Friday, August 18, 2017

KYAI HAMDANI BIN ... [belum tahu] NDRESMO

saya bener" buta informasi dg beliau. Bin siapa atau keluarganya itu yg mana. Tapi sosok kyai hamdani ini bukan mitos tapi bener bener ada. Beliau hidup dizaman penjajahan belanda. Bagi yg punya informasi tentang beliau, baik anak2 nya atau keluarganya atau santrinya mohon kirim atau beritahu ke saya.
Meski saya buta tentang biodata beliau, tapi semua warga ndresmo mengenal beliau terutama yg tua2 [sepuh]. Beliau bukan fiktif atau tokoh rekaan. Semua tahu siapa beliau. Sangat pemberani dan sangat kuat dan sakti. Iya, betul... dulu sempat viral tentang kisah beliau yg sangat kuat. Bukan ukuran manusia biasa.




Dulu dikisahkan, didaerah jagir wonokromo tetangga desa ndresmo, selalu dipake oleh penjajah untuk tempat parkir kendaraan para tentaranya. Termasuk kendaraan berat seperti TANK. wow tank ? Iya beneran kok Bener-bener bikin para penduduk pada ketakutan. Denger suaranya atau bentuk model tank-nya aja sudah sangat menakutkan apalagi kalau kena.

Seperti hari itu yang banyak pasukan pada memarkir tank-nya disitu, ditanah kosong yang sekarang daerah ponpes At-tauhid merdeka. Suaranya sangat mengganggu penduduk sekitar. Terlebih daerah ndresmo yg paling sering ada kegiatan keagamaan berupa ngaji dan sholat berjamaah. Belum lagi ndresmo itu penduduknya hobi baca wirid dan baca alquran siang dan malam. Ya jelas sangat mengganggu sekali itu.

Nah saat itu, disalah satu pondok ada ngaji bersama para santri. Kontan ngaji tadi berhenti karena suara truk dan tank. Karena sangat keras suaranya. Begitu suara sudah berhenti baru ngaji dilanjutkan. Nah kyai hamdani merasa resah dengan hal itu. Apalagi dari aduan2 dari masyarakat. Beliau berpikir harus bertindak segera.

Gak lama dari semua itu, beliau ketika malem2 mendatangi tempat parkir tank dan truk tadi. Terlihat sepi gak ada penjaganya. Nah Begitu terlihat sepi, langsung kyai hamdani mendekati sekumpulan kendaraan yg berat2 tadi. Apa yg beliau lakukan ? Ini yg dikisahkan salah satu kyai sepuh dulu saat ikut nganter kyai hamdani saat itu.

Ternyata kyai hamdani mengangkat satu persatu semua kendaraan berat itu dan ditumpuk tumpuk, bahkan tank nya juga. Jadi kendaraan berat begitu banyaknya terlihat numpuk numpuk spt sampah truk dan tank. Yg bikin jengkel beliau campur tumpukannya antara truk dan tank. Subhanallah. Prakteknya itu setiap kendaraan diangkat lalu dilemparkan keruangan pojok. Biar numpuk disitu semuanya. Dan biar masih ada jalan yg tersisa dan bisa dilewati.. hehehe.. unik beliau ini.





Paginya , para tentara penjajah pada ngamuk ngamuk melihat kendaraannya saling bertumpukan. Usut punya usut akhirnya kyai hamdani ditangkep dan dibawa ke markas. Semua pada kawatir akan keselamatan beliau. Takutnya dibunuh oleh para penjajah itu. Tapi ? Unik juga. Karena paginya ditangkap, siang sudah dibebaskan. Masalah bebasnya spt apa tidak ada yg tahu persis.

Kehidupan selanjutnya beliau tetap berjuang perang melawan penjajah. Beliau cuma bersenjatakan ketapel batu kecil itu. Tapi jangan dianggep kecil loh,  karena ... baik pesawat atau truk atau tank semuanya akan hancur dan Meledak jika diketapel oleh beliau. Thanks


ada info , foto yg berhubungan dg beliau ? kirim kesini please ..

karya tulis muhammad khoir basyaiban

No comments:

Post a Comment

setelah baca2 ... isi dong commentnya . ok ! kutunggu ya

ADSENSE


html5 tutoriels - cheap morocco desert tours