Friday, August 18, 2017

BUYUT FATAH - SEGOROPURO PASURUAN

Buyut Fatah yang berjuluk pangeran joko segoro lantaran beliau dapat berjalan diatas air, konon beliau adalah keponakan ipar dari Sayyid Arif segoro puro. ada yg bilang beliau ini saudara ipar sayyid arif segoropuro. dan ada yg bilang lagi beliau adalah putra dari sayyid arif itu sendiri. dan tak menutup kemungkinan juga buyut fatah ini adalah saudara dari istri sayyid arif yang artinya beliau adalah salah satu anak dari sayyid sholeh bin syarif hidatulloh sunan gunung jati.





makanya makam beliau juga masih tak jauh jauh dari makam sayyid arif bin abdurrahman basyaiban disegoropuro. tapi apapun pendapat yg berkembang tentang diri buyut fatah ini, tetaplah beliau adalah salah satu dari keluarga basyaiban atau adzamatkhan . 





mungkin ini satu kesalahan besar bagi seseorang atau siapapun dengan sengaja menyimpan dan merahasiakan urutan silsilah nasab buyut fatah ini. sebab beberapa tahun yang lalu masih terlihat urutan silsilah nasab beliau. namun ngga' tau apa yg terjadi hingga tiba2 tulisan itu seperti hilang ditelan bumi dan tak ada yang tahu. tapi saya meyakini (dapat bocoran) masih ada salah seorang yg masih menyimpan tulisan silsilah nasab beliau itu . siapa tahu dg adanya blog ndresmo ini, akhirnya pemegang tulisan silsilah itu akan mau menunjukkannya . amin .

- meski tak begitu banyak, tapi dindresmo terdapat anak cucu dari keturunan beliau. bahkan peninggalan satu-satunya dari mbah fatah ini masih bisa dilihat hingga sekarang yaitu berupa mushollah /langgar kecil. tentu keberadaan langgar kecil itu bukan sekedar langsung jadi dan nggak ada sejarahnya begitu saja. namun dengan berdirinya langgar mbah fatah itu, juga meninggalkan kisah yang menarik yang sudah bukan rahasia lagi dikalangan anak cucu beliau dan penduduk ndresmo lainnya. begini kisah ringkasnya :



Pada Suatu ketika beliau diutus oleh Sayyid Arif bin abd.rohman basyaiban untuk berkunjung kendresmo. entah tujuan yang pasti apa. tapi semua tahu bahwa dindresmo terdapat putra dari saudara beliau yg tinggal disana. yaitu sayyid ali akbar bin sayyid sulaiman (sayyid sulaiman adalah adik kandng sayyid arif). nah dari sinilah bisa terlacak kenapa beliau sayyid arif menyuruh buyut fatah datang ke ndresmo. bisa jadi bertujuan beliau ingin tahu kabar dan kondisi putra saudaranya tersebut. 

atau diperintah untuk membantu sayyid ali akbar utk bersama-sama  mengembangkan syiar islam disana. namun menurut analisaku, sayyid arif menyuruh buyut fatah kendresmo bukan untuk membantu syiar sayyid ali akbar dindresmo, namun hanya sekedar mengunjungi dan ingin tahu keadaan kondisi putra saudaranya itu. terbukti makam beliau bukan dindresmo tapi disegoropuro berkumpul dg tempat makam sayyid arif bin abd rohman. mana yang benar ? wallohu a'lam bisshowab .
yang pasti sayyid arif menyuruh buyut fatah kendresmo dg memberi oleh2 berupa kayu besar yang bertujuan untuk dipakai membangun sebuah mushollah kecil dikampung ndresmo itu. bayangkan saja, sebuah kayu besar dan panjang tentunya berat untuk membawanya. apalagi jika jarak antara pasuruan dan ndresmo surabaya itu tidak dekat. nah, bagi para kekasih allah jika sudah diperingan urusannya dg allah, maka tak ada yg sulit utk membawa kayu besar itu. yaa hal ini gak perlu kita heran. kejadian sepeti itu sudah pernah terjadi sebelumnya kok. lihat aja kisah sunan kudus utk mendapatkan menara kudus itu. atau kisah sunan sendang duwur yang membawa sisa-sisa kayu pembangunan masjid ampel dan dibawa kelamongan itu. semuanya terjadi dg mudahnya karena dipermudah oleh kuasa allah lewat do'a para kekasihNYA itu .
dari perintah tersebut, pada akhirnya kyai fatah berangkat menuju kesurabaya tepatnya kampung ndresmo yg beliau tuju. gak ada kejelasan dg pasti beliau naik kendaraan apa kesurabaya. menurut kisah yg banyak beredar sejak dulu beliau dengan mengendarai kuda. yang jelas perjalanan itu gak semulus yg beliau duga. karena saat itu adalah masa penjajahan belanda yg begitu kejamnya terhadap orang pribumi. terlebih terhadap para ulama dan kyai.


wah ! para kolonial belanda pasti akan sangat memusuhi. maka tak heran jika sepanjang jalan setiap dusun atau kota psti terdapat penjagaan ketat oleh para kolonial belanda. spt halnya didaerah porong yang dulunya terdapat jembatan penyebrangan. semua yg ingin menyebrang harus melalui persetujuan penjaga belanda. dan tiba giliran kyai fatah inilah belanda mencurigai beliau dan tak di-izinkan untuk menyebrang. 

dari pada nantinya akan ada pertengkaran dg pihak belanda, maka kyai fatah pun mengalah. bagi kyai fatah, tak diizinkan ikut menyebrani jembatan itu bukanlah satu hal yang menyulitkan. dengan ilmu dan kesucian hatinya beliau memanjatkan doa kepada Alloh agar perjalanan beliau yg mengemban amanat dari sayyid arif segoropuro ini diberi kelancaran. dan doa beliau memang diijabah oleh Alloh SWT. terbukti dengan adanya kyai fatah meneruskan perjalanan dg tidak melewati daratan. tapi beliau dengan menunggang kudanya berjalan diatas air disepanjang sungai itu hingga sampai kesurabaya. ya! berjalan diatas air ! itulah sebuah karomah yg diberikan Alloh pd setiap kekasihnya.
dari perjalanan tersebut sampailah beliau kesurabaya dan berhasil memasuki kampung ndresmo. setelah menemui para kerabat2 dekatnya dan menyampaikan salam untuk sayyid ali akbar dari sayyid arif segoropuro, maka beliau segera membangun sebuah mushollah dengan kayu besar pemberian sayyid arif segoropuro yg dibawanya dari pasuruan untuk digunakan sebagai tiang utama. tak lama, jadilah mushollah tersebut yang hingga kini masih dirawat oleh para anak keturunan kyai fatah tersebut. begitulah kisah singkat buyut fatah dan pembangunan mushollah tersebut.
sebuah sejarah pastilah tidak akan tepat seutuhnya. yg pasti ada kekurangan atau apapun. namun sekali lagi, itulah sejarah! yang harus kita ambil manfa'at dan hikmahnya. silsilah beliau memang masih disembunyikan. namun yg jelas beliau masih dzurriyah nabi SAW yg tak akan keluar dari bani basyaiban dan adzamatkhan. dan semoga para anak keturunan beliau (kyai fatah) akan senntiasa diberikan Alloh dg mendapatkan kebarokahan ilmu dan kesucian hati beliau. 

karena bagaimanapun, beliau adalah salah satu orang2 yg mencintai dan dicintai Alloh SWT. amin. dan tak lupa bagi kami khususnya pemilik blog ndresmo ini juga mengharapkan mendapat barokah dan kemanfa'atan dari beliau . amin . 



- sumber mas ahmad marzuqi bin zein (keturunan dari kyai fatah)

karya tulis muhammad khoir basyaiban




8 comments:

  1. sayid hasan madinah putra sayid arief, makam ada di bohar sepanjang

    ReplyDelete
  2. > waduh mas , kang , pak atau siapalah ..
    kok singkat amat ngasih komentnya ?
    saya kurang faham maksudnya . apakah sayyid hasan itu adalah kyai fatah ? atau tokoh lain yg juga putra sayyid arif segoro puro ?
    oh , iya .. bohar sepanjang itu daerah sidoarjo kan ? kalau saya tahunya ngelom sepanjang . apa deket ya dari ngelom ?

    mohon infonya ya .. krn sangat penting buat data kami .. terima kasih ..

    ReplyDelete
  3. meneruskan yang diatas.

    dari beberap sumber di internet, aku baca Sayyid Hasan ini bukan putra Sayyid Arief, melainkan keponakannya dari Sayyid Sulaiman, jadi saudara kandung dari Sayyid Ali Akbar.

    Makam Sayyid Hasan Madinah sendiri ada di desa Bohar, daerah Sepanjang.

    waLlahu a'lam

    ReplyDelete
  4. maaf mbah...di ikhlasin j lah mbah...
    jngn pelit2 informasi dan ilmu pengetahuannya..
    diberi himbauan j, "jika mau copat dari blog ini ksh link ato apalah...hehehee..piss"
    coba smisal mbah sendiri smisal download sesuatu contohnya lagu,sholawat ato yg lainnya dn itu yg asli yg pny rekaman g ikhlas dg bajakan..gmn coba??cz download kn sama halnya dg bajakan..
    maaf hanya saran j kpd admin dn para kru-nya j,,

    ReplyDelete
  5. Sayyid Ali Arif Abdurrahim, mempunya i walad :
    1. R. Sayyid Abdullah :
    1.1. R. SAYYID ABDULLAH FATTAH (BUYUT FATTAH)
    2. R. Sayyid Abdurrahman
    1.2. R. SAYYID HASAN

    ReplyDelete
  6. mksih infox y sayyid hbib yai abi...
    .^_^.

    ReplyDelete
  7. maaf sebelumnya,bohar itu bukan termasuk Sepanjang.

    ReplyDelete

setelah baca2 ... isi dong commentnya . ok ! kutunggu ya

ADSENSE

ADSENSE

MAMPIR


html5 tutoriels - cheap morocco desert tours