Sayyid Iskandar Bin Sayyid Ali Akbar




diantara putra-putra sayyid ali akbar , sayyid iskandarlah yang paling unik perjalanan hidupnya .beliau sangat sayang pada ibundanya hingga nyawa sebagai taruhan demi ibundanya .

setelah kelahiran adik beliau yaitu sayyid ali ashghor , beliau meneruskan perjuangannya dalam melawan penjajahan belanda .seperti ayahandanya yang dulu yakni sangat merepotkan pihak kolonial belanda , sayyid iskandar pun juga tak kala merepotkan mereka . beliau tuh oranya tinggi besar berkulit putih dan penyabar sesungguhnya . tak banyak bicara . sangat 'alim , zuhud dan wara' . terkenal dengan ahli ilmu alat ( nahwu , sharaf ). berwajah jawa-arab . namun meski penyabar , jika sudah berhadapan dengan penjajah belanda yg dholim , maka tak ada ampun lagi . beliau lebih suka melawan belanda tanpa harus melibatkan keluarganya . tidak saudaranya juga tidak para santri-santrinya yang berada di-ndresmo . beliau selalu tahu kapan ada rombongan belanda yang akan melewati jalan yang beliau kuasai . maka tak pernah ada satu orang belandapun kala itu yang bisa menghadapi beliau . senjata apapun yg dibuat melawan beliau hampir dipastikan tak ada artinya .

ada kelebihan dari beliau yang sudah bukan rahasia lagi . beliau sangat cepat dalam bergerak . jika orang biasa menempuh perjalanan dengan sejam , maka beliau sampai dalam waktu sangat sebentar . beliau pernah membuat mata para belanda tak bisa melihat pesantren ayahandanya yg ada dindresmo . seakan pesantren itu hilang dan musnah . ada lagi yang beliau punya yaitu ilmu semacam rawerontek ( bila tubuhnya dipotong maka kembali nyambung lagi ) . nah jadi hanya seorang sayyid iskandar saja , sudah membuat para tentara belanda kalang kabut . kalaupun tertangkap , itu hanya semata-mata unsur kesengajaan dari beliau sendiri agar bisa semakin banyak yang beliau hadapi, dan itupun sudah menjadi strategi perang gerilya beliau untuk membantu mempermudah penyerangan para pejuang lain seperti pamannya sayyid baqer .

meski banyak hal dan tugas yg beliau hadapi , namun beliau masih sering menyempatkan diri untuk pulang kerumah yg saat itu ibundanya masih di sidoarjo bersama adik paling kecilnya sayyid ali ashghor . beliau dengan telaten ikut membantu ibundanya dalam mendidik sayyid ali ashghor dalam hal ilmu agamanya . jika sudah selesai , maka beliau berjuang lagi seperti biasanya . beliau jarang kedesanya sendiri, ndresmo . itu semata-mata agar desa suci itu tak dilibatkan oleh para penjajah dan para santripun bisa belajar dg tenang . makanya jika menyerang belanda beliau mencari tempat yang jauh dari ndresmo .

pihak belanda sangat marah sekali karena cuma seorang saja kok bisa membunuh para tentaranya sangat banyak . dan apalagi kebiasaan sayyid iskandar adalah, jika habis melawan rombongan tentara belanda dan berhasil membunuh semuanya , maka beliau ambil senjata mereka . lalu beliau menyerahkan seluruh senjata2 itu pada seseorang yg berbadan gemuk penjual kue yang biasa disebut 'mbah edhor'( makamnya juga disekitar makam beliau ) . oleh mbah edhor senjata2 itu dibagi-bagikan kepara pejuang yang dipimpin paman sayyid iskandar sendiri yaitu sayyid baqer didaerah nggeluran surabaya .

kemarahan belanda sudah memuncak . maka segera mereka membuat sayembara barang siapa yg bisa membunuh sayyid iskandar akan diberikan sebidang tanah dan uang . banyak yang mendaftar , namun tak ada satupun yang bisa mengalahkan beliau . hingga akhirnya tersebutlah se-orang pribumi sendiri yang kebetulan sangat mengenal beliau . dia sangat meng-inginkan hadiah itu . dia cuma bisa memberitahukan kelemahan sayyid iskandar . mendengar akan hal itu , para belanda sangat antusias mendengarnya . orang pribumi ( jawa ) itu mengatakan :

" untuk membunuh beliau memang sulit . tak ada yang tahu kelemahan kesaktian beliau . hanya satu yang saya tahu , beliau itu sangat sayang dan menghormati ibundanya . tangkap ibunya ! pasti beliau akan menyerahkan diri " .

namun usul itu masih membuat orang2 belanda masih ragu . mana mungkin mereka bisa menangkap ibunda sayyid iskandar , sedang beliau sedang dalam perlindungan sayyid imam asy'ari singonoto disidoarjo desa singkil ( kalau g' salah nama desanya ) . sedangkan pemerintah belanda yg berada disidoarjo saja sudah cukup dibikin repot juga dengan kesaktian sayyid imam tersebut . akhirnya orang pribumi yg membuat usul tadi berjanji akan mengajak sayyid imam keluar dari rumahnya dg tipu dayanya . sebab dia sudah kenal baik dan sering bertemu dg sayyid imam itu .

singkat kisah , dengan tipu daya yang sangat halus akhirnya orang pribumi itu berhasil mengajak sayyid imam keluar ( entah alasan apa yg dia pakai ) . maka para tentara belanda berhasil menahan ibu sayyid iskandar . bagaimana dengan sayyid ali ashghor ? saat itu beliau tak berada dirumah . sedang bermain seperti layaknya anak kecil lainnya . semua Allah yang mengaturnya .

mendengar ibundanya ditangkap , sayyid iskandar sangat marah sekali . namun karena ancaman belanda yang akan membunuh ibundanya jika tak menyerahkan diri , maka beliau segera berangkat untuk menyerahkan diri . dihadapan para pemerintah belanda beliau rela menyerahkan diri dan dihukum mati asal ibundanya dibebaskan . dan satu sarat lagi yg beliau sampaikan pada belanda , yaitu semua syarat yang pernah ayahanda beliau ( sayyid ali akbar ) ajukan pada kolonial belanda agar ditepati.

pemerintah kolonial belanda menerima syarat yg diajukan beliau hanya didepan beliau saja . sekedar tipuan maksudnya . maka segera beliau dieksekusi mati . namun sebelum dieksekusi mati , orang pribumi yg berkhianat tadi menambah informasi yg dia tahu tentang sayyid iskandar . bahwa setelah ditembak , tubuh beliau harus dipotong menjadi dua dan dikuburkan di-dua tempat . maka infirmasi itupun diterima baik oleh pihak belanda . eksekusi-pun dilaksanakan . namun tak ada satu senjata pun yg mampu menembusnya . berkali-kali mereka muntahkan peluru , namun tak membuat beliau luka . sampai akhirnya sayyid iskandar berkata :

" kalian akan bisa membunuhku jika kalian berjanji lagi melaksanakan semua tuntutan dan perjanjian yg kita sepakati " .

akhirnya belanda berjanji untuk itu . dan beliaupun wafat . lalu tubuh beliau dipotong menjadi dua bagian dan dikuburkan di 2 tempat yg berbeda .

dasar memang belanda situkang tipu . setelah berhasil membunuh sayyid iskandar , mereka mengingkari janji yg telah disepakati . ibunda sayyid iskandar tak dibebaskan . malah berencana dipakai umpan untuk menangkap pejuang2 lainnya dari keturunan sayyid ali akbar . sebenarnya orang pribumi yg berkhianat tadi sudah mengingatkan pemerintah belanda agar segera menepati janji mereka pada sayyid iskandar . tapi mereka malah tertawa dan tak menghiraukannya .

" buat apa menuruti janji pada orang yang sudah mati ? " . begitu kata mereka .

tiga hari telah berlalu , namun pihak belanda tak kunjung membebaskan ibunda sayyid iskandar . akhirnya terjadilah suatu hal yang menghebohkan . ternyata suatu hari sayyid iskandar hidup lagi dan memporak-porandakan pasukan belanda disegala tempat . beliau langsung ketempat markas dimana ibundanya ditahan .

" sekali lagi saya katakan , sampai kapanpun jika kalian mengingkari janji kalian , maka aku akan menghabiskan kalian semua " .

ancam beliau dihadapan para pemimpin pemerintah kolonial belanda .jelas hal itu membuat para tentara belanda ketakutan . itu adalah hal yg mustahil terjadi menurut mereka . gimana engga' ? wong tadinya sudah dibunuh dan dikuburkan kok sekarang muncul lagi ? .maka akhirnya para tentara belanda membebaskan dan mengantarkan pulang ibunda beliau langsung dirumah beliau yg asal, yaitu desa ndresmo . setelah itu sayyid iskandar dieksekusi lagi dan dipotong lagi tubuhnya menjadi 2 bagian . yg satu bagian dikuburkan dibungkul dan yang satunya lagi atas perintah beliau didaerah koanyar madura dipesisir pantai .

nah setelah itu pemerintah kolonial belanda tak berani lagi meng-ingkari janjinya pada sayyid ali akbar dan sayyid iskandar , putranya .

adapun perjanjiannya sudah saya sebutkan sebelumnya diartikel :
'sayyid ali akbar bin sayyid sulaiman' .

terima kasih

abi al-khoir zakky nafis .


Comments

  1. walau sebentar alhamdulillah Allah telah menjadikan saya murid dresmo

    ReplyDelete

Post a Comment

setelah baca2 ... isi dong commentnya . ok ! kutunggu ya

Popular posts from this blog

KISAH NYATA MEYAKINKAN SILSILAH DG CARA SPIRITUAL

GUS 'UD ( kyai ali mas'ud )

Kisah Unik : Sayyid Arif segoropuro & Sayyid Sulaiman Kanigoro