Thursday, August 17, 2017

PENGALAMAN SPIRUTUALKU YANG ANEH DAN NYATA


Image result for pengalaman spiritual

Kalian boleh percaya atau ngga’ kok. tenang aja atuh, yg penting kejadian ini nyata banget dan ga’ ngarang2. lagian rugi banget lah jika aku karang2 sendiri. apa untungnya gitu loh. namun orang2 yg langsung terlibat dengan peristiwa saat itu ngga’ aku sebutin namanya, soale udah jadi pesenan gitu sih .


YANG PERTAMA :

adalah saat aku menjadi khodam ndalem (pembantu rumah) seorang kyai. beliau tuh sangat terkenal dg kewaliannya. wali adalah seseorang yang diberi derajat istimewa oleh Allah. dan sebutan yg lebih mudah adalah kekasih Allah. 



gini deh kisahnya :





beliau tuh membuat aku heran waktu itu. gimana ngga’, wong rame orang bilang jika kyai A (sebut aja dg nama itu) itu adalah kekasih Allah atau seorang waliNYA. namun kenyataannya ? aku ngga’ pernah ngelihat beliau sholat. nah lho, aneh ngga’ ?. hari demi hari aku selalu perhatikan beliau disaat dirumah. meski aku sedang mengerjakan tugas sebagai khodam seperti biasanya, namun hati ini bergejolak tanda Tanya, “ kenapa beliau tak pernah sholat ?. bukankah beliau seorang wali Allah ?”. itu saja yg selalu menggangu pikiranku tiap hari . 



hingga disuatu hari, pikiran seperti tadi sangat menggangguku ngga’ seperti biasanya. hingga aku berkesimpulan begini ,


“ percuma aku menjadi seorang khodam seorang kyai yg ngga’ pernah sholat.
apa nya yg aku contoh dari beliau ? barangkali aja orang2 diluar sana keliru dg menyebut beliau seorang wali “.


disaat hati sangat bergejolak , tiba2 kyai A memanggilku,


“ Gus … sini sebentar . letakkan sapunya “. 

aku kaget beliau panggil aku. bener takut dan sungkaan banget pokoknya. aku segera mendekat. aku duduk sopan seperti layaknya santri dihadapan kyainya. oleh beliau aku disuruh lebih deket lagi. akupun lebih dekat lagi. aku sangat sungkan sekali. beliau melihat aku dalam2. seakan tahu apa yg ada dihati ini. dan tiba2 aku merasakan ngantuk yang banget deh seketika itu. entah apa yg terjadi yg penting aku tertidur dg posisi duduk seperti semula .

tahu nggak ada yg aku rasakan saat tertidur itu ? ternyata aku bermimpi seakan berada disuatu tempat yg tanahnya serba putih dan bersih. luas banget deh tempatnya. aku sendirian disitu. sepi ngga’ ada sapa2. dan ternyata agak jauh terlihat ada masjid satu2-nya yg terlihat. aku dekati masjid itu. belum sampai aku memasuki masjid itu, ternyata pundakku ada yg pegang. aku menoleh. ternyata kyai A itu ada didekat ku. beliau bilang ,

“ sampeyan wudhu’ dulu . mari kita sholat berjama’ah dg ku “ .


aku langsung mengambil air wudhu’. nggak lama setelah selesai, aku memasuki masjid itu dan ternyata beliau sudah menungguku. setelah aku mendekat, maka sholat berjama’ah dimulai. Cuma aku dan kyai A itu. dan beliau sebagai imamnya . 

tahu ngga’, berapa kali sholat yg kita kerjakan ?, ternyata 200 rokaat yang tiap-tiap 2 rokaat, salam. lama banget kan ? tapi ngga’ ngerasa capek sama sekali tuh dalam mimpi itu. dan apa yg terjadi selanjutnya ?


“ Gus , bangun . bangun “. suara kyai itu bangunin aku


aku terbangun karena beliau membangunkan aku dg memukul pelan kakiku. setelah aku terbangun, beliau bilang,

" pramilo toh, pun ngantos didamel dolanan kaliyan wasongkone piyambak"
( makanya toh, jangan dibuat mainan oleh prasangkanya sendiri )

aku ngerasa salah saat itu. aku menangis dan minta maaf pada beliau. beliau Cuma senyum dan bilang , 

yo . . . ngga’ apa-apa. saya cuma kasihan dg sampeyan. makanya harus terjadi seperti tadi itu“ . kata beliau . legah rasanya .


tahu ngga’, berapa lama aku tertidur (atau ditidurkan ?) tadi hingga mimpi sholat berjama’ah 200 rokaat ? Cuma gak kurang 5 menit aja ! wah, luar biasa ! dan ini bener2 terjdi dan ngga’ pernah aku lupakan seumur hidupku. 






YANG KEDUA :

ini terjadi ketika hari jum’at. kebetulan didesaku sendiri. ngga’ tahu kenapa kok terjadi padaku. gini kisahnya ,


sebut saja beliau dg nama ‘kyai B‘. beliau itu sangat ‘alim, zuhud dan wara’. lumayan sepuh umurnya. beliau sangat akrab dan sayang sekali padaku. dalam hal berbincang-bincang dimanapun tempatnya, beliau selalu panggil aku. intinya beliau suka jika ada aku disampingnya ( ini memang beliau katakan padaku ) .

hanya sholat, berdzikir, mengaji dan muthala’ah kerja beliau sehari-hari. dengan kyai B ini, aku mengalami banyak kejadian aneh. dan itu ngga’ bisa terbantahkan karena aku sendiri yg mengalaminya. percaya or ngga’ emang itu kejadiannya. aku sering diajak keluar oleh beliau dg mobil sedan lamanya. sering makan bareng. dan beliau suka becanda. lucu kok kalau becanda. Namun jika aku punya salah, maka ngga’ tanggung2 kalau marah padaku. aku pernah dilempar bakiak (sandal kayu) dan lain2-nya. tapi itu beliau lakukan karena rasa sayangnya padaku kok .

nah sekarang , aku tulis beberapa kejadian antara aku dan kyai B itu :,


1. dihari jumat saat itu, mendung sekali. namun yg namanya umat islam semuanya pada berangkat kemasjid. akupun juga berangkat kemasjid itu yg jaraknya 200 meteran dari rumahku .

nah , ketika sholat jumat selesai, aku pulang dg jalan kaki. namun ditengah perjalanan pulang hujan mendadak turun dg lebatnya bercampur angin lagi. aku berhenti dan berteduh dibawah pohon besar .

ah, hujan ini pasti lama pikirku. disaat aku berteduh itu, aku lihat kyai itu berjalan ditengah hujan lebat tanpa memakai payung. aku lihat aja dg heran. tiba-tiba beliau mendekati aku dan bilang gini :

“ bi, sini bi. ngapain disitu ? “ Tanya beliau sambil menghampiriku . 

“ hujan yai . nanti basah semua “ . jawabku .

dan aneh bener loh, beliau sendiri bajunya kering. padahal dari tadi beliau berjalan dibawah hujan lebat itu .


“ ya sudah , sekarang ikut aku dan pegang aku , jangan kawatir “ .

gitu kata beliau padaku. aku sih heran dan nurut aja. dan apa yang terjadi ? selama aku pegangan badan beliau dan berjalan dibawah hujan lebat itu, ngga’ setetes air hujanpun yg menyentuh tubuh dan bajuku. hingga didepan rumahku, beliau bilang :


“ nah tuh bi , sudah sampai . sekarang kamu pulang “ .

sampai disini nih, aku lepaskan pegangan kebadan beliau. dan aku berlari menuju rumahku yg mungkin berjarak 15 meteran. tau ngga’ ketika aku berlari menuju rumah ku itu kenapa ? basah ! karena udah ngga’ pegangan lagi dg beliau. aku lihat baju ku yg hampir basah semuanya itu. aku heran juga. lalu aku lihat beliau yg masih berdiri diluar itu. beliau Cuma tersenyum padaku. dan ? beliau masih tetap kering. subhanallah ! . silahkan niru deh .. hehehe


2. masih dg kyai B tadi. saat musiman pulang haji. ini bermula ketika aku mendengar kabar, bahwa banyak orang yg ketika dimakkah, mengaku bertemu dg kyai B itu, bahkan beliau itu yg memimpin manasik haji disana. itu ngga’ tahun ini aja, sering aku dengar kabar seperti itu ditahun2 yg lalu. terus anehnya dimananya coba ? ya gimana ngga’ aneh, wong beliau setahuku ada dirumah kok. hampir tiap hari aku bertemu dan berbincang dg beliau. bahkan keluarga dan tetangga merasa yakin bahwa kyai B itu ngga’ naik haji. kok tiba2 sering ada yg bilang bertemu dimakkah dg beliau .

nah suatu ketika, aku dipanggil oleh beliau siang itu. akupun menghadap. beliau berkata padaku :

“sini bi. kenapa ? kamu heran ya banyak yang bilang saat dimakkah banyak bertemu dgku ?“. Tanya beliau dg senyum padaku. loh ? kok beliau tahu ? tambah heran aku.

“enggeh yai“. jawabku singkat .

beliau menoleh kekanan dan kiri . begitu sepi beliau pegang tanganku dan ajak aku .

“sini ikut aku“.


tanganku beliau pegang dan diajak menuju pintu belakang. bisanya pintu itu sering aku buat jalan keluar jika ingin ketempat tetangga belakang rumah itu. memang belakang rumah kyai B itu banyak rumah tetangga. namun saat ini lain. begitu dekat pintu itu, beliau berkata padaku :


“ coba kamu buka pintu itu bi. jangan lupa baca bismillah dulu “.


perintahnya. beliau tetep berdiri aja. sedang aku menuju pintu itu dan membukanya. dan apa yg terjadi ? ternyata rumah tetangga yg biasanya aku lihat tak ada disana. dan yg aneh adalah tanahnya ngga’ seperti tanah biasanya , agak putih dan berpasir. luas banget. dan diujung tanah itu banyak orang yg berpakaian putih2 sama dg pakaian orang yg lagi naik haji saat manasik. terlihat juga banyak bangunan dari jauh yg tidak seperti bangunan rumah Indonesia. tapi bangun rumah2 arab. tertegun aku melihatnya. nggak terasa aku bengong ( bisa jadi saat itu aku ngiler hehehe ).

“ nah, ya itu makkah bi. jika aku pingin kesana ya lewat disini“. kata beliau tenang .

sedang aku ? ya gitu, sukses bingung dan bengong terus. beliau berpesan lagi begini , 

“ bi, aku pesan padamu, selagi aku masih hidup, jangan pernah kau ceritakan hal ini pada siapapun juga sampai aku meninggal nanti. tadi itu hanya Cuma membuktikan kebesaran Allah jika berkehendak pada mahlukNYA. dan sekarang kamu sudah tahu dan mengerti. tak ada yg sulit bagi Allah. apapun diberikan buat para kekasih2-NYA “.

pesan beliau. aku menitiskan air mata saat itu. ngga’ tahu lagi apa yg aku rasa. yang pasti, aku semakin mencintai beliau dan para kekasih2-Allah lainnya. semoga aku dapat keberkahan atas peristiwa itu. karena beliau sudah wafat, maka mulai aku kisahkan. tapi tidak dengan menyebut nama beliau dg berbagai alasan . 


3 . masih tetep dg kyai B tadi. suatu ketika beliau lihat aku sedang naik sepeda motor. beliau menepuk tangan memanggilku saat melihat aku . lalu setelah aku menghampiri beliau , aku berkata :

“ dalem yai ( iya kyai ) “ . jawabku sambil menghampiri beliau .

“ tolong bi, bungkusan ini kamu kasihkan ke istriku dirumahnya. cepet ya karena sudah ditunggu “ .


perlu diketahui saat menyuruhku itu beliau dirumah istri mudanya. sedang bungkusan itu disuruh mengirim ke rumah istri tuanya yg jaraknya mungkin 200 meteran .

“ inggih ( iya ) “

kataku dan segera membawa bungkusan itu dg segera. aku kebut motorku. mungkin Cuma 1-2 menitan maka sampailah aku didepan rumah kyai B itu. setelah aku ucapkan salam, tiba2 pintunya terbuka dan yg keluar adalah kyai B itu sendiri. hah? Aku jadi heran. bukankah yg nyuruh aku tadi juga kyai B ?. saat bengong, beliau bilang ,

“ sini bi , sudah tak tunggu dari tadi “.

sekali lagi, hah ? ah entahlah ! allahu akbar pokoknya ..


4 . ini masih dengan kyai B. saat itu aku masih mondok dikediri. ketika aku pulang kerumah Surabaya, aku dipanggil oleh kyai B itu. ketika aku sowan kerumah beliau, beliau bertanya ,


“ bi , kamu sudah berapa tahun mondok di kediri ? “. Tanya beliau 

“ insyaallah 3 tahunan yai “ . jawabku .


“ oh lumayan, kamu harus rajin belajarnya. mumpung masih ada orang tua . dan mumpung saya masih hidup, bisa ngawas-ngawasi kamu. ingat bi, hidupku ini kurang 3 tahunan lagi. gunakan waktumu sebaik-baik-nya “ .

pesan beliau padaku. kurang 3 tahunan lagi kata beliau? yang bener nih ?. batinku saat mendengar pembicaraan kyai B tadi. emang seakan ga’ masuk di-akal sih. namun aku percaya saat itu .

hari berganti hari dan tahun berganti tahun, aku sudah lupa dg ucapan kyai B tadi. lagian beliau dulu berpesan agar tak ngasih tahu siapapun juga. namun semuanyan sudah aku catat dibuku harianku .

sekarang sudah 3 tahun kurang 3 bulan sejak beliau berkata yg dulu itu. dan akupun lupa akan hal kematian itu. Seperti biasa, tiap aku bertemu beliau pasti aku dipanggilnya . seperti saat ini,

“ bagaimana kabar kamu bi ?”. Tanya beliau ketika bertemu dgku . 

“ alhamdulillah baik yai “ . jawabku sopan banget .

“ inget bi, jangan malas-malasan ya, aku doakan kamu semoga mendapakan ilmu yg bermanfaat. dan kamu harus inget lagi, umurku sekarang tinggal 3 bulanan lagi”.

itu dawuh beliau padaku. hah ? aku semakin deg2-an aja dengernya . tapi bukankah beliau saat ini sehat wal-afiat ? kata batinku .

yg pertama saat beliau dawuh bahwa kurang 3 tahun, saya anggap kyai B cuma becanda aja. tapi yg ini aku deg-degan juga. aku beranikan tanya pd beliau ,

" yai ini beneran iya ? becanda kan ?" tanyaku berharap memang becanda.

" enggak bi, aku sungguhan ". kata beliau. dg jawaban itu, aku makin bingung dan gak bisa bayangkan jika ditinggal beliau wafat. gak bisa bayangkan pokoknya. ini masih setingkat kyai B, aku gak bisa bayangkan pada para Sahabat Nabi saat ditinggal Baginda Nabi Muhammad SAW .. haduuhh ..


begitulah, sejak pesan itu aku terima, aku selalu gelisah. dan tak terasa sekarang waktunya 3 tahun kurang 3 minggu lagi sejak pesan yg pertama dulu. dan... saat ini menurut catatan tanggal yg aku tulis dibuku, sejak beliau bilang kurang 3 tahun yg lalu, kini,,,tinggal 3 minggu lagi waktunya. dan apalagi saat itu kyai B sudah mulai sakit. aku berkunjung kebeliau dg ibuku. tapi kali ini beliau tak berkata apa2 karena sakitnya. beliau cuma sering melihat diriku saja. aku menangis kala itu.gak tega melihat kondisi beliau yang sangat lemah.

aku terus teringat pesan beliau terus. aku merasa sangat terharu. sepertinya aku belum siap ditinggalkan beliau. aku juga sempet berpikir krn saat terakhir ketemu, beliau tidak ngomongin yang spt sebelumnya yaitu saat waktu wafatnya. mungkin aku saat itu merasa legah karena beliau tidak menyinggung hal itu. tapi tetep saja gelisah ketika melihat kondisi beliau seperti itu .


singkat kisah, hari ini adalah waktunya 3 tahun kurang 3 hari lagi. aku gelisah sekali. terkadang aku menangis dalam kesendirianku. apalagi aku lihat kyai B sudah mulai parah sakitnya. 


kini dalam hitungan dicatatanku, beliau kurang 3 hari lagi. aku kepingin bertemu beliau. tadi apa daya beliau sudah dirumah sakit dan tak bisa dijenguk orang lain kecuali keluarganya.

dan singkat kisah, hari ini adalah pas dan genap dengan batas waktu yg beliau katakan padaku 3 tahun yang lalu. aku sungguh deg-degan banget didalam kamar lantai dua pondok laki-laki tempatku. aku pegang terus buku catatan itu. aku sungguh bener-bener menagis sesenggukan. gak bisa berhenti. akan kah yg beliau katakan bener2 terjadi ? mengingat kabar beliau yg terakhir sudah tidak sadarkan diri. dan apa yg terjadi ? tak seberapa lama, bunyilah speaker mushallah wetan mengumumkan berita kewafatan beliau. serasa copot jantungku. aku makin menangis sejadi jadinya agak lama. dan akhirnya ibuku lah yg berusaha menghiburku.

disaat jasad beliau dipulangkan kerumah beliau, aku segera ingin melihat beliau. sungguh ,, saat bertemu dan melihat jasad beliau, aku lihat wajah yg bersinar dan tersenyum. aku cium kening beliau. aku lihat wajah beliau yg begitu indahnya. aku menangis .., dan ah , kalian pasti bisa membayangkan rasa hatiku saat itu . dan hari ini aku tulis kisah ini . 






YANG KETIGA :

Kalau yang ini terjadi saat aku masih dipesantren. disamping aku mencari ilmu disana, aku juga mencari barokah dg menjadi khadam (pembantu kyai) disana. kebetulan saat itu aku sedang bersih2 rumah gus (panggilan putra kyaiku). Namanya gak perlu aku sebutin deh. aku inget kala itu sore menjelang maghrib. aku lihat gus sedang main catur dari tadi dengan orang yg gemuk dan gundul kepalanya. pikirku kok main caturnya dari tadi gak selesai2 sih? Apa gak capek ya ? apalagi tamu gus itu banyak omong dan ketawanya keras banget. Kenapa sih gus kok nggak nyuruh dia pulang aja ?. yang anehnya lagi, gus kelihatan agak sopan dan nurut dg orang itu. kalau dilihat dari segi bentuk sih, orang gundul itu bukan kyai atau sejenisnya deh. habis cara ngomongnya dan lagaknya kasar dan sok banget sih . jengkel aku dibuatnya .

hingga jam 8 malem baru terdengar orang gundul itu pamit. aku intip dari dalem. Terlihat gus kok salaman pake cium tangan orang itu ya ? wah, aku curiga nih. jangan-jangan tamu itu bukan orang sembarangan. kalau nggak, mana mungkin putra kyaiku cium tangan sama dia. ya kan ?.

karena penasaran, aku ikuti tamu itu sampai ketempat penyebrangan sungai brantas. sungai besar dan deras loh. biasanya disana ada jasa penyebrangan pakai perahu. namun kali ini orang yg jaga perahunya ngga ada. mungkin pulang bentar untuk makan. orang gundul itu merasa capek nunggu, akhirnya dia gak sabar . orang itu tiba2 masuk aja ke-air sungai brantas itu . 

hah ? dengan mata kepalaku sendiri aku lihat orang itu berjalan diatas air dengan enaknya. terus dan teruuus melangkah diatas air hingga sampai. Masya allah. terbengong aku dibuatnya. ketika aku kembali ketempat gusku, aku memberanikan diri bertanya pada beliau, siapa sebenarnya tamu itu ? Dengan senyum beliau menjawab , 

“opo to ? ora usah weruh ! kono, ndang mangan wae (apa sih? ngga’ perlu tahu! Sana, cepet makan !).

yah, siapa ya kira-kira ?. sumpah, sampai detik ini aku gak tahu siapa orang itu.






YANG KE-EMPAT :

Kalau ini terjadi dizaman saat masih mondok juga. sdh menjadi kebahagianku jika bisa sowan kekyai-kyai sepuh yg penuh barokah. jadi intinya, selama aku berada dipesantren, aku tuh selalu Tanya dan Tanya tentang sosok kyai yg masih hidup yg anti politik. dan berperilaku seperti layaknya kyai-kyai kuno. siapapun kyai itu, jika memang ada kyai seperti itu maka aku segera berangkat dan sowan kepada beliau untuk sekedar silaturrahmi dan minta do’anya. aku ini orangnya kurang bisa mendekatkan diri pada Allah, maka selayaknya aku berusaha mendekati orang-orang yg selalu mendekat pada Allah. agar disamping mendapat berkahnya, juga sebagai penyemangat hidup. 


seperti saat itu, aku mendengar kabar bahwa disalah satu daerah di kediri, entah darerah mana aku lupa. karea dulu terjadi secara tiba2 dan hampir gak terencana. begitu beredar informasi langsung aku sowani gitu aja. habisnya aku lupaan dan gak hafalan jalan. sampai saat ini. suwer deh !! hehehe .. 

katanya ditempat itu terdapat pesantren kecil yg diasuh oleh seorang kyai sepuh yg umurnya mungkin lebih dari 100-an. beliau sangat zuhud dan wara’ sekali hidupnya. sebut saja namanya kyai ‘Z’. banyak yang bilang beliau itu seorang kekasih allah (wali) . karomahnya sangat banyak . 

nah yg membuat aku tertarik adalah karomah beliau yg jika beliau belajar/ muthala’ah kitab klasik kuno (kitab kuning) jika ada yg kurang faham dengan salah satu tulisan dikitab itu, maka beliau diam sejenak dengan berkirim fatihah pada sang pengarang kitab agar dapat petunjuk apa yg dimaksud dg tulisan itu.

dan apa yg terjadi? ternyata ‘sang pengarang kitab’ itu datang dihadapan beliau dan menjelaskan maksud dari tulisannya itu. setelah selesai dan bisa dipahami, maka sang pengarang kitab itu menghilang. katanya sih spt itu yg beredar. pada awalnya aku ragu, namun kejadian itu pernah terjadi dihadapan orang banyak. dan akupun sempat bertanya dg beberapa saksi. dan ternyata mereka meng-iyakan kejadian itu .


Nah, dengan kemantapan yg bulat bak tahu bulat, cieee,, akupun berangkat sowan ketempat kyai Z itu. namun, setelah disana, tepat habis sholat dhuhur beliau sedang mengajar. para santri sudah pada menunggu kedatangan kyai Z itu. akupun ikut duduk bersama para santri2 sekalian mau ngikut ngaji juga lah. tak lama sang kyai keluar rumah dg digandeng dua orang santrinya atau putranya aku gak tahu, untuk berjalan menuju tempat beliau mengajar.

karena sudah terlalu tua dan harus dibantu jalannya. aku lihat dg seksama kyai itu, subhanallah memang sangat terlihat sinar ilahi yg memancar diwajah beliau. sangat berwibawa dan anggun sekali. namun ternyata kelihatannya kedua mata-nya telah memutih pada hitamnya. itu bertanda kedua mata beliau sudah buta.

setelah beliau sampai dan duduk, mulailah pengajian itu. cukup tebal kitabnya (aku lupa). namun dg mata buta beliau masih bisa baca ? masyaAllah, ini suatu anugerah yg tak semua kyai memiliknya, batinku. Namun aku sempat kecewa karena ketika beliau memulai pengajiannya, ternyata pembacaan perkalimat pd kitab itu nggak jelas sama sekali. istilahnya nggeremeng (tau ngga’ ?). sekilas jika didengerin bunyinya seperti ini :

“ HHHAAEEENNGGG ….NGGG …EEEEENNNNNGGGG … “

nah gimana coba, kalian bisa ngerti nggak ? aku jadi bingung dengernya. tapi ada yg aneh, para santri lainnya kok nyantai aja yah menyimaknya ? bahkan ngga’ sedikit yg sesekali mengangguk2an kepalanya (mantuk2) tanda mengerti. wah, fenomena apa ini?. akhirnya aku Tanya berbisik dengan santri yang ada disampingku,

“kang, emang sampeyan bisa jelas ya denger suara kyai ?”. tanyaku .

“iya, cukup jelas kok “. Jawabnya .

aduh kok bisa ya ?.

“ lho kang, saya kok mendengarnya ngga’ jelas banget lho ?“. tanyaku lagi .

“sampeyan sejak kapan disini ? “. kata santri itu balik bertanya padaku.

“ sejak tadi siang “.

“ memang begitu Gus, jika belum 3 hari maka ngga’ jelas suara beliau. nginep dulu disini 3 hari insyallah akan normal “. kata santri itu menjelaskan .


karena kebulatan tekadku , akhirnya aku berniat nginap dipesantren kyai Z itu selama 3 hari. tiap hari selama nginap aku selalu mengikuti sholat berjama’ah dan pengajian kyai Z itu. namun tetap seperti semula, yg aku denger suara kyai tetep seperti suara yg ngga’ jelas itu.

akhirnya genap 3 hari aku menginap. saat waktu subuh, aku siap-siap berjama’ah seperti biasanya, yg diimami langsung oleh kyai Z. tahu apa yg terjadi ? saat mulai berjamaah terdengar sang imam sangat merdu dan fasih dalam pembacaan fatihah dan surat alquran. ternyata setelah selesai sholat, aku baru tahu jika yg sebagai imam sholat tadi adalah kyai Z itu sendiri. subhanallah …

baru inget bahwa aku sudah 3 hari disini. dan sudah saatnya bisa mendengar suara kyai itu dengan jelas. begitu juga dengan pengajian beliau yg selama ini aku dengar sangat nggeremeng dan ngga’ jelas, namun mulai hari ini yg aku dengar dari kyai Z adalah suara yg sangat berwibawa dan jelas sekali. bahkan ketika beliau menjelaskan isi dari kitab itu, terdengar sangat jelas dan berbahasa yg indah. Sampai tertegun aku mendengarnya. legah hatiku .

dan tau ga’ ? ada lagi kejadian aneh dan nyata disaat ngaji itu. saat kyai Z itu sedang ditengah2 pengajian, dalam hati aku bilang (sekali lagi, dalam hati loh !) gini ,


“ Assalamu’alaikum kyai “ .

tiba2 beliau berhenti sejenak dan menghadap kearahku, meski kedua matanya buta. beliau tersenyum padaku dan menjawab salamku,

“ ‘alaikum salaaam “ .

hah ? sekali lagi Hah ???? . . . beliau menjawab salamku yg kuucap dalam hati ? aku bingung dan para santri juga pada bingung karena sang kyai tiba2 jawab salam tapi gak tahu siapa tg dating. allahu-akbar. beliau memang betul2 kekasih Allah, kata batinku.

akhirnya aku sowan dan berpamitan dg beliau. aku minta didoakan dan dinasehati oleh beliau. banyak doa dan pesan yg aku dapatkan. alhamdulillah akhirnya aku diberi kesempatan oleh Allah bertemu dg salah satu kekasihNYA.

dan 3 hari kemudian, aku kaget dan menangis mendadak ketika mendapat berita bahwa pagi tadi kyai Z telah meninggal dunia :

INNA LILLAHI WA INNA ILAIHI ROOJI’UUN “ .

Semoga kisah ini membawa kemanfa’atan buat aku dan semuanya. Amin



masih ada lagi kisahku yg lainnya. tunggu aja ya , ntar aku terusin .. .



Muhammad Khoir Basyaiban



terimakasih telah berkunjung diblog ini. jangan lupa komentarnya ya.
oh iya,, yuk jadi Followers blog ini biar tahu kalau ada artikel baru

________________________






No comments:

Post a Comment

setelah baca2 ... isi dong commentnya . ok ! kutunggu ya

ADSENSE


html5 tutoriels - cheap morocco desert tours