Ndresmo - sing nderes kabehe limo
dikenal dengan sebutan makkah-nya tanah jawa dan tempat para haba-ib yang berwajah pribumi .
Pemberitahuan !! saya pernah menemukan beberapa blog yang mencopy paste-kan artikel-artikel yang ada diblog ' ndresmo ' ini . tapi yg membuat saya tidak me-ridhoinya adl : dengan mengatas namakan dirinya sendiri sebagai sang penulis , bukan nama saya atau menyebut dari blog ini . maka , ini adalah haq adami yg saya tak ridho . dan Alloh tak akan mengampuni dosa haqqul adam sampai yg bersangkutan mendapatkan maaf dari orang tak meridhoi tadi . yg merasa , takutlah pada Alloh !! sekian mohon maklum adanya . . . abi elkhoir basyaiban .
__________________________________

Lihat Artikel Baru : MP3 pengajian Al-hikam bahasa indonesia .

Ndresmo - sing nderes kabehe limo . . .










Ndresmo , kampung-ku yg kecil. yang berbagai macam orang mengucapkannya . ada yg bilang SIDOSERMO atau SIDORESMO . namun nama asal dari kampung itu bernama NDRESMO . hampir seluruh daerah bahkan negara2 lain terlebih timur tengah banyak yg kenal desa itu . ya karena kebanyakan penduduk nya punya pesantren . ya ! jumlahnya sangat banyak . dan lagi para penduduk asli situ adalah dari keturunan baginda nabi MUHAMMAD SAW dari berbagai arah silsilah yg berbeda . ada dua jalur silsilah yg menghubungkan nasab penduduk ndresmo ke-baginda nabi muhammad . yaitu dari keturunan sayyid abu bakar basyaiban dan sayyid adhmat khon ( bisa jadi ada yang lain dari kedua keturunan itu ).


nama NDRESMO itu bukan sebuah kebetulan saja . namun terdapat sejarah awal penamaan itu . dahulu sekali , setelah sayyid sulaiman dan kakaknya sayyid ali ( keduanya adalah putra dari sayyid abdurrahman suami dari syarifah khodijah putri syarif hidayatullah , sunan gunung jati ) berkelana dalam penyi'aran islam , akhirnya beliau berdua menetap disuatu tempat . sayyid sulaiman berakhir di mojoagung hingga wafat beliau dan dikebumikan disana . namun sebelum ke-mojoagung beliau sudah mendirikan sebuah pesantren dipasuruan yg hingga kini masih berdiri kokoh dan besar . nama pesantren itu adalah SIDOGIRI .
sedangkan kakaknya , sayyid ali al-arif menetap dan mengajar didaerah pasuruan yg terkenal dg sebutan SEGOROPURO . beliau-pun diwafat dan dikebumikan disana .


nah , disaat sayyid sulaiman masih memangku pesantren dipasuruan itu-lah , beliau berkeinginan lebih meluaskan syi'ar islamnya ke-daerah2 lain . beliau menyuruh putra2-nya agar semakin giat dalam hal penyebaran islam diberbagai daerah . terdapat beberapa nama dari putra2 beliau yang tercatat diberbagai silsilah . diantaranya :

abdul wahab , hazam , tsabit , ali akbar , abdulloh , abid , hasan , husein dan muhammad baqeer . ( mungkin ada yg lain ? allahu a'lam ) .


para putra2 sayyid sulaiman itu banyak yg menyebar untuk melaksanakan keinginan ayah mereka utk memperluas penyebaran islam . tak terkecuali putra beliau yg bernama sayyid ali akbar . dalam masa pengembaraan , beliau ( sayyid ali akbar ) bermunajat pada Allah agar diberi petunjuk dimana tempat atau daerah yg layak buat dirinya menetap . dan ternyata Allah memberikan petunjukNYA . terlihat oleh sayyid ali akbar ditengah2 munajatnya , sebuah cahaya yg terang yang mengarah kesuatu tempat yg kala itu masih sebuah hutan yg angker .
menurut riwayat tidak ada satupun orang yg sanggup memasuki hutan itu . orang banyak yg menyebutkan nama daerah itu dengan nama ' alas demungan ' . akhirnya sayyid ali akbar melaporkan hal itu pada ayahandanya , sayyid sulaiman . mendengar penuturan putranya itu , sayyid sulaiman menyuruh sayyid ali akbar agar membabat dan menakhlukkan hutan itu dan membangun tempat tinggal disitu . beberapa santri ayahnya dipesantren sidogiri di-ikut sertakan untuk membantu putranya mengemban tugas itu .

singkat cerita , sayyid ali akbar berhasil membabat dan menakhlukkan hutan itu . berbagai kendala dan cobaan alhamdulillah berhasil beliau lalui . setelah selesai , beliau membangun satu rumah sederhana yang dihalaman depan-nya terdapat sebuah ' gutek'an ' atau istilah sekarang satu tempat yg disediakan untuk santri menetap . setelah selesai semuanya , tak lama ayahanda beliau datang untuk melihat hasil kerja putranya itu . cukup puas perasaan sayyid sulaiman melihat semua hasilnya . maka beliau berpesan pada putranya agar menetap disitu dan beliau menyuruh sebagian santrinya yg tadinya membantu sayyid ali akbar agar ikut menetap bersama putranya . sayyid sulaiman memilih beberapa santri yg berjumlah 5 orang . akhirnya sayyid sulaiman kembali kepasuruan dan meninggalkan 5 santri buat putranya , ali akbar .

hari terus berganti . kehidupan sayyid ali akbar penuh berisi dengan ibadah , ngaji dan pembenahan . setiap tak ada kegiatan ngaji bagi para 5 santri tersebut , mereka isi dengan muthola'ah ( belajar ) kitab2 yg telah diajarkan sayyid ali akbar . hingga suara mereka dalam hal membaca kitab terdengar oleh beliau . akhirnya beliau segera menghampiri para santri-nya itu . dihadapan para 5 santri itu beliau berkata :

" kang , tiap malam aku selalu mendengar kalian belajar bersama saling nderes ( membaca ) kitab yg telah aku ajarkan . maka ingat baik-baik , sejak saat ini yang mulanya desa ini bernama ndemungan , maka aku ganti dengan nama NDRESMO . sing nderes kabehe limo ( yang belajar lima orang ) .

" inggih kyai " ( iya kyai ) jawab para 5 santri itu kompak .

maka sejak itulah , desa itu mulai dikenal orang dengan nama ndresmo . dan lama kelamaan ndresmo mulai berdatangan para murid sayyid ali akbar yang ingin menimba ilmu dipesantren beliau ini . semakin ramai dan terkenal desa itu . dan hingga kini kampung ndresmo terkenal dengan sebutan ' mekkah-nya tanah jawa ' .

perlu diketahui , salah satu dari 5 santri sayyid ali akbar tersebut adalah ' ki ageng hasan besari ' yg terkenal dg ki kasan besari ponorogo . seorang ulama besar dan sangat terkenal hingga kini .


NDRESMO DIMASA PENJAJAHAN

sudah sejak dulu atau tepatnya sejak zaman penjajahan desa itu selalu dikunjungi banyak orang . bagaimanapun juga keamanan didesa itu terjamin sejak terikatnya perjanjian antara sayyid ali akbar dan pemererintah kolonial belanda . lalu diperkuat lagi perjanjian sayyid iskandar (putra beliau).
jadi para tamu-tamu yang memasuki desa ndresmo dulunya itu bisa dipastikan ada 2 hal : yaitu niat belajar mengaji atau cari perlindungan dari kejaran para tentara belanda . perjanjian antar belanda dan kedua tokoh sentral ndresmo itu sudah tertulis . hingga sekarang konon tulisan perjanjian untuk menjadikan desa ndresmo sebagai tempat yg di-istimewakan masih tersimpan rapi dinegara belanda sana . desa itu memang membuat masalah dan mati kutu bagi para penjajah . tak bisa berbuat banyak jika berurusan dengan penduduk desa itu . dan itupun berlanjut hingga kepenjajahan jepang . sudah menjadi rahasia umum disaat penjajahan belanda dan jepang dulu , jika ada tentara yg berusaha melanggar perjanjian tersebut bisa dipastikan terkena musibah yg mengenaskan . bahkan jika ada tentara yg berusaha masuk kedesa itu , banyak yang matanya tertutupi dengan sesuatu hal, hingga keberadaan ndresmo se-akan hilang tak berbekas ( baca dipostingan sayyid iskandar bin sayyid sulaiman ).

ada banyak beberapa peninggalan kuno yang masih ada didesa ndresmo . yaitu masih utuhnya rumah bekas kediaman sayyid ali akbar hingga keputranya sayyid ali ashghor . yang kini rumah itu ditempati oleh K.H.Mas Mas'ud (almarhum ) . lalu celana panjang yg biasa dipakai dalaman jubah milik sayyid ali ashghor yg masih tetap utuh . kemudian sumur yang dulunya biasa dipakai sayyid ali akbar untuk memberi minuman para pejuang, hingga sesiapapun yg habis meminumnya secara fakta tak mempan oleh segala macam senjata para penjajah . sekarang keberadaan sumur itu ditutup karena pernah terjadi hal yg sangat menakjubkan . ada seseorang yang mencuci buah pepaya yang masih utuh disitu . lalu setelah habis dicuci ternyata pepaya itu tak mempan dikuliti oleh pisau . dan masih banyak lagi kejadian yg berhubungan dengan sumur itu hingga membuat orang yg meminumnya kebal akan segala senjata tajam ( fakta tak terbantahkan dan banyak saksi yg masih hidup hingga saat ini ) .


NDRESMO DIMASA tahun 1950 - 2009 .

dimasa itu desa ndresmo ibarat bunga yang segar dan indah . dimasa itu pula makin banyak berdatangan para santri disetiap rumah-rumah anak cucu keturunan baginda nabi SAW didesa itu . banyak tokoh-tokoh kyai ndresmo kala itu yang berwibawa dan kharismatik . baik kyai ndremo yg menetap didesa itu, ataupun kyai ndresmo ( ahli ndresmo ) yang berada dikota-kota lain seperti pasuruan dll . atau baik kyai ndresmo dari fam basyaiban atau fam adhamat khan atau fam lainnya .para sesepuh dulu dengan tindakan nyata memberikan contoh terhadap keturunan mereka kelak , agar senantiasa mementingkan ilmu agama daripada duniawi . juga pentingnya berserah diri pada Allah SWT disaat kondisi apapun . membiasakan diri utuk selalu meng-khatamkan alqu'an minimal 3 hari sekali .membiasakan diri agar tak tidur malam untuk memuji Allah hingga pagi . semua itu masih terlaksana hingga saat ini . maka jangan heran jika kita melihat dirumah-rumah keturunan baginda nabi di-ndresmo jika malam jarang yang tidur . ada yang dimasjid 'ali akbar' dan ada yang dirumah membaca alqu'an , ada yang memimpin para santrinya untuk istighotsah , ada yang ngelalar pelajaran agama . namun jika siang hari jarang yg keluar rumah ( ingat , bukan rumah para pendatang lo ) . terdapat nama-nama para kyai yang bisa mempertahankan kewibawaan ndresmo dari dulu hingga saat ini . yaitu kyai mujahid , kyai mansur bin thoha , kyai muhibbin , kyai baqer , kyai abdul qadir , kyai yahya , kyai thoha , kyai ahmad dan kyai2 lainnya ( masih banyak yg tidak aku sebutkan ) .

kini , ndresmo masih tetap sebuah desa yg sangat religius sekali . makin banyak kegiatan saadah ( para sayyid ) dimasa modern ini . tak seperti sesepuh ndresmo hadapi, yg berupa para penjajahan dan peristiwa keganasan PKI yang penuh dengan kekerasan , maka para saadah sekarang menghadapi sesuatu yg complicated . baik dalam kehidupan bermasyarakat yg lain dg yg dulu . karena para pendatang baru makin banyak . apalagi teknologi yg maju pesat dan zaman telah banyak berubah . tapi alhamdulillah tak bisa merubah ke-religiusan ndresmo itu .

tercatat kegiatan para saadah yg masih berjalan hingga saat ini . antara lain :

a)-bahtsul-masa'il kitab fat-hal mu'in . dilaksanakn seminggu sekali dirumah KH mas ja'far shadiq yang dipimpin oleh KM Mas Khoirul anam .

b)-bahtsul masail kitab fat-hul mu'in juga dilakukan oleh jam'iyah pemuda para gus-gus ndresmo setiap jumat sekali secara keliling yg dipimpin oleh KH.mas syaikhul akbar , KH.mas muzammil dll.

c)- pengajian kitab dan istighostah antar masjid dindresmo dan sekitarnya ( luar ndresmo ).banyak yang mengikuti kegiatan yang dipimpin oleh KH.Mas khoirul anam tersebut .

d)- khataman alqur'an secara keliling yg dilakukan oleh para gus-gus ndresmo yg terbentuk dalam organisasi ORISSA .

e)- Pengajian rabu malam kamis (aku sendiri yg mendirikannya) yg di-ikuti oleh orang-orang luar ndremo ( ada juga orang ndresmo ) . meski jumlah pengikutnya ngga' terlalu banyak, ngga' apa2 .

f)- pengajian jumat malem sabtu yang diasuh oleh KH Mas abdullah muhajir yg diikuti oleh orang2 ndresmo sendiri .

g)- pengajian dan istighotsah yang diasuh oleh adik-ku sendiri H.mas saiful bin KH Mas Nur Rosul yang di-ikuti oleh orang2 luar ndresmo setiap hari selasa malem rabu .

h)- kalau ini memang kegiatan sehari-hari para saadah ndresmo . yaitu mengajar ngaji pada santrinya masing-masing baik ditempat lain atau dipesantrennya masing2 .

i)- masih buanyak lagi kegiatan religie yg dilakukan para saadah ndresmo . belum lagi kegiatan para ning-ning dan para bu nyai disitu . kalau aku catat semuanya , wah bisa capek aku .

dan perlu diinget , bahwa meski ndremo desa yg sangat kecil tapi terdapat puluhan pesantren disitu , meski rata-rata santrinya cuma sedikit . terhitung hanya 2 pesantren yg bisa dikatakan besar dindresmo itu . yaitu ponpes annajiyah dan ponpes at-tauhid . dan inilah nama pesantren didesa ndremo yg memang sudah punya nama :

1 . an-najiyah ( pim. KH.Mas yusuf muhajir , diponpes barat )
2 . an-najiyah ( pim. KH.Mas abdullah muhajir , diponpes timur )
3 . at-tauhid ( pim. KH.Mansyur Tholhah )
5 . Yanaabi'ul-ulum ( pim. KH.Mas Khotib )
6 . Al-haqiqi ( pim. KH.Mas Lukman abdul qadir )
7 . Al-wasilah ( pim. KH. Anshor Muhajir )
8 . lupa namanya ( pim. KH.Mas Khalim dan K.Mas Abdul Qadir )
9 . lupa namanya ( pim. K.Mas Faqor )
10. lupa namanya ( pim. Nyai Hj. Mas Farohah
11. al-irsyad ( pim. Nyai Hj. Mas Afifah binti KH.Mas Nur Rosul )
12. lupa namanya ( pim. Nyai Mas Luthfa binti KH.Mas Abu Dzarrin )
13. al-hasan ( pim . . . . )
14. at-taqowwiyah ( pim. saya sendiri, pemilik blog ini,bin KH.Mas Nur Rosul )
15. lupa namanya ( pim. Kyai Mas Qadir )
16. al-ahih ( pim. KH.Mas Dawam )
17. lupa namanya ( pim. KH.Mas Busyairi )
18. Al-badar ( pim . KH.Mas Nur )
19. lupa namanya ( pim. KH.Mas abdul qahar )
20. Al-badar putri ( pim. KH.Mas Muzammil )
21. lupa namanya ( pim. KH.Mas Yazid )
22. masih banyak .. kapan2 saya teruskan lagi


kisah2 lainnya tentang ndresmo akan saya buat postingan lain .

thanks

abi elkhoir - ndresmo






31 komentar:

assalamu'alaikum kang mas abi khor. panjenengan suka banget sejarah ya?....
bagus banget sejarah dari sejarah para suriat nabi yang ada di ndresmo khususnya.
denger-denger kalo desa ndresmo saat ini telah ada perubahan teritorial menjadi sidoresmo dan sidosermo. kalo boleh tau tahun berapa itu terjadi dan penyebabnya apa? tolong dong balesin di iemail ku bunder_abah@yahoo.com


hafidzotul rohmah

assalamualaikum,saya hafidzotul,setelah melihat cerita2 diatas,saya jadi tertarik karena saya salah satu santri yg mondok di "an-najiyah barat"yg dipimpin oleh kh.mas yusuf muhajir.Sungguh ceritanya menarik sekali,wassalam


ndresmo itu nama kampung, setelah terjadi pembagian wilayah oleh pemerintah, maka ndresmo terbagi 2 wilyah, ada yg masuk wilayah sidosermo, ada yg masuk wilayah sidoresmo. sejatinya tetap kmpung ndresmo,. kalo boleh dikatakan, nama kampungnya NDRESMO, dan di dalam NDRESMO ada 2 nama jalan, yakni sidosermo dan sidoresmo.


motho soko umahe kaji arip ya kang khoir..??


assalamu alaikum.
Salam kenal Kang Abi.
Wah asyik dan nambah ilmu baca2 blog-nya.
Paling seneng moco manaqib kyai/ulama/habib, bikin semangat, lan pancen mereka orang2 pinunjul ing apapah (punya kelebihan dibanding laennya).
Makin ramai saja blog/web tentang Ba Alawi, alhamdulillah, khususnya tentang Basyaiban seperti yang njenengan tulis.
Pandangan/pendapat tentang nasab seperti yang kang Abi tulis mewakili seperti apa yang juga aku pikirkan. Semoga makin banyak konten-nya kang dan up load foto-fotonya. Aku minta izin ngunduh foto-fotone. Matur tengkyu.
Wassalam.
Wahyu, bumi mentaok raya.


> wahyu :
alaikum salam kang wahyu ..
terimakasih atas dukungan sampeyan pd blog ini .
semoga akan terus membawa manfaat bagi para pembaca .


Kemudian ,...
Bagaimana dengan kisah julukan MAS di nasab ndresmo itu sendiri??
Nama perempuan dan laki laki sama sama di panggil mas.

Bagaimana juga dengan tradisi budaya di ndresmo sekarang??khususnya pemuda/pemudinya seiring dengan perkembangan zaman yang semrawut ini....


> untuk julukan MAS di-ndresmo , hingga ssat ini masih tetap seperti itu . lihat artikel : " kisah unik : sayyid ali al-arif segoropuro dan sayyid sulaiman kanigoro .


ada hubungannya dengan ponpes langitan?


Mas Abi,
Punya usul nih, kalau ada mp3 ceramah or ngaji kitabnya kyai mas disana , saya pikir lebih bagus lagi.
misalnya ihya bab apa oleh KM. Khoitul, atau yang lain, dengan bahasa asli, itu akan sangat mengesankan.
Kita dengan senang hati bisa download.

Wassalam


Terimakasih atas info dan tulisannya Gus, Mas, dan Pak Kyai. Tapi masih kepingin tahu, bagaimana prosesnya dari julukan Sayyid ke julukan MAS?Maksud dari MAS niku nopo?Trus nopo bedane SAYYID dengan HABIB?Saya sempat baca ada salah seorang Kyai Ndresmo yang namanya ada SATTAR, nopo niku pertanda pengikut tarekat Syattariah?Suwun sing katha dan ngapunten pertanyaannya katha.Ok trims


- gemintang : wah , saya kurang tahu hubungan antara ponpes langitan dan ndresmo . tapi yg jelas para pengasuh pp langitan itu masih dzurriyah ( keturunan ) baginda Nabi SAW dari jalur lain ..

- adi : wah , usul yg bagus itu . dan insyallah akan saya usahakan dalam waktu dekat ini . matur suwun usulnya ..

- ipunk : prosesnya kan sudah saya tulis disalah satu artilel disini ? intinya , panggilan MAS itu bertujuan lebih merakyat dan mempribumi daripada panggilan habib atau sayyid atau syarif . dan itulah yg diterap-kan oleh garis fam bani basyaiban dan adhmatkhan dinusantara ini .


assalamu'alaikum gus
Matur nuwun informasinya, siiiip, lanjutkan perjuangan islam.tolong di tanyakan kpda habaib dresmo nggih, kyai mustafit PP Darussalamah Jl Kyai Mojo Jerukgamping Krian, apakah ahlul bait, sekedar ta'kid saja, untuk memperkuat keyakinan.
Sholallahu 'ala nabi wa alihi
wassalam.


sareh gus, Gusti Allah niku Kuoso, ndamel kahanan kados punopo kemawon. idep2 sodaqoh ilmu, nek katah sing ngopy niku lak tenger bilih artikel e Gus niku sae. pun sah muring2. pun sah mboten ridlo. wong kabeh niku sing duwe pengeran. kantun kuwat nopo mboten kulo njenengan niko, mung disawang dening Gusti Allah kemawon, tanpo di Sawang menungso. pancen ndonyo niku nggonne soro, susah, mboten wonten kang sekeco ten ndonyo, njenengan bikak maleh to hikam e, maturnuwun


- agus darminto : alaikum salam pak agus dan terima kasih atas dukungannya pd blog ndresmo ini . tentang kyai mustafit , rasa2nya saya pernah tahu beliau . kalau tak salah beliau tinggi dan besar . berjawah agak arab. dulu sering ke ndresmo juga . apakah pesantrennya itu utk menghafal alqur'an ya ? kalau iya , yg saya tahu insyallah beliau memang keturunan baginda nabi . apa ayah beliau bernama kyai munawwir ya ??

- anonim : oh sae2 mawon .. kulo mboten sare kok . monggo bikak sareng2 hikam'e . insyallah hikam niku rupi pinten2 jemparing sing setunggal gendewone ananging sasarane mung setunggal mawon ....


maturnuwun gus, pun pak ngoten to, mnawi mastani, kulo tesih nem nggih an. nggih leres, putro abah kyai munawir, memang tafdzul quran, lan kulo krungu saking slah stunggaling santrinipun, malah abah kyai mustafit diparingi pengeran saget qiroah sab'ah. slain tahfidz ten darussalamah krian ugi dipun tekananaken masalah ilmu alat, kados nahwu, sorof, balaghoh lan sak sanes-sanesipun.



gus, sing inggil niku senes sare...., tape sareh.., adem mksd e, heeeeeeee......, ngapunten lo nggeh sakderenge, pun kladuk wani kurang dugo

ambok bilih wonten informasi, bilih abah kyai mustafit niku nasab e saking sayyid sinten, kok kulo tambah kpngin ngertos, ambok bilih abah njenengan mangertosi......, matur nuwun


ngapunten gus sakderenge, kulo ngaji hikam nggeh nembe kok, dateng darussalamah, cumak ingkang cabang klampis ngasem. maksude ungel njenengan niki nopo : " hikam niku rupi pinten2 jemparing sing setunggal gendewone ananging sasarane mung setunggal mawon " kulo dereng dong.. perkawis pralampito mniko... nuwun.... kawuningo bilih kulo niki lare saking wetan redi lawu, magetan peneripun,.... oooo nggih gus kesupi, ambok nek gadah kesempatan blog kulo dipun sambangi, nggih idep-idep tukar kaweruh, ngapunten kulo ndamel boso jawi, bilih boso mlayu sajak kok kirang prayogi, kados mboten ngajeni


mas, kok mboten di jawab, mbah kyai mustafit tedak turun saking sayyid sinten, kirim ten agus_darminto@its.ac.id nggih


mungkin perlu dikaji kembali kisah ndresmo (nderes santri limo /santrinya dari pasusuruan)
mengingat desa teb sudah berumur lebih dari 600 th. sedang syarif hidayatullah menurut catatan sejarah cirebon lahir tahun 1450, jadi sampai dengan sekarang 560 th. padahal sayid ali akbar cucunya. otomatis kurang dari 560 th desa tsb. nah ini kan perlu penulusuran kembali sejarahnya


salam takdzim kanggem Mas abi..
saya baru sekali ke ndresemo..jembput bu nyai (ibu nya Ning ida) bersama Gus Hajar (Putranipun Kyai Ismail, at-taufiq malang)..

nyaman dan tentram..semoga saya bisa kesana lagi..


assalmualaikum, blog keren nih, nuwon sewu ikut nimbrung, nama saya jalaludin, saya jadi inget cerita teman saya d nginden yang pernah nyantri d sidosermo sampai akhirnya d nikahkan oleh guru ngajinya (lok gk slah namae mas khasin...) sama seorang wanita dari sidosermo dalem, nah sebelum mereka menikah..., sang guru pernah d tanya oleh seorang sanak dri keluarga wanita : "si fulani iku ape rabi kon olehno arek lanang teko nginden iku ana'e sopo????" lalu d jawab "niku si fulan putune yai pa'i king nginden" "owhh... Yowes lak ngono gk po2"
(yg saya tau, yai pa'i ini nma asli nya yai syafi'i seorang modin yg tinggal d nginden gang 2) saya tertarik dengan tulisan anda tentang bagaimana keluarga sidosermo dalem menjaga nasab keturunannya...
Yg mw saya tanyakan apakah silsilah keluarga sidosermo dalem itu sampai d desa nginden hingga wanita dri sidosermo boleh menikah dengan laki2 dri nginden????
Matur tenkyu sak derengipun, mbok bilih wonten kalepatan ngaturaken agung-agunge samudro pangeksami...


di wilayah Tumpang, Kab. Malang, tepatnya di desa Tulus Ayu ada makam waliyullah bernama Mbah mangun Darmo. Nama asli beliau adalah Sayyid Ahmad Shiddiq/Shodiq Basyaiban. Apakah habib punya info tentang beliau

-Arief-


assalamu'alaikum
numpang silaturahmi dengan sederek ndresmo,ngelihat foto diatas sedikit mengobati rasa kangen dengan kampung kelahiran, tempat saya menghabiskan waktu kecil bersama ami2 tercinta...


assalamualaikum numpang silaturahmi kang khoir, ndresmo aku kangen banget...sudah 7 kali lebaran takkulewatkan disana lagi.pas lihat foto2 diatas tepat disitulah kuhabiskan masa kecilku disana..bermain bersama ami2 tercinta kejailan, kenakalan, canda tawa ada disekitar situ..salam buat sederek sedanten yang masih mengenal..mbah, dan ami 2 tercinta..


saya orang dari luar Sidosermo kebetulan pernah lewat dan saya temukan spanduk bertuliskan Peringatan 1 Muharam di situ terpampang nama Kyai Jatisari dan Nyai ... (saya lupa namanya) apakah nama itu juga senasab dengan Sayyid Sulaiman/Sayyid Ali Akbar...? saya sekedar ingin tahu karena saya juga suka membaca perjuangan Ulama mohon penjelasannya. Trimakasih


Kang khoir, pesantrennya bunyai farohah namanya Raudlatu Hubbil Qur'an


kok jarang di apdet nikiiii??? ditunggu apdetannya njeh


Subhanalloh sae sdoyo sjarah lan pitutur poro alim niki ya robb., prtmukan kami skalian di dalamajlisnya amin. .
Alfaqir: ibnudinar78@yahoo.com


semoga sejarah dan pengetahuan ini berguna kelak bagi saya, amiin,,


Assalamu'alaikum
Ma'af Kang Saya mau tanya Tentang Makam KH.ABDUL QOHAR NDRESMO Itu dimana ya ?
Karena Teman2 saya (Santri Al-Ishlah Ponpes Kediri) Mencari kesana kemari TIdak ada yang tahu

Mohon Bantuannya Bila Tahu

Assalamu'alaikum


Asslm....nuwun sewu sak derengipun kang,niki kawulo bade nderek tangklet punopo wonten anak putu saking sido sermo ingkang paring asmo haryono/gus gimbal?? Matur suwun wsslm..


Poskan Komentar

setelah baca2 ... isi dong commentnya . ok ! kutunggu ya

baca ini :

- Barang siapa yg berpendapat bahwa silsilah nasab dari Basyaiban dan adzamat khan itu Rancu , maka saya balik tanya : yg rancu itu silsilah nasabnya atau org2-nya yg mencari tahu ?

- Dan Barang siapa yg dengan " mudahnya " menvonis nasab org lain dg kalimat:" mengaku-ngaku " maka org itu tak ubahnya memperkenalkan dirinya dg nama : " inilah aku sibodoh ! " .
silsilah nasab itu satu hasanah warisan leluhur yg
sudah diyakini kebenarannya oleh yg punya dan tak bisa diatur disatu lembaga , . yg penting kt ini tdk sok menyalahkan kepuya'an org lain . sejarah adalah masa lalu .. dan masa lalu itu ghaib , milik Allah ! . dan tak satupun pakar sejarah yg berani bilang : ini dia ! penemuanku 100 persen yg paling benar !! yang lain ? salah dan mengaku-ngaku !! "

= abi el-khoir Bin Muh Noer Rosul Basyaiban
PP AT-TAQOWWIYAH - ndresmo - sby
=


________________________
pemberitahuan poro sanak . . .

blog ini sengaja saya buat agar menjadi ajang silaturrahmi antar sanak ndresmo - pasuruan - dungduro - kemlaten -ampel - mbungah gresik - berbek - malang - sidoarjo - pumpungan - mojokerto dll . bahwa kita ini adl saudara sesama dzurriyah baginda nabi SAW .

diblog ini tak akan ada penolakan silsilah karena itu sudah menjadi keyakinan masing2 . yg dipentingkan disini adl silaturrahmi poro sanak . karena bagi kami , orang yang dg mudahnya menolak silsilah nasab orang lain itu cuma menunjukkan kurang fahamnya mereka terhadap sejarah dan perwatakan leluhurnya sendiri . tak kenal maka tak tahu . tak tahu maka tak sayang . tak sayang maka tak ada niatan untuk menyambung silaturrahmi . ok ! . . .

mari kita bersama menyambung silaturrahmi sesama saudara senasab . baik yg tercatat atau yg belum tercatat . agar bisa nyambung lagi . bukannya malah memutus yang sudah ada . kita dan keluarga kita sendirilah yg lebih tahu silsilah kita . dan wajib hukumnya untuk menjaganya ... suwun


NB :
agar blog ini akan penuh dg kisah para sesepuh kita atau artikel2 lainnya , maka dg sangat berharap agar anda2 sekalian mengirimkan kisah para sesepuh2 anda atau artikel2 anda utk dipublikasikan di blog ini . . . atau anda ingin salah satu keluarganya ditampikan disini ? kirim aja foto dan silsilah beserta kisah2 disini .saya tunggu ! kirim lewat email saya di : zaky_nafis@yahoo.co.id atau coment diblog ini . . .

wassalam
abi alkhoir bin muh. nur rosul - ndresmo

DIHARAMKAN MENGAMBIL FOTO2 YG ADA DIDALAM BLOG INI


Artikelku yg laen yg ada di abikumanis.blogspot.com . bisa dibaca disini :

___________________

Pengalaman spiritualku
___________________

Ternyata ini adalah Aku dulu
___________________

Tiang listrik itu bikin malu aku
___________________

Tolong . . . ! Burungku Hilaang !
___________________

Thanks bi ! Masakannya Mantabs!
___________________

Koleksiku Film Sejarah Islam
___________________

Kisahku dg Kyai itu ( malu aku )
___________________

lho? kok smua jd bau gini seh ??
___________________

Warga NU wajib ke PKB ?
___________________

Kisahku dan sibapak itu
___________________

Aku di masa doeloe & Sekarang
___________________

Ah, senengnya jd diri sendiri
___________________

Biografi santri desa
___________________

Tentang poligami ?
___________________

busana para bini kita 1
___________________

busana para bini kita 2
___________________

busana para bini kita 3
___________________


Followers