Friday, August 18, 2017

SAYYID ALI ASGHOR BIN SAYYID ALI AKBAR NDRESMO


sudah saya kisahkan tentang ayah beliau (sayyid ali akbar) yg di asingkan oleh belanda dinegara mereka. namun bukan berarti pemerintah kolonial belanda merasa aman dan tenang dg sudah tiadanya sayyid ali akbar. mereka lupa bahwa beliau mempunyai beberapa putra laki-laki yang semangat juangnya sama dg ayahanda beliau . ter catat nama2 putra sayyid ali akbar sebagai berikut :














sayyid badruddin , sayyid ghozali , sayyid ibrahim , sayyid abdullah , sayyid iskandar dan sayyid ali ashghor ( masih dalam kandungan ) .

karena kondisi yang sangat genting karena selalu dalam pengejaran belanda , maka atas saran paman mereka yaitu sayyid baqer agar seluruh keluarga kakaknya ( Sayyid ali akbar ) jangan saling berkumpul karena nantinya akan mempermudah tentara belanda menangkap mereka . maka para putra-putra sayyid ali akbar berpencar untuk meneruskan perjuangan ayah mereka . seperti saudara tertua sayyid badruddin berpindah didaerah surabaya juga yg sekarang terkenal dg tugu pahlawannya . lalu sayyid ghozali dan sayyid ibrahim berpindah kepasuruan agar masih dalam pengawasan sahabat karib ayah mereka yaitu sayyid hasan sanusi ( kyai selaga ). lalu sayyid abdullah berpindah kesuatu tempat yg saya kurang jelas dimana tempatnya . sedang sayyid iskandar berpindah yang ngga' jauh dari desa ndresmo yaitu daerah bungkul . itu dikarenakan agar sayyid iskandar masih bisa memantau dan menjaga ibundanya yg sedang hamil tua





dikisahkan , sayyid iskandar itulah yang paling sering menjenguk dan mengatur segala sesuatu untuk ibundanya . sedangkan pesantren ayahandanya yang dulunya tentram dan damai kini dalam pengawasan ketat pemerintah belanda . sayyid iskandar berpesan pada para senior santri agar tetap menjalankan pesantren seperti biasanya namun tidak usah ikut pergerakan perjuangan dulu untuk sementara waktu. itu dimaksudkan agar membawa kesan bagi tentara belanda bahwa psantren peninggalan sayyid ali akbar bukan tempat yg berbahaya dan hanya tempat untuk mencari ilmu agama . namun itupun masih membuat khawatir pemerintah belanda . mereka berencana tetap akan mengawasi pesantren itu setiap hari .

mendengar akan hal itu , sayyid iskandar tak tinggal diam . beliau suatu ketika yang sepi dimalam hari mengelilingi lokasi pesantren itu dengan berdo'a pada Allah agar menyelamatkan pesantren itu dari tentara belanda . dengan segenggam pasir beliau taburkan . tentunya dg do'a-do'a yg telah beliau baca ( jadi teringat yang dilakukan baginda nabi saat rumah beliau dikepung oleh kaum kafir qureisy dulu ). lalu apa yg terjadi ? sejak itulah setiap kali tentara belanda memasuki desa ndresmo bertujuan kepesantren , mereka sama sekali tak menemukan lokasi pesantren tersebut . seakan musnah dan tak terlihat oleh mata mereka . hingga para tentara belanda menganggap pesantren tersebut sudah dibongkar dan tak ada lagi . padahal sesungguhnya pesantren itu tetap utuh dan beroprasi seperti biasanya . subhanallah ...

atas keputus asaan kolonial belanda karena kehilangan pesantren itu , akhirnya mereka berencana mencari dan menangkap para putra-putra sayyid ali akbar . karena selagi mereka masih ada , maka perjuangan ayahanda mereka terus berlanjut . namun rencana itupun sia-sia belaka karena para putra2 sayyid ali akbar sudah sulit ditemukan . ya kerena mereka semua sudah tak menetap di-ndresmo lagi . kini pemerintah belanda terfokus pada istri sayyid ali akbar yang masih mengandung jabang bayi itu . mereka berencana agar bayi itu harus terlahir atas pengawasan belanda dan akan dirawat oleh pemerintah belanda . itu dimaksudkan agar kelak bayi itu bisa membuat para saudara2-nya berhenti memusuhi pemerintah belanda .

mendengar rencana belanda seperti itu , sayyid iskandar tak tinggal diam lagi . segera beliau selamatkan ibundanya yg sedang hamil tua itu ketempat family dekatnya yang ada disidoarjo yang bernama sayyid imam asy'ari singonoto bin badruddin bin abdurrahman bin ali al'arif ( kakak sayyid sulaiman ). kalau tak salah tempat itu bernama desa singkil ( ada yg tahu ? ) . selang tak seberapa lama ditempat kyai imam tersebut istri sayyid ali akbar melahirkan bayi lelaki yang mungil . ada yang unik dari bayi ini . dia terlahir dengan dada kanan terdapat semacam toh atau tato bawa'an lahir yg bertuliskan surat al-ikhlas . sungguh luar biasa bayi ini . dan atas pesan suaminya dulu maka bayi itu diberi nama sayyid ali ashghor.

 .


mendengar berita kelahiran bayi itu tentara belanda segera berangkat kesidoarjo agar bisa membawa bayi itu dan diserahkan kepemimpinnya . segera sayyid iskandar terlebih dulu memberitahukan pada ibundanya dan pamannya sayyid imam atas apa yg akan dilakukan tentara belanda . tanpa buang2 waktu sayyid imam menyuruh santri2 nya membuat kuburan kecil palsu . pada saatnya nanti jika tentara belanda tersebut datang akan beliau tipu bahwa bayi itu sudah meninggal dunia saat lahir . sedang bayi sayyid ali ashghor sendiri akan disembunyikan . dan aneh , setiap bayi itu digendong orang lain termasuk putri sayyid imam , pasti menangis . namun jika digendong ibundanya sendiri diam dan tenang . akhirnya istri sayyid ali akbar itu bilang :

" sudahlah ... kalian lakukan saja apa yang akan kalian lakukan terhadap tentara belanda itu . sedang putraku ini biarlah aku saja yang menyembunyikannya " .

tentara belanda sudah mendekati rumah sayyid imam . segera seluruh penghuni rumah itu bersiap-siap menghadapi mereka . ibunda sayyid ali ashghor yg masih dalam keadaan nifas dan lemas setelah menyusui bayinya segera membawa bayi itu kebelakang . beliau mencari tempat yang pas untuk dibuat menyembunyikan bayinya . terlihat disitu ada sejenis kuali atau tempat yang biasa dipakai memasak nasi diatas tungku perapian . namun saat itu tungku api itu tak menyala . setelah kuali ( bener itu kan namanya ? kalau salah betul kan dong ) itu dibuka ternyata didalamnya ada beras dan sedikit air . pertanda akan segera dimasak . karena sudah tak ada pilihan dan waktu lagi , akhirnya beliau memasukkan bayinya itu kedalam kuali yg sudah ada beras dan airnya itu . beliau berpikir tidak akan ada apa2 karena apinya tidak dihidupkan . sang bunda berdoa pada Allah agar memberi keselamatan pada bayinya .

kenapa kuali yg sudah siap beras dan air tadi kok api tungkunya tidak menyala ? ternyata itu adalah kelalaian santri juru masak kyai imam yg belum menyalakan apinya . begitu dia ingat segera menuju ketempat memasak dan menyalakan api tungku itu . dia tak memeriksa terlebih dulu apa isi kuali tersebut . dia pikir sudah jelas isinya yaitu beras . karena dia sendiri yg telah memasukkannya . tanpa berpikir panjang segera dinyalakan api tungku tersebut . nah sudah .. pikirnya legah . lalu dia kembali ketempatnya semula sambil menunggu nasinya masak . coba bayangkan , apa jadinya jika istri sayyid ali akbar mengetahui hal itu . pasti beliau menangis dan menjerit karena didalam kuali itu ada bayinya yg baru lahir . dan coba bayangkan , apa yang terjadi jika ada bayi yang digodok ( dimasak ) secara sengaja ... pasti mateng dan mati kan ? .. tapi ingat , kejadian ini diluar pengetahuan juru masak tadi lho .







tiba saat nya tentara belanda datang . tanpa panjang lebar mereka menanyakan bayi yg baru lahir tersebut . kyai imam menemui mereka . beliau mengatakan bahwa bayi itu sudah meninggal saat dilahirkan . jelas tentara belanda itu tak percaya dan ingin bukti . akhirnya kyai imam menunjukkan letak kuburan kecil palsu dibelakang rumah beliau . namun belanda tetap saja tak percaya . mereka memaksa untuk di-izinkan membongkar kuburan itu . karena sudah darurat keadaannya , akhirnya kyai imam mengizinkan mereka membongkarnya . namun kyai imam tak tinggal diam . beliau membacakan satu do'a dengan lirih agar tak diketahui tentara itu . apa yang terjadi ? disaat perlengkapan menggali tanah sudah disiapkan , eh ternyata mereka lupa dengan apa yang akan mereka kerjakan . aneh kan ? tiba2 mereka melepaskan cangkul yg tadinya akan dibuat menggali kubur itu dan berkata :

" ehh kyai ... bolehkah saya memeriksa rumah kyai ? " . nah lo ? kok tiba2 lupa dg urusan penggalian tadi ya ... hehehe .

" oh silahkan saja tuan-tuan periksa " . jawab kyai imam .

para tentara belanda itupun memeriksa disegala penjuru rumah kyai imam . mereka berharap bisa menemukan bayi itu . hingga kebelakang rumah tempat memasak pun mereka periksa . disitu terlihat bara api yg ada dibawah kuali . mereka pikir mana mungkin bayi itu disembunyikan didalam kualin yang ada bara apinya tersebut . pasti bayinya mateng dan mati jika memang ada . akhirnya selesai sudah tentara2 itu menggeledah rumah kyai imam . tanpa hasil . dan para tentara itupun pamit pergi pada kyai imam .

sekarang beralih ke istri sayyid ali akbar . melihat tentara belanda telah pergi , beliau sangat gembira sekali . anak-ku selamat ... pikir beliau . segera beliau pergi kebelakang . dan apa yang terjadi ? beliau menjerit keras saat melihat kuali tersebut tungku apinya membara . beliau pikir bayinya sudah meninggal dan mateng . mendengar jeritan beliau semua orang datang termasuk kyai imam . beliau menceritakan semuanya pada kyai imam . maka kyai imam pun ikut kaget, marah dan menyalahkan santri yg menyalakan tungku api tersebut . tapi apa boleh buat . segalanya sudah terlanjur .










dengan langkah yg lemas dan tangisan seorang ibu, istri sayyid ali akbar mendekati kuali yang sangat panas tersebut .beliau berpikir bayinya itu sudah meninggal dunia. tapi minimal beliau ingin melihat jasad bayinya jika sudah meninggal. namun apa yg terjadi ? setelah tutup kuali itu beliau buka, ternyata didalamnya bayi sayyid ali ashghor masih segar bugar. bayi itu tersenyum sambil memasukkan jempol tangannya yang lucu kedalam mulutnya. semua kaget melihat kejadian itu. sungguh luar biasa seorang bayi terpanggang didalam kuali yg sangat panas dalam waktu yang lumayan lama ternyata masih hidup dan segar bugar . subhanallah ... itulah kisah kelahiran sayyid ali akbar yang nantinya banyak menurunkan tokoh2 ulama besar dindresmo dan lainnya .


hari berganti bulan dan terus berganti tahun akhirnya sayyid ali ashghor sudah besar meski belum dewasa. ibundanya sangat telaten dan sabar dalam mendidik putranya itu. konon disatu riwayat, sayyid ali ashghor belajar ilmu agama langsung ke-ibunya dan saudara-saudaranya secara bergilir. antara sayyid badruddin, sayyid ghozali , sayyid ibrahim dan sayyid iskandar saling bergantian waktu untuk mendidik adiknya itu . karena para kakak2-nya adalah target pencarian belanda maka cara mengajarnya pun secara sembunyi2 . akhirnya berkat pendidikan dari ibunda dan saudara2 beliau jadilah sayyid ali ashghor seorang yg 'alim , pemberani , zuhud dan wara' .


singkat kisah beliau menikah dengan putri sahabat dan family dekat ayahnya ( sayyid hasan sanusi ' kyai selaga' ) yang bernama 'Dewi Muthi'ah' atau nyai muthi . itu karena sudah menjadi keinginan orangtua mereka dulu untuk besanan . tercatat dari hasil perkawinan beliau dengan nyai muthi mempunyai beberapa putra dan putri . antara lain :


Robi'ah - Tamim - Sahal - Mujahid - 'Amiroh - Ruqoyyah - Nadhifah - 'Azimah - Sholihati ( atau mungkin masih ada yg lainnya ? allahu a'lam ) .
saya menuliskan beberapa putra-putri sayyid ali ashghor berdasarkan tulisan silsilah kuno yg saya lihat . untuk adanya khilaf atau tidaknya atau bahkan menolaknya maka saya tak mempunyai kapasitas atau hak untuk itu .


terima kasih





Karya Tulis Muhammad Khoir Basyaiban

10 comments:

  1. mohon maaf seblumnya,saya sangat tertarik dgn silsilah ini, sepertinya ada hub yg dekat sekali dgn sesepuh saya yaitu dari sayyid Abdullah,nama saya Mahfudz, dan Insya Allah kalau saya dah pulang ke Indo saya mau belajar ingin tahu silsilah ini semoga Allah menyatukan silsilah ini degan silsilah sesepuh kami Amin.....( mahfudz di USA telp 1570 906 1917.

    ReplyDelete
  2. @sdr. mahfud....sudah saya coba telusuri, bahkan Ust. Abi Khoiri sudah saya kontok, tks ustd....,tentunya penelusuran sejarah dan silsilah beliau (sayyid abdullah) harus didukung dengan penelitian maupun fakta-fakta pendukung sejarah tentang beliau dan selingkupnya. semoga tersingkap sejarah dan silsilah beliau, SAIFUL ABDULLAH, Bator, Klampis Bangkalan Madura. Cak Fud.....Saya tunggu kontaknya

    ReplyDelete
  3. Assalammualaikum.........
    kang saya Dandy dari jombang saya mau bertanya, menurut cerita dari leluhur saya, bahwa saya masih mempunyai hubungan darah dengan ndresmo saya mendapat cerita begini "bahwa kakek buyut saya yang bernama kh umarhasan itu putra dari kyai branjangan"branjang kawat"" katanya, apa betul cerita itu kang mohon dibantu untuk mencarinya......
    atas perhatiannya terimahkasih...
    Wassalammualaikum wr wb

    ReplyDelete
  4. assalamu'alaikum.. mohon ma'af sebelumnya nama saya yuwono...saya tertarik dengan cerita diatas saya tadi mencob mencari padanan kata singonoto dimana saya ambil dari nama belakang buyut saya yaitu abdul azis singonoto dan masuk dalam blog ini... cerita diatas salah satunya menerangkan mengenai sayyid imam asy'ari singonoto yang saya ingin tanyakan apakah buyut saya garis keturunan dari sayyid imam asy'ari singonoto atao hanya sekedar kebetulan saja dan buyut saya juga berdomisili di sidoarjo...

    ReplyDelete
  5. alhamdulillah, dengan baca blog ini banyak menambah pengetahuan. isinya menarik dan kereeeeen..... 1000 likes untuk blognya kang choir... i'm so proud to be ur relative.... chayooo

    ReplyDelete
  6. asrul bin syafii'eJuly 31, 2014 at 3:10 PM

    apa benar makam mbah badar/badruddin di tugu pahlawan?
    kalau yg di tugu pahlawan itu adalah putra beliau yg bernama amir qosim, sedangkan makam mbah badar/badruddin di bawah makam mbah ali asghor dgn nisan kayu persis dibawah pagar besi...

    ReplyDelete
  7. menarik sekali cerita di atas. sbg bahan ibroh bagi kita semua tentang makna luhur sebuah perjuangan. namun ada hal hal yg perlu dikoreksi. antara sayyid iskandar dan sayyid imam asy'ari terdapat jenjang waktu yg sangat lama. sayyid iskandar merupakan putra sayyid ali akbar. sedangkan sayyid imam merupakan keturunan sayyid arif (saudara kandung sayyid sulaiman) yang ke empat . hal ke dua yg perlu direnungkan adalah, bahwa sayyid imam asy'ari lahir, besar, dan wafat di keboncandi pasuruan. makamnya terletak di daerah keboncandi. jadi, jika benar alur cerita di atas, kemu gkinan besar beliau adalah imam asyari yg laen (bukan singonoto). yg ketiga, sayyid badruddin tidak memiliki putra bernama imam. sayyid badruddin memiliki anak tunggal yg bernama ja'din. wallohu a'lam ...

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah, semoga Allah melindungi keluarga kita..amien ya robal alamin,salam hangat dari keluarga BESAR celep Almh.HJ.MAS SHOLIKHA sidoarjo

    ReplyDelete
  9. Assalamulaikum.. sekedar saran. Jika ingin mengetahui jalur nasab dari sayyid Abdullah. Inshallah keturunannya ada di durin barat gluguran konang kecamatan galis bangkalan...

    ReplyDelete

setelah baca2 ... isi dong commentnya . ok ! kutunggu ya

COBA

COBA

ADSENSE

ADSENSE


html5 tutoriels - cheap morocco desert tours