Friday, August 18, 2017

DUET UNIK : GUS 'UD PAGERWOJO DAN KYAI MAS MUHAJIR NDRESMO

Kita pasti setuju, masa itu adalah masa terbaik buat pulau jawa terutama bagi jawa timur. Yang mana Allah memberi kemuliaan dengan hadirnya para wali-wali Allah yang sholeh2. Termasuk dua orang yang akan saya kisahkan sekarang ini. Mereka berdua mengenalkan manusia pada Allah dg gaya dan caranya masing-masing. Seperti ini kisahnya, coba simak baik-baik ya …


 
     Gus Ud Pagerwojo [ kiri ]   Kyai Mas Muhajir Ndresmo [ kanan ]

CARI IKAN DI-EMPANG



Saat itu gus ud main kerumah kyai muhajir bin mansyur ndresmo. Beliau berdua itu memang tokoh yangg sudah dikenal disepanjang pulau jawa. Yg satu yaitu gus ud adalah seorang wali Allah yang fenomenal. Banyak hal aneh yg beliau lakukan hingga tak jarang yg lihat merasa aneh tapi jadinya lucu. Dan yang satu lagi adalah seorang wali Allah yang karena ilmunya beliau terangkat derajatnya. Sangat tegas dan pemberani dan suka humor. 


dalam perbincangan beliau berdua saat dirumah kyai muhajir , gus ud punya ide atau usul yang tidak biasanya yang ditawarkan ke kyai muhajir.

“yai, gimana kalau kita liwetan ? pasti enak”.
Itu tawaran gus ud mengajak kyai muhajir untuk bersama-sama liwetan alias masak-masak .


“bagus juga idenya gus. Ayo kapan ?” 
jawab kyai muhajir atas tawaran gus ud.

“gak usah ditunda yi, sekarang saja. Ayo kita nyari ikan. Disana loh ada empang yang ada ikannya. Gimana yi ?”. 
kata gus ud sambil nunjuk suatu tempat yg ada jublang [empang] yang bayak ikannya.

“ya ayo “. 
Jawab kyai muhajir langsung setuju.

Beliau berduapun langsung berdiri bareng dan berjalan menuju empang  yg dituju.  melihat kedua orang mulia itu menuju empang, orang-orang penduduk sekitar pada heran ngelihat hal seperti itu. Mereka mungkin berpikir, tumben kyai muhajir dang us ud  pake ke-empang segala. Mau ngapain pikir mereka mungkin. 

Setelah nyampek diempang itu, kyai muhajir akhirnya masuk ke jublang alias empang itu. Sedang Gus ud tidak masuk karena dingin katanya. Akhirnya yang bertugas nyari ikan adalah kyai muhajir. Sedang gus ud nunggu diatas.


Gak seberapa lama, kyai muhajir akhirnya dapat ikannya. Beliau pegang dan dilemparkan kea rah gus ud.

“nih gus, dapat ikan satu. Tangkap ya .. “ 
kata kyai muhajir sambil melemparkan ikan itu kearah gus ud.

“siip yii mas, ini baru mantab … hehehe “ 
jawab gus ud sambil nangkep ikan itu.

Lalu, kyai muhajir pun meneruskan mencari ikan lagi. Tapi gak lama kemudia gus ud sambil teriak manggil kyai muhajir.

“yai .. yai mas, udah dulu, nih ikan nya tadi balikin aja ke empang. Kasihan dia “ kata gus ud.

Haduh, aneh. tadi sepakat nyari ikan tapi kok sekarang disuruh ngelepasin lagi. Gimana sih ?

“loh, kenapa gus kok dilepasin ?” 
kata kyai muhajir heran .

“gini yai mas, ikan ini kalau saya lihat-lihat kok seperti ayahnya ikan. Nanti kalau istrinya ikan ini nyari gimana hayoo ?”. 
gitu kata gus ud.

Akhirnya kyai muhajirpun nurutin saja kemauan gus ud. Lalu kyai muhajir nyari lagi ikan dan masuk ke-jublang lagi. Tak lama, kyai muhajirpun dapat ikan lagi. Agak kecilan dikit dari yg pertama. Lalu beliau lemparkan lagi keg us ud. Setelah diterima diatas, gus ud pun terlihat senang sekali. Tapi, ya begitu itu disuruh ngelepasin lagi dengan alasan yg hampir sama .


“kenapa yang ini dilepas lagi gus ? “ 
Tanya kyai muhajir

“ikan ini kelihatan sepertinya ikan wanita. Pasti nanti akan dicari anak-anaknya. Kembalikan saja yai mas, kasihan kalau anak anaknya mencari nanti “ itu alasan gus ud .


Yo weslah, akhirnya kyai muhajirpun menuruti lagi kemauan gus ud . beliau lepaskan ikan tadi, lalu beliau mencari ikan lagi. Tak lama akhirnya dapat lagi ikan. Tapi yang ini sangat kecil. Beda jauh dg yang tadi itu. Lalu beliau berikan pada gus ud yg nunggu diatas. Dg senang gus ud pun menerimanya. Namun tetap saja disuruh ngelepasin lagi dengan alasan :

“anu yai mas, ini kelihatannya ikan yang masih kecil. Saya takut anaknya yang kita tangkap tadi yg besar. Terus kalau orang tuanya nyari-nyari anaknya gimana ? kasihan sekali. Kita lepaskan saja yai mas “

Itu alasan gus ud pada kyai muhajir. Akhirnya kyai muhajirpun mengalah dan melepaskan ikan kecil itu. Sehabis itu kyai muhajir langsung naik dari empang dan berhenti nyari ikan.karena setiap sudah dapat pasti disuruh ngelepasin lagi oleh gus ud.

“udah gus, kita pulang saja gak usah nyari ikan lagi. Besok saja kita liwetan dirumah sampeyan disidoarjo. Ntar saya bawain bahan masakannya yg akan kita masak“.

Itu kata kyai muhajir menyudahi pencarian ikan. Dan beliau berdua pun kembali pulang.gus ud pun kembali kesidoarjo karena gak jadi liwetan. Sementara kyai muhajirpun sudah berjanji besok akan dolan kerumah gus ud utk bawakan bahan yg akan dimasak bersama. Singkat kisah akhirnya besoknya kyai muhajir berangkat kesidoarjo dg membawa tas kresek agak besar yang berisikan banyak ikan. Seteleh nyampai dirumah gus ud dan ketemu dg beliau, langsung kyai muhajir mengajak mulai masak.

“wes gus, ayo .. sekarang kita mulai masak.gak pake gagal lagi seperti kemari” kata kyai muhajir.

“itu apa yg sampeyan bawa yai mas ?”.
tanya gus ud karena penasaran dg yg dibawa kyai muhajir.

“oh ini , ini ikan yg akan kita masak sekarang”.jawab kyai muhajir .

“loh yai mas, jangan ikan lagi, nanti kasihan keluarganya kalau nyariin krn kehilangan”. Kata gus ud.

“udah, jagan kawatir ada yg nyari. ini sudah aku ajak semuanya keluarga ikannya. Baik ayahnya ikan, ibunya ikan, anaknya ikan, tetangganya ikan, Lurah serta RT RW nya ikan sudah tak ajak semuanya, jadi gak bakalan ada yang nyari“ . tegas kyai muhajir.

“oh gitu ya yai mas ? sip, monggo pun masak sekarang “. 
kata gus ud legah

Hahaha,,, asli ngakak aku kalau ngelihat tingkah laku beliau berdua. Lucu banget. Akhirnya mereka berduapun jadi masak dan makan bareng . Alhamdulillah ..


sumber : kyai muhajir  sendiri padaku saat habis ngaji sore tafsir jalalain.


ORANG SAKIT KANKER STADIUM 5

Dulu ada org yg rumahnya  deket daerah aloha Surabaya. Dia menderita sakit yang sangat berat dan akut. Yaitu kanker yg stadium 5. Saat itu dokter sudah meng-vonis bahwa umurnya akan gak lama lagi. Setiap hari perutnya terasa nyeri banget hingga kalau berjalan agak nunduk-nunduk gitu. Karena sudah putus asa akhirnya ada yg ngasih tahu agar sowan kekyai muhajir bin mansyur ndresmo. dia pun menuruti saran temannya itu. Tanpa menunda nunda lagi, diapun segera berangkat ke ndresmo. Singkatnya, ketemulah rumah kyai muhajir. Saat itu beliau sedang muthala’ah seperti biasanya.

“assalamualaikum kyai “ kata orang itu

“alaikum salam, sampeyan dari mana ? “ 
jawab kyai muhajir dg Tanya sekalian.

Lalu orang itu memperkenalkan diri pada kyai muhajir sekaligus menjelaskan tujuannya kemari untuk minta doa agak bisa membantu menyembuhkan penyakit kankernya yg akut itu.

“ anda deket dg daerah pagerwojo?” 
Tanya kyai muhajir pada orang itu

“iya kyai, deket. ada kyai ?“.
Tanya orang itu penasaran.

“kenal Gus ud pagerwojo?”. 
Tanya kyai muhajir lagi.

“pernah denger sih kyai, tapi tidak pernah bertemu”. 
jawab orang itu.

“anda ini bodoh atau gimana hah? kok kesini. sudah tahu dipagerwojo ada orang seperti gus ud kok kesini. Sana !! pergi saja ke gus ud. sampaikan salam saya pada beliau, dan minta beliau agar mau membantumu “.

kata kyai muhajir sambil marah dan agak membentak orang itu. Ya jelas orang itu kaget dan takut. langsung pamit dan bilang kalau mau ke rumah gus ud pagerwojo. Singkat cerita akhirnya orang itu datang juga kerumah gus ud. Kebetulan beliau ada dirumah. Namun sebelum orang itu mengetuk pintu dan mau salam, gus ud sudah bentak orang itu dan berkata dengan keras ,

“hai kamu !! bodoh kamu !! dibohongi kamu dg kyai muhajir. aku gak bisa bantu kamu, justru kyai muhajir yang ahli dalam urusan kamu itu. Kamu kembali kesana ! kerumah kyai mas muhajir..!! sampaikan salam saya dan minta beliau membantumu !! “ gitu kata gus ud..

Luar biasa gus ud itu memang. Orang itu belum cerita beliau sudah ngerti tujuannya dan atas perintah kyai muhajir. Subhanallah...


akhirnya, saya singkat cerita ini bahwa, org itu sampai bolak balik kerumah kyai muhajir dan gus ud hingga 3 kali, Karena selalu diusir oleh beliau berdua. kalau datang ke kyai muhajir pasti diusir disuruh ke gus ud. dan kalau ke gus ud, juga terusir disuruh datang ke kyai muhajir. bolak-balik hingga Capek banget kelihatan orang itu. 

Dia mikir, mau kemana lagi ini. Karena hampir putus asa karena kedua orang kyai tersebut buat permainan padanya. Lalu tanpa dia sadar, dia sentuh perutnya yg biasanya sakit nyeri yang luar biasa itu. tapi sejak bolak balik antara ndresmo dan pagerwojo berulang-ulang kok gak merasakan nyeri spt biasanya ya ? apa dia lupa dg sakitnya ? pikirnya. 


akhirnya dia pergi ke rumah sakit atau apalah utk foto isi tubuhnya. Apa itu istilahnya ? lupa aku hehehe…


Setelah selesai  foto, maka hasilnya ditunggunya. lalu setelah jadi dan ada hasilnya, dilihatnya hasil itu  dan dijelaskan oleh dokter bahwa didalam tubuhnya tidak ada penyakit apalagi kanker yg dia adukan itu. Iya,,bener-bener hilang dan sembuh kanker itu . subhanallah … luar biasa ..


Ada kisah lain ? share sini …


karya tulis Muhammad khoir basyaiban


kalau ingin melihat 2-kisah yang diatas tadi versi videonya, 
 silahkan klik video dibawah ini. dan tonton hingga selesai ...



 
jangan lupa subcribe , like dan komentarnya ya



No comments:

Post a Comment

setelah baca2 ... isi dong commentnya . ok ! kutunggu ya

ADSENSE


html5 tutoriels - cheap morocco desert tours