarakan masyarakat ndresmo kala itu . tentu saja hal itu membuat sedih orang tuanya . sering kyai ubaidah itu kena marah ibunya atau ayahnya . tapi ya gitu , masih tetap aja seperti semula .

nah , dipuncak kejengkelan dan kejenuhan para masyarakat terhadap kyai ubaidah inilah , Allah SWT menunjukkan sesuatu yg selama ini dianggap misteri pada diri kyai ubaidah . yaitu , saat itu adalah saat gencar2nya para penduduk timur tengah hijrah atau sekedar bersilaturrahmi kenegara Indonesia . jadi tak heran jika tanah air kita tercinta ini tak sedikit adanya warga Negara yg dari keturunan arab . dan itu bisa kia saksikan hingga saat ini . tak sedikit pula yang dari Negara yaman , Saudi dll .

salah satu rombongan yg datang dari timur tengah adalah rombongan dari Saudi , yaitu Negara tempat baginda Nabi dilahirkan tepatnya kota makkah almukarromah . rombongan itu datang kedesa ndresmo . nah , ketika mereka sampai dindresmo , mereka menanyakan rumah ubaidah . jelas saja hal itu membuat orang2 keheranan . dalam pikir mereka berkata :

" kenapa dengan mereka kok nyari ubaidah bin hajji ? bukankah dia tak pernah keluar desa ? jarang berteman dengan orang2 diluar desa ndresmo ? … " . itulah yang terus mereka pikirkan .

melihat ada rombongan yang sepertinya bingung itu , salah satu sesepuh ndresmo mendatangi mereka . karena penasaran , maka sesepuh itu bertanya apa tujuan mereka datang ke ndresmo ? . mereka menjelaskan bahwa mereka kendresmo itu ingin bersilaturrahmi keteman akrab mereka , yaitu ubaidah bin hajji . wah ? jelas org2 ndresmo pada keheranan . lha kapan ubaidah berteman dg org2 arab itu ? . akhirnya sesepuh ndresmo itupun bertanya lagi :

“ sejak kapan kalian itu kenal dengan ubaidah ? dan dimana ? “ . tanyanya penasaran . salah satu dari rombongan arab tadi menjawab :

" kami itu setiap hari bertemu dengan ubaidah disana ( dimakkah ) . bahkan kami lima kali dalam sehari berkumpul dengan dia . kita sholat berjama’ah bersama 5 waktu disana . kita ini seakan sudah seperti saudara saking akrabnya . nah , setelah kami meninggalkan makkah karena pulang kenegara kami masing2 , maka sejak itulah kami tdk bertemu dengannya lagi . kebetulan kami sudah kangen dengan ubaidah . makanya kami bersilaturrahmi kerumahnya “ .

nah coba bayangkan ? betapa kagetnya orang2 yang mendengar langsung penjelasan rombongan tadi ? ternyata apa yg selama ini mereka sangkakan terhadap kyai ubaidah tak benar semuanya . ternyata kyai ubaidah muda yang secara dhahirnya tak pernah melaksanakan sholat 5 waktu seperti yg terlihat , ternyata beliau aktif berjama’ah dimakkah . subhanallah …. Sajak saat itulah , sosok kyai ubaidah sudah tidak dianggap rendah dan hina lagi , beliau sangat dihormati dan diperhitungkan karena kealiman dan kewaliannya tersebut . bahkan beliau pernah menyusul keponakannya ( kyai abdul qohhar bin tholhah bin hajji ) disaat wafatnya kyai mujahid bin ali ashghor bin ali akbar bin sulaiman kemakkah dalam tempo tak kurang sejam ( ndresmo – makkah – ndresmo ) .

makam beliau :

ternyata , karomah beliau itu tidak cukup dirasakan disaat beliau masih hidup saja . bahkan sudah meninggal-pun karomahnya masih terlihat . yaitu maqbarohnya ( kubur beliau ) . kalau kita lihat foto kubur beliau , pasti kita akan heran . karena Cuma satu-satunya kubur yang diberi pagar besi ber-cat hijau seperti penjara. dikubur lainnya disekitar makam2 ndresmo tak akan kita temui spt itu . itu bukan hanya hiasan atau biar nampak gagah , bukan ! tapi ada kisah2nya seputar kubur itu . sejak dulu , makam beliau itu selalu menampakkan keanehan yg luar biasa . hanya Allah-lah yang tahu maksud semua itu .

salah satu saja yg saya kisahkan disini , yaitu seorang santri yang berziarah kemakam beliau ketika malam tlah larut . dia baca wirid2 yang tlah disiapkan . nah , entah mengapa , tangan santri tadi memegang batu nisan kubur baliau . dari situlah sebuah keanehan terjadi . tangan santri tersebut seakan lengket dan tak bisa melepaskan kedua tangannya dari batu nisan tersebut . jelas saja santri itu menangis . hingga pagipun tangan nya masih lengket kebatu nisan itu . akhirnya para sesepuh ndresmo yang berhasil melepaskannya .

satu lagi , ditahun 90-an keatas , ada salah satu santri-ku sendiri dari madiun yg juga berziarah kemakam kyai ubaidah . ditengah dia baca wirid , karena hawanya yg sangat dingin dan angin yang semilir akhirnya membuat dirinya mengantuk . nah , disaat rasa kantuk yg tak tertahankan itulah , santri itupun tiba2 kepalanya dibenturkan kebatu nisan itu . padahal saat itu sepi tak ada siapa2 disitu . dia menoleh kesana kemari ternyata sepi . padahal tadi serasa ada tangan yg membenturkan kepalanya .

yg paling menghebohkan adalah sebuah helicopter yg terbang rendah sekali . tatkala melewati tepat diatas kubur beliau itu , mesinnya langsung mati dan mendarat secara darurat . untung tak ada korban kala itu . dan masih banyak kisah2 lainnya seputar kubur itu .

wallahu a’lam bis-showab .

- diharamkan meng-copy pastekan artikel ini dan lainnya diblog ndresmo ini .

( abi al-khoir basyaiban )



Read On 5 komentar

Sayyid Wazir atau kyai wijil bin nyai ayu binti sulaiman bin abdurrahman

Jumat, Februari 26, 2010

Mkm mbh wijil 2 Mkm mbh wijil 3Mkm mbh wijil 4 Mkm mbh wijil 1Foto(007)

foto lokasi dan makam kyai wazir atau kyai wijil bin nyai ayu binti sulaiman bin abd.rahman .

Nama kyai wijil , bukan nama asing lagi diseputar daerah Surabaya . apalagi diseputar daerah ketintang . itu tak lepas dari kisah beliau yang sangat terkenal dengan mengalahkan gangguan raja jin yg menantangnya . apalagi beliau adalah masih cucu dari sayyid sulaiman bin Abdurrahman bin umar basyaiban . meski dari jalur perempuan , namun tradisi leluhur para sesepuh kyai jawa tak membedakan antara jalur perempuan dan laki2 . beliau adalah sayyid wazir bin nyai ayu bin sulaiman bin Abdurrahman bin umar basyaiban . namun orang lebih mengenal nama beliau dengan sebutan kyai wijil atau mbah wijil .

Jika kita amati tempat tinggal beliau didaerah ketintang yang notabene dekat dengan kampug ndresmo , tempat tinggal sayyid ali akbar berikut putra-putrinya , bukan tidak mungkin dahulu kyai wijil pasti sering berkunjung atau dikunjungi oleh saudara2 dekat beliau dari ndresmo , pasuruan dll . dan bukan tidak mungkin lagi mereka2 yang seesama keturunan sayyid sulaiman saling bersilaturrahmi atau saling bahu membahu memperjuangkan utk melawan belanda . iti tak heran karena konon kyai wijil ini angat luar biasa kesaktiannya . beliau terkenal dengan betahnya dalam hal duduk berdzikir atau membaca alqu’an . jika orang lain menunggu selesainya beliau sholat atau wirid atau membaca alqur’an , pasti gak akan kuat . seakan kehidupan beliau ini hanya berisikan ibadah kepada allah ta’ala saja . nah , itulah ringkasan profile beliau yang memang layak disebut kekasih Allah .

Jika dahulu kita sering mendengar kisah2 para kekasih allah , entah itu dari kalangan nabi atau wali yg merasa nikmat ketika beribadah kepada allah . lalu mereka mendapat godaan dari syeithan atau jin yg sekedar ingin mengganggu jalannya ibadah mereka . maka tak jauh berbeda dengan kisah beliau ini . untuk menempuh kenikmatan ibadah kepada allah tak semulus yg beliau harapkan . ada saja godaan yg meng-inginkan beliau berhenti untuk duduk dan berdzikir .

Suatu ketika , disaat beliau lagi khusyu’nya berdzikir , tiba2 ada gangguan dari jin-jin yang terkadang menyerupai wujud hewan atau bentuk2 yang menyeramkan datang dan menggoda beliau . para jin itu selalu melewati dan berjoget atau berteriak atau berbuat apa sajalah yg bisa membuat kyai wijil ini merasa terganggu . silih berganti mereka menggoda beliau . tidak cukup sehari dua hari , namun hampir tiap hari mereka selalu datang dan menggoda beliau . namun apa yg dilakukan kyai wijil terhadap mereka ? beliau tak menghiraukan sama sekali atas apa yg mereka lakukan . seakan beliau tak terganggu sama sekali . beliau terus saja dengan amaliyahnya , seperti sholat , baca alqur’an , wirid dll .

Hari demi hari , bulan demi bulan , para jin itu gak putus asa menggoda beliau . kyai wijil merasa kasihan terhadap jerih payah mereka . malah beliau menegur mereka dengan halus .

“ sudah lah kalian ,… apa yang kalian lakukan itu tak akan berdampak apa-apa pada diriku . kalian itu masih kecil buat aku . jangankan kalian , raja kalian pun tak akan sanggup menggoda aku untuk menghentikan ibadahku ini “ . itu lah yg dikatakan kyai wijil terhadap para jin yg menggodanya . kontan saja kata2 beliau itu membuat hati para jin itu merasa tertantang dan panas .

“ sampeyan berani dengan raja kami ? jika kami laporkan apa yg sampeyan omongkan tadi , pasti sampeyan akan mampus ! “ ancam salah satu jin tersebut .

“ ya sudah , panggil sana ! bilang saja saya yg menantang dia ! saya tunggu disini . saya tak kemana-mana “ . jawab kyai wijil dengan sangat tenangnya .

akhirnya , para jin itu pun menyingkir sambil mengumpat-umpat beliau . mereka berencana melaporkan pada ketua mereka atas tantangan kyai wijil tadi . sedangkan kyai wijil sendiri melanjutkan ibadahnya dengan tenang . tidak tahu hingga berapa lama ketenangan beliau beribadah dengan tanpa gangguan para jin tersebut . yang jelas , ketenangan itu tak seberapa lama . terbukti saat beliau seperti biasanya duduk berdzikir tiba-tiba datang angin yg sangat kencang menerjang tempat beliau duduk . namun itu ta dihiraukan . beliau mengerti bahwa angin itu adalah bawa’an dari si-raja jin yg teramat marah akibat tantangan beliau . nah , tepat dugaan beliau , ternyata tak seberapa lama muncullah sosok jin yg teramat besar dihadapan beliau dengan marah2 . dia mengumpat-umpat kyai wijil dengan kata2 yg kurang nyaman didengar . namun beliau diam saja seakan tak menghiraukan .

merasa tak dihiraukan , akhirnya jin itu membentak beliau :
“ hai kyai ! bukankah engkau telah menantang aku ? kenapa begitu aku sudah kesini engkau diam saja ? “ . bentak jin itu pada beliau .

namun beliau masih saja tetap pada posisi duduknya yg sedang berdzikir . lama-lama si-jin itu sudah gak tahan lagi dengan sikap cuek kyai wijil , akhirnya dia berkata lagi

“ baiklah kalau begitu , jika kyai diam saja , maka jangan salahkan saya jika berbuat sesuatu padamu ! seberapa kuatnya engkau menghadapi aku “ . kata jin itu .

dan pada peringatan terakhir itulah , kyai wijil baru bicara :

“ wahai jin … aku memang menantangmu . ku katakan itu pada anak buahmu . sekarang apa yg kamu inginkan , akan aku ladeni . asal kamu memenuhi syaratku jika ternyata engkau menyerah “ . kata kyai wijil .

“ kau sombong sekali kyai ! baiklah … apa syaratnya ? “

“ jika engkau sudah menyerah nanti , engkau harus berjanji tak mengganggu aku disini dan dimanapun juga . bukan padaku saja , tapi pada semua anak keturunanku kelak engkau tak akan mengganggunya . bagaimana ? “ . itulah syarat yg diajukan kyai wijil pada raja jin itu .

Akhirnya , jin itupun menerima persyaratan kyai wijil tadi . dengan hati yang sangat dongkol sekali , dia sangat ingin menghajar dan melumat kyai wijil . dia anggap belum ada jenis manusia yg selama ini dia hadapi seperti beliau . dengan berani menantangnya dan bahkan mengajukan persyaratan lagi .

" ya sudah , perjanjian sudah kita setujui , sekarang terserah kamu mau apa padaku . aku hanya Cuma duduk saja disini . apapun yg kamu lakukan , aku persilahkan " . kata kyai wijil sambil duduk memegang tasbihnya .

ya jelas yang namanya jin itu makin menjadi-jadi hatinya . segera dia berbuat sesuatu yg dia pikir bisa menggoyahkan atau mengalahkan sang kyai itu . ah , ternyata semua yg dilakukan siraja jin tersebut tak bisa menggoyahkan beliau . seakan kyai wijil menghadapi anak kecil saja . kobaran api besar yg dia semburkan pada beliau , sama sekali tak bisa membakar tubuh beliau . jangankan tubuh , tempat sekitar beliaupun tak terbakar sama sekali . akhirnya , selesai sudah serangan dengan api yang dia keluarkan .

sekarang , dia pergi sebentar untuk mengambil sesuatu yg dia persiapkan utk meyerang kyai wijil . tak lama , akhirnya dia datang lagi dengan membawa bongkahan besar dari es yang entah dia ambil dari mana itu . dia letakkan bongkahan es itu disamping duduk kyai wijil tadi . lalu jin itu memindah tempat duduk beliau dan diletakkan didalam bongkahan es tadi . coba bayangkan , jika kita ditanam didalam bongkahan es seperti itu , apa yg akan terjadi terhadap diri kita ? pasti mati lah ! hehehe .

jin itu berpikir , kalau dengan kobaran api beliau bisa bertahan , siapa tahu dengan bongkahan es yang sangat dingin sekali bisa membeku dan mati ? ah , ternyata apa yang dia pikir adalah sia-sia belaka . terbukti keadaan kyai wijil yg ada didalam bongkahan es tersebut tenang-tenang saja . segar bugar dan meneruskan dzikirnya . bertambah jengkel-lah jin itu . dia kelihatannya berganti cara lagi utk mengalahkan beliau . segera diambil bongkahan es tersebut dan dia buang . tak lama , dia pegang tangan kyai wijil dan dia bawa terbang keatas .. dan keataaaas terus . . . hingga hilang dari pandangan mata ( jika ada yg ngelihat ) .


menurut kisah yg sudah beredar , cukup lama jin itu membawa kyai wijil keatas . jin itu berharap bisa melemahkan kyai wijil . namun , masih terlihat kuat dan sehat saja beliau itu . dan terap dengan bibir yg bergerak2 tanda terus berdzikir . akhirnya , jin itu putus asa melihat kekuatan kyai wijil yang seakan tak bisa terkalahkan .
akhirnya , jin itu membawa beliau melesat kebawah . terus melesat dan teruuus hingga sampailah kelaut . nah disinilah kyai wijil mulai kelelahan . apalagi beliau berada didalam air . pendek kata , beliau bisa dikatakan sudah hampir kalah atau tak kuat lagi berada dialam dasar laut . namun , akankah beliau menyerah begitu saja ? ternyata beliau punya strategi sendiri agak perkelahian dg raja jin tersebut cepat selesai . dalam dekapan jin didasar laut tersebut , beliau berkata :

“ sudahlah , cukup perkelahian ini ! bawa aku kedaratan sebelum aku marah beneran “ . ancam kyai wijil .


namun , si-jin itu tak menghiraukan ancaman beliau tadi . dia tetap mendekap lebih kuat lagi dan bahkan membawa ke-kedalaman laut yg lebih dalam lagi . dia berharap sang kyai itu menyerah dan kemenangan berada ditangannya .

merasa ancaman beliau tak dihiraukan , kyai wijil segera berbuat sesuatu . beliau bergerak hingga terlepas dari dekapan jin itu . begitu lepas , dengan ilmunya yg sakti , beliau akhirnya memasuki ke-alam jin dan membuat goncangan disitu . kontan para penghuni jin pada kaget dan banyak yang berlarian . beliau goncang terus alam jin itu . makin bergemuruh dan makin membuat para penghuninya kalang kabut . akhirnya , si-raja jin yg tadinya mendekap dan membawa beliau kedasar lautan tersebut memohon agar beliau menghentikan membuat goncangan dialam-nya . tapi kyai wijil seakan tak menghiraukannya . beliau terus mengguncang dan menguncang semakin dahsyat . pada akhirnya , si raja jin tersebut sudah kewalahan atas prilaku beliau . dengan sangat terpaksa akhirnya si-jin itu duduk dan meminta ma’af pada kyai wijil . dan dia berjanji tak akan mengganggu beliau beserta para keturunannya . kyai wijil pun menerima janji itu . beliau segera menghentikan membuat goncangan tadi . beliau minta diantar kembali kedaratan , ketempat semula beliau bermunajat .

nah , itulah kisah singkat kyai wazir atau wijil bin nyai ayu binti sulaiman bin abd.rahman bin umar basyaiban . adapun janji raja jin yg tak akan mengganggu beliau berikut para keturunan beliau , jelas terbukti hingga kini . sebagian warga ndresmo , juga ada garis nasab dari beliau meski dari garis perempuan ( krn bagi para habaib ndresmo , mrk tak membedakan jalur laki dan perempuan ) . peninggalan beliau yg terjaga hingga kini adalah , se-ikat sapu lidi , kopyah hitam dan tasbih . adapun kopyah hitam kuno , sekarang masih berada ditempat saya selaku pemilik blog ini ( krn saya sebagai pemilik blog ini , masih ada keturunan dari beliau dari jalur ibu). utk tasbih dan sapu lidi , saya lupa nama org yg membawanya . baik kopyah , tasbih atau sapu lidi tadi , jika didekatkan dengan org yg kesurupan atau diganggu jin , pasti jin yg berada didalam org itu menjerit dan takut. Ini bukan bualan saja , namun sudah terbukti ratusan kali dan banyak yg menyaksikannya .

wallahu a’lam bis-showab .
semoga kisah ini membawa hikmat bagi kita semua . amin …


diharamkan meng-copy paste artikel ini dan artikel2 lainnya di blog ini


- abi alkhoir basyaiban -




Read On 6 komentar

Kyai Edor atau Mbah Edor – Bungkul - Surabaya

Jumat, Februari 26, 2010

 

 Mbh edor 1

foto makam kyai edor atau mbah edor basyaiban

( beliau masih keturunan sayyid badruddin bin ali akbar bin sulaiman basyaiban )

Jika kita berziarah kemakam sayyid iskandar bin ali akbar bin sulaiman , maka kita harus menanyakan kejuru kunci letak makam mbah edor ini . kenapa begitu ? ya karena sosok kyai satu ini sangat dekat dimasa hidupnya dengan sayyid iskandar bin ali akbar . ya benar ! mereka berdua memang berjuang menghadapi belanda bersama-sama dibumi nusantara ini , tepatnya dikota Surabaya .

Banyak yang tak tahu siapa nama asli mbah edor ini . sejak dulu Cuma sebutan itu yang ada . yang saya tahu berdasarkan informasi yang sangat bisa dipercaya adalah , beliau ini masih keturunan sayyid badruddin bin ali akbar . atau bisa jadi beliau adalah salah satu putra atau cucu dari sayyid badruddin bin ali akbar .

Kenapa nama aslinya seakan sirna berganti dengan nama panggilan beliau yaitu mbah edor ? . itu dikarenakan tubuh beliau sangat gemuk sekali dan jika berjalan seakan perutnya itu bergoyang krn kebanyakan lemak , yg kata orang jawa kuno mengatakan : edar – edor … edar – edor ... hehehe … yah begitu lah istilah jawanya . beliau ini tak bisa dipisahkan kisahnya dengan saudara dekatnya , sayyid iskandar .

Dalam hal membantu perjuangan sayyid iskandar , mbah edor ini tergolong unik . dengan cara berjualan kue keliling . kue yg dia jual adalah kue khas Surabaya yg ukurannya super besar namanya kue kucur . bahkan besarnya kue itu sangat tidak umum . namun kue itu tidak gratis jika yg beli itu adalah para tentara belanda atau para antek2-nya yg pribumi . namun jika yg beli adalah penduduk pribumi yg miskin , maka di kasih gratis . ada hal yang unik lagi , yaitu kue yang diberikan pada para pejuang pengikut sayyid iskandar akan terdapat pistol didalamnya . pistol itu hasil rampasan dari tentara belanda yg apabila dia memergoki para tentara belanda yg berbuat sewenang2 pada rakyat kecil . maka dari itulah , dia sengaja pembuatan kue-nya diperbesar agar bisa dimasuki pistol .

Meski beliau itu terkenal dengan penjualan kue-nya , tapi beliau sangat sakti dan kuat . tak salah jika sayyid iskandar bin ali akbar yg sakti itu memberi kepercayaan penuh terhadap dirinya .

Atas kepiawaiannya , banyak tentara belanda yg beliau bunuh . meski para tentara itu bersenjatakan lengkap , seakan tak berpengaruh terhadap tubuh mbah edor ini . banyak tembakan yg diarahkan ketubuh beliau . banyak pisau atau bayonet yg mereka tancapkan ketubuh beliau , namun sedikitpun tak bisa melukai atau menggores kulitnya . itulah kesaktian sayyid yang satu ini . jika para tentara sudah terlalu capek ingin membunuh beliau dan tak pernah berhasil , maka giliran beliau yang mengobrak abrik tempat markas mereka . banyal yg mati dan lari jika sudah kyai edor ini yang datang . jika para tentara berlarian dan meninggalkan senjata2-nya , maka beliau mengambil dan mengumpulkan senjata2 itu . jika dirasa sudah cukup , maka dibawa pulang . satu persatu senjata itu ( konon yg sering diambil adalah pistol dan granat ) dimasukkan kedalam kue kucur . jadi jika dilihat dari luar , kue itu ya terlihat kue . namun jika disobek atau dibuka maka terdapat satu buah pistol atau granat . nah , kue yang berisi senjata itulah yg beliau khususkan untuk para pejuang pengikut sayyid iskandar bin ali akbar .

Perjuangan beliau dengan sayyid iskandar bin ali akbar melawan penjajahan belanda tak pernah lelah . hingga membuat pusing dan takut para tentara penjajah . menghadapi satu orang seperti sayyid iskandar saja sudah angkat tangan , apalagi sekarang ditambah dengan sayyid satu ini , yaitu kyai edor . segala tak-tik dan rencana selalu gagal total jika menghadapi beliau berdua . konon , sejak wafatnya sayyid iskandar bin ali akbar ( baca artikel-ku yg berjudul sayyid iskandar bin ali akbar ) , beliau dengan setia menunggu dan menjaga makam beliau . karena beliau pikir , tak ada lagi teman seperjuangan dan saudara dekat yg sesakti dan secerdas sayyid iskandar kala itu . maka , volume perjuangan kyai edor ini agak berkurang tidak seperti dulu lagi . beliau tetap meneruskan penjualan kue-kuenya yg berisikan senjata tersebut . dan tak lama setelah wafatnya saudara dekatnya , sayyid iskandar , beliaupun wafat dan dimakamkan didekat makam kembar sayyid iskandar .

Tentang wafatnya beliau , ada kisah menarik yg patut kita contoh . yaitu menjelang hari wafat beliau , seperti biasanya beliau mencuci bahan pembuatan kue disumur dekat makam sunan bungkul . disaat mencuci bahan2 itu , tiba2 , bahan2 adonan kue tersebut berubah menjadi emas murni dan jamrut hijau yg menawan . coba bayangkan jika kita ini mengalami hal seperti itu ? apalagi kita dalam keadaan serba kekurangan ekonomi ? bukan tak mungkin akan membuat kita senang atas emas dan jamrut tadi . lain halnya dengan kyai edor ini , beliau langsung menangis tersedu-sedu dihadapan harta2 tadi , sambil mengatakan :

“ Ya allah , sungguh … bukan untuk ini saya mau hidup . bukan ini yang saya cari . saya hanya ingin pengampunan dan ridho-MU saja . biarlah saya hidup serba miskin asal Engkau ridho “

kalimat itulah yg beliau ucapkan berulang-ulang sambil menangis . akhirnya emas dan jamrut tadi berubah menjadi bentuk asalnya , yaitu berupa adonan kue . nah , tak lama dari peristiwa itulah beliau wafat dengan husnul khotimah . namun saying beliau tidak mempunyai keturunan . bahkan ada yang berkisah bahwa beliau selama hidupnya masih belum menikah . yak arena disibukkan dengan berjuang melawan penjajah . wallahu a’lam bis-showab .

semoga kisah dari para sesepuh basyaiban dan adzamatkhan ini bisa kita ambil manfaatnya sehingga membawa hikmah buat kita semuanya . amin

penulis : abi elkhoir basyaiban

Read On 6 komentar

Kisah : Kyai Sholeh Semendi dan Kyai Fatah segoropuro

Kamis, Februari 25, 2010

langgar kyai fatah 2

Foto mushollah peninggalan kyai fatah – ndresmo

dulu , sesama habaib jawa apabila sudah berkumpul atau bertemu pasti tak lepas dari yg namanya becanda ala kyai . dan tradisi itupun masih berlangsung di ndresmo hingga kini . seperti halnya pada kyai fatah ini , disaat beliau silaturrahmi kekerabat dekatnya , kyai sholeh bin syarif hidayatullah ( sunan gunungjati ) dipasuruan .

beliau tak bisa menghindar atas guyonan kyai sholeh tersebut . ketika kyai fatah sudah dipersilahkan duduk diruang tamu , kyai sholeh segera memanggil santrinya untuk mengambil suguhan . selang beberapa waktu , suguhan itupun datang . bukan berupa makanan nasi dan lauk pauknya atau lainnya , tapi berupa buah semangka yg masih utuh yg belum dikuliti . disamping buah semangka tersebut sudah disediakan satu buah pisau agak besar dan sangat tajam .

kyai fatah sangat heran , lha wong ngasih suguhan tamu kok semangka yg masih utuh . mestinya kan sudah dikuliti dan tinggal makannya aja toh ? pikir beliau …

“ ayo kang , silahkan dimakan semangkanya . tuh pisaunya sudah saya sediakan disampingnya “ . kata kyai sholeh mempersilahkan kyai fatah .

“ oh , iya kang … matursuwun . repot-repot aja nih “ . jawab kyai fatah .

kyai fatah pun tak membuang kesempatan itu , segera beliau ambil pisau yg tajam itu . sambil tangan yang satunya memegang buah semangka yang masih utuh itu . namun apa yang terjadi ? ketika kyai fatah menggunakan pisaunya utk mengiris buah itu , eh ternyata buah itu tak mempan atas pisau tersebut . hingga sampai lama kyai fatah tersebut mengiris-iris buah itu tapi tak sedikitpun cuil atau terkuliti . sementara , kyai sholeh yg melihat hal itu dari kejauhan Cuma terkekeh-kekeh tertawa sambil bilang :

“ ayo kang , terus … masa’ seorang kyai fatah membelah semangka aja tak mampu hehehe “ goda kyai sholeh semendi pada kyai sholeh .

dan memang sampai waktu yang lama , kyai fatah benar-benar tak bisa membelah semangka itu . akhirnya kyai fatah pun menyerah dan menyuruh pemilik rumah , kyai sholeh semendi utk membelah semangka itu . kyai sholehpun dengan enaknya membelah semangka itu dan dimakan bersama . dan tak lama kemudian kyai fatah pun pamit pulang .

selang beberapa hari , atau minggu , giliran kyai sholeh semendi yang silaturrahmi kerumah kyai fatah dilokasi pesantren segoropuro pasuruan, dimana pesantren itu adalah milik menantu kyai sholeh sendiri yaitu kyai abdurrahim yg lebih dikenal dengn sebutan kyai arif segoropuro bin abdurrahman bin umar basyaiban . setelah menemui menantunya dg wktu yang cukup lama , akhirnya kyai sholeh menuju kerumah kyai fatah .

melihat ada kyai sholeh semendi yang datang , kyai fatah pun mempersilahkan beliau untuk duduk diruang tamu . persis dengan yg dilakukan kyai sholeh dulu terhadap dirinya, kyai fatah-pun menyuruh santrinya untuk membawa suguhan kepada beliau . namun ditempat kyai fatah , bukan semangka yg beliau suguhkan tapi buah pepaya matang yg masih utuh dan belum dikuliti . dan tak lupa disamping pepaya itu disertakan pisau besar yang sangat tajam .

“ ayo kang sholeh , di cicipi suguhan dari saya ini kang “ kata kyai fatah .

“ oh iya kang , terimakasih . wah ? pepaya ? pasti segar ! “

segera kyai sholeh semendi mengambil pisau besar itu untuk membelah pepaya itu . beliau pikir bisa mudah membelah buah itu . namun apa yang terjadi ? persis yg dialami oleh kyai fatah dulu , pepaya itu sangat sakti hingga kyai sholeh tak mampu untuk membelahnya . cukup waktu yg lama kyai sholeh berusaha bisa membelah buah tersebut . namun hasilnya nihil . terlihat wajah kyai sholeh agak putus asa . sedang kyai fatah-pun melihat dari kejauhan dengan senyum-senyum sendiri .

“ ayo lah kang , masak seorang kyai sholeh pemimpin pesantren semendi tak mampu membelah pepaya itu sih “ . ejek kyai fatah dengan senyuman .

“ hahahaha , waah sampeyan mbales ya kang atas perbuatan-ku yg kemarin ? “ jawab kyai sholeh dengan tertawa .

“ sekali-kali dapet balesan kan adil to kang ? “ kata kyai fatah .

“ ya ya ya … wes , aku percaya kok kang atas kesaktian sampeyan . ya udah kang , nih pepayanya . silahkan dibelah . saya sudah kepingin nih “ .

akhirnya kyai fatah lah yg membelah pepaya tersebut . dan mereka berdua menikmati buah itu sambil ngobrol santai dan sesekali bercanda . nah itu lah kisah pendek dari kyai fatah segoropuro pasuruan dengan kerabat dekat beliau , kyai sholeh semendi pasuruan bin syarif hidayatulloh ( s.gunung jati ) bin abdullah adzamatkhan .

semoga kisah ini bermanfaat dan bisa diambil hikmahnya

amin …

( diharamkan dicopy paste )

penulis - abi elkhoir basyaiban

Read On 9 komentar

Kisah Unik : Sayyid Arif segoropuro & Sayyid Sulaiman Kanigoro

Kamis, Februari 25, 2010

segoropuro 1sayid-sulaiman-04

- Pic kiri : makam sayyid ali al-arif basyaiban - segoropuro – pasuruan

- Pic kanan : makam sayyid sulaiman basyaiban - kanigoro – mojoagung – jombang

- masuk pesantren ampel – surabaya

kita semua tahu bahwa beliau berdua ini adalah satu saudara kandung putra dari sayyid abdurrahman bin umar basyaiban . sudah banyak postingan diwebsite2 yang bertebaran diinternet yang mengisahkan tentang beliau berdua . maklum saja , karena anak keturunan beliau berdua ini bertebaran diseluruh pula jawa . maka tak heran jika para anak keturunan beliau berdua ini sama2 mengisahkan perjalanan kakek buyut mereka ini .

seperti hal nya para pemuda lainnya yang notabene keturunan dari seorang ulama terkemuka dari bumi yaman, beliau berdua mendapat bimbingan yg sangat bagus oleh ayahnya , sayyid abdurrahman bin umar basyaiban dan ibunda tercintanya , syarifah khodijah binti sayyid syarif hidayatullah ( s. gunung jati ) . bukan Cuma kedua orangtuanya saja yg ikut membimbing beliau berdua , tapi paman beliaupun ( kyai sholeh semendi pasuruan bin syarif hidayatullah ) pun ikut andil dalam pendidikan beliau berdua .

ada yang unik dari keturunan basyaiban dan adzamatkhan ini jika dibandingkan dg para saadah atau habaib lainnya . yaitu sejak berada diindonesia , ke-dua fam itu selalu mengikuti adat istiadat para pribumi tanah jawa. itu yang ditekankan oleh sayyid abdurrahman bin umar basyaiban dan syarif hidayatullah ( s. gunung jati ) .

yang paling menyolok adalah dalam hal berpakaian yg sudah ditekankan agar selalu memakai pakaian jawa tempo dulu . itu dilakukan agar tak membuat para rakyat kecil , pribumi tak merasa asing atau canggung saat dihadapan beliau . karena dulu , jika orang-orang pribumi melihat seorang kyai atau ulama dengan berpakaian serba putih dan pakai jubah panjang , maka mereka akan merasa kecil dan minder untuk mendekati ulama tersebut . maka tak ada jalan lain untuk melancarkan syiar islam secara merata dan diterima secara universal dibumi jawa , maka harus dg mengikuti adat istiadat jawa .

nah , saya awali kisah sayyid arif segoropuro dan sayyid sulaiman kanigoro ini dengan bahasa sederhana ala saya hehehe …

dulu , disaat mereka berdua masih sangat lah muda , atas perintah sang ayah ( sayyid abdurrahman ) agar mereka berdua ini segera pergi untk mencari ilmu dipesantren. Singkat cerita , akhirnya sang ayah mengantarkan kedua putranya itu kesebuah pesantren dijawa timur – surabaya . tepatnya dipesantren yg dulu didirikan oleh sunan ampel ( raden rahmat ) . saya kurang jelas saat itu siapa yang menjadi pengasuh pesantren itu setelah wafatnya sunan ampel dan generasi keberapa .

dipesantren itu , keduanya diterima dengan sangat gembira oleh kyai pengasuhnya . segera beliau sediakan tempat kamar untuk ditempati mereka berdua . pada awalnya , tak nampak kelebihan dari kedua pemuda itu . jadi sang kyai menganggap ali arif dan sulaiman adalah pemuda yang pada layaknya santri2 seperti lainnya . ya karena pesantren ampel itu memang banyak juga dari anak2 ulama , habaib dan pejabat2 kerajaan yg nyantri disana . jadi katakanlah pesantren itu tak sedikit berisi anak2 para pembesar .

hari berganti hari hingga bulan berganti bulan , mereka berdua sangat kerasan dan menikmati masa2 pencarian ilmu dipesantren itu . mereka sangat tekun dan rajin dan bukan tipe orang yang pemalas . mereka berdua itu gak bisa berdiam diri dan nganggur . selalu belajar dan menjaga kebersihan pondok . jika terdapat waktu luang , tak jarang dua saudara itu berikut teman2 pesantren lainnya saling berkumpul dan saling becanda . dan ternyata , dari ali arif dan sulaiman itulah yang paling pinter membuat teman2-nya pada ketawa ngakak karena humor2 mereka berdua . dan ini diakui atau tidak , dari keturunan beliau berdua itu sangat pinter membuat hati orang ketawa dg guyonan2-nya . tentunya yg paling utama adalah kealiman dan kecerdasan beliau berdua .

- mulai dipanggil awalan mas

nah , tiba saatnya hari yang Allah SWT menunjukkan kelebihan dari mereka berdua . sesuatu yang membuat kagum dan kaget pada kyai pengasuh pesantren tersebut . itu terjadi ketika malam sudah larut dan seluruh para santri sudah pada tidur . termasuk ali arif dan sulaiman . tapi hari ini beda . biasanya mereka berdua itu tidur dikamarnya sendiri , kalau malam ini mereka berdua tidur kumpul bersama teman2 lainnya . jadi seru keliatannya . kalian pasti punya pengalaman seperti itu kan ? tidur bareng orang2 banyak , yang sebelumnya diselingi dg cerita2 ngalor ngidul sampai tertidur .. iya kan ?? hehehe asyik ngga’ tuh ??

sedangkan sang kyai sendiri , juga punya kegiatan rutin setiap malam , yaitu setiap para santri sudah pada tidur , beliau selalu berjalan berkeliling seputar pesantren . memeriksa para santri atau apapun yg perlu diawasi . itu sangat maklum jika beliau itu punya kekhawatiran kalau-kalau ada salah satu santri yang tak ada dipesantren . jika dilihatnya sudah lengkap jumlah para santri itu , beliau kembali kerumahnya dengan lega .

namun bagi sang kyai , malam ini agak aneh . sebab tempat yg ditempati para santri tidur itu kok terlihat ada cahaya terang kekuningan . laksana pantulan emas . kalau biasanya , jika lampu minyak dimatikan , maka gelaplah yang terjadi . merasa ada keanehan tersebut , kyai mendekati tempat itu dengan perasaan yg sangat penasaran atas cahaya kuning itu . dan apa yang terjadi setelah beliau mendekati tempat itu ? ternyata ada penyebab dan sumber munculnya cahaya kuning itu . ketika dilihat , sumber itu keluar dari sekujur tubuh ali arif dan sulaiman . tentu saja sang kyai itu kaget dan kagum . namun karena kepala kedua saudara kandung itu tertutupi dengan kain , maka kyai itu nggak tahu siapa pemilik jasad yang mengeluarkan sinar kuning tersebut .

tanpa pikir panjang , segera kyai itu membuat tanda dengan membuat ikatan kecil dikedua kain ali arif dan sulaiman . itu dilakukan karena beliau gak enak jika sampai membangunkan murid2nya yg masih tertidur pulas itu. Setelah selesai membuat tanda ikatan kecil itu , beliau segera meninggalkan tempat itu karena sebentar lagi waktu . Akhirnya berkumandanglah adzan shubuh . semua santri segera bangun dan bersiap-siap melaksanakan sholat subuh berjama’ah . karena itu adalah salah satu peraturan wajib dipondok . agar nantinya sudah terbiasa dg sholat subuh berjama’ah . seperti kamu kan yg selalu berjama’ah subuh ? iya dong ..hehehe .

assalamu’alaikum warahmatulloh . . . itu adalah bacaan salam penutup sholat . berarti sholat subuh sudah selesai . seperti hari2 biasanya , sang kyai melantunkan wirid wirid ba’da subuh . begitu selesai semuanya , segera beliau berdiri dihadapan para santri yg masih duduk dishaf sholat itu :

“ wahai para santri semuanya … saya harap dengarkanlah ini . siapa diantara kalian yang ujung kainnya terdapat ikatan kecil ? ayo diperiksa ! “ . kata kyai menanyakan pada para santri . spontan semua santri memeriksa kainnya masing2 . dan tiba2 ada dua orang yang mengaku kainnya ada ikatan kecilnya .

“ saya kyai “ kata ali arif

“ saya juga kyai “ kata sulaiman juga .

baru tahu sang kyai itu akan karomah dan kemuliaan kedua saudara kandung itu . selama ini beliau tak menganggap kedua pemuda itu adalah org2 yg begitu istimewa , namun atas kejadian semalem itu lah menyadarkan hati kyai akan istimewanya mereka .

“ sekarang , dengarkan pesanku ini wahai para santri-santriku . mulai saat ini kalian jangan memanggil arif dan sulaiman dengan langsung menyebut namanya . namun , awali panggilan kalian terhadap keduanya dengan panggilan MAS . panggil dengan sebutan mas ali arif dan mas sulaiman . begitu juga terhadap semua keturunan mereka berdua “

nah , itulah yang dipesankan oleh kyai itu terhadap semua para santri2 nya . kenapa dipanggil dengan awalan MAS ? itu karena cahaya kekuningan yang memancar pada tubuh dua orang tersebut . dan semua para santripun sejak saat itu memanggil mereka berdua dengan sebutan MAS . dan itu berlangsung bukan saat itu saja , namun hingga saat ini semua para keturunan sayyid arif segoropuro dan sayyid sulaiman kanigoro dipanggil dengan awalan MAS . baik itu laki-laki dan perempuan . dari garis laki-laki atau garis perempuan . sebagai contoh saja , nama ahmad dan syarifah . maka apapun jabatannya , baik masih bayi sampai dewasa bahkan tua akan disebut begini :

( mas ahmad dan mas syarifah ) ( kyai mas ahmad dan nyai mas syarifah ) ( kang mas ahmad dan ning mas syarifah ) ( dik mas ahmad dan dik mas syarifah ) . dan fakta membuktikan , anjuran kyai pengasuh pesantren ampel itu berlangsung hingga kini . jika ingin bukti , silahkan datang kedesa NDRESMO yg paling banyak berkumpul para anak cucu sayyid sulaiman disana . ada lagi disebagian desa di pasuruan dll . nah , saya kira sudah jelas kisah tadi . sekarang saya akan meneruskan kisah perjalanan sayyid ali arif dan sayyid sulaiman tadi …

- disuruh pulang ke-cirebon menemui sang bunda

selang beberapa waktu lamanya ali arif dan sulaiman berada dipesantren ampel itu dengan sangat tawaddhu’ dan tekun , kini saatnya mereka berdua dipanggi sang kyai pengasuh pesantren tersebut untuk menghadap . keduanya dengan sangat rapi dan sopan menghadap panggilan kyai-nya . setelah bertemu , sang kyai tadi banyak menyampaikan pesan-pesan spiritual yg tidak semuanya para santri diberi wejangan itu . dan pada akhirnya , sang kyai itu berkata begini :

“ nak mas arif dan nak mas sulaiman , kini sudah tiba waktunya sampeyan berdua pulang . segera menghadap ibunda kalian dicirebon . dengarkan dan turuti semua perintah ibunda kalian nantinya . sebab ibunda kalian sudah punya rencana buat kalian berdua “ .

itulah yang disampaikan kyai pada kedua saudara kandung tersebut . akhirnya , dengan sangat berat hati karena masih betah dipesantren itu , mereka pun berpamitan untuk pulang kecirebon . untuk menghadap ibunda tercinta yaitu syarifah jene ( khodijah ) putri dari syarif hidayatullah atau sunan gunung jati .

singkat kisah , surabaya – cirebon mereka tempuh perjalanan itu dan sampailah kerumah , dengan tak sabar segera menemui ibunda tercinta . yang namanya seorang anak kangen dengan orang tua itu wajar karena sudah lama tak saling bertemu . begitu bertemu dengan ibunda tercinta , mereka langsung sungkem dan memeluk sang bunda . tampak jelas air mata kerinduan yang terlihat dikelopak syarifah khodijah terhapat kedua putranya tersebut . kita singkat lagi kisah ini setelah mereka saling menumpahkan kerinduan mereka dan saling menceritakan pengalaman selama ada dipesantren ampel dan entah sudah berapa lama ali arif dan sulaiman berada dirumah cirebon . bisa seminggu atau sebulan atau lebih .

- mendapat perintah pergi ke-pasuruan

kini tibalah waktunya sang bunda menyampaikan apa yang harus disampaikan . karena ini adalah amanat yang hrs disampaikan . ( kurang jelas amanat dari siapa itu . bisa jadi dari salah satu tiga orang : sunan gunungjati ayah syarifah khodijah sendiri atau sayyid aburrahman sang suami beliau sendiri atau sayyid sholeh semendi adik kandung syarifah khodijah ) . meski dengan sangat berat hati sekali , namun yang namanya amanat harus disampaikan . inilah yg disampaikan syarifah khodijah terhadap ali arif dan sulaiman :

“ anak-anakku … kini tiba waktunya kalian meninggalkan cirebon . kalian harus menemui paman kalian dijawa timur , tepatnya dipasuruan sana . nanti , jika sudah bertemu dengan beliau , kalian harus menurut dan sabar atas apapun yg dilakukan paman kalian . dan ini … aku kasih bekal kalian dengan sesuatu yg sudah aku bungkus dalam kain ini . nanti apapun yang diperintahkan paman kalian ( kyai sholeh semendi – pasuruan ) gunakan apa yg ada didalam bungkusan ini “

itulah yang dipesankan syarifah khodijah terhadap kedua putra beliau . namun ali arif dan sulaiman tak tahu , apa yang ada didalam bungkusan itu . karena sifat ta’at dan tawaddhu’ mereka terhadap sang bunda , mereka tak berani menanyakan atau membuka bungkusan itu sebelum waktunya . tak lama kemudian , kedua putra itu berpamitan pada bunda mereka , syarifah khodijah untuk segera brangkat kejawa timur menuju kepasuruan . yaitu dipesantren paman beliau di desa semendi . apakah mereka berdua pernah bertemu dengan paman mereka , kyai sholeh itu ? ya jelas lah ! namanya juga paman . apalagi selama dipesantren ampel dulu , kyai sholeh pernah menjenguk mereka berdua disana .

- kyai sholeh – semendi – pasuruan

kyai sholeh semendi itu orangnya sangat alim , waro’ dan zuhud . beliau mengasingkan diri sampai kepasuruan karena beliau tak mau terlibat dalam urusan singgasana keraton cirebon . intinya , beliau Cuma ingin mengabdikan dirinya untuk agama . dan tak lupa , kyai sholeh itu disamping alim , juga sangat sakti dan tajam pengucapnya ( kebanyakan yg dikatakan , itu terwujud atas idzin Allah SWT ) . tentag kyai sholeh ini , ada khilaf tentang silsilah nasab beliau . ada yang tertulis beliau ini putra kandung dari sayyid syarif hidayatulloh ( s . gunung jati ) yang artinya , beliau ini saudara kandung dari ibunda sayyid ali arif dan sayyid sulaiman , yaitu syarifah khodijah binti syarif hidayatulloh . catatan yang lain tertulis beliau in ( kyai sholeh semendi ) adalah putra sulthan hasanuddin bin syarif hidayatulloh . yang artinya beliau ini cucu daripada sunan gunung jati . namun apapun itu , inilah sejarah ! gak ada kepastian yg pas . namun yang pasti adl , beliau keturunan dari sunan gunung jati cirebon .

sekarang saya singkat saja kisahnya . bahwa ali arif dan sulaiman sudah sampe kepasuruan ketempat pesantren kyai sholeh semendi . namun setelah bertemu dengan paman tercintanya itu , diluar dugaan yg sudah diperkirakan oleh mereka berdua . mereka berpikir akan ada pertemuan antar paman dan 2 keponakannya ini dengan mesra dan haru . ternyata apa yang terjadi ? kyai sholeh malah menunjukkan wajah yg kurang bersahabat . nyaris tanpa senyuman . dengan wajah yang disengaja kaku dan angkuh , kyai sholeh menemui mereka berdua . tapi jangan salah sangka dulu ya , itu semua emang disengaja oleh beliau agar bisa tahu seberapa besar tekad dan kemauan mereka berdua itu untuk menimba ilmu terhadap beliau .

“ oh , kalian ali arif dan sulaiman kan ? “ tanya kyai sholeh .

“ inggih paman “ jawab mereka dengan sopan . apalagi melihat wajah pamannya itu sangat serius .

“ ada pesan dari mbak yu ku , ibu kalian ? “ tanya kyai sholeh lagi .

“ oh , gak ada paman , saya Cuma diutus kepesantren ini agar bisa belajar disini , ditempat paman “ . jawab ali arif .

“ oh begitu … lha memang kalian mau belajar disini ? “

“ iya paman . kami sangat ingin ngaji ke paman “ . jawab mereka .

“ kalian pikir , mudah ya belajar dipesantren ini ? memang kalian bisa apa hingga mau belajar ketempat paman ini ? “ tanya kyai sholeh yang berniat men-coba kesabaran mereka berdua .

mendapat pertanyaan seperti itu , mereka berdua hanya bisa diam dan menundukkan kepala saja . dalam hati mereka berkata harus bersabar . karena ibunda mereka sudah memberi perintah belajar disini . pasti gak ada yang salah dengan perintah ibu mereka . dan tiba-tiba kyai sholeh berkata lagi :

“ jika kalian bisa membabat hutan yang ada digunung itu dalam waktu sehari , maka kalian boleh menetap disini . ingat ! Cuma sehari saja . bagaimana ? “

kata kyai sholeh sambil menunjuk arah gunung kecil yang dikelilingi hutan yg lebat itu . itulah syarat beliau terhadap mereka berdua . ali arif dan sulaiman melihat arah yang ditunjuk beliau . wajah mereka menunjukkan keheranan atas syarat yang ditentukan pamannya . namun , apa boleh buat ? teringat pesan2 ibundanya dulu harus bersabar dengan apapun yang dilakukan pamannya itu .

“ insyallah paman . kami akan mengusahakannya “ . jawab mereka berdua dengan mantap .

“ ya sudah , segera kalian pergi sekarang ketempat hutan itu . nanti menjelang maghrib aku akan datang kesana melihat langsung hasilnya “ . kata kyai sholeh dengan sangat tegas-nya .

- membabat alas ( hutan ) segoropuro – pasuruan

singkat kisah , merekapun berangkat menuju arah segoropuro yang masih berupa hutan. sesampainya disana mereka tidak langsung membabat hutan itu . namun terlebih dulu beristirahat dan sambil memusyawarahkan perintah pamannya tadi .

“ bagaimana ini kang ali ? mungkin kah Cuma kita berdua yang akan membabat hutan ini ? Cuma ada waktu beberapa jam lagi “ . kata sulaiman pada kakaknya .

“ ya bagaimana lagi dik , lha wong itu perintahnya . kan ibu kita sudah berpesan pada kita . apapun yang diperintahkan paman kita harus kita turuti dengan bersabar “ . jawab ali arif pada sulaiman adiknya .

“ lha terus ? kita menebang seluruh pohon-pohon dihutan yang sangat luas ini pakai apa kang ? sedang paman sholeh sendiri tak membekali peralatan utk menebang pohon2 besar itu . gimana kang ? “ . tanya sulaiman yang membuat kakaknya ( ali arif ) bingung juga . karena memang tak membawa satu peralatanpun untk membabat hutan itu .

“ oh iya kang , ibu kita kan membekali sebuah bungkusan saat dicirebon kemarin . coba dibuka kang . siapa tahu ada gunanya “

“ baik lah , kita buka saja bungkusan ini “ . kata ali arif dengan mengeluarkan bungkusan pemberian ibunya itu . dia pun membuka ikatan bungkusan itu . dan ternyata berisikan 2 bilah pisau kecil yang hanya pantas dipakai cukur kumis atau jenggot .

“ hah ?? kok Cuma pisau kecil sih kang ? mana bisa dipakai membabat hutan dg pohon2 yg sangat besar2 ini ? “ kata sulaiman keheranan .

“ iya dik , aku juga heran apa yang dimau ibu kita . tapi saya yakin ! tidak mungkin ibunda kita membekali sesuatu yang tak ada gunanya “ . jawab ali arif .

“ lha terus piye ini kang ? “ tanya sulaiman lagi dengan penasaran .

“ ya gak usah piye-piye lagi dik . apapun yang terjadi kita harus segera memulai membabat hutan ini dengan peralatan dari ibu kita yang alakadarnya ini . bimillah .. “ . jawab ali arif dengan mantap .

“ oh gitu kang ? oke lah .. bismillah kita mulai saja ! “ . kata sulaiman yang tak kalah mantapnya dengan kakaknya , ali arif .

setelah membawa pisau kecil satu satu , mereka pun segera memasuki area hutan itu . dengan diawali bismillah merekapun memulia membabat semua pohon-pohonan hutan seperti yang diperintahkan pamannya tersebut . saya ga’ tahu kronologi pembabatan hutan yang begitu luasnya itu hanya dengan bekal 2 pisau kecil pemberian ibunda mereka . Cuma , kisah yang aku dengar dari sumber2 yang bisa dipercaya bahwa pekerjaan itu selesai bahkan Cuma beberapa jam saja . batas waktu yang ditentukan pamannya bahkan masih lama sisanya . subhanallah … hanya Allah yang mampu membuat seperti itu . mereka berdua hanyalah makhluq-NYA seperti yang lainnya . namun karena Allah mencintai mereka berdua , maka DIA memberi pertolongan dan kemudahan .

sekarang kita beralih ke sosok kyai sholeh semendi yang masih berada dipesantrennya . beliau seakan tahu kalau pekerjaan kedua keponakannya itu selesai lebih cepat dari waktu yang dia tentukan . tentunya ini sangat menggembirakan dan membanggakan hati beliau , yang melihat kedua keponakannya adalah manusia2 yang diberi kekaromahan atau kemuliaan oleh Alloh seperti itu .

segera beliau berangkat menuju hutan yg tlah dibabat habis itu . beliau melangkah dengan membawa perasaan sangat bangga . namun apa yang terjadi setelah beliau sampai ditempat itu ? beliau melihat hutan itu telah bersih . tanpa ada pohon satupun yang tersisa . baik yang kecil atau yang besar . baik yang berbuah atau yang belum . kyai sholeh terlihat agak marah melihat itu . segera beliau mendekati kedua keponakannya itu dengan wajah yang terlihat marah . kontan saja itu membuat hati ali arif dan sulaiman makin keheranan . bukan kah kita sudah melaksanakan perintahnya dengan sukses ? pikir mereka .

“ ali !! sulaiman !! kemari kalian ! “ panggil kyai sholeh dengan agak membentak . mereka pun dengan perasaan takut mendekati beliau .

“ dalem paman ( iya paman ) “ . jawab mereka berdua dengan sangat takutnya .

“ kalian berdua ini bagaimana sih ? kok asal nebang pohon saja . lihat ! gak ada yang tersisa sama sekali . mestinya kalian itu gak menebang pohon yang bisa dipakai sumber kehidupan masyarakat sini kelak . seperti pohon kelapa , nanga , pisang dan yang lainnya yang bisa dimakan buahnya “ . kata kyai sholeh dengan marah .

nah lho ? ya jelas hal itu malah membuat ali arif dan sulaiman smakin heran atas pamannya ini . gimana engga’ ? kan perintahnya emang begitu ? membabat habis !! . tapi memang dasarnya kedua saudara kandung itu berhati bersih , jadi berusaha tetap bersabar .

“ pokoknya saya nggak mau tahu ! kalian harus mengembalikan pohon-pohon yang bisa diambil kemanfaatannya !! “ lanjut kyai sholeh dengan suara marah .

“ insyallah paman . . . “ itulah jawab ali arif dan sulaiman .

segera mereka berdua kembali ketempat pohon2 yang sudah berjatuhan karena ditebang tadi . mereka asal aja berbuat karena sudah gak punya jalan keluar lagi . mereka memilih pohon nangka , duren , kelapa dan pohon2 yang bisa berbuah lainnya yg sudah terpotong . mereka berdirikan lagi pohon2 itu . mereka tancapkan ketanah . tak ketinggalan pohon2 kecil seperti pohon pisang atau sayuran-sayuran lainnya . mereka tancapkan pula ke tanah .

terlihat perbuatan mereka berdua itu asal saja . namun apa yang yang terjadi ? bi-idznillah ! seluruh pohon-2 pilihan yg sudah terpotong dan roboh , ternyata hidup lagi ketika mereka tancapkan kebumi . yang awalnya tak berbuah , seketika itu muncul buahnya dengan segar-segar . tanaman sayuran pun langsung tumbuh kembali berikut terlihat keluar buahnya seketika , seperti tomat , lombok , ubi , ketela dan lain2nya . itulah salah satu dari karomah kedua pemuda dari keturunan sayyid abdurrahman basyaiban dan cucu dari syarif hidayatullah adzmatkhan ( s.gunungjati ) .

sedang kyai sholeh yang melihat tingkah laku kedua keponakannya itu , Cuma tersenyum dari kejauhan . sang kyai itu merasa bertambah yakin atas kemuliaan mereka . kyai sholeh tahu kalau ali arif dan sulaiman adalah sosok pemuda yang akan menjadi orang besar kelak . an apapun yg kyai sholeh lakukan itu tak lebih dari sekedar pencoba’an dhahir dan bathin mereka berdua .

kini , hutan yang sangat luas itu sudah kembali bersih dan indah . hanya terisi pepohonan yang bisa dimakan buahnya . terlasa sejuk hawanya . apalagi itu adalah daerah pegunungan kecil . yang kala itu masih belum punya nama .

- menikah

Setelah beberapa coba’an yang mereka berdua terima dari paman mereka ( kyai sholeh ) maka , sejak itu pula mereka sudah diperkenankan mengaji dan diajar langsung oleh kyai sholeh . mereka sungguh senang tatkala bisa memulai mengaji pada pamannya tersebut . sedang kyai sholeh semendi sendiri setiap hari makin bertambah kagum atas kecerdasan kedua keponakannya itu . tak ada satu pelajaran pun yang tak mereka serap dengan cepat oleh mereka berdua . bahkan termasuk ilmu hikmah yang tak semuanya mampu memahami . namun bagi mereka seperti memahami hal yang mudah saja . dari situlah , kyai sholeh berpikiran ingin menikahkan kedua keponakannya itu dengan kedua putrinya . kebetulan kyai sholeh ini punya 2 putri .

Singkat cerita , kyai sholeh mengutarakan maksud hatinya utk menikahkan ali arif dan sulaiman dengan putri2-nya . karena keta’atan dan kemantapannya , akhirnya mereka berduapun setuju atas tawaran pamannya tersebut . konon putri kyai sholeh yang pertama itu kurang begitu cantik . sedang putri yang kedua itu sangat cantik . kyai sholeh berencana menjodohkan putrinya yang pertama untuk sulaiman dan putri yang kedua untuk ali arif . ali arif sebagai kakak sulaiman tahu betul atas keinginan adiknya itu . terlihat dari sorotan mata sulaiman , adiknya itu menginginkan putri kyai sholeh yang kedua , yg cantik itu . apalah artinya seorang kakak jika tak mengalah terhadap adiknya ? . segera ali arif mengutarakan usul terhadap kyai sholeh :

“ maaf paman sholeh . ada sesuatu yang mau saya sampaikan terhadap panjenengan . secara garis besarnya , kami setuju untuk dinikahkan dengan putri panjenengan . kami suka sekali tawaran paman . namun saya mohon , untuk saya yang mana dan untuk adik saya sulaiman juga yang mana , biarlah kami sendiri nanti yang menentukannya . saya harap paman pada akhirnya menyetujui keputusan pilihan kami . apakah saya berjodoh dengan putri yang pertama atau yang kedua . mohon maaf , mohon paman jangan marah . dan satu lagi , saya berharap paman bilang dulu sama ibunda khodijah dicirebon jika saya telah anda jodohkan dengan putri-putri panjenengan “ . itulah yang diusulkan ali arif .

mendengar usul keponakannya itu , kyai sholeh langsung sepakat . dan beliau sangat senang melihat kebijakan yang ditempuh ali arif itu .

“ baiklah ali dan sulaiman . semua permohonan kalian aku setujui . bicarakan pilihan calon istri yg dari putri2ku buat kalian . aku akan tetap menyetujui keputusan akhirnya . dan urusan ibunda kalian ( syarifah khodijah ) , serahkan padaku, kerena ibunda kalian adalah kakak kandungku sendiri . itu hal mudah sekali . aku sendiri yang akan menyampaikannya pd beliau perihal pernikahan kalian dengan kedua putri-putriku . kakak ku itu pasti menurut apa kata ku . “ jawab kyai sholeh dengan bijak pula .

Akhirnya mereka berduapun keluar dari rumah kyai sholeh semendi . tingal sekarang masalah pemilihan calon istri buat mereka berdua . dengan gaya seperti layaknya para pemuda yang suka bercanda , mereka memusyawarahkan hal itu dengan sangat santai dan sesekali becanda .

“ bagaimana ini kang ? saya yang nomer dua aja ya ? “ kata sulaiman setengah menggoda kakaknya , ali arif .

“ hahaha , kamu kepingin yang adiknya ya dik ? memang dia cantik ? kalau menurutku , kakaknya juga manis kok dik “ . jawab ali arif dengan tertawa .

“ iya kang , saya kok suka yang adiknya . pas buat saya .. saya kan ganteng kang ? hehehe gimana kang menurut sampeyan ? “ kata sulaiman dengan menggoda kakaknya itu .

“ iya iya , kalau … kalau masalah ganteng sih , saya juga sama seperti kamu sulaiman hehehe … baiklah , saya gak keberatan kamu menikah dengan adiknya . asal kamu harus membuktikan bahwa kamu memang layak mendapatkannya “ kata ali arif pada adiknya .

“ membuktikan apa kang maksudnya ? saya kurang ngerti maksud kang ali “ tanya sulaiman penasaran .

“ yaa membuktikan apa saja lah . yang bisa membutku berpikir bahwa kamu layak jadi suaminya “ jawab ali arif .

akhirnya , pembicaraan seputar calon istri selesai . kini tinggal sulaiman yang harus memikirkan hal apa saja yang bisa membuat kakaknya itu salut dan percaya , bahwa dia layak mendapatkan istri pilihannya itu .

suatu hari , sulaiman memulai aksinya . dia berencana mencegat kakaknya ditengah jalan , yang disitu banyak pohon-pohon kelapanya disepanjang jalan . kebetulan saat itu kakaknya sedang disuruh kyai sholeh untuk satu keperluan dirumah seseorang . dan sulaiman tahu pada akhirnya kakaknya akan melewati jalanan yg akan dia cegat nanti . dan ternyata ? tepat dugaan sulaiman . dari kejauhan terlihat kakaknya berjalan melewati jalan itu .

“ kang . . . kang ali .. . ! “ panggil sulaiman pada kakaknya . dan sambil teriak memanggil , tangan sulaiman membuat isyarat kearah pohon-pohon kelapa agar tunduk dan melengkung kebawah . dan benar ! dengan isyarat tangan sulaiman tadi , semua pohon-pohon kelapa sepanjang jalan itu sama-sama melengkung kebawah . walhasil , buah kelapanya sama menggantung dan mendekati tanah.

“ kang … kang ali gak haus ? itu kang , kelapanya pada nunduk . ambil kelapa muda kang . pasti seger air nya “ . kata sulaiman dari kejauhan terhadap kakaknya . sedang ali arif mengerti akan maksud adiknya yang berusaha membuat kepercayaan pada dirinya . dia senyum aja melihat tingkah laku sulaiman .

“ oh , terima kasih dik , saya ngga’ haus kok “ . jawab ali arif .

“ ayo lah kang … pasti seger-seger kelapa mudanya itu . tak ambilin ya kang .. biar kang ali tinggal meminumnya “ . kata sulaiman sambil melambaikan tangannya kearah pohon-pohon kelapa yg nunduk itu . tiba-tiba buah kelapa mudanya terjatuh dengan sendirinya dan sekalian terbuka kulitnya . jadi tinggal meminumnya saja .

karena kasihan dengan jerih payah adiknya itu , akhirnya ali arif mengambil salah satu kelapa muda yg sudah terbuka itu . dia meminumnya . segar memang . terlihat dari wajah ali arif yg begitu segar setelah meminumnya . sebenarnya bukan satu buah kelapa saja yg terjatuh dan terbuka , tapi banyak juga .

“ dik , saya Cuma minum satu saja . gak perlu banyak2 . mubadzir yang sudah terlanjur jatuh dan terbuka ditanah ini “

kata ali arif sambil mengambili kelapa2 muda lainnya yg berceceran ditanah dan langsung ditempelkan lagi kepohonnya . yang sudah pecah kulitnya diusap oleh ali arif dan kembali utuh kembali . lalu setelah itu , ali arif melambaikan tangannya dengan isyarat ke-pohon2 kelapa itu . dan seketika , yang semula pohon2 itu melengkung sekarang menjadi tegak kembali seperti sedia kala . sulaiman melihat yang dilakukan kakaknya itu dengan senyum2 sendiri .

begitulah kedua pemuda itu jika saling menggoda . karena kebersihan hati mereka , maka tak heran jika mereka berdua tergolong orang yang dimaqbul doanya oleh Allah SWT . namun tak Cuma begitu saja rupanya sulaiman yang ingin menunjukkan pd kakaknya bahwa dia memang pantas menjadi suami dari wanita yang dia harapkan . meski kakaknya ali arif juga mengimbangi kesaktian adiknya , namun ali arif tak merasa ada persaingan .

“ kang ali , bawa apa itu ? “ tanya sulaiman pada kakaknya yang tadi terlihat meletakkan bungkusan semacam tumbu ( tempat makanan atau kue yg terbuat dari anyaman bambu ) diatas batu besar .

“ oh , itu … itu kue yang dititipkan seseorang untuk paman kita , kyai sholeh “ . jawab ali arif kakaknya .

“ sini kang , biar saya saja yang bawa , itu berat lho kang “ . kata sulaiman menggoda kakaknya lagi .

kan Cuma bungkusan tumbu yg berisi kue ? ringan benget lah . emang sih , bukan ali arif sendiri yg membawa tumbu itu . tadi selama perjalanan pulang , santri pamannya yg disuruh ikut ali arif itulah yang membawa tumbu itu . merasa akan ada permainan lagi dari adiknya , ali arif segera menyuruh santri itu mengambil bungkusan yg tadinya diletakkan diatas batu .

“ coba kang ! ambil tumbu yang tadi sampeyan bawa itu “ . perintah ali arif pada santri untuk mengambil tumbu yang dia letakkan diatas batu besar tadi . apa yang terjadi ? ketika santri itu mengambil tumbu itu , seketika itu langsung terjatuh karena terlalu beratnya . akhirnya dia bangkit lagi dan berusaha mengangkat tumbu kecil yg berisi kue ringan itu . dan tetap saja , dengan sangat ngotot dan berkeringat , dia tak bisa mengangkat sedikitpun bungkusan tumba tadi . diulang lagi , dan gagal terus … sedang kakak sulaiman , yaitu ali arif tersenyum saja melihat kelakuan adiknya itu . dia tahu maksud adiknya .

“ sudah … sudah sulaiman … kasihan santri itu . tuh , ngotot sekali dia . ayo kang santri , sekarang kamu angkat lagi . kita segera menghadap kyai sholeh . sudah ditunggu dari tadi “ . kata ali arif sambil menyuruh santri tadi mengulangi sekali lagi untuk mengambil bungkusan kecil tadi . subhanallah , begitu ali arif yang menyuruhnya , bungkusan itu kembali enteng seperti sedia kala . santri itupun kagum akan kesaktian dua saudara tersebut . sedang sulaiman tetap senyum senyum saja pada kakaknya .

karena sudah meresa cukup atas jerih payah adiknya yang ingin menunjukkan bukti tersebut , akhirnya ali arif mendekati adiknya dan berbicara pelan :

“ wes dik , saya sudah percaya kalau kamu memang pantas mendapatkan adiknya . saya ridho dan ikhlas . dan saya yang akan menikah dengan kakak calon istri kamu “ . kata ali arif .

“ beneran nih kang ? “ tanya sulaiman .

“ iya …bener … “

“ alhamdulillah … terimakasih ya kang ali “ . ucap sulaiman sangat gembira . dan ali arif pun merasa senang melihat adiknya bahagia seperti itu .

akhirnya hasil akhir kesepakatan mereka berduapun dilaporkan ke kyai sholeh semendi . beliau sangat senang , akhirnya kedua keponakannya itu sudah mempunyai keputusan yang baik . segera kyai sholeh mengatur rencana pernikahan kedua putrinya dengan kedua keponakannya itu . dan tak lupa , setelah menentukan hari pernikahan kedua putrinya , kyai sholeh juga mengutus salah satu santrinya untk pergi kecirebon , guna memberitahukan kakak perempuan beliau yaitu ibunda ali arif dan sulaiman ( syarifah khodijah binti syarif hidayatulloh ) .

memang sejak dulu , ssebelum kedua putranya masuk dipesantren kyai sholeh , syarifah khodijah sudah pasrah penuh masalah perjodohan kedua anaknya itu pada kyai sholeh , adiknya . namun yang tak menyangka adalah , bahwa calon istri anak-anaknya ternyata adalah misanannya sendiri , yaitu anak dari saudara . ya mungkin kalau syarifah khodijah tahu pasti kaget . tapi bukan menolak … ya tak menyangka saja . akhirnya , utusan kyai sholeh kecirebon pun berangkat . namun , saya kurang jelas kisah selanjutnya , yang jelas ditengah jalan utusan kyai sholeh tersebut mendapat halangan hingga sangat telat untuk memberitahukan hari pernikahan ali arif dan sulaiman pada ibunda mereka berdua . terbukti , saat hari pernikahan keduanya , ibunda meraka masih belum nyampai ke pasuruan dipesantren semendi milik kyai sholeh .

“ kita teruskan saja acara aqad nikah kalian . ibu kalian masih dalam perjalanan . mungkin 2-3 hari lagi nyampe kesini . sementara undangan sudag pada datang . kalian berdua tenang saja . nanti aku yang akan menjelaskan semuanya pada ibu kalian “

itulah yang dikatakan kyai sholeh terhadapa ali arif dan sulaiman . karena keduanya sangat ingin pernikahannya dihadiri oleh ibunda mereka . namun , keadaan lah yg mendesak untuk melanjutkan pernikahan tersebut . singkat kisah , berlangsung lancarlah pernikahan itu . semua terlihat lega dan gembira termasuk ali arif dan sulaiman .

kita beralih ke ibunda mereka yang masih dalam perjalanan menuju pasuruan . syarifah khodijah tahu bahwa saat ini adalah sudah melewati batas tanggal pernikahan putra2nya . namun beliau punya keyakinan , pasti pernikahan itu ditundanya karena menunggu dirinya sampai datang . namun apa yang terjadi ? ketika sudah masuk dikota pasuruan , beliau mendengar sebuah perbincangan orang2 sekitar bahwa pernikahan ali arif dan sulaiman sudah berlansung 2 hari yang lalu . nah ? jelas itu membuat beliau kecewa dan marah . bukan marah pada kedua putranya itu , tapi pada adiknya sendiri , yaitu kyai sholeh semendi . beliau berusaha ingin cepat2 sampai kepesantren adiknya itu . beliau ingin memarahinya . hatinya sudah tak sabar segera ingin sampai .

sedang dipesantren kyai sholeh sendiri , adem ayem saja . dan tiba-tiba , kyai sholeh memanggil ali arif dan sulaiman untuk segera menghadap beliau saat itu juga . setelah mereka berdua sudah menghadap . kyai sholah berkata :

“ ali arif dan sulaiman … saya mau tanya pada kalian . masakan apa yang paling disukai ibu kalian ? “ tanya kyai sholeh secara tiba2 .

“ ada apa paman ? kok tanya itu ? setahu saya , ibunda kami paling suka dengan yang namanya sayur asem dan ikan yang digoreng kering . apalagi ada sambel pedasnya .. ada apa paman ? “ jawab sulaiman dengan sangat penasaran .

“ ya sudah , sekarang , suruh istri-istri kalian memasak yang kalian sebutkan tadi . yang enak kalau memasak . saat ini , ibunda kalian sedang ditengah perjalanan dalam keadaan marah . kalian tenang saja . biar semuanya aku yang mengurus “ .

segera mereka berdua menyuruh istri2nya memasak apa yang paling disukai ibundanya itu . mereka berpesan agar sangat hati2 kalaun memasak dan harus teliti bumbunya . karena , makanan yang akan disuguhkan buat ibunya nanti harus sempurna .

singkat kisah , akhirnya ibunda mereka sudah sampai dipesantren sang adik ( kyai sholeh ) . dengan langkah yang terlihat cepat dan wajah yang agak memerah tanda memendam kemarahan , beliau langsung menuju kerumah kyai sholeh . terlihat se-isi rumah sangat bingung atas kedatangan dan kemarahan syarifah khodijah . hanya kyai sholeh yg terlihat nyantai tak menunjukkan kebingungannya . setelah kyai sholeh mempersilahkan kakak perempuannya itu masuk dan menyuruhnya duduk dibale depan agar bisa istirahat , maka kyai sholeh pun duduk didepan beliau .

“ arif ! sulaiman ! ini loh bunda kalian sudah datang “ .

panggil kyai sholeh pada kedua keponakannya dan sekaligus menantunya itu , tak lama , keduanya pun keruang tamu utk menemui ibunda tercinta mereka yg selama ini mereka rindukan . terlihat wajah2 mereka yg begitu bahagianya dalam pertemuan itu . suasana terlihat haru biru saat itu . tangisan dari mereka semuanya tak terhindarkan . dan ?? apa yang terjadi adalah , syarifah khodijah tenggelam dalam perasaan bahagia atas pertemuan tadi hingga beliau lupa akan marahnya . lupa akan tujuan utamanya yaitu marah terhadap adiknya ( kyai sholeh ) yg telah menikahkan kedua putranya itu tanpa menunggu kedatangan beliau . dan anehnya , karena saking bahagianya , syarifah khodijah tak begitu memperhatikan kalau dari tadi kedua menantu perempuannya telah keluar masuk untuk mempersiapkan makan siang yg mereka masak tadi buat mertuanya .

“ monggo yu ( kak ) , makan dulu . nih , ada sayur asem dan gorengan kering ikan kesukaan sampeyan “ . kata kyai sholeh mempersilahkan kakaknya untuk makan . karena habis menempuh perjalanan sangat jauh , tentunya beliau terasa lapar . dan ketika melihat ada makanan kesukaannya diatas meja makan itu , langsung selera makan beliau memuncak .

“ oh iya dik , terima kasih “ jawab syarifah khodijah pada kyai sholeh . tak lama , beliau pun menikmati makananan bersama kyai sholeh dan kedua putranya . sedang kedua menantunya menunggu didalam rumah tak ikut makan bersama .

Dengan lahapnya mereka semua menikmati masakan itu , hingga sayarifah khodijah lupa dan hilang tujuan utamanya , yaitu kemarahan yg akan ditujukan pada adiknya itu . hingga selesailah acara makan2 itu . dengan wajah yang berkeringat dan perut yang sudah kenyang , syarifah khodijah berkata :

“ masyallah dik , enak bener masakan ini . sudah lama aku tak merasakan masakan seenak dan senikmat ini . kok tahu loh resepnya bikin sayur asem dan ikan goreng kering sesempurna ini . siapa dik yang masak ini ? “ . tanya syarifah khodijah pada kyai sholeh , adiknya .

“ hehehe , siapa lagi toh yu ? yang bisa buat masakan itu yg mirip dengan masakan sampeyan kalau bukan keponakan2 sampeyan sendiri ? itu loh , kedua putri2 ku yang saat masih kecil sering ikut membantu sampeyan memasak . dan sekarang , mereka berdua itulah menantu sampeyan , istri2 dari putra2 sampeyan “ . jawab kyai sholeh pada kakaknya . tapi jawaban kyai sholeh itu tak membangkitkan kemarahan beliau lagi . malah beliau teringat kenangan masa lalu saat masih bersama kedua keponakan perempuannya dulu . dengan senyum-senyum sendiri syarifah khodijah meng-ingat masa lalu itu . dalam benaknya memang setuju dan cocok dengan menikahnya arif dan sulaiman dg kedua keponakan perempuannya itu .

“ masyallah … gitu ya dik ? mana ?? mana ??? mana mereka ? mana kedua keponakan perempuanku itu ? “ kata syarifah khodijah yg terlihat sangat rindunya . segera kyai sholeh memanggil kedua putrinya tadi .

“ nduk … nduuk … ayo kalian berdua kemari ! ini loh ibu mertua kalian memanggil “ . panggil kyai sholeh agak keras . dan tak lama , kedua putrinya itu keluar dan sungkem hormat dan lembutnya dihadapan syarifah khodijah , mertuanya itu .

Akhirnya , mereka saling berpelukan dan suasana terharu terjadi . beliau terlihat senang dan bangga mempunyai kedua menantu seperti mereka berdua . kemarahan yg tadinya bergejolak dalam hati beliau langsung sirna saat berhadapan dg kedua menantu . yang ada adalah perasaan senang dan bangga . beliupun berpesan dan memberi nasihat2 bagus pada semuanya .

Singkat cerita , entah berapa hari syarifah khodijah berada dipesantren adiknya itu . bisa berhari2 atau berminggu2 atau berbulan-bulan . yang pasti , ketika beliau mau berniat kembali kecirebon , baru keluar dari kota pasuruan tepatnya dikota bangil , beliau sakit dan beristirahat dirumah salah satu kerabatnya . tak jelas nama kerabat itu . karena sakitnya makin hari makin parah , akhirnya beliau meninggal dunia ditemnpat itu pula . maka hingga saat ini , makam beliau yang berada dikota bangil itu semakin ramai dikunjungi oleh para peziarah dari segala penjuru . konon , beliau disitu dimakamkan dengan salah satu putra beliau yang saya sendiri kurang pasti namanya .

Berlalunya waktu yang cukup lama , akhirnya kedua saudara kandung ( sayyid arif dan sayyid sulaiman ) saling berpisah untuk melaksanakan tugas yg mereka emban mensyi’arkan agama islam . untuk sayyid arif , beliau berpindah dari pesantren kyai sholeh menuju ke tempat hutan yang dulunya dia babat bersama adiknya . masih ingat kan kisah itu ? . disitu beliau mendirikan pesantren yang pada akhirnya banyak para penuntut ilmu yg datang utk nyantri ketempat beliau . karena tempatnya dulu dekat dengan lautan , maka pesantren itu dinamakan segoropuro . tapi kenapa kok sekarang tempatnya agak jauh dari pesantren segoropuro ? ada kisah menarik tentang itu . konon , dulu sayyid arif saat mengajar sering terganggu dengan suara ombak yg terus menerus tiada henti itu . akhirnya beliau disaat mengajar berhenti sejenak dan keluar memandang pantai itu . dengan terompahnya atau sandal , beliau lemparkan sendal itu ke pantai dengan berkata : “ menjauh-lah hai pantai ! dengan izin Allah !! “ . nah , apa yg terjadi ? ternyata keberadaan pantai itu semakin mundur dan menjauh hingga suaranya tak mengganggu pengajian beliau lagi . subhanallah ….

Adalah beliau , sayyid ali arif segoropuro mempunyai beberapa keturunan . yaitu beberapa anak lelaki dan perempuan . salah satu putra beliau adalah abdurrahman . mungkin nama itu beliau pakai utk putranya untuk tabarrukan dari nama ayahnya ( sayyid abdurrahman bin umar basyaiban ) . dan ada lagi informasi yg mengatakan bahwa putra beliau ada yg bernama hasan madinah . makamnya juga ada dan terawat . dan masih ada lagi nama2 putri beliau yg tak saya sebutkan disini . meski ada salah satu lembaga pengumpul data silsilah nasab yang tak mengakui bahwa beliau mempunyai putra laki2 , namun faktanya sangat berbeda dengan yg dilapangan. Kenapa nama2 putra beliau tak tertulis ? yaa , itu kan tugas para pencari data silsilah kan ? dan kita tak bisa menafikan itu . asal dalam pencarian data silsilah tak disertai dg hati ‘ujub dan merasa benar sendiri , dan asal dengan hati yg jernih , insyallah akan menemukan , insyallah . wallahu a’lam bis-showab .

Lain sayyid ali arif , lain pula adiknya , yaitu sayyid sulaiman . beliau juga menetap lama disebuah desa disekitar pasuruan juga . hingga beliau mendapat panggilan kyai kaniigoro . sangat banyak kisah perjalanan beliau . kalau kita mau mencari kisah2 tentang sayyid sulaiman ini di situs2 lain , pasti akan bertebaran tulisan tentang kisah beliau . salah satu peninggalan beliau yang hingga kini masih berdiri kokoh adalah sebuah rumah yg dulunya beliau tinggali bersama putranya , khazam namanya ( kalau ga keliru ) . dan satu lagi peninggalan beliau , adalah sebuah pesantren yg hingga kini masih sangat eksis dan terdapat ribuan santri didalamnya . yaitu pesantren SIDOGIRI . nama sidogiri itu berasal saat sayyid sulaiman ketika berangkat menuju kemataram krn diundang oleh sultan kerajaan itu . disaat beliau sampai didaerah mbetek – mojokerto , beliau teringat kalau tongkat yang beliau bawa tertinggal dirumahnya ( dipesantren-nya ) . nah , dari tertinggalnya tongkat itulah beliau mengucapkan kalimat berulang-ulang dengan ucapan : sido keri … sido keri … ( jadi teringgal ) . hingga nama itu lestari hingga sekarang menjadi sidogiri ( pengucapan agak berubah dari kata asal . mungkin dari mulut kemulut hingga menjadi kata seperti itu ) . adapun sayyid sulaiman mempunyai beberapa istri , maka pantas jika mempunyai banyak putra-putri dari beberapa istri beliau . namun banyak juga yg tak tercatat . diantara putra-putri beliau adalah : abdul wahhab , hazam , nyai ayu ( ibunda kyai wijil , ketintang – surabaya ) , mu’minah , tsabit , nyai dewi , ali akbar ( ndresmo ) , nyai endah ( kalau gak salah ) yg menjadi penerus pesantren sidogiri bersama suaminya . abdullah , hasan ( pangeran agung ) , ‘abid , husein dan muhammad baqir ( geluran – surabaya ) , dan insyallah masih ada lagi nama2 anak beliau yg belum tercatat disini . wallahu a’lam bis-showab . semoga kisah ini bermanfa’at bagi para pembaca dan membawa hikmah yg baik . amin

Bagi para anak cucu sayyid arif segoropuro – pasuruan dan sayyid sulaiman kanigoro , monggo saling silaturrahmi lewat manapun . darat atau maya atau via telephon . agar bisa saling sambung dan bisa saling mendo’akan sesama saudara . blog ini memang dibuat untuk menyambung sanak family yg tak saling mengenal dimanapun anda berada , bukannya malah memutus tali saudara yg sudah ada . na’udzubillahi min dzaalik .

Terakhir , kami mengharap para pegunjung blog ini agar tak meng-copy paste artikel ini atau menjiplak dg cara apapun dan artikel2 yg lainnya yg ada diblog ini . kalian pasti tahu yg namanya haq adami kan ? allah tidak akan mengampuni dosa haq adami tadi sebelum yg bersangkutan memaafkan . maka , sayangilah diri anda sekalian . agar kehidupan kita tak terberatkan dg dosa2 haq adami .

tulisan : abi elkhoir basyaiban

.

Read On 19 komentar

baca ini :

- Barang siapa yg berpendapat bahwa silsilah nasab dari Basyaiban dan adzamat khan itu Rancu , maka saya balik tanya : yg rancu itu silsilah nasabnya atau org2-nya yg mencari tahu ?

- Dan Barang siapa yg dengan " mudahnya " menvonis nasab org lain dg kalimat:" mengaku-ngaku " maka org itu tak ubahnya memperkenalkan dirinya dg nama : " inilah aku sibodoh ! " .
silsilah nasab itu satu hasanah warisan leluhur yg
sudah diyakini kebenarannya oleh yg punya dan tak bisa diatur disatu lembaga , . yg penting kt ini tdk sok menyalahkan kepuya'an org lain . sejarah adalah masa lalu .. dan masa lalu itu ghaib , milik Allah ! . dan tak satupun pakar sejarah yg berani bilang : ini dia ! penemuanku 100 persen yg paling benar !! yang lain ? salah dan mengaku-ngaku !! "

= abi el-khoir Bin Muh Noer Rosul Basyaiban
PP AT-TAQOWWIYAH - ndresmo - sby
=


________________________
pemberitahuan poro sanak . . .

blog ini sengaja saya buat agar menjadi ajang silaturrahmi antar sanak ndresmo - pasuruan - dungduro - kemlaten -ampel - mbungah gresik - berbek - malang - sidoarjo - pumpungan - mojokerto dll . bahwa kita ini adl saudara sesama dzurriyah baginda nabi SAW .

diblog ini tak akan ada penolakan silsilah karena itu sudah menjadi keyakinan masing2 . yg dipentingkan disini adl silaturrahmi poro sanak . karena bagi kami , orang yang dg mudahnya menolak silsilah nasab orang lain itu cuma menunjukkan kurang fahamnya mereka terhadap sejarah dan perwatakan leluhurnya sendiri . tak kenal maka tak tahu . tak tahu maka tak sayang . tak sayang maka tak ada niatan untuk menyambung silaturrahmi . ok ! . . .

mari kita bersama menyambung silaturrahmi sesama saudara senasab . baik yg tercatat atau yg belum tercatat . agar bisa nyambung lagi . bukannya malah memutus yang sudah ada . kita dan keluarga kita sendirilah yg lebih tahu silsilah kita . dan wajib hukumnya untuk menjaganya ... suwun


NB :
agar blog ini akan penuh dg kisah para sesepuh kita atau artikel2 lainnya , maka dg sangat berharap agar anda2 sekalian mengirimkan kisah para sesepuh2 anda atau artikel2 anda utk dipublikasikan di blog ini . . . atau anda ingin salah satu keluarganya ditampikan disini ? kirim aja foto dan silsilah beserta kisah2 disini .saya tunggu ! kirim lewat email saya di : zaky_nafis@yahoo.co.id atau coment diblog ini . . .

wassalam
abi alkhoir bin muh. nur rosul - ndresmo

DIHARAMKAN MENGAMBIL FOTO2 YG ADA DIDALAM BLOG INI


Artikelku yg laen yg ada di abikumanis.blogspot.com . bisa dibaca disini :

___________________

Pengalaman spiritualku
___________________

Ternyata ini adalah Aku dulu
___________________

Tiang listrik itu bikin malu aku
___________________

Tolong . . . ! Burungku Hilaang !
___________________

Thanks bi ! Masakannya Mantabs!
___________________

Koleksiku Film Sejarah Islam
___________________

Kisahku dg Kyai itu ( malu aku )
___________________

lho? kok smua jd bau gini seh ??
___________________

Warga NU wajib ke PKB ?
___________________

Kisahku dan sibapak itu
___________________

Aku di masa doeloe & Sekarang
___________________

Ah, senengnya jd diri sendiri
___________________

Biografi santri desa
___________________

Tentang poligami ?
___________________

busana para bini kita 1
___________________

busana para bini kita 2
___________________

busana para bini kita 3
___________________


Followers