Wednesday, August 16, 2017

WEEHH , TERNYATA INI AKU DULU TOH ...





Judulnya Aja Bikin Aku sebel. tapi ngga' taunya bermanfa'at juga padaku akhirnya. nih kisah aku saat masih sekolah SD hingga aku diberangkatkan kepesantren sama ayahku . menurutku sih unik. coba deh kalian baca baik-baik dan sabar ya ... tapi jangan keburu berdiri dulu. baca dulu hingga selesai. ok ?! siip deh. kamu emang pengunjung blog yg baik deh pokoknya . 




pernah denger kisah lima sekawan kan ? pasti pernah. tapi ini laen. ini yg terjadi dimasa aku masih mengaji pada seorang kyai sepuh yg masih ada ikatan keluarga sendiri dari fam basyaiban didaerahku. namanya kyai ahmad muhajir. nah kalau tadi ada kisah 5 sekawan maka sekarang kisahku ada 4 sekawan. yaitu sebuah persahabatan 4 anak kecil antara aku, abdullah (putra sang kyai tersebut yg aku memanggilnya ami dullah, nizar dan zainul. kita itu dulunya sekelas sajak 1 SD hingga lulus 6 SD . 

macam-macam karakter dari diri kita masing2. ada yang rajin, disiplin dan berwajah ganteng. nah sifat itu dimiliki oleh ke 3 temenku yg aku sebutkan tadi. dan ada yang males belajar, jarang pulang, suka bolos sekolah, ngga' ganteng dan ngga' disiplin. nah alhamdulillah sifat itu cuma aku yang memiliki diantara ke-4 nya he he he . 

bayangin aja, dari semuanya itu cuma aku yang paling suka bolos sekolah dan nilainya jelek. satu-satunya anak yang paling sering dapet teguran dari kepala sekolah, ya aku ini. kalau sudah gitu tuh ... akhirnya kena marah juga sama ibu tercinta. tapi kalau ayah sih jarang marahin aku. soalnya si-ayah nih kurang begitu suka pada sekolah. beliau mau dan punya ke-inginan agar anaknya itu masuk kepesantren aja. sah-sah aja dong ... wong namanya keinginan seseorang kan beda2 atuh. ya ngga' ? lho ? kok diem sih semua ? ngga' setuju yah ? ah emang aku pikirin apa ... hahaha . 

kita berempat ngaji bareng jika pagi. hampir tiap hari, kita ngga' pernah bolos kalau urusan ngaji. sumpah deh !. berani nyumpah pocong deh hehehe. wah berarti, kita nih sebenarnya anak2 rajin kan ? ah, ya ngga' juga kok. kita nih bisa aktif ngajinya karena setiap habis ngaji kyainya itu selalu ngasih kita uang jajan 2000 - 5000 rupiah tiap harinya... ( yeee kalau gitu sih jelas bisa aktif terus ). selain ngaji ke kyai muhajir itu , aku juga ngaji ketempat lainnya habis maghrib. tapi sering ngga' masuknya. habis, ngga' ngasih uang sih hahahah. 




tapi ada sisih baiknya kok dari aku dibalik kejelekan wajah dan kemalasanku. apa ? aku tuh hobby banget ama yang namanya baca. ya baca apa aja asal bisa dibaca. pernah ( bahkan sering ) ngga' sekolah gara-gara nyelesaikan baca komik seri atau novel silat dari persewaan. kalau nyewa, suka yg seri hingga 60 serian gitu. jadi dari pada sekolah bikin kepala pusing, ya mending bersembunyi dibelakang rumah dan baca komik atau novel silat itu. bayangin, itu berlangsung sampai kelas 6 SD lho. nakal ya ?. kalau masalah hukuman dari guru sekolah, kaya' nya paling sering deh. seperti orang sakit yg slalu nginum obat gitu deh.

masalah cinta gimana ? nah ini nih ... dalam hal ini aku selalu gagal dan ditolak atau ngga' disuka ama cewek2 temen sekolah. ya habisnya nakal banget sih. dalam pikiranku begini, mbok ya sekali-kali ada yang nerima cintaku gitu loh ..meski sebentar aja .. beda banget deh ama ke-3 temenku itu, banyak yang suka dan naksir . kesihan banget ya diriku ?? cieee ...


aha !!! tiba waktunya lulusan ! 

ujian sudah. jadi tinggal pembagian raport. dan eh, nilaiku pas-pasan. ya udah ga' pp yang penting lulus, titik !. tau ngga', apa yg terjadi saat ibuku ngelihat nilai raportku begitu jelek ? bisa ketebak pasti . marah ! iya, marah. untung ada ayahku. beliau dengan tenangnya melihat nilai raportku. lho ? tiba-tiba beliau tersenyum saat ngelihat nilai raportku amat jelek. 




" Waaah, ternyata Abi... nilai raportnya banyak merahnya ya?. ini tandanya berjiwa berani. yg penting sebentar lagi masuk dipesantren aja. aku hanya ingin anakku pinter dalam hal ilmu agama. urusan duniawi biar diatur sama Allah "
itu dia kalimat dari beliau. manis emang kenangan dimasa aku masih SD hingga lulusan . 

teringat disaat belajar bareng. teringat juga bagaimana perjuanganku menawan hati seorang cewek teman sekelas dengan cara apapun namun dengan hasil yg sangat memuaskan, yaitu gagal total !!. teringat juga bagaimana nikmatnya saat membolos sekolah karena main atau sekedar membaca komik sewaan . ada lagi, yang ga' pernah lupa yaitu aku sering mencuri uang ibuku atau nyai ( nenek ) meski sudah dikasih uang jajanan . tapi ngambil uangnya ya ga' banyak sih . asal bisa dibuat jajanan seumuran 9-12 tahunan gitu . ga' banyak kan ? ya masak anak seumuran 10 tahun nyuri uang jutaan ya kebanyakan atuh !. ah indahnya masa itu . . . 

kini semua temen-temenku pada punya rencana. ada yg nerusin di SMP ini dan itu. kalau aku sih ngga' kepikiran sama sekali. justru ibuku yg berkeinginan agar aku nerusin SMP. namun itu sangat bertentangan dengan kemauan ayahku yang ingin aku masuk dipesantren. dan pada akhirnya, pendapat ayahku yg berhasil. dg beberapa alasan ayahku bisa meyakinkan ibu agar aku masuk pesantren. sedang aku sendiri ? ah emang aku pikirin apa ..yang penting main terus ... main layang-layang, sepak bola atau dablak sodor ( jenis mainan anak2 ) . 

nah yang lucu adalah saat hari pemberangkatan aku dibawa kepesantren di kediri adalah aku ngga' tau kalau aku mau dimasukkan kepesantren. saat itu aku sedang main layang-layang didepan rumah. eh ngga' taunya aku diajak ayah dan ibu. katanya mau pergi gitu aja. pikirku sih mau diajak ke mall atau kemana lah ... aku nurut aja dengan perasaan suka. lamaaa banget didalam mobil. kok ngga' nyampe-nyampe sih ? emang mau kemana ini ? kataku . 

akhirnya nyampe juga kesuatu tempat yang kala aku ngelihatnya langsung suka . yaitu sebuah komplek pesantren yang sejuk, dingin dan indah menurutku. aku langsung turun dari mobil dan loncat2 dengan berlari-larian. aku diajak masuk ketempat itu. enak banget tempatnya. setelah lama melihat-lihat suasana didalam dan luar pesantren tersebut aku semakin betah. lalu ayah mendekati aku dan bilang , 


" bi, kira-kira kalau kamu mondok disini suka ngga' ? " tanya ayahku . 

" suka ! suka ! " itulah jawaban spontanku . 

" berani ngga' jika saat ini kamu ayah tinggal dan langsung mondok hari ini ? "

" siap ! saya mau " 

wah luar biasa. aku langsung mau. akhirnya aku hari itu juga mondok di pesantren alfalah ploso mojo kediri. dan alhamdulillah bisa sampai 7 tahun disitu. dan hingga sekarang aku sadar bahwa pilihan ayah padaku untuk memasukkan kepesantren ngga' salah. bahkan aku bersyukur atas semua anugrah yang Allah berikan padaku hingga saat ini .. 

nah itu kisah singkat ku . terima kasih 


Muhammad AbiKhoir Basyaiban



    


No comments:

Post a Comment

setelah baca2 ... isi dong commentnya . ok ! kutunggu ya

ADSENSE


html5 tutoriels - cheap morocco desert tours