Ndresmo - sing nderes kabehe limo
dikenal dengan sebutan makkah-nya tanah jawa dan tempat para haba-ib yang berwajah pribumi .
Pemberitahuan !! saya pernah menemukan beberapa blog yang mencopy paste-kan artikel-artikel yang ada diblog ' ndresmo ' ini . tapi yg membuat saya tidak me-ridhoinya adl : dengan mengatas namakan dirinya sendiri sebagai sang penulis , bukan nama saya atau menyebut dari blog ini . maka , ini adalah haq adami yg saya tak ridho . dan Alloh tak akan mengampuni dosa haqqul adam sampai yg bersangkutan mendapatkan maaf dari orang tak meridhoi tadi . yg merasa , takutlah pada Alloh !! sekian mohon maklum adanya . . . abi elkhoir basyaiban .
__________________________________

Lihat Artikel Baru : MP3 pengajian Al-hikam bahasa indonesia .

Kisah " SEGITIGA EMAS " !!



Salah satu kisah perjalanan syaikhona kholil madura yg sangat masyhur adalah :
ketika beliau masih sangat kecil , bahkan masih belum baligh beliau pernah diajak ayahandanya, kyai abdul lathif untuk bersilaturrahmi kepasuruan . ketempat pesantren sahabat ayah beliau yg bernama sayyid abu dzarrin yg belakangan masyhur dg julukan sayyid tugu atau mbah tugu . sayyid abu dzarrin kala itu adalah sosok ulama yg berasal dari jawa tengah ( cirebon ) dan menetap dipasuruan ( karangsono ).beliau mendirikan sebuah pesantren didesa itu. beliau sangat alim , zuhud dan wara' . konon dipesantren beliau, bukan para manusia saja yg menuntut ilmu disana , namun banyak juga dari para jin banyak yg ngaji disana .


singkat cerita , saat syaikhona kholil kecil dan ayahandanya sampai dirumah sayyid abu dzarrin dikarangsono pasuruan , mereka disambut dg sangat hangat dan kekeluargaan . saling ngobrol dan sesekali ada canda . sedang kholil kecil seperti layaknya anak yg masih kecil bermain diluar . namun tiba2 sayyid abu dzarrin minta izin sama ayah kholil kecil untuk mengajaknya kedalam rumah sebentar. diajaklah dia kesuatu tempat . memang sayyid abu dzarrin adalah seorang wali alloh yg kasyaf , yg mengetahui tentang hal2 yg org biasa tidak tahu . beliau telah lama melihat kholil kecil adalah sosok org yg akan menjadi org besar dan menjadi wali alloh .


alkisah , saat pertemuan berdua itu , beliau memegang dada kholil kecil dg sambil berdoa yg entah apa yg dibaca . setelah itu beliau berkata pada si kholil kecil .

" kamu nanti kalau sudah besar main lagi kesini , tak tunggu ". kata sayyid abu dzarrin .

" inggeh ( iya ) " . jawab kholil .

tapi yg namanya anak kecil, dia anggap peristiwa tadi itu, tidak ada istimewanya sama sekali. yg dia inginkan ya cuma bermain dan bermain aja . maklum, masih kecil . karena sudah cukup lama dirumah sayyid abu dzarrin , akhirnya tiba waktunya berpamitan . kholil kecil dan ayahnya pun pamit pulang .namun mereka tidak langsung pulang , namun meneruskan perjalanan silaturrahmi ke ulama'2 lainnya . harapan sang ayah agar kholil kecil ini nantinya mendapat berkah dari para kyai2 yg disowaninya ( meski sang ayahanda kholil itu termasuk sosok ulama besar yg sangat disegani).

menurut beberapa sumber silaturrahmi-pun hingga sampai kejawa tengah . kurang tahu persisnya didaerah mana . dijawa tengah mampir kerumah seorang kyai yg masih ada pertalian saudara atau family . seperti biasanya, saling ngobrol dan canda untuk melepas kangen . ditengah2 berbincang serius, tibalah waktu sholat dhuhur . akhirnya merekapun melaksanakan sholat berjama'ah termasuk si kholil kecil . yang menjadi imam saat itu adalah tuan rumah . namun aneh , ketika ditengah2 sholat, kholil yang masih kecil itu tiba-tiba tidak meneruskan sholatnya . dia cuma duduk saja dan memandangi tuan rumah yg masih sibuk menjadi imam sholat .


setelah sholat selesai sang ayah dan tuan rumah merasa heran . mereka bertanya kenapa kholil kecil itu tidak mengikuti sholat berjama'ah hingga selesai ? . dengan entengnya kholil menjawab :

" LHA AKU NGGUMUN MARANG SING NGIMAMI , SOALE SHOLAT KOK KARO NYUNGUN JANGANAN ENENG PUNDAK'E "

( lha saya heran dengan imam nya itu . soalnya sholat kok sambil bawa sayur2 an dipundaknya ).

dengan jawaban seperti itu, kontan sang ayah marah dan merasa malu dg tuan rumah . bagaimana tidak , kenyataan yg ada adalah , sang imam tidak membawa apa-apa dipundaknya . tuan rumah melarang ayah kholil memarahi anaknya . malah tuan rumah itu berkata :

"WES 2 ... PUTRO NJENENGAN NIKI MBOTEN SALAH . PANCEN KULO SING SALAH . WONG SHOLAT NGEDEP GUSTI ALLOH KOK MALAH ELING2 DAGANGAN SAYUR KULO .NIKU NAMINE SEMBAHYANG MBOTEN KHUSYU' "

( sudah2 .. anak anda tidak salah , memang saya yang salah . sholat yg mestinya menghadap ALLOH kok malah saya inget2 dagangan sayur saya . itu namanya sholat yg tidak khusyu' " ) .


luar biasa ! kholil yg masih sekecil itu bisa mengetahui sesuatu yg orang lain tidak tahu ? . itulah karomah dia dikala masih kecil . sang ayah pun heran . dia bertanya pada anaknya yg masih lugu itu

" kholil ... siapa yg mengajari kamu hingga kamu bisa seperti itu ?" .

dengan polosnya dia menjawab :

" MBAH YAI " .

" mbah yai yang mana ? " .

" MBAH YAI YANG DIPASURUAN YG KEMARIN KITA KESANA " .

" KYAI ABU DZARRIN ITU ? " .

" IYA " .

subhanalloh ! luar bisa !.sayyid abu dzarrin ternyata telah memberi sesuatu terhadap si kholil kecil hingga dia kasyaf .


kita singkat aja cerita ini . sikholil kecil sekarang sudah dewasa . beliau sangat tekun dalam mencari ilmu dibeberapa pondok pesantren . beliau telah lupa dengan kejadian yg luar biasa disaat dipasuruan dulu . berkat ketekunan dalam hal mencari ilmu , beliau akhirnya menjadi sosok pemuda yg disegani karena ke-'alimannya dalam bidang ilmu . senang sekali mengikuti bahtsul masa'il yg diadakan dimanapun . apalagi kalau ngobrol tentang kitab2 atau hukum2 syar'i pasti sangat betah sekali . beliau sudah merasakan manisnya rasa beribadah dan ilmu .


saya disini tidak mengisahkan perjalanan beliau dari kepesantren hingga kepesantren lainnya ketika beliau menuntut ilmu . sebab sudah banyak kisah perjalanan beliau saat mencari ilmu dibeberapa artikel yg mudah kita temui disitus2 lain .

nah , meski beliau sudah nyantri ke beberapa kyai alim dalam waktu yang tak sebentar . hingga ukuran ilmu yang beliau peroleh sebenarnya sudah sangat mencukupi untuk diajarkan . namun beliau ibarat orang adalah yang selalu haus akan tetesan air yg segar disaat ditengah padang pasir . begitu juga didalam belajar dan tabarruk , beliau merasa masih haus akan dua hal itu . hingga suatu ketika , beliau mendengar kebesaran seorang ulama besar yg sangat 'alim didaerah banten yang bernama kyai nawawi . sebenarnya kyai nawawi tidak berada dibanten tempat kelahirannya . namun beliau sudah menetap dan berda'wah dikota makkah al-mukarromah . ke'aliman dan kezuhudan kyai nawawi sudah terdengar dipenjuru pelosok indonesia . hingga saking seringnya kyai kholil mendengar tentang kyai nawawi , maka niat dan tekad beliau untuk berguru pada kyai nawawi tak bisa ditawar lagi . beliau dengan sabar menunggu kedatangan kyai nawawi pulang dibanten . memang biasanya kyai nawawi juga pulang kebanten entah itu 2 tahun sekali atau lebih . meski cuma sebentar .

kyai nawawai adalah kyai nawawi ... yah maksudku beliau tetaplah salah satu kekasih Allah yang dikehidupan beliau selalu dipenuhi oleh kemuliaan dan karomah . terbukti saat beliau masih berada dikota makkah , beliau tahu dengan apa yg di-inginkan kyai kholil yg ada dimadura saat itu . segera beliau berangkat pulang ke banten dengan waktu perjalanan yg tak seperti biasanya . bisa jadi seperti yg dilakukan oleh seikh abil-qais el-harani, waliyullah dari turki yg tiap habis subuh berjama'ah diturki lalu mengajar dimadinah munawwarah , dan pulang lagi ke-turki sebelum matahari terbit ( lihat sinopsis koleksi fllm2 ku di blog-ku http://abikumanis.blogspot.com/2009/03/koleksi-film-film-sejarah-islam-yg-ga.html ). nah , jika Allah yg berkehendak pada kyai nawawi seperti wali el-harani tadi , kan tak perlu waktu lama antara makkah ke banten .

hingga sampailah kyai nawawi tadi dibanten . banyak yg gembira atas kepulangan beliau . banyak yang sowan . dan berita kepulangan beliau sudah menyebar hingga ketanah jawa dan madura . begitu senangnya hati kyai kholil mendengar hal itu . segera beliau bersiap-siap menempuh perjalanan kebanten . apa yang terjadi ketika kyai nawawi mengetahui bahwa kyai kholil akan berkunjung ketempatnya ? beliau hanya tersenyum . dan segera beliau bersiap-siap kembali ke makkah agar kyai kholil tak bisa menemuinya . beliau pesankan pada salah satu keluarganya:

" jika ada pemuda yg bernama kholil datang , bilang saja saya sudah kembali kemakkah . dan tolong semua ini jangan kau ceritakan pada siapapun juga . karena ini urusan saya dg kyai muda itu ( kyai kholil ) " .

ternyata kyai nawawi memang benar-benar kembali ke makkah . akhirnya sampailah kyai kholil muda itu dirumah kyai nawawi . beliau begitu kecewanya karena tak bisa bertemu dg kyai nawawi yg sangat beliau harapkan barokah dan nasehatnya . beliau sangat ingin belajar pada kyai nawawi meski cuma sebentar . rasa capek tak beliau rasakan . dan tekadnya untuk belajar ke kyai nawawi tak surut malah semakin menjadi-jadi . akhirnya kyai kholil-pun berencana menyusul kyai nawawi kemakkah . wah , sungguh tekad yg luar biasa ...


adapun kyai nawawi yg sudah berada dimakkah , tahu akan adanya kyai kholil muda yang akan menyusul dirinya ke makkah . beliau mengajar seperti biasanya di salah satu daerah dimakkah sambil sambil menunggu kedatangan kyai kholil muda itu . akhirnya tiba saatnya kyai kholil berangkat kemakkah dengan berbagai bekal secukupnya yg beliau bawa . meski sangat lama perjalanan menuju makkah , namun semua itu terkalahkan dengan tekad dan niatan beliau demi belajar ke kyai nawawi .itulah gambaran sosok kyai kholil yang tak pernah merasa cukup dan puas dengan ilmu agama yg sudah didapat dibeberapa pesantren . beliau masih tetap ingin belajar dan belajar terus .


tibalah kyai kholil ditanah suci . terlebih dulu beliau ke-masjidil haram tempat ka'bah yg mulia didalamnya . belum jelas sejarah mencatat apakah ketika beliau kemakkah yg untuk mencari kyai nawawi itu adalah yg pertama kali atau yg kedua kali ? allahu a'lam bis-shawab . setelah selesai , maka beliau mencari tempat dimana biasanya kyai nawawi mengajar . dalam waktu tak seberapa lama , akhirnya ketemulah tempat kyai nawawi itu . namun apa yang terjadi ? ketika ditanyakan , memang betul rumah itu adalah tempat kyai nawawi muqim dan mengajar . namun sudah 2 hari yg lalu berangkat ke-indonesia ( banten ) . hmmm ... pasti bisa kita rasakan bagaimana perasaan beliau saat itu . meski tak bertemu dg kyai nawawi , kyai kholil tak langsung pulang . karena beliau harus melaksanakan ibadah haji dulu .


musim haji telah usai , dan kyai kholil berangkat pulang ke-negrinya lagi . namun untuk kepulangan beliau yg ini , Allah SWT memberikan satu karomah buat beliau . yaitu entah bagaimana kisahnya perjalanan beliau menuju ke-indonesia sangat singkat dan cepat . kita pasti mengerti akan hal itu, meski semuanya ada diluar akal kita , namun jika Allah yg berkehendak ? ( coba baca disini : http://abikumanis.blogspot.com/2009/03/pengalaman-spiritual-ku-yg-aneh-nyata.html ).

kyai kholil akhirnya telah sampai diindonesia . singkat kisah setelah beliau selesai menerima tamu-tamu yg menyambut kedatangan beliau dari tanah suci , maka niatan untk menemui kyai nawawi di teruskan . berangkatlah beliau menuju ke-banten untk yang ke-dua kalinya . susah payah dalam perjalanan itu tak beliau hiraukan . akhirnya sampailah kyai kholil dirumah kyai nawawi . ada yang berbeda dengan kali ini , yaitu kyai nawawi sengaja menunggu kedatangan kyai kholil dan akan menemuinya . tak seperti sebelumnya yang beliau selalu menghindar agar kyai kholil tak bisa menemui dirinya . pastilah itu semua ada tujuan dan maksud tertentu dan Allah lah yang mengatur semuanya terhadap semua perjalanan para 'kekasih-kekasihNYA' .

pertemuan pun akhirnya terjadi . dengan sangat bahagianya hati kyai kholil bisa berhadapan langsung dg kyai nawawi itu . beliau sungkem dihadapan beliau . tak terukur seberapa besar kebahagiaan beliau ketika itu . saling ngobrolpun berlangsung . dan sampailah pada puncak tujuan .

" sampeyan dari mana gus ? " tanya kyai nawawi .

" saya dari madura " . jawab kyai kholil .

" kira-kira ada keperluan apa ya gus ? " .

kyai kholil pun menjelaskan tujuan beliau yang ingin menimba ilmu pada beliau . dengan bahasa yang sangat santun dan yang mencerminkan bahwa kyai kholil nantinya adalah bukan orang sembarangan . kyai nawawi-pun mengerti akan maksud kyai kholil itu . beliaupun berkata :

" lho , kenapa sampeyan datang jauh-jauh kesini untuk menimba ilmu ke-saya ? bukan-kah didekat daerah sampeyan terdapat se-seorang yg sangat 'alim , sangat zuhud dan sangat wara'nya ? kenapa sampeyan tak menimba ilmu pada beliau saja ? " . kata kyai nawawi .

" ngapunten ( maaf ) kyai ... siapakah yang kyai maksud tadi ?" . tanya kyai kholil penasaran.

" lha itu ! kyai yang ada dipasuruan itu !. bukankah saat sampeyan masih kecil dulu sudah pernah kesana ? dan bukankah kyai itu dulu pernah bilang kesampeyan , agar kesana lagi jika sampeyan sudah besar ? " . jawab kyai nawawi .

jawaban kyai nawawi itu membuat beliau membuka kembali kenangan masa kecil dulu . beliau teringat saat diajak ayahandanya bersilaturrahmi ketempat seorang kyai yang bernama sayyid abu dzarrin . namun dalah hati kyai kholil masih ragu , apakah kyai abudzarrin itu yg dimaksud kyai nawawi ? .

" nah , sudah inget kan ? iya betul , kyai abu dzarrin nama beliau . sampeyan sudah lama ditunggu beliau . segeralah kepasuruan dekat desa karangsono itu !" . kata kyai nawawi sebelum kyai kholil menanyakannya siapa kyai yg beliau maksudkan itu .

kyai kholil menyesali kenapa sampai lupa dengan peristiwa dg kyai abu dzarrin dulu ? bukankah kyai itu memang sudah berpesan padanya , disuruh menemuinya lagi disaat dirinya sudah dewasa ?. dan ... kyai nawawi ternyata benar2 seorang kekasih Allah . dari mana beliau tahu sedetail itu, pada peristiwa yg beliau alami dulu dg kyai abu dzarrin ? . subhanallah . . .

akhirnya , kyai kholil-pun menuruti anjuran kyai nawawi agar kembali kejawa timur dan menemui kyai abu dzarrin pasuruan tadi . ada hal yang menarik dalam kisah ini . yaitu sebenarnya sayyid abu dzarrin sudah meninggal dunia 3 tahun yang lalu .kyai nawawi-pun sudah tahu akan hal itu . namun kyai kholil lah yang belum tahu jika kyai abu dzarrin itu sudah wafat . dengan tekad yang sangat kuat , akhirnya beliau menuju ke-pasuruan ketempat kyai abu dzarrin . nah sekarang pertanyaannya adalah , logika apa yg akan kita pakai, jika ada seseorang yang masih hidup, akan menemui bahkan belajar pada orang yang nyatanya sudah meninggal dunia 3 tahun yang lalu ?. kyai kholil memang tak tahu akan hal itu . tapi tetap saja itu adalah hal yg sangat menarik sekali . dan sekali lagi Allah-lah yg mengatur semua itu dan tak ada yg sulit bagiNYA .

setelah sampai dipasuruan , beliau tanyakan tempat kyai abu dzarrin . sudah lama sekali sejak beliau dulu ketempat itu . hingga sekarang beliau lupa tempatnya . sedangkan tiap orang yg beliau tanya dimana tempat kyai abu dzarrin , mereka menyangka yg beliau tanyakan adalah tempat kubur beliau . mereka pun menunjukkan tempat kubur kyai abu dzarrin itu . bagi kyai kholil yg mereka tunjukkan adalah rumah kyai abu dzarrin , bukan kubur nya .

setelah sampai ditempat kyai abu dzarrin , subhanallah ... benar-benar kyai kholil ditemui oleh beliau . seakan kyai abu dzarrin itu benar-benar masih hidup . tak jelas seperti apa proses belajar kyai kholil ditempat kyai abu dzarrin saat itu . yang jelas , hingga kini dimakam kyai abu dzarrin terdapat sebuah tulisan didinding yg menceritakan pertemuan dan belajarnya kyai kholil dengan kyai abu dzarrin at-tuqa ( kyai tugu ) . dan peristiwa itu sudah menjadi sebuah kisah yg selalu disampaikan disaat acara khaul akbar sayyid abu dzarrin dipasuruan . bahkan hingga kini dari pihak anak cucu kya kholil selalu mengirimi beras kepasuruan untuk acara khaul tersebut .

wallahu a'lam bis-shawab

terima kasih .

abi alkhoir zakky nafis .



selesai


1 komentar:

SubhanAllah 'azzaAllah. SubhanAllah jallAllah!!

Ahmad


Poskan Komentar

setelah baca2 ... isi dong commentnya . ok ! kutunggu ya

baca ini :

- Barang siapa yg berpendapat bahwa silsilah nasab dari Basyaiban dan adzamat khan itu Rancu , maka saya balik tanya : yg rancu itu silsilah nasabnya atau org2-nya yg mencari tahu ?

- Dan Barang siapa yg dengan " mudahnya " menvonis nasab org lain dg kalimat:" mengaku-ngaku " maka org itu tak ubahnya memperkenalkan dirinya dg nama : " inilah aku sibodoh ! " .
silsilah nasab itu satu hasanah warisan leluhur yg
sudah diyakini kebenarannya oleh yg punya dan tak bisa diatur disatu lembaga , . yg penting kt ini tdk sok menyalahkan kepuya'an org lain . sejarah adalah masa lalu .. dan masa lalu itu ghaib , milik Allah ! . dan tak satupun pakar sejarah yg berani bilang : ini dia ! penemuanku 100 persen yg paling benar !! yang lain ? salah dan mengaku-ngaku !! "

= abi el-khoir Bin Muh Noer Rosul Basyaiban
PP AT-TAQOWWIYAH - ndresmo - sby
=


________________________
pemberitahuan poro sanak . . .

blog ini sengaja saya buat agar menjadi ajang silaturrahmi antar sanak ndresmo - pasuruan - dungduro - kemlaten -ampel - mbungah gresik - berbek - malang - sidoarjo - pumpungan - mojokerto dll . bahwa kita ini adl saudara sesama dzurriyah baginda nabi SAW .

diblog ini tak akan ada penolakan silsilah karena itu sudah menjadi keyakinan masing2 . yg dipentingkan disini adl silaturrahmi poro sanak . karena bagi kami , orang yang dg mudahnya menolak silsilah nasab orang lain itu cuma menunjukkan kurang fahamnya mereka terhadap sejarah dan perwatakan leluhurnya sendiri . tak kenal maka tak tahu . tak tahu maka tak sayang . tak sayang maka tak ada niatan untuk menyambung silaturrahmi . ok ! . . .

mari kita bersama menyambung silaturrahmi sesama saudara senasab . baik yg tercatat atau yg belum tercatat . agar bisa nyambung lagi . bukannya malah memutus yang sudah ada . kita dan keluarga kita sendirilah yg lebih tahu silsilah kita . dan wajib hukumnya untuk menjaganya ... suwun


NB :
agar blog ini akan penuh dg kisah para sesepuh kita atau artikel2 lainnya , maka dg sangat berharap agar anda2 sekalian mengirimkan kisah para sesepuh2 anda atau artikel2 anda utk dipublikasikan di blog ini . . . atau anda ingin salah satu keluarganya ditampikan disini ? kirim aja foto dan silsilah beserta kisah2 disini .saya tunggu ! kirim lewat email saya di : zaky_nafis@yahoo.co.id atau coment diblog ini . . .

wassalam
abi alkhoir bin muh. nur rosul - ndresmo

DIHARAMKAN MENGAMBIL FOTO2 YG ADA DIDALAM BLOG INI


Artikelku yg laen yg ada di abikumanis.blogspot.com . bisa dibaca disini :

___________________

Pengalaman spiritualku
___________________

Ternyata ini adalah Aku dulu
___________________

Tiang listrik itu bikin malu aku
___________________

Tolong . . . ! Burungku Hilaang !
___________________

Thanks bi ! Masakannya Mantabs!
___________________

Koleksiku Film Sejarah Islam
___________________

Kisahku dg Kyai itu ( malu aku )
___________________

lho? kok smua jd bau gini seh ??
___________________

Warga NU wajib ke PKB ?
___________________

Kisahku dan sibapak itu
___________________

Aku di masa doeloe & Sekarang
___________________

Ah, senengnya jd diri sendiri
___________________

Biografi santri desa
___________________

Tentang poligami ?
___________________

busana para bini kita 1
___________________

busana para bini kita 2
___________________

busana para bini kita 3
___________________


Followers