Ndresmo - sing nderes kabehe limo
dikenal dengan sebutan makkah-nya tanah jawa dan tempat para haba-ib yang berwajah pribumi .
Pemberitahuan !! saya pernah menemukan beberapa blog yang mencopy paste-kan artikel-artikel yang ada diblog ' ndresmo ' ini . tapi yg membuat saya tidak me-ridhoinya adl : dengan mengatas namakan dirinya sendiri sebagai sang penulis , bukan nama saya atau menyebut dari blog ini . maka , ini adalah haq adami yg saya tak ridho . dan Alloh tak akan mengampuni dosa haqqul adam sampai yg bersangkutan mendapatkan maaf dari orang tak meridhoi tadi . yg merasa , takutlah pada Alloh !! sekian mohon maklum adanya . . . abi elkhoir basyaiban .
__________________________________

Lihat Artikel Baru : MP3 pengajian Al-hikam bahasa indonesia .

Kisah : Kyai Sholeh Semendi dan Kyai Fatah segoropuro

langgar kyai fatah 2

Foto mushollah peninggalan kyai fatah – ndresmo

dulu , sesama habaib jawa apabila sudah berkumpul atau bertemu pasti tak lepas dari yg namanya becanda ala kyai . dan tradisi itupun masih berlangsung di ndresmo hingga kini . seperti halnya pada kyai fatah ini , disaat beliau silaturrahmi kekerabat dekatnya , kyai sholeh bin syarif hidayatullah ( sunan gunungjati ) dipasuruan .

beliau tak bisa menghindar atas guyonan kyai sholeh tersebut . ketika kyai fatah sudah dipersilahkan duduk diruang tamu , kyai sholeh segera memanggil santrinya untuk mengambil suguhan . selang beberapa waktu , suguhan itupun datang . bukan berupa makanan nasi dan lauk pauknya atau lainnya , tapi berupa buah semangka yg masih utuh yg belum dikuliti . disamping buah semangka tersebut sudah disediakan satu buah pisau agak besar dan sangat tajam .

kyai fatah sangat heran , lha wong ngasih suguhan tamu kok semangka yg masih utuh . mestinya kan sudah dikuliti dan tinggal makannya aja toh ? pikir beliau …

“ ayo kang , silahkan dimakan semangkanya . tuh pisaunya sudah saya sediakan disampingnya “ . kata kyai sholeh mempersilahkan kyai fatah .

“ oh , iya kang … matursuwun . repot-repot aja nih “ . jawab kyai fatah .

kyai fatah pun tak membuang kesempatan itu , segera beliau ambil pisau yg tajam itu . sambil tangan yang satunya memegang buah semangka yang masih utuh itu . namun apa yang terjadi ? ketika kyai fatah menggunakan pisaunya utk mengiris buah itu , eh ternyata buah itu tak mempan atas pisau tersebut . hingga sampai lama kyai fatah tersebut mengiris-iris buah itu tapi tak sedikitpun cuil atau terkuliti . sementara , kyai sholeh yg melihat hal itu dari kejauhan Cuma terkekeh-kekeh tertawa sambil bilang :

“ ayo kang , terus … masa’ seorang kyai fatah membelah semangka aja tak mampu hehehe “ goda kyai sholeh semendi pada kyai sholeh .

dan memang sampai waktu yang lama , kyai fatah benar-benar tak bisa membelah semangka itu . akhirnya kyai fatah pun menyerah dan menyuruh pemilik rumah , kyai sholeh semendi utk membelah semangka itu . kyai sholehpun dengan enaknya membelah semangka itu dan dimakan bersama . dan tak lama kemudian kyai fatah pun pamit pulang .

selang beberapa hari , atau minggu , giliran kyai sholeh semendi yang silaturrahmi kerumah kyai fatah dilokasi pesantren segoropuro pasuruan, dimana pesantren itu adalah milik menantu kyai sholeh sendiri yaitu kyai abdurrahim yg lebih dikenal dengn sebutan kyai arif segoropuro bin abdurrahman bin umar basyaiban . setelah menemui menantunya dg wktu yang cukup lama , akhirnya kyai sholeh menuju kerumah kyai fatah .

melihat ada kyai sholeh semendi yang datang , kyai fatah pun mempersilahkan beliau untuk duduk diruang tamu . persis dengan yg dilakukan kyai sholeh dulu terhadap dirinya, kyai fatah-pun menyuruh santrinya untuk membawa suguhan kepada beliau . namun ditempat kyai fatah , bukan semangka yg beliau suguhkan tapi buah pepaya matang yg masih utuh dan belum dikuliti . dan tak lupa disamping pepaya itu disertakan pisau besar yang sangat tajam .

“ ayo kang sholeh , di cicipi suguhan dari saya ini kang “ kata kyai fatah .

“ oh iya kang , terimakasih . wah ? pepaya ? pasti segar ! “

segera kyai sholeh semendi mengambil pisau besar itu untuk membelah pepaya itu . beliau pikir bisa mudah membelah buah itu . namun apa yang terjadi ? persis yg dialami oleh kyai fatah dulu , pepaya itu sangat sakti hingga kyai sholeh tak mampu untuk membelahnya . cukup waktu yg lama kyai sholeh berusaha bisa membelah buah tersebut . namun hasilnya nihil . terlihat wajah kyai sholeh agak putus asa . sedang kyai fatah-pun melihat dari kejauhan dengan senyum-senyum sendiri .

“ ayo lah kang , masak seorang kyai sholeh pemimpin pesantren semendi tak mampu membelah pepaya itu sih “ . ejek kyai fatah dengan senyuman .

“ hahahaha , waah sampeyan mbales ya kang atas perbuatan-ku yg kemarin ? “ jawab kyai sholeh dengan tertawa .

“ sekali-kali dapet balesan kan adil to kang ? “ kata kyai fatah .

“ ya ya ya … wes , aku percaya kok kang atas kesaktian sampeyan . ya udah kang , nih pepayanya . silahkan dibelah . saya sudah kepingin nih “ .

akhirnya kyai fatah lah yg membelah pepaya tersebut . dan mereka berdua menikmati buah itu sambil ngobrol santai dan sesekali bercanda . nah itu lah kisah pendek dari kyai fatah segoropuro pasuruan dengan kerabat dekat beliau , kyai sholeh semendi pasuruan bin syarif hidayatulloh ( s.gunung jati ) bin abdullah adzamatkhan .

semoga kisah ini bermanfaat dan bisa diambil hikmahnya

amin …

( diharamkan dicopy paste )

penulis - abi elkhoir basyaiban

9 komentar:

jazakumullah khoiron katsiro......
bisa minta silsilah mbah semendi samapi ke anak cucu beliau,,,,,sukron


upload foto2nya mbah semendi dong


bisa minta tolong bsa ngambilin gambar makam mbah semendi ga?


boleh minta biografi mbah soleh semendi?


di atas tertulis kyai soleh bin syarif hidayatullah, bukannya kyai soleh bin hasanuddin bin syarif hidayatulloh?
maka dari itu, saya mohon biografi kyai sholeh.


Matur suwun telah dibukakan sejarah semangka dan pepaya di Pasuruan. Panjenengan masih keturunan Mbah Soleh - Semendi ya?


Assalamu'alaikum
saya mohon ijin copy sejarah mbah semendi dan segoro puro untuk jama'ah rotib kami d sukorejo
krn sudah lama kami membiasakan ziaroh ke pasuruan akan tetapi minim pengetahuan tentang beliau....ketika kemarin kami ziaroh ke tempat beliau ada bberapa jama'ah yg menanyakan tentang mbah semendi dan segoro puro ..terimakasih
(majlis dzikir dan istighosah qolbuliman)sukorejo-pasuruan.


sangat ingin lebih detail sejarah asal muaasal mbah semendi dan sekarang kok bangunannya megah siapa yang buat,, tadi malam saya kesana,, jadi heran,, (30 April 2014)


Poskan Komentar

setelah baca2 ... isi dong commentnya . ok ! kutunggu ya

baca ini :

- Barang siapa yg berpendapat bahwa silsilah nasab dari Basyaiban dan adzamat khan itu Rancu , maka saya balik tanya : yg rancu itu silsilah nasabnya atau org2-nya yg mencari tahu ?

- Dan Barang siapa yg dengan " mudahnya " menvonis nasab org lain dg kalimat:" mengaku-ngaku " maka org itu tak ubahnya memperkenalkan dirinya dg nama : " inilah aku sibodoh ! " .
silsilah nasab itu satu hasanah warisan leluhur yg
sudah diyakini kebenarannya oleh yg punya dan tak bisa diatur disatu lembaga , . yg penting kt ini tdk sok menyalahkan kepuya'an org lain . sejarah adalah masa lalu .. dan masa lalu itu ghaib , milik Allah ! . dan tak satupun pakar sejarah yg berani bilang : ini dia ! penemuanku 100 persen yg paling benar !! yang lain ? salah dan mengaku-ngaku !! "

= abi el-khoir Bin Muh Noer Rosul Basyaiban
PP AT-TAQOWWIYAH - ndresmo - sby
=


________________________
pemberitahuan poro sanak . . .

blog ini sengaja saya buat agar menjadi ajang silaturrahmi antar sanak ndresmo - pasuruan - dungduro - kemlaten -ampel - mbungah gresik - berbek - malang - sidoarjo - pumpungan - mojokerto dll . bahwa kita ini adl saudara sesama dzurriyah baginda nabi SAW .

diblog ini tak akan ada penolakan silsilah karena itu sudah menjadi keyakinan masing2 . yg dipentingkan disini adl silaturrahmi poro sanak . karena bagi kami , orang yang dg mudahnya menolak silsilah nasab orang lain itu cuma menunjukkan kurang fahamnya mereka terhadap sejarah dan perwatakan leluhurnya sendiri . tak kenal maka tak tahu . tak tahu maka tak sayang . tak sayang maka tak ada niatan untuk menyambung silaturrahmi . ok ! . . .

mari kita bersama menyambung silaturrahmi sesama saudara senasab . baik yg tercatat atau yg belum tercatat . agar bisa nyambung lagi . bukannya malah memutus yang sudah ada . kita dan keluarga kita sendirilah yg lebih tahu silsilah kita . dan wajib hukumnya untuk menjaganya ... suwun


NB :
agar blog ini akan penuh dg kisah para sesepuh kita atau artikel2 lainnya , maka dg sangat berharap agar anda2 sekalian mengirimkan kisah para sesepuh2 anda atau artikel2 anda utk dipublikasikan di blog ini . . . atau anda ingin salah satu keluarganya ditampikan disini ? kirim aja foto dan silsilah beserta kisah2 disini .saya tunggu ! kirim lewat email saya di : zaky_nafis@yahoo.co.id atau coment diblog ini . . .

wassalam
abi alkhoir bin muh. nur rosul - ndresmo

DIHARAMKAN MENGAMBIL FOTO2 YG ADA DIDALAM BLOG INI


Artikelku yg laen yg ada di abikumanis.blogspot.com . bisa dibaca disini :

___________________

Pengalaman spiritualku
___________________

Ternyata ini adalah Aku dulu
___________________

Tiang listrik itu bikin malu aku
___________________

Tolong . . . ! Burungku Hilaang !
___________________

Thanks bi ! Masakannya Mantabs!
___________________

Koleksiku Film Sejarah Islam
___________________

Kisahku dg Kyai itu ( malu aku )
___________________

lho? kok smua jd bau gini seh ??
___________________

Warga NU wajib ke PKB ?
___________________

Kisahku dan sibapak itu
___________________

Aku di masa doeloe & Sekarang
___________________

Ah, senengnya jd diri sendiri
___________________

Biografi santri desa
___________________

Tentang poligami ?
___________________

busana para bini kita 1
___________________

busana para bini kita 2
___________________

busana para bini kita 3
___________________


Followers