Friday, August 11, 2017

POLIGAMI ? YUK KITA BAHAS ...


ah kalian .. blom juga baca udah cemberut aja . 

mang judulnya serem ya ?

abi 5

ga' juga kok.jujur aja yah aku tuh sebenarnya males banget ngebahas tentang poligami. yah cuma krn permintaan dari temen-temen cewek [kebanyakan] dan cowok [cuma 2 orang hihihi] untuk nulis seputar poligami. sebenarnya masalah poligami udah aku singgung di facebookku. meski cuman dikiiiiiit aja. aku cuma nulis gini di- FB :


" tentang poligami ?? ... 
biarkan takdir ALLOH yg berperan. 
gak perlu ngotot PRO n KONTRA ok ?! " .

langsung duaaarrr dan jedaaaarrrr yg komentar. bisa ditebak deh, yg cowok pada bilang 'setuju' dan yang cewek pada ogah dan marah -marah. hehehe


emng dikit sih yg ku tulis. tapi itu udah bisa jadi panjaaang bgt. 
padahal, aku tuh paling ga' suka ama yg panjang2 hehehe [mang apa'an seh bi ?]. dan aku bukan pada posisi menolak or mendukung. aku sih nyantai aja .


bagi yg udah berpoligami aku dukung. dan semoga apa yg kalian lakukan emang bener2 dapat ridla ALLOH SWT, dan emang ALLOH juga memperbolehkan poligami dikitab sucinya dg berbagai macam syarat . .


dan bagi yg berniat cuma punya satu istri saja, itu juga sangat aku dukung. semoga niat kalian itu juga mendapat ridla ALLOH SWT juga. amin …


Ridla ALLOH itu emang sangat penting banget kok. dari kedua contoh tadi, bisa juga dua2-nya tlah dapet ridla-NYA atau malah ga' dapat . atau malah salah satunya yg dpt ridlaNYA. nah itu tergantung dari sipelaku poligami itu sendiri. dan kalian juga ga' baik langsung menvonis begini :



" liat tuh si-mamad nikah lagi ama cewk, kayak kegantengan aja "


" ih , amit2 deh ! tuh sijuminten, mauuuu aja dipoligami .
klo aku sih , sorri la yau !! " .


" eh bodoh bgt ya sirokayah. dijadiin istri yg ke-2 si mamad. otaknya ditarok dimana sih?".




hehehe .. dari 3 pernyataan diatas tersebut, ada satu pendapat abi,

nganggur amat sih ngomongin org lain ? siamat aja tenang kok hehehe 

lagian, itu kan gak terjadi pada diri kalian atuh, ya kan ? yg penting rumah tgga kalian fine2 aja kan beres.



gini lo ...


biarkan aja, waktu toh pasti berlalu. semuanya kan ada balasannya, ato karma dari perbuatannya. jika niatnya gak baik, ya pastilah akan menuai hasilnya. namun jika niat nya baik dan dibuktikan ditengah-tengah rumah tangganya, ya ngapain juga ALLOH menghancurkan mahligai yg tlah dibangun. yg pasti akan baik pula hasilnya … 


iya kan ? kalian tidur ya ? ah kalian ... terusin bacanya dong .


aku akan contohkan seorang lelaki yg berpoligami yg kurang baik dlm niatnya, dan gak mendapat ridla-NYA, begini :


lelaki yg menikah lagi karena merasa mampu dalam hal materi, krn dia kaya atau gajinya yg gede. dia ingin terlihat gagah ketika org tahu dia ber-istri lebih dari satu. dia gak seberapa teliti pd rizki yg dia gunakan makan sehari2 nya bersama anak dan istrinya. berasal dari sesuatu yg halal atau haram atau syubhat. ini sgt penting ! jika keluarga rizkinya jelas halal pasti mudah membentuk dan mengarahkan ke jalan ALLOH. namun jika haram, wah ! suliiit banget deh. bahkan istri dan anak2-nya kelak akan berani pd-nya dan ga' punya tatakrama lagi sama orang tua. org yg biasa makan dari haram akan dihilangkan oleh ALLOH kewibawaannya dihadapan siapapun.


akhirnya dia nikah laga tanpa dia mampu mendidik keduanya dalam hal agama yg secara sempurna dan mendetail disegala bidang hukum agama. dia gak tau keadilan dlm poligami. adil itu relatif buat kita2 yg notabene adalah manusia biasa. bukan seperti adilnya ALLAH atau nabi2-NYA, krn kita gak akan pernah bisa spt itu. keadilan buat kita yg tercipta secara musyawarah dan disepakati oleh kedua istri2nya. 

dan hehehe ... hebatnya lagi, dia sendiri ga’ seberapa tau tentang ilmu agama [abis ! sejak kecil hingga jadi orang dewasa waktu-nya cuma disibukin urusan duniawi aja sih. nah kalau dia ga' bisa ilmu agama, gmn bisa mendidik kedua istrinya secara islami yg sempurna ?. padahal ilmu agama itu kan jadi sarana yg bisa buat manusia merasa rendah diri dihadapan ALLAH ? . kalau emang gitu keadaannya, ya jangan heran jika semakin lama mahligai rumah tangganya akan semakin terpuruk. istri pertama dan ke dua saling menuntut. anak2 mereka saling bertikai . saling rebutan harta warisan. yah kasihan deh ...

sedang sang suami disaat masih hidup akan menyaksikan percek-cokan yg ga’ ada hentinya antara sesama istri dan sesama anak2nya. lalu dia meninggal dunia. di saat dia sudah matipun masih diperlihatkan padanya oleh ALLAH hasil ketidak becusannya saat didunia dulu. hmmm na'dzubillah min dzalik. kejadian seperti ini, sering aku jumpai loh beneran ..



beda banget dg poligami yang tlah mendapat ridla-NYA, pasti akan terliat harmonis rukun dan sejahtera. terliat pula dari istri yg ke 1 dan yg ke 2 pasti rukun dan saling membantu. terasa sangat akrab melebihi seorang saudara. kangen2an malah. sering telp2-an dan SMS-an sekedar nanyain kabar, ato nanya resep2 masakan dll. lucu kan ? .



kalau sesekali terjadi perbedaan pendapat ato masalah mah, itu udah biasa atuh. namanya juga rumah tangga. namun semuanya terlewati begitu aja dg baik dan kembali rukun lagi. bagi sang suaminya terliat sayang pd keduanya. dan karena mendapat ridla-NYA pula sang suami ibadahnya tetep dan ga' berkurang .


dia beri istri-istri dan anak-anaknya dg rizki yg halal. dia sangat meneliti rizki yg dia dapat. agar hanya dapat yg halal saja. ingat ! jika keluarga tak pernah kemasukan sesuatu yg haram, maka akan mudah diarahkan yg baik. dia didik kedua istri dan anak2-nya. apalagi sang suami itu emang tau banyak tentang ilmu agama. jadi sambil menjalani kehidupan rumah tangganya, dia didik istri-istri dan anak-anaknya lebih mengenal ALLAH .

dia upaya-kan seluruh keluarganya terbiasa dalam hal ibadah wajid dan sunnahnya. dia upayakan agar keluarganya terbiasa melantunkan ayat-ayat alquran setelah habis sholat maghrib dan subuh .


pada setiap disamping istrinya yg manapun atau anak2-nya, dia biasakan memberi nasihat2, atau kisah2 para tokoh islam. dia ajarkan pada keluarganya tata cara beribadah secara islami yg sah ( ilmu fiqh ). atas usaha sang suami seperti yg aku sebutkan tadi, maka bukan tidak mungkin seluruh keluarga nya akan semakin bertambah dlm hal mengenal ALLAH. istri-istrinya sangat senang ketika melaksanakan ibadah. Anak-anaknya pun semakin memahami ilmu agama. mereka juga semakin senang dlm hal beribadah . dan itu mereka lakukan setiap hari-nya karena sudah terbiasa atas didikan ayah dan bundanya .


ah .. sungguh ! indah nian keluarga spt itu. meski dalam lingkup poligami. sang suami merasa nyaman disaat masih hidup. dan nikmat pula disaat sdh mati. dan ALLAH akan memperlihatkan pdnya hasilnya. sang suami mati meninggalkan istri-istri dan anak-anak yg sholeh dan sholihah. 

yg mengharumkan dunia islam. dan mengharumkan nama orang tuanya . 
[kejadian fakta yg seperti ini, sering dan banyak yg aku jumpai juga kok]

nah, udah kalian baca kan contoh poligami yg gagal dan yg sukses ?
inti pd tulisanku ini adalah :

jangan kalian ributkan poligami itu. blom tentu yg beristri 1 akan harmonis kok . banyak contohnya. dan blom tentu jg yg berpoligami itu berantakan .. so, kebaikan itu bisa ada dimana-mana dan diposisi apapun . kejelekan juga bisa ada dimana-mana dan dalam posisi apapun ..


jika nantinya kalian menemukan wanita yg berstatus istri pertama, jgn lah kalian ejek dan memanas-manasi dia, krn wanita itu sungguh bak mutiara disisi ALLOH. ahli surga dia. blom tentu kita seperti wanita itu . dia sangat luar biasa. kehidupan cuma sebentar dan dia insyalloh mendapat surgaNYA.


sebaliknya , jk kita bertemu dg wanita yg berstatus istri ke-2 dari seorang lelaki [asal bkn dari hasil kurang baik atau perselingkuhan atau merebut suami org lain dg cara yg kurang baik ] . maka hargailah dia. dia juga termasuk wanita yg baik dan bermartabat disisi ALLAH . krn dia telah ridla pada keadaannya. dan dia juga layak mendapatkan surga-NYA. asal semuanya berjalan yg baik .

ok cukup ini dulu ya ... 
sewaktu-waktu akan ada penambahan atau perubahan pd tulisan ini .







karya tulis : Muhammad Khoir Basyaiban 

No comments:

Post a Comment

setelah baca2 ... isi dong commentnya . ok ! kutunggu ya

ADSENSE


html5 tutoriels - cheap morocco desert tours