Monday, August 14, 2017

AKU DAN SI-BAPAK SOMBONG ITU [ 28 - 11 - 2008 9:30 ]


tulisan ini aku tulis atas dasar apa yg aku dengar dan aku liat . langsung aja gak' banyak omong . gini ceritanya ,


 




waktu itu aku lagi maen ketempat temenku yg punya pondok pesantren. kebetulan temenku itu pengasuhnya sendiri. dia masih muda banget. meski pesantrennya kecil dan santrinya dikit sekali, namun tetep aja yang namanya pesantren kegiatannya sama dg pesantren lainnya. yaitu ngaji[belajar ilmu agama mulai tafsir, nahwu, sharaf, fiqh dll. 





bi,abi, [ini nama panggilanku]...nih tulisan ujungnya kemana sih ? banyak omong banget ! he he ok, langsung aja ya …



siang itu, ada tamu seorang bapak yg gak seberapa tua. keliatannya sih dia tuh orang kaya dan berlagak agak gak sebegitu suka ama pesantren. lho ? kok sampai nyasar ke pesantren ini gimana ?...


gini, anaknya tuh ternyata mondok dipesantren temenku itu. namun keliatan gak dikasih ijin ama bpknya. padahal sianak tadi pingin banget bisa ilmu agama, apalagi bisa baca alqu'ran. lalu sianak tadi tetep pada keinginannya utk menetap dipesantren. katanya sih udah pamit ama ortunya, namun bagi sang ayah ngijinin secara setengah2 aja. nah singkat cerita, akhirnya sianak tadi dipertemukan ama bapaknya [dia nih udah berada dipesantren 3 bulanan mungkin .


pada awalnya, sibapak tadi nanya ringan2 aja ama anaknya. tentang gimana kabarnya lah, makannya gimana, dan lain2nya. namun pada akhirnya sibapak itu menasihati anaknya, yg kalimat2nya tuh gak enak banget didenger buat dunia pesantren. dia bilang gini,


“kalau kamu tetep bertahan dipesantren terus, bagaimana dengan masa depan kamu ?. mau makan apa kamu kelak ? sudah gak punya ijazah lagi. apa dengan berpakaian sarung dan kopyah bisa nyari penghasilan buat ngehidupin keluarga kelak?. sudahlah, kamu dirumah aja. belajar agama dirumah jg bisa“.

... dan bla . . . bla bla ..banyak banget ngomongnya .

hmmm . . . gimana coba ? jelas aku dan temenku tuh kesinggung buanget !. kayaknya dimata bapak itu, pesantren gak layak buat ngejamin masa depan. dan aku heran banget ama temenku pengasuh pesantren itu, diem aja. ngerasa gak tahan, akhirnya aku mulai ngajak bicara ama sibapak itu .


"mari pak, silahkan diminum tehnya" kataku membuka pembicaraan .


“oh iya mas, terima kasih" jawabnya dengan nada yg layaknya orang kaya didepan orang biasa seperti aku. 


dasar emang aku, meski orang biasa namun gak sudi dong diperlakukan kayak gitu.

"kelihatannya bapak kurang sreg [kurang suka] ya putranya berada dipesantren ini ?".tanyaku lagi .



"bukannya kurang sreg, tapi saya mau anak saya ini meneruskan kuliahnya agar nantinya bisa enak kedepannya".


"oh gitu, ennnnggg bapak ini kerjanya apa ?". tanyaku.

"saya ? saya bekerja disalah satu bank didaerah surabaya sini".
jawab bapak itu dengan agak suara menyombong banget.


"oooh. baguslah. pasti bapak orangnya sibuk banget ya ?".


"yah beginilah, namanya juga tugas, ya harus kita kerjakan.ini semua kan demi anak istri. tapi, nih anak [sambil noleh ke anaknya] masih kurang ngerti aja sama orang tua".


kulihat wajah anak bapak itu, kelihatan dia seperti berharap agar aku bisa membantunya untuk meyakinkan bapaknya agar memberi izin dia dipesantren.


"emangnya, jika anak bapak ini terus dipesantren bisa menyebabkan kerugian apa terhadap bapak ?". tanyaku lagi pura2 serius.dia mulai agak heran melihat aku nanyak kayak gitu.


"ini bukan masalah rugi dan untung. tapi ini demi kelancaran masa depan anak saya kedepannya. apalagi jaman sekarang yang apa2 harus perlu ada ijasah untuk bisa ngelamar kerjaan. coba bayangkan, gimana nantinya setelah anak saya ini sudah berkeluarga? kalau gak ada pekerjaan tetap, terus gimana ?" jawab bapak itu setengah ngotot .


"iya, saya ngerti maksud bapak. namanya juga orangtua, ya jelas mikirin nasib anaknya kan ?. tapi saya mau tanya kebapak, katakanlah anak bapak sekarang mau ikut pulang sama bapak. apakah bapak akan langsung masukin dia kebangku kuliah ?[hehehe, kayak bangku sekolah SD aja yah ]

"iya, rencananya saya masukkan ke universitas ... ( ? .karena banyak yg keluar dari sana terus langsung dapet kerjaan " .

"gitu ya ? berarti ada juga yg sampai sekarang belum dapat kerjaan kan pak ?"

“yaaa tapi masih banyakan yg berhasil mas". katanya angkuh ..

"baiklah kalau gitu, gini aja, knp bapak gak buat jaminan kepastian aja sama anak bapak".

"maksudnya ?". tanya bapak itu heran .

"katakan sama anak bapak begini 'jika kamu gak dipesantren lagi. terus kamu kuliah, maka bapak jamin kamu akan dapat pekerjaan yg bagus dan nantinya akan kaya " .

"mas ini ada2 saja. siapa yang bisa menjamin kehidupan atau masa depan seseorang ? semua kan sudah diatur sama yg diatas“. 
[tuh, kebiasaan orang2 jaman sekarang. nyebutin nama tuhannya aja gak mau. eh malah 'yang diatas'. emang genteng apa ?]

"jd bapak sendiri masih gak tau, kedepannya anak bapak spt apa ?".

"saya memang gak bisa kasih jaminan kepastian pada anak saya, tapi nabi kan pernah berkata siapa yg berusaha sungguh2 maka berhasil. ya kan ?“. kata bapak itu meyakinkan banget .


"wah, bapak aneh, disisih lain, bapak gak nanggepin kata nabi. namun disisih lain, bapak pakai kata nabi yg lainnya untuk mendukung pendapat bapak. jangan gitu ah, semua perkataan nabi itu baik kok jika dikerjakan. namun jika bisa ngerjain yg sebagian aja, mbok jangan merendahkan anjuran nabi lainnya dong .. " . kataku . 

terus terang, aku emang dalam posisi jengkel ama tuh orang. abis ! gak peduli didepan orang ngomong dg seenaknya sendiri sih. emang aku patung apa ? didepan anaknya kok ngomongnya kaya' gitu.


"siapa yang gak nanggepin kata nabi ? mas ini jangan menuduh sembarangan ya. pakai tatakrama dikit kalau bicara sama orang! jangan menuduh sembarangan! emang mas ini siapa berani ngomong gitu ke-saya ?".

wah, dia bener2 marah keliatannya. muka merah. begitu aku liat dia marah , aku malah nyantai aja .

"silahkan diteruskan . . . " kataku.

"maksudnya apa kok diteruskan ?".

"bapak kan saat ini marah, jika masih ada lagi kata2 yg akan dilontarkan bapak, silahkan. saya akan mendengarkan kok".

"dasar tak punya sopan santun dan tatakrama! memangnya kamu siapa ?" .

habis ngomong gitu, dia diem agak lama. lalu aku tanya pd bapak itu.

"sudah pak ? ".

"ya, sudah. terus kenapa ?"

"boleh saya bicara ?"

"silahkan, tapi harus pakai tatakrama !".

"baiklah. sebelumnya saya sangat matur suwun sama bapak yg mau mengingetkan saya tentang tatakrama. dan tadi bapak nanya emang saya ini siapa ? itu tak perlu saya jawab. karena saya bukan sapa2 dan bukan apa2. tapi, agar pembicaraan ini bisa enak, maka saya minta sama bapak agar kesempatan bicara saya ini jangan diputus. biarkan sampai selesai agar jadi jelas semuanya. bagaimana pak ? bapak tak keberatan ?".

"silahkan . . . " kata bapak itu.

"begini, tentang tatakrama yg bapak singgung barusam, ini akan saya kemukakan terlebih dulu. sebab bapak sendiri yang memulai topik ini. bagi bapak, saya kurang punya tatakrama. itu saya akui dan saya sengaja. kenapa ? krn bapak sendiri yg mengajari kami untuk tak memakai tatakrama lagi. meski itu hak bapak menasehati dan memarahi anak bapak dg merendahkan pesantren, namun itu bapak lakukan dan ucapkan dihadapan situan rumah dan saya yg sudah seperti keluarga disini. jadi tak heran jika tuan rumah merasa tersinggung. terlebih lagi, bapak hanyalah seorang tamu dirumah ini. siapapun atau apapun anda, tetap sebagai tamu disini dan harus ada tatakrama tersendiri.
keluarga saya alhamdulillah telah sangat mendidik saya bgmn cara bertatakrama pd siapapun, namun bukan berarti diam saja ketika mulai ada yang meng-injak2 harga diri. kesombongan sudah selayak nya dihadapi dg kesombongan pada saat tertentu"


wah, terlihat buanget sibapak itu agak mulai keliatan malu. dia mungkin mulai ngerasa dg apa yg telah dia perbuat. lalu aku terusin bicaraku,

"terus kenapa saya tadi bilang bahwa, anda disatu sisih gak nanggepin sabda nabi dan disisih lain, anda pakai sabda nabi demi pembenaran kepentingan anda sendiri ?. begini, jika anda pernah baca buku2 tafsir, hadist dll tentang islam, pasti anda mengakui bahwa mencari ilmu agama dan ilmu dunia sama2 diperintah. namun anda pasti tahu diantara keduanya tadi mana yang paling diperintah dan yang lebih utama ?. apa perlu saya jawab ?“.

"tak perlu. saya sudah ngerti" jawabnya dg nada gengsi bercampur malu.

"nah jika bapak tahu bahwa dua perkara tersebut sama2 diperintahkan untuk dicari, dan anda tahu bahwa ilmu agamalah yg paling utama dibanding ilmu duniawi, kenapa bapak bicara yg tidak patut terhadap orang2 yg berada dipesantren ? jika saya tanyakan lagi pada bapak , mana yg lebih wajib antara sholat 5 waktu dan bapak masuk kerja tepat waktu ? bapak pasti tahu jawabannya. kalau anda sudah mengakui bahwa sholat 5 waktu yg lebih wajib, apa gak wajib terlebih dulu bapak itu mengetahui ilmunya melaksanakan sholat, baru kemudian mengetahui ilmunya mencari pekerjaan atau duniawi ? atau, saling bersamaan. sekarang, katakan lah, kita ini malas kedua2-nya ...

ya gak sholat 5 waktu dan gak ibadah wajib lainnya juga, dan juga menentang bos kita ditempat kita bekerja. maka kita akan menghadapi dua masalah…

pertama, kita akan berhadapan dg Alloh yg telah menghidupi dan memberi kita rizki selama hidup diakhirat nanti.

kedua, kita akan berhadapan dg Bos tempat kita bekerja yg paling parah, kita akan dipecat. nah, sekarang mana yg kita takutkan, siksa Alloh karena kita dulunya malas melaksanakan semua perintahNya ? atau pada Bos yg karena kita menentang perintahnya ?. maka inti atau arah pembicaraan saya adalah, bahwa mencari ilmu yg berhubungan dg ibadah wajib perintah dari Alloh seperti sholat 5 waktu, puasa, zakat, haji itu wajib hukumnya bagi semua orang muslim.

dan . . . mencari ilmu yg berkenaan dg hal2 duniawi seperti sekolah, kuliah atau apapun agar nantinya bisa bekerja itu juga wajib hukumnya dg mengatur tujuan baik pada si pelakunya.

namun ? kewajiban pada dua hal tadi, yang pertamalah yg paling utama untuk didahulukan. sebab itu menyangkut ibadah pada Alloh. jika bapak saat kuliah dulu, atau sekarang saat sudah bekerja sangat menghormati , disiplin dan takut pada peraturan2 universitas tempat bapak . dan bos tempat anda bekerja. hingga bapak selalu melakukan semua itu meski dg membayar juta-an .

kenapa tidak lebih dari itu jika menghadapi peraturan dan kewajiban dari Alloh SWT yg notabene telah menghidupi bapak ?, memberi akal dan kesehatan hingga sekarang ? bukan-kah pada Allah-lah kita semua kembali ? pertanggung jawaban kita akan ditunggu.

nah, itu guna-nya ada pesantren-pesantren dibumi ini. tempat yang dikhususkan mempelajari tentang halal dan haram, wajib, sunnah, sah dan tdk sahnya semua jenis peribadatan menghadap Allah.

sekarang masalah jaminan masa depan. diawal2 tadi bapak sudah tak bisa menjamin kehidupan anak bapak kelak. saya tanyakan pada bapak satu hal saja . begini ,

apa ada jaminan dari anda, pekerjaan dan kekayaan yg sekarang anda miliki, akan masih ada hingga besok pagi ? atau bapak masih hidup hingga besok ? jika masih hidup ditahun depan, apa ada jaminan bapak masih menjadi orang kaya seperti saat ini ? .

sekarang saya tanya lagi, jika anak bapak kuliah hingga selesai , apa ada jaminan nantinya akan berhasil jadi orang kaya ? atau dapat pekerjaan ?

terus jika anak bapak masuk dipesantren utk belajar agama, apa ada jaminan kelak, dia akan susah dan miskin hidupnya ?. bapak gak perlu jawab untuk hal ini. karena jawaban semua itu cuma Allah yg tahu" .


sebenernya pembicaraan ku masih banyak. capek ngetiknya. sumpah deh, sibapak itu diem aja. dia seakan membenarkan omongan saya. dan akhirnya kita semua jadi teman baik yg saling mengisi. sibapak itu sering call aku menanyakan tentang hal2 yg berhubungan agama. wah, happy ending ya . . .


ok teman, mari kita saling menghormati dan menghargai diantara kita. pesantren juga punya masa depan bagi santri2nya kok. kaya dan miskin juga bisa datang pada semua orang. yang penting kita saling kenal dan bersahabat ok .



suwun



Karya tulis : Muhammad Khoir Basyaiban



yuk mampir kechanel youtube-ku disini :



No comments:

Post a Comment

setelah baca2 ... isi dong commentnya . ok ! kutunggu ya

ADSENSE


html5 tutoriels - cheap morocco desert tours