Friday, August 18, 2017

KYAI SAID AYAHANDA IMAM SIBAWEH NDRESMO

beliau ini salah satu guru ayahku ilmu nahwu dan sharaf. dulu ayahku ngaji pada beliau. Beliau ini sangat wira'i dan zuhud sekali. Sama sekali tidak tertarik pada urusan duniawi kecuali hanya tertarik pada kenikmatan beribadah. Kalau urusan amal ibadah jangan ditanyakan, pasti beliau itu suka mengamalkannya. Beliau adalah teladan yg bagus bagi para pemuda ndresmo...









GERGAJI BESI


dulu setiap hari beliau mengajari para pemuda2 ndresmo mengaji. Sangat istiqomah sekali. Malah para muridnya yang suka bolos. Beliau gak pernah marah pada murid-muridnya yang bandel. Termasuk ayahku yg lumayan bandel kalau mengaji.

Ada satu pengalaman menarik yang dulu pernah diceritakan ayahku padaku tentang beliau, yang secara dzahir tak terlihat kalau beliau adalah mantan pejuang yg kuat dan pemberani. Bahkan ada hal menarik yang diketahui orang banyak. Bahkan putra dan putrinya. Begini ceritanya..

Sehabis dhuhur ayahku biasanya ngaji sharaf pada beliau. Seperti biasanya ayahku berangkat menuju kerumahnya. Tidak seperti biasanya, kalau ayahku datang, biasanya beliau sudah siap mengajar dg berpakaian rapi dan bersih. Tapi kali ini tidak karena kelihatannya beliau sibuk sekali. Beliau sibuk memotong besi besar yg biasanya dipakai tiang listrik pinggir jalan itu loh. dengan menggunakan gergaji tangan yg kecil. 

Keringat beliau hingga membasahi seluruh tubuhnya. Padahal beliau sudah sangat tua. Gak selayaknya ngurusi besi seperti itu. Kasihan sekali beliau, pikir ayahku. Akhirnya ayahku meletakkan kitab nya berniat utk membantunya. Ayahku mendekati kyai said untuk menawarkan bantuan. Agar besi itu bisa cepat putus. Karena saat ayah melihat besi itu seakan masih utuh. Tapi beliau tidak mau dibantu karena gak mau merepotkan orang lain. beliau gergaji terus dan terus, toh perolehan gergaji gak seberapa.

Ayahku menawarkan bantuan untuk menggantikan pekerjaan itu dg mengucapkan kata kata yg menyinggung perasaan beliau. Ini kata yg diucapkan ayahku ,

"Maaf yai, saya gantikan saja pekerjan ini. Karena sampeyan kan sudah tua,jadi gak kuat seperti saat masih muda dulu". 


Itu kata ayahku yg padahal berrniat baik. Kontan saja kalimat ayahku itu ibarat membangunnkan singa yang sedang tidur. Beliau langsung menjawab ,

"Apa katamu nak ? Aku sudah gak kuat lagi? Wah kamu meremehkan orang tua seperti aku ya. Rasul [nama ayahku],sini..coba sekarang kamu perhatikan baik baik ya".

Itu kata beliau dgn langsung berdiri. Dan beliau singkirkan gergaji besi kecil itu. Setelah itu besi itu beliau pegang dan beliau tekuk dan lipat lipat dengan begitu mudahnya. Seakan besi itu seperti ranting pohon kecil saja menurutnya.

Jelas hal itu bikin ayahku terbelalak dan kagetlah. Org sudah sangat tua bisa ngelipat lipat besi sebesar itu. Sejak itulah ayahku percaya bahwa kyai said orang yg istimewa meski tak terlihat.


Terimakasih. Jika ada kisah lain monggo dishare disini. atau jika ada yang punya foto atau rumah atau makamnya kirim kesini.suwun



Karya tulis muhammad khoir

No comments:

Post a Comment

setelah baca2 ... isi dong commentnya . ok ! kutunggu ya

ADSENSE


html5 tutoriels - cheap morocco desert tours