Friday, August 18, 2017

GUS UD SANG WALI FENOMENAL JAWA [ nEW UPDATE + VIDEO ]


Siapa yang gak kenal beliau ? sang wali Allah yg super fenomenal dan banyak kisah yg lucu. benar benar sebagai panutan dan rujukan orang jawatimur. beliau bertempat di pagerwojo sidoarjo. namun sayang hingga wafat beliau tak punya keturunan..




NAKALNYA SEJAK MASA KECIL 

hehehe .. ketika kita membicarakan sosok wali yang satu ini nih , psti kita banyak yg tau kisah2 tentang beliau.

beliau itu seorang wali Allah yg luar biasa sekali. hingga tak ada satupun ulama atau para wali yg ada ditanah jawa ini yg tak mengenal sosok beliau. jika dilihat dari garis nasabnya , beliau itu masih ada hubungan dengan sayyid badruddin bin ali akbar bin sulaiman. beliau dimakamkan di desa pagerwojo sidoarjo. banyak yg berziarah kesana. beliau meninggal dunia tanpa mempunyai keturunan.

menurut kisahnya, gus ud mendapat derajat kewalian itu sejak masih kecil. sangat nakal memang dan banyak tingkah. hingga membuat ayahnya sering memarahinya. sang ayah konon orang yg 'Alim, dan mengajar ngaji dirumahnya.Sering-seringnya saat beliau ngajar ngaji, selalu keganggu oleh suara-suara teriakan gus ud kecil itu.




TIDUR DIKAMAR MANDI 

Pernah suatu ketika, ayahnya sangat marah atas kelakuan dirinya karena selalu gak bisa diem dan selalu teriak-teriak dengan memakai kuda-kudaan yg dia tumpangi. Sambil berlarian, lompat2 dan teriak-teriak. Selalu begitu tanpa lihat waktu yang kurang tepat. Dia gak peduli jika itu dilakukan saat ayahnya lagi ngajar ngaji. Jadi suara gus ud kecil betul2 mengganggu ngaji ayahnya. Hingga sang ayah membentak dan marah sekali. Semua yg hadir sangat kaget dan takut dg suara bentakan ayah gus ud tadi. Tak terkecuali si-gus ud itu sendiri. Saking takutnya dg ayahnya, dia langsung melarikan diri agar gak terkena marah ayahnya yg sangat itu. dia menghilang lama sekali. ada yg mengatakan menghilangnya gus kecil itu selama tiga hari. dia gak kelihatan sama sekali. jadi sepi kampung dan pondok gak ada dia .


karena gak seperti biasanya yg rame krn teriakan dan tingkah pola gus ud, sekarng jadi sepi. dan kesepihan tersebut baru mernyadarkan hati ayahnya kok tumben gus gak kedengeran suara dan teriakannya. akhirnya beliau panggil putranya itu. tapi gak ada jawaban. beliau ulangi dg brrteriakpun si gus ud gak muncul muncul. baru ada perasaan gak enak akhirnya menyuruh santri yg dari pasuruan untuk memanggil gus ud kecil itu.
akhirnya santri itupun mencari gus ud kecil kemana mana. hingga lamaa banget pencarian gak membuahkan hasil. gak ketemu juga. semakin kawatir orang tuanya. beliau tetap mencari kemana keberadaan putranya itu. beliau kerahkan semua santri dan masyarakat utk mencari sampai ketermu. konon pencarian itu berlangsung hampir tiga hari tanpa hasil.  


alhasil , dari sekian lama pencarian itu kemana-mana bahkan ketempat yang biasanya gus ud main juga gak ada. nihil ! santri itupun merasa capek akhirnya berniat mandi dikamar mandi pondok. dia berharap lelah dan capek bisa terobati dengan mandi yg segar. akhirnya si santri tadi masuk kekamar mandi dan melepaskan pakaiannya dan memulai menyiramkan air ketubuhnya. nyeeess rasanya dan seger, itulah yang dirasakan sisantri tadi. sekarang tiba saatnya pakai sabun digosok-gosokkan ketubuhnya. 


nah, saat dia sabunan, matanya tertuju pada kolam air kamar mandi. kayaknya seperti ada yg ganjil dan aneh didalam kolam air tersebut. seperti ikan yg sangat besar yang diem aja didalam air tersebut. sesekali bergerak pelan-pelan lalu diem lagi. dia dekati pandangannya kedeket air. dan bener memang, spr sesuatu besaryg terbungkus kain sarung. spontan saja sisantri itu merasa ketakutan dan sambil bawa pakaiannya langsung berlarian keluar. 


setelah dia pake pakaiannya , langsung dia ketempat kyainya. dia laporin apa yang barusan dia lihat barusan. sang kyaipun merasa heran dan penasaran akhirnya ikut santri tadi menuju kamar mandi. karna heboh, banyak santri lainnya dan masyarakat yang ikut juga. sampailah semuanya dikamar mandi yang dimaksud. segera kyainya mendekat kolam tersebut dan dilihatnya dalam-dalam. dan memang bener terdapat seperti apa yang diceritakan santri tadi. 


segera sang kyai mengampil kayu agak panjang untuk menyentuh sesuatu yg didalam air tersebut. saat tersentuh kayu tersebut , sesuatu itu bergerak-gerak agak cepat. dan tiba-tiba terbuka bungkusnya yg ternyata sarung yang seperti dipakai selimut. dan lebih mengagetkanlagi adalah ternyata sesuatu tersebut bukan benda tapi seorang anak kecil. dia terduduk setelah disentuh sentuh dg kayu tadi. semua terbengong gak percaya ngelihat kenyataan itu. 


selang tak lama anak kecil itu berdiri hingga kepalanya keluar dari air. makin kaget kyai dan para santri ternyata anak itu adalah Gus Ud. subhanallah kuasa Allah yang terjadi. langsung kyai tadi dengan heran tanya , 

" kamu ngapain disitu, dalam air mas'ud " tanya kyai 

 " tidur buya [ ayah ], ngantuk " 
jawab gus ud kecil santai.

 " hah ? sejak kapan kamu didalam air itu ? " tanya kyai lagi 

 " ya sejak buya marah kemarin " jawabnya tenang banget. 


sekali lagi haah?? coba para pembaca bayangin, si gus ud ternyata ada didalam air hampir 3 harian. tidur didalam air dg pakai selimut sarung. dia lakukan itu karna takut ketahuan ayahnya yang marah itu


hmmm,,, itulah kisah gus ud kecil yg unik . semoga bermanfaat .. jangan lupa coment ya .. 




NGAJAR NGAJI MENGGANTI SANG AYAH 

nah, sejak kejadian dikamar mandi itu, sang ayah melihat keanehan pd diri sang putra tersebut. sejak itu pula sang ayah cenderung membiarkan putra lelakinya itu berbuat apapun dan tanpa ada kemarahan yg berrti darinya. namun sang ayah juga terlihat sedih karena gus ud kecil gak mau mengaji atau sekolah. hanya main saja yg dilakukan setiap waktunya. karena resah akhirnya si ayah suatu ketika menasihati gus ud kecil agar mau mengaji dan sekolah tapi kelihatannya gus ud gak tertarik dg hal-hal seperti itu. sedih ayahnya ngelihat kenyataan ini. 

" mas ud, kamu ini banyak tingkahnya. main terus tiap hari yang kamu lakukan. kapan ngajinya mas'ud ? makanya sampai sekarang kamu gak bisa ngaji !! " tegur ayahnya. 

mas'ud diem saja dengan ejekan ayahnya barusan lalu dia pergi main lagi. 

hari ini saatnya ayah gus ud mengajar ngaji dipesantrennya. biasanya sehabis sholat isya' para santri dan masyarakat pada berkumpul untuk ikut pengajian ayah gus ud. beliau mau siap-siap berangkat. beliau menuju ke-meja untuk mengambil kitab yang akan diajarkan. tapi ternyata kitab itu raib , hilang entah kemana. beliau cari kemana2 tetap gak ketemu. akhirnya beliau keluar menuju ketempat pengajian utk memberi nasihat ala kadarnya krn tidak membawa kitabnya. 


saat sudah mendekati tempat pengajian , kyai tadi samar samar mendengar pengajian ditempat beliau biasa ngajar. dan anehnya , suara yang ngajar itu seperti gak asing lagi. ternyata benar setelah didekati ternyata yang ngajar adalah putranya sendiri si gus ud yang masih kecil itu. bayangkankan , anak sekecil itu mengajar kitab Al-hikam dengan begitu tegas dan indahnya. meski kitab itu gundul, gak ada harokat dan maknanya, toh gus ud kecil itu lancar membacanya berikut menjelaskan semua keterangan kitab itu. Wah. subhanAllah !! ayahnya terbengong heran. dan gak terasa dan tidak sadar airmata sang ayah menetes. terharu beliau melihat putra kecilnya itu . itulah kisah dari Gus ud saat masih kecil yang sudah dipenuhi cahaya Allah. dan para pembaca jangan lupa utk coment ya ...terimaksih .. 




PESAWAT MOGOK 

pesawat terbang mogok ? ... hahaha lucu ya ..
tp emang bener kok, gini kisahnya .. 

saat itu musim haji. gus ' ud berangkat haji bareng dg wak abahku, yaitu KH mas zubeir bin harits gunung anyar - surabaya. entah tahun berapa itu . 

nah ketika para jama'ah haji mau diberangkatkan, eh didalam pesawat itu gus 'ud membaca marhabanan dgn suara keras dan ngga' teratur sambil mukul2 piring dan tas dipakai utk musiknya. semua yg ngelihat gak' berani melarang . karena seluruh penumpang pada tahu siapa itu gus 'ud itu. 

salah satu awak pesawat lelaki menegur gus 'ud dg halus, 

" maaf pak, pesawat mau berangkat. tolong berhenti dulu " katanya.

kontan gus 'ud berhenti mambaca marhabanan itu dg hati yg dongkol. dan apa yg terjadi ? sampai berjam-jam mesin pesawat itu ngga' mau hidup . sudah diperiksa ternyata ngga' ada masalah. tapi tetep aja ngga' bisa hidup . 

akhirnya salah satu jama'ah haji ada yg memperingatkan pd awak pesawat td agar minta maaf pd gus 'ud karena telah menegurnya untuk diam. dituruti juga anjuran itu .. 

"saya minta maaf ya pak atas kelancangan saya tadi. jika sekarang bapak mau baca marhabanan tadi, monggo diteruskan ". 

lalu gus 'ud menjawab , " iyo yo ... " ... 

dengan rasa suka gus 'ud langsung membaca marhabanan seperti tadi dg memukul2 sesuatu utk menjadi musiknya. dan ? mesin pesawat langsung bisa hidup dan berangkat ke saudi dg selamat ... hehe luar biasa beliau itu . 

beliau paling suka yang namanya seni sholawat hadrah. kalian tahu kan seni hadrah ? kalau belum tahu, coba ditanyakan aja keteman2 kalian hehehe … saking sukanya dengan seni hadrah, kemanapun ada undangan hadrah, bisa dipastikan beliau akan hadir. meski dengan suara yang tak enak dan baca’an yang kurang jelas, beliau tetap suka membaca diba’iyah dengan memukul terbang hadrah. 

jangan kan dapat undangan, beliau itu jika sedang ditengah jalan, naik apapun juga jika mendengar ada hadrah pst akan turun dan ikut shalawatan ditempat itu. nah, itu artinya apa? itulah gambaran sifat amat cintanya gus ud terhadap baginda nabi Muhammad SAW . 





DISURUH BELI KEMPYENG ? 

suatu ketika ada orang yg dapat uang banyak krn habis menjual tanahnya. orang itu terbilang sangat miskin. hasil penjualan tanah itu dipakai untuk ongkos umroh aja gak cukup, apalagi naik haji. dia sangat bingung apa yang paling tepat digunakan. 

dalam kebingungan itu, tiba2 diluar rumah ada orang yang mengucapkan salam dengan agak teriak. dia mengenali betul siapa pemilik suara diluar pintu itu. tak lain dan tak bukan adalah gus ud ! 

“ oh alaikum salam, mari gus masuk didalem “. jawab orang itu mempersilahkan gus ud masuk . 

“ ya … suwun. kamu punya uang banyak ya ? “ 
 nah, itulah salah satu karomah gus ud ! beliau tahu jika pemilik rumah tersebut sedang punya uang banyak meski dlm keadaan bingung.

jelas orang itu kaget atas diri gus ud yang tahu akan kondisi dirinya meski belum menceritakannya. 

“ inggih gus ( iya gus ),tapi saya bingung. digunakan untuk apa yang bisa bermanfaat. sedang saya ini orangnya ga punya apa2 selain duit itu “ . jawab orang itu polos . 

“ ya sudah, belikan kempyeng saja semuanya !!“ . perintah gus ud yg kedengarannya agak kacau dan gak ada manfaatnya . 

kalian tahu gak’, apa kempyeng itu ? itu loh, tutup botol minuman dari lempengan besi. nah coba aja bayangin masa’ uang jutaan disuruh beli gituan hahaha. 

tapi yang namanya orang nurut, dia pun membelikan uangnya itu dengan kempyeng. uang segitu dibelikan kempyeng? ya jelas dapet super banyak lah. berkarung2. 

nah, karena alasan dari gus ud itu ga jelas, saat kendaraan truk pengankut kempyeng nyampai dirumahnya, banyak tetangga yg Tanya,untuk apa kempyeng sebanyak itu ?. dia gak bisa jawab apa2 atas pertanyaan para tetangga dan teman2nya itu. yang terlihat, dia pasrah aja dengan apa yg terjadi. dalam hatinya ada juga rasa sayang terhadap uangnya dibuat beli gituan . 


singkat kisah, gak sampai dua mingguan, ternyata ada salah satu perusahan yg mencari pasokan kempyeng utk dikirim keperusahaannya. gak jelas bagaimana kisahnya, yg penting adalah perusahaan berani membeli kempyeng orang itu dg harga dua kali lipatnya. bukan cukup itu saja, orang itu diminta agar menjadi pemasok tetap kempyeng buat perusahaan.hehehe,, subhanAllah,sampai saat ini, orang yg disuruh gus ud beli kempyeng tersebut tergolong orang yg kayaaaa banget. itu lah sikap dan tingkah laku para kekasih Allah seperti gus ud yg terkadang nganeh-nganehi tapi membawa hikmah dan barokah. 

cerita hampir sama juga terjadi pada orang lain. tapi bukan kempyeng. dia disuruh gus ud membeli rantai kapal hehehe, dan berakhir sama dgn orang yg pertama tadi. wAllahu a’lam … 






WALI ALLAH KOK GITU PERBUATANNYA ? 

tahu ga’ kalau gus ud itu sering merogoh kantong baju orang ?. bagi orang2 yg ngerti siapa gus ud sih maklum. tapi bagi yg gak seberapa ngerti siapa gus ud sebenarnya ? pasti akan dongkol hatinya. dan ini memang terjadi. 

suatu hari ada undangan kecil2an disebuah rumah seseorang yg gak’ aku sebutkan namanya. kebetulan gus ud lewat didepan rumah pemilik hajatan tersebut. Melihat ada acara itu, gus ud langsung masuk kedalam rumah. 

melihat sudah banyak orang disitu, gus ud langsung mengajak salaman satu persatu para undangan. namun, bukan salaman aja, setelah salaman pasti gus ud merogoh kantong baju para undangan satu persatu. hehehe,, semua pada diem dan nurut aja karena tahu siapa itu gus ud. namun ada salah satu orang yg gak suka dengan tingkah gus ud seperti itu. dalam hati orang itu berkata : 

“ katanya wali Allah , kok gitu perbuatannya ? “. 

sementara itu, gus ud tetap trs merogoh kantong para undangan, tapi beliau tak mengambil apa2 dari milik para undangan itu. nah, disaat pas giliran orang yang gak suka atas tingkah laku gus ud tadi, beliau Cuma senyum dan ga’ merogoh kantong orang itu. sambil senyum dan memandang org itu, gus ud menirukan kata2 orang itu yg terucap Cuma dalam hati tadi , 

“ katanya wali Allah , kok gitu perbuatannya ? “ 

itulah yg diucapkan gus ud berulang-ulang dg agak keras menirukan perkataan hati orang tadi. ya jelas membuat orang itu malu dan minta maaf pd gus ud. 

“ yo ,, yo .. ga popo “ ( ya ya ga apa apa ) . kata gus ud pada orang itu . 






THAWAF 

Dalam hal ini, sudah banyak yg sepakat dan juga banyak saksi mata yg masih hidup. yaitu jika gus ud berthawaf saat dimakkah, sangat aneh sekali. kita pasti melihat ribuan org yg sedang thawaf disana. gimana cara jalan mereka ? sudah pasti saling berdesakan dan berhimpitan. jelas gak akan bisa berjalan dengan dg mulus dan lancar. 

tapi beda dengan gus ‘ud, beliau saat thawaf lancar2 saja. bahkan dengan setengah berlari. dan anehnya meski kondisi sangat berdesakan dan berhimpitan, tapi buat beliau lancar2 aja. seakan didepannya tak ada yg menghalangi jalannya thawaf. pokoknya jka dipikir dg nalar , ga’ akan masuk nalar deh … 



KITAB AL-HIKAM 

Dulu , dipesantren sawahpulo pimpinan kyai utsman al-ishaqi ada pengajian rutin kitab al-hikam yg dibacakan oleh kyai utsman sendiri. hampir semua yg ngaji disana adalah para kyai2 yg tabarrukan kebeliau. ada hal yg menarik disana, yaitu suatu ketika gus ud ikut kesana. namun ya gitu, banyak tingkahnya. berdiri , duduk , berjalan dan apalah . gak bisa diem . 

lalu tiba2, gus ‘ud mendekati kyai utsman yg sedang asyik membaca kitab al-hikam itu. gus ud minta izin utk meminta kitab yg dipegang kyai utsman tadi. akhirnya, kitab itupun diberikan ke gus ‘ud.

kontan saja para jama’ah pengajian itu terbelalak melihat tingkah gus’ud seperti itu. dan banyak yg berpikir : 

“ mau apa beliau minta kitab alhikam itu ? memang bisa baca ? “. 

nah itulah yg ada dalam pikiran banyak orang para jama’ah pengajian itu. apa yg dilakukan gus’ud setelah menerima kitab itu coba ?? ternyata kitab itu dibalik sehingga tulisan arabnya terlihat terbalik. dan dgn sangat mantapnya beliau membaca alhikam dg berikut penjelasannya meski dgn kitab terbalik. nah disitulah beliau membuat decak kagum para jama’ah pengajian tersebut. hmmm,,, itulah kisah gus ud kecil yg unik . 

semoga bermanfaat .. jangan lupa coment ya .. 

Karya Tulis Muhammad Khoir 

sumber kisah kitab al-hikam: 
Kyai Minnan bin Utsman al-ishaqi  sawahpulo

Mau lihat Kisah Gus Ud versi Videonya ? klik dibawah ini :





Yuk main ke-Youtube Punyaku disini :



mau nyari barang second [ bekas ] atau mau nawarin barang ?
disini aja :

[ kirim data barang dan gambarnya di : xpdccinta85@gmail.com ]

36 comments:

  1. sae gus ceritane,mbenjeng ceritane sing akeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. NGGEH insyallah ,,
      niki kulo katah sibuk.e
      pandungine nggeh... hehehe

      Delete
  2. tambah ship ae wak gus..piye kbre wak gus..?

    ReplyDelete
  3. wah trims banyak atas pengetahuannya,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah telah menyukai blog saya..
      monggo mampir lagi kemari

      Delete
  4. (Achmad Lutfi, Pasuruan)
    ada suatu cerita menarik dari Gus Ud; pada waktu hujan deras beliau masuk ke Masjid Jami' (Masjid jami' Al Anwar) Pasuruan tanpa memakai sandal langsung dari jalan masuk kemasjid tanpa mencuci kaki dulu dan anehnya kaki beliau tidak kotor sama sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya , sama ..
      sering ditempatku beliau juga gitu..
      meski main-main dibecekan lumpur, toh kakinya tetep bersih. langsung masuk kemushallah ditempatku .. lucu beliau itu

      Delete
  5. lek nang gus ud gowoo duwek sek akeh.....
    iklash karono Allah SWT...
    boleh di coba....tambah akeh rejekine
    Amiiin,,,,,
    tembusbatasadv@ymail.com

    ReplyDelete
  6. Gus Ud....
    Allahumma sholli ala Muhammad

    ReplyDelete
  7. Waktu aku masih kecil :
    Tiap mau jum'atan di masjid jami' Pasuruan, aku selalu tengak tengok nyari Gus Ud...'
    Kata Alm. Bapakku : ntar lagi beliau datang.
    Tak lama kemudian beliau datang, dan aku ikut rebutan cium tangannya....

    Kenangan spiritual yg sangat indah.
    stonokasep@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. masyallah ,, semoga kita dapat barokah beliau kang ... amin

      Delete
  8. matur nuwun Mas ceritanya....subhanallah....

    ReplyDelete
  9. memang Allah the best sutradara dalam segalah hal,TERMASUK PADA SAAT ITU MBAH ALI MAS UD adalah pemeran utama dalam skenario ,yang ceritanya akan abadi,sampai nanti.hanya ALLAH yang megang semua skenario,termasuk kita,who the next mbah ud di sidoarjo,,,,,,,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga ada generani berikutnya kang ..
      kalau saat ini yg mirip dg gus ud ya itu , ra lilur alias kholilurrahman cicit syaikhona kholil bangkalan..

      Delete
  10. mbah UD ,BI BABARAKH AL FATHIHAH UNTUK SAMPEYAN, DARI FASNS MU MUHAMMAD SUPRIONO KULON STASIUN.

    ReplyDelete
  11. bagus sekali ceritanya mas.... dilanjut lagi kalo ada..

    kalo kata kenalan saya, kalo ke makam mbah ud cri tempat duduk sebelah selatan makam beliau. ini pun berlaku bagi makam wali yg lain

    wassalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya insyallah ,,,
      ini sudah saya update blognya setelah bertahun-tahun mati suri. monggo mampir terus ya

      Delete
  12. Replies
    1. iya insyallah kapan-kapan ...
      belum tak lihat data-data ditempatku

      Delete
  13. waktu aku masih baru baligh, waktu malam 21 ramadhan hujan deras, habis 'isya aku mimpi dikenalkan sama mbah 'ud oleh bapakku, habis itu aku disamperin mbah'ud tanpa bicara beliau gendong ke aku, aku bilang aku masih kecil mbah 'ud tapi mbah 'ud tetep aja duduk gendong aku papah.sebenarnya mimpinya panjang tapi biarlah ini untuk masukan aja buat salah satu catatan peristiwa mbah'ud dalam mimpi. wallohu a'lam mas....salam sedulur kabeh.....sekarang aku lagi di tangerang mas bro....kangen sidoarjo(Moch.Sulton)

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya org yg dimintai gendong itu nantinya naik haji ... semoga ya

      Delete
  14. Ceritra dari guru saya pada saat bahas bab sholat: pada suatu hari gus Ud disuruh jadi imam oleh orang-orang dimasjid, Gus Ud berkata: saya tidak bisa jadi imam. karena jamaah memaksa, maka Gus Ud mau jadi imam, karena Gus Ud itu wali khoarikul Adat (diluar dari kebiasaan) maka pada sujud terakhir, Gus Ud lama banget sujudnya kira-kira hampir setengah jam, makmum dibelakangnya pada ngedumel di dalam hati ("kok sujudnya lama banget", ada yang lirik2 ke depan ("udah selesai belum yah sujudnya", oh belum, " lalu sujud lagi")setelah Gus Ud selesai sholat, beliau langsung pergi diam2 melalui sisi masjid, tanpa di ketahui oleh jamaah. karena saking lamanya, pada liat ke kepan, ternyata Gus Ud nya udah gak ada, hehehehehehehe......
    Ke esokan harinya para jamaah ketemu lagi dengan Gus Ud, mereka menanyakan, Gus kok memarin ninggalin sieh, Gus Ud menjawab: Habis nya sholatnya pada berisik. "Gus Ud kan tau dumelan hati para jamaah nya xixixixixixi" Salallahu Ala Muhammad

    ghaib212@yahoo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe ,,, iya.. itu sebenarnya terjadi gak jauh dari masjid deket rumahku. sayang belum aku tulis diblog ini. insyallah kapan2. pokoknya heboh banget beliau itu

      Delete
  15. Terima kasih atas tulisan tentang mbah ud ini membuat saya semakin mencintai beliau

    ReplyDelete
  16. Allahu Akbar....barokallah gus ud

    ReplyDelete

setelah baca2 ... isi dong commentnya . ok ! kutunggu ya

ADSENSE


html5 tutoriels - cheap morocco desert tours