Thursday, August 17, 2017

AKU DAN KYAI ITU ... [ [ Pengalaman Saat Aku masih Mondok dulu ]





Kisahku yg ini emang antic banget. sudah kebiasaanku dari dulu suka sowan ke-rumah2 para kyai sepuh. itupun aku lakukan juga ketika aku masih mondok di PP AL-FALAH ploso mojo kediri. berbagai macam dan ragam para kyai-kyai yang aku sowani. Pokoknya jika aku dengar disuatu daerah yg terdapat kyai sepuh yg ‘alim pasti aku datangi rumah beliau. yaa tujuanku Cuma sederhana aja, pingin mendapat keberkahan dan penyemangat hidup.




diakui atau tidak para kyai sepuh itu hampir keseluruhan umurnya beliau persembahkan buat ALLAH. jadi pantas jika aku berpendapat beliaulah orang-orang yang dicintai Allah. nah, siapa tahu dg bertemu beliau2 aku bisa meniru jejak langkah beliau. yak kan ? ( ada yg protes dan keberatan ? )

Kisahnya begini :

Seingatku didaerah kediri bagian kota aku mendengar kebesaran nama se-orang kyai. bagiku, nama besar itu bukan terkenal karena jabatannya atau dikelilingi orang-orang besar pula. namun nama besar menurutku adalah meski ga’ seberapa terkenal namun beliau bener2 bisa bertindak seperti layaknya seorang kyai. beliau pengasuh salah satu pesantrn didaerah situ.

segera aku bersama temenku, udin berkunjung ke-rumah beliau. emang agak susah sih nyari alamat beliau. ya karena didaerah kediri kalian kan tau, bnyak pesantren yg berdiri disitu. besar2 lagi. makanya kediri pantas dapet julukan ‘ kota santri. dari perjuangan kita akhirnya ketemu juga letak pesantren dan rumah beliau. lalu aku bersama temenku naik bis kejurusan pangkalan yg deket dg tempat beliau. setelah sampai ganti aku naik becak .




nah, sudah sampai nih. terlihat tuh ada bangunan besar dan disitu terlihat terdapat masjid pula disekitar nya. lumayan bagus juga pesantrennya. aku lihat dari kejauhan banyak juga para santri yg sedang melakukan tugas2-nya. ada yg nyapu halaman komplek. ada yg mengeringkan pakaian yg habis mereka cuci dan ada juga yg belajar dan sesekali sambil tertawa. ah terlihat nyaman banget kehidupan mereka. Aku turun dari becak. aku tanyakan pada tukang becak itu :


“ pak , nih bener pesantren-nya kyai (?). maaf gak tak sebutin namanya “

“ oh iya . betul Gus. tuh pesantrennya “ .

jawab bapak tukang becak itu sambil nunjuk kearah pesantren depanku itu.

“ oh. kalau gitu makasih ya pak “

setelah membayar tukang becak itu, akupun bersiap-siap ganti pakaian dulu. ya gak lucu atuh, masa’ sowan ke kyai dg pakaian ala preman gini. aku udah siapin seperangkat busana muslim lengkap sarungnya ( he he kayak mo nikah ya ? ) .
namun sebelum aku ganti pakaian aku beli es krim jalanan dulu yg berhenti didepan gerbang pesantren itu. disaat nunggu es krim, disitu ada bapak yg agak tua, yg kulitnya agak item ( sorri ), kepalanya botak, berpakaian tani warna item dan celana yg agak pendek item juga. dia melewati tempatku beli es krim itu dg bawa kayu bambu [ 2 meteran kali, aku gak tau persis panjangnya. lupa ngukur sih dan pisau yg agak panjang. keliatannya sih habis nyari bambu itu . dia keliatan lumayan kotor sih. so, pas banget deh jika profesinya tani. dengan sopannya dia menyapa aku .




“ monggo Gus “

“ ya pak “

aku sih ngebalesnya biasa aja atuh [emang harus pake lompat ya bi ?] soalnya dia kan Cuma petani. jadi ya aku biasa aja .

“ eh pak. maaf ya, kyai …(? ), pengasuh pesantren ini bisa gak ya disowani ?”.
tanyaku padanya .
“ insyallah bisa Gus. memangnya mas belum pernah kesini ya ? darimana ? “ .
jawabnya sopan dan balik nanya’ aku .

“ belum pak. saya dari Surabaya. eh, pak, disini banyak juga ya santrinya ?

santri yang putrinya juga ada ya pak ?”.
“ iya. lumayan banyak. santri putrinya juga banyak. kenapa Gus ?”.
Tanya-nya pdku dg heran .
“ ah, enggak, tapi sapa tau ntar saya ditawarin santrinya yg putri.
lumayan kan pak? ha ha ha. emang kyainya punya istri berapa pak ? “
“ kalau gak salah istrinya tiga Gus “.
Jawab bapak itu.
“ wah, curang tuh kyai. saya aj yg masih muda belom dapet istri sama sekali.
ah ntar jk bertemu sama kyainya, saya mau minta santri putrinya satu deh”.
“ gus bisa aja. ya dicoba aja gus “ .
“ emang bapak kenal ya sama kyainya ? “
tanyaku pd bapak itu .
“ insya allah kenal dekat sekali gus.
oh iya, maaf gus saya mau teruskan pekerjaan saya.
silahkan aja kalau mau sowan “
kata bapak itu sambil pamit pergi padaku .

“ oh silahkan pak “.



Akhirnya bapak yg seperti tani itupun pergi meninggalkan aku dan temenku . setelah merasakan es krim, aku siap2 ganti pakaian di masjid itu. ya harus cuci muka dahulu dan merapikan penampilan. kan mau menghadap seorang kyai ? Harus cakep pisan atuh. dan itu namanya adab didepan kyai. ya kan ? .

Nah, singkat kisah aku dan temenku dah siap semuanya. dan sekarang menuju rumah kyai. tiba didepan rumah terlihat sudah ada santri putra bagian penerima tamu. akupun dipersilahkan masuk .
wah ternyata didalem sudah banyak juga tamu2 yang sudah disitu. semua tamu terlihat anteng dan diem. kalaupun ngobrol itupun dg cara berbisik. yah emang gitu mestinya jika berada dirumah seorang kyai. akupun Tanya pd santri tadi .
“ kyainya ada kang ? “

“ oh ada, mohon nunggu bentar, beliau masih mandi “ .
jawabnya .
“ oh iya kalau gitu . makasih ya kang “ .
dan aku pun dipersilahkan duduk bersama para tamu. dan tak lama santri itu keluar lagi dg membawa minuman buat aku dan temenku. dengan sabar aku menunggu kyai keluar untk menemui para tamu. sambil ngobrol dan tanya2 pada tamu2 lain . dan . . . .
tibalah saat yang dinantikan. sang kyai udah terdengar akan menemui kita. semua tamu serempak menata duduknya dg sangat sopan. termasuk aku. dan apa yang terjadi ?
begitu kyainya keluar dg pakaian seperti layaknya para kyai. putih bersih dan pakai sorban. tapi sebentar, kok rasanya ada yg aneh ya setelah melihat langsung kyai itu ? oh my god. beliau kan yg tadi didepan yg aku ajak ngobrol,
yg bawa bambu dan pisau tadi itu ? yang aku sangka seorang petani.
aduuuh, kayak hilang deh akal sehat ku. malu banget tau ! gimana enggak, wong tadi orang itu aku Tanya masalah santri putri dan masalah istri2 kyai. apalagi aku ajak becanda “ siapa tahu nanti kyai menawari aku santrinya “ gitu .. eh gak taunya, malah bapak itu kyainya. gimana coba ? temenku langsung menepuk kakiku dan bilang dg berbisik ,
“ rasain lo bi “ .
huuh jengkel aku sama dia. udah deh gak aku terusin ceritanya. yg pasti kalian pasti tau, seperti apa rasa malu yg aku alami waktu itu. thanks

karya Tulis : muhammad Khoir



    


No comments:

Post a Comment

setelah baca2 ... isi dong commentnya . ok ! kutunggu ya

ADSENSE


html5 tutoriels - cheap morocco desert tours