Friday, August 18, 2017

KH MAS THOLHAH BIN ABDULLAH SATTAR

beliau ini juga salah satu kyai besar pada dekade terakhir ndresmo. hidup sezaman dengan kyai mas muhajir. jika kyai mas muhajir dipesantren annajiyah, maka kyai mas tholhah di pesantren at-tauhid. banyak dikalangan kyai2, habaib dan para pejabat pemerintahan yg mengenal baik beliau .





















beliau itu sangat istimewa orangnya. tiap hari2 nya beliau isi dg selalu membahagiakan manusia lain. mulai anak2 kecil hingga orang2 dewasa . siapapun jika mendengar nama beliau, pasti akan terbayang senyum dan akhlaq beliau yg mulia. yah, banyak para kyai2 sepuh yg mengatakan bahwa kyai tholhah mendapatkan suatu derajat yg tinggi dimata Allah itu tiada lain dari akhlaq dan kesabaran beliau. hingga saat ini orang yg seperti kyai tholhah yg sangat menjunjung tinggi adab , tatakrama belum ditemukan ( atau saya saja yg belum tahu ya ? )

.

kisah-kisah tentang beliau sangat banyak. apapun kisah itu, pasti masih ada hubungannya dg akhlaqul karimah yg selalu beliau bawa. saya sangat mengharapkan bahkan berdo'a pd Allah agar dimunculkan kembali orang2 spt kyai tholhah bin abdullah sattar , kyai muhajir bin manshur dan kyai abu su'ud bin hamid di ndresmo ( maaf, cuma sy sebutkan kyai2 sepuh pd dekade akhir ndresmo ) ..entah itu dari putra2-nya mereka atau cucu2 mereka atau ? siapa aja lah yg dindresmo .



________________________
Kisah kiriman dari pembaca :

ada pembaca artikel ini ( hehe .. tp sy blom nama dia ) yg mengirimkan satu nasihat kyai tholhah bin kyai abdullah sattar terhadap ayah pembaca artikel . begini :

kyai tholhah : nak ... kamu tahu, sabar itu apa ??

abil-fulan : belum tahu kyai . . .

kyai tholhah : sabar itu . . . kuat , tahan , tabah menghadapi suatu perkara yang tidak dikehendaki oleh isi hati . tak cukup sampai disitu aja nak , tapi harus menyadari bahwa perkara yg sama sekali tak dikehendaki oleh hati itu tak ada yg bisa mengatur dan membuat keculi Allah swt . maka dhahir dan batin kita harus selalu berupaya agar bisa cepat keluar dari perkara tersebut dg cara intropeksi dhahir kita sendiri ( tingkah dan perbuatan kita sendiri ) , sedangkan bathin kita harus menangis dan memohon pada Allah . jadi sabar itu bukan hanya berdiam diri saja nak ... sabar itu aktif ga' pasif .. hingga bersabar seperti tadi bisa membuahkan kesuksesan . . .

_______________________________

nah , sekarang saya berharap pada para pembaca artikel ini yg punya kisah atau pengalaman dg kyai tholhah bin abdullah sattar agar mengirimkan pd saya lewat email / coment langsung disini ... insyallah kiriman anda2 akan kami online kan diblog ini ...

terma kasih

Muhammad Khoir basyaiban

PP. ATTAQOWWIYAH - NDRESMO - SURABAYA

15 comments:

  1. kang mas, niki kulo gada crito saking aba kulo,, riyen zaman sugeng kyai tholchah, aba kulo nate di sanjangi kalean mbah yai, ngeten dawuhe, "Le, awakmu ngerti sabar iku opo?", lajeng aba kulo sanjang, mboten kyai, "SABAR iku... kuat, tahan, tabah, ngedepi perkoro seng gak cocok karo isine ati, gak mandek nang kono tok Le, Nyadari bahwa perkoro seng gak cocok ambek isine ati iku mau gak ono seng iso ngarang, gak ono seng iso gawe liyane gusti alloh, trus dhohir bathin'e usaha yo'opo bisane awake iso metu soko perkoro seng gak nyocoki karo isine ati iku mau kelawan coro dhohire mengoreksi awake dewe lan bathine nangis njaluk nang ALLAH.. dadi sabar iku dudu meneng tok Le, sabar iku Aktif ga pasif, sehinggo sabar iku membuahkan kesuksesan"...

    ReplyDelete
  2. suwun kang .. sangat bagus dawuhnya beliau itu .. nah sekarang saya terjemahkan ke bhs indonesia dan sy tampilkan bareng artikel diatas ... terima ksih .. kalo ada kisah2 lain , kirim kesini lagi ya .. atau saran dan kritiknya ..

    ReplyDelete
  3. aku pernah bertanya pada kh. mas abdul khaliq. ia mengatakan bahwa sabar dan tidak ngerasani orang itu adalah menjadi salah satu tirakatnya kh. mas tholhah abdullah sattar.
    numpang tanya juga. tanggal dan bulan kh. mas tholhah abdullah sattar wafat itu berapa?

    ReplyDelete
  4. @ fajar taufik18 : yup betul .. kyai tholhah memang seperti itu orangnya ..

    wah saya lupa tanggal dan bulan-nya beliau wafat . barangkali ada yg bisa membantu dari para pembaca2 lain ?
    thanks - abi al-khoir

    ReplyDelete
  5. kabarnya kh. mas tholhah abdullah sattar meninggal 1 minggu setelah bulan agustus 1991. so mungkin tanggal 7 september 2009

    ReplyDelete
  6. tengkyu kang...suda nulis tntang mbah buya...blog e kang koir te o pe dahh...

    ReplyDelete
  7. kang...kh.mas tholhah kan merupakan pendiri ponpes at-tauhid. biasanya dalam sejarah itu, sesuatu yang unik untuk diperkenalkan adalah dari sisi konflik. nah,,,kira-kira ada gak konflik ketika ponpes at-tauhid itu di dirikan????. cz klo aku baca2 sejarah yang kang abi tulis bahwa di ndresmo itu terdapat banyak kyai namun hanya terdapat 1 ponpes yakni ndresmo pada awal mulanya. penasaran bangt ni kang,....

    ReplyDelete
  8. mbahhhh.....

    kulooo

    kangen njenegan

    i luph yu puoooollllll!!!!!

    ReplyDelete
  9. bukak mawon www.at-tauhid.net
    maturnuwun .. =)

    ReplyDelete
  10. buat Mati Siji Mati Kabe : ada konfliknya, yaitu pas jaman belanda ndresmo mau di ancurin ma kompeni, tp ga ada yg bisa tembusin, saya cucu dr ABDUL MADJID, 1 dari 2 murid mbah kyai tholha, bapak saya juga besar di drosmo...

    ReplyDelete
  11. assalamu alaikum, kulo nate mirengaken rekamanipun kiyai tholhah, beliau dawuh : (kurang lebih begini)musuh iku akhlak-ono, mergo nabi iku nek nang musuh ga ndelok sebab-e (musuhe), tapi ndelok seng nggawe sebab (allah) seng nentokno atine musuh, kelakoane musuh, aku di uji pengeran, dadi gak ono loro ati...
    mangkane nabi iku nek nang musuh ga mangkel, malah di dunga'no ALLAHUMMA HDI QOUMY FA INNAHUM LAA YA'LAMUUN. iku akhlak nang musuh, paling angel..

    ReplyDelete
  12. sya tunggu pokoe...profil yai mas nur muhibbin
    ok mas abie...........

    ReplyDelete
  13. sg ndamel nami santri.blogspot.com niku kadose arif kang abie...

    ReplyDelete
  14. kalau no telp atau alamat lengkap kiyai sattar punya ga ya? kami dr keluarga semarang mau mengundang beliau tapi agak kesulitan untuk tahu contact person yang bersangkutan.

    ReplyDelete
  15. Para Kyai menyebut Kyai Tolhah AS, sebagai Sultonnya Kyai

    ReplyDelete

setelah baca2 ... isi dong commentnya . ok ! kutunggu ya

COBA

COBA

ADSENSE

ADSENSE


html5 tutoriels - cheap morocco desert tours