Thursday, August 17, 2017

BYURR PEMBAWA BERKAH DAN SHALAT YG BERBIS - BIS



WAS-WAS WUDLU'



Aku mau nanya sama kalian kang santri, gimana cara kalian ngadepin temen yang was-was saat wudlu' atau shalat ? pasti kalian jengkel banget iya kan ? pada awalnya sih kasihan dia kayak gitu. tapi jika terus terusan ? ya bisa mengganggu stabilitas kenyamanan hati kita. iya kan ?



sama, aku juga gitu. ini pengalaman saat mondok dulu. aku sangat terganggu sekali dengan temenku yang buwanget was-was dalam wudlu'. dan satu lagi temenku yang was-was dalam shalat. jadi kalau aku sedang ngantri wudlu' terus pas temenku itu tuh yang urutannya didepanku, wah alamat capek deh. lha gak selesai-selasai wudlu'nya. diulaaang terus. dia kira gak sah gitu mungkin wudlu'nya. padahal jika aku lihat sah kok. dan bener tatacaranya.


nah pas pagi kala itu, kebetulan aku ngantri pas dibelakang dia. waduh, gimana nih ? cuma 2 orang yg wudlu' yaitu aku dan dia tapi lamanya bisa seperti 30 antrian nih. bener juga apa yg aku kawatirkan. dia masuk kamar mandi yg lumayan gede bak mandinya tapi dia selalu gak mau berduaan masuk. dia tutup pintunya biar bisa khusu' wudlu' nya. capek deh nunggu kayak gini. 



dari luar kamar mandi aku cuma denger suara Niat wudlu'nya yang keras dan tangan yang dia masuk kan ke kolam mandi dengan suara yg diulang ulang dan seperti konser musik gitu. lucu juga sih kalau didenger dengan seksama.

' nawaitu [suara niatnya dg keras]... pyok pyok pyooook [suara air kolam mandi saat digepyok dg telapak tangannya ketika ambil air]... Byooor [ suara saat air disiramkan kewajah atau kepala ... ] '

jadi yang aku denger saat diluar ya ini :


" Nawaitu Pyokk Pyokk pyoooookkk , Byooooorrrr "

" Nawaitu Pyokk Pyokk pyoooookkk , Byooooorrrr "

" Nawaitu Pyokk Pyokk pyoooookkk , Byooooorrrr "

" Nawaitu Pyokk Pyokk pyoooookkk , Byooooorrrr "

" Nawaitu Pyokk Pyokk pyoooookkk , Byooooorrrr "



ya gitu terus pokoknya. gak selesai-selesai. capek kan nunggu dan denger gituuu terus. dari tadi dia wudlu' cuma nyampek basuh wajaaaah tok . kapan tangan dan lainnya coba ?

akhirnya aku gak tahan juga , kebetulan pintu kamar mandinya gak dikunci. ditutup tapi bisa dibuka dari luar. aku masuk aja. dan bener deh aku lihat dia berupaya banget dg wudlu'nya itu. selalu 'Nawaitu Pyokk Pyokk pyoooookkk , Byooooorrrr ' terus diulang ulangi. 

akhirnya tanpa basa-basi dan perasaan jengkel , langsung aku pegang kedua kakinya dan jeburkan dia ke bak mandi itu. langsung dia kejebur 'Byuuuuuurrrrr' dibak mandi itu basah semuanya. aku langsung lari keluar kamar mandi sambil ngakak alias ketawa keras. temen-temen saat tahu kejadian itu juga pada ngakak. temenku yg was-was tadi tahu yg jeburin itu aku. tapi dia gak berani marah. akhirnya dg sangat terpaksa dia-pun ikut tertawa.

nah setelah kejadian itu, si darso [ itu nama temenku yg was-wasen tadi ] setiap mau wudlu' pasti tolah toleh alias selalu menoleh kebelakang karena takut dijeburin lagi seperti kemarin. selalu seperti itu pokoknya. gak pagi, siang dan malam kalau mau wudlu' pasti noleh-noleh terus kebelakang. takut ada aku dan jeburin lagi dibak mandi. hahaha...

tahu gak ? dari situ dia akhirnya hilang perasaan was-was pada wudlu'nya dan dia berusaha cepet menyelesaikan wudlu'nya. pada awalnya sih dicepet wudlu'nya karena takut ada aku yg jeburin lagi ke bak mandi. tapi lama kelamaan hal itu sudah biasa tuh. hingga bertahun-tahun mondok bareng denganku kini wudlu'nya sudah gak was-was atau mengulang-ulang lagi. alhamdulillah ... ini namanya byyuuuuurrrr membawa berkah hahaha






WAS-WAS SHALAT



kalau yg ini beda lagi kisahnya. ini bukan terjadi dipondok tapi saat dirumah alias kampungku sendiri. ada teman main yang tumben-tumbenan dia itu was was saat sholat. masalahnya dia gak pernah ngaji dan gak ngerti rukun dan syaratnya shalat. entah kena apa dia kok sudah lama pake was-was segala. kalau orang yg sangat alim fiqih sih aku maklumin. emang bener dia was-was shalat dan gak main-main. itu aku tahu setelah sering ngobrol dg dia dan aku tanya masalah was-was, dia jawab sungguhan. perasaannya itu seperti tidak sreg gitu loh. 

cukup lama dia was-was kayak gitu. satu tahun lebih loh. jadi kalau dia shalat gak pernah berjama'ah karena dia selalu mengulang-ulang bacan fatihahnya sampai dia rasa sreg dihati. padahal dia gak fasih-fasih amat baca'annya. ah entahlah namanya juga penyakit.


nah, suatu hari sehabis isya' aku mau shalat. kebetulan isya' tadi gak shalat berjamaah karena sibuk main kali. kan masih belum dewasa hehehe... nah saat aku selesai wudlu' eh ternyata ada anak yang was-wasen tadi juga berwudlu'. pasti dia mau shalat isya' juga pikirku. aku tanyain dia, dan ternyata bener dia mau shalat isya'. akhirnya aku berniat berjamaah dg dia tanpa sepengetahuan dia. kalau dia tahu dijadikan imam pasti gak mau. dan tujuanku juga ada jeleknya sih , sekalian niat godain dia. haduuuhhh kalau niat yg ke-dua jangan ditiru ya. dosa tahu !! hehehe...

aku duduk disamping jidor mushallah sambil nunggu Sayuthi yang sedang wudlu'. eh iya sampai lupa. yg was-was shalat tadi namanya sayuthi. barangkali kalian mau kenal. siapa tahu jodoh atau calon menantumu cieee... nah, akhirnya dia muncul juga. dia langsung masuk kedalam mushallah. aku mengikuti tapi pelan-pelan agar dia gak tahu kalau aku masuk dan jadi makmumnya. pas dia takbiratul-ikhram ' Allaaahu Akbar' , nah setelah itu aku jawil pundaknya. apa jawil itu ?? apa ya ... itu loh disentuh pundaknya imam agar tahu kalau ada yg mengikuti shalatnya .

dia terlihat kaget dan gimanaaa gitu saat aku sudah resmi jadi makmunnya. dikeraskan fatihahnya . gini ...



" bismillaahirrah ... Bismillaaahh ... Bis ... Biss .. Biss... "

nah gitu terus diulang-ulang . dia pikir bacaannya kurang pas terus makanya diulangi terus. wah capek deh ... akhir nya terjadi dialog singkat antara aku dan dia saat baca tadi itu. gini saya kasih ilustrasinya ya :


dia : Bismillah ... Bis ..

dia : Bismillaaaahh ... Biisss ...

dia : Bismillahirrahmaani ... Biss ... Bis .. Biss..

dia : Biss..

dia : bis ..

dia : bis ..

aku : Kotaaaa ..

dia : Bis ...

aku : Bis Damriiii ..

dia : Bis ...

aku : Bis pataaaass ...

dia : biss...

aku : bis Ekaaa ...


kontan dia langsung ngeluyur keluar dan batalin shalatnya. lha aku ditinggalin sendirian .. jiyaaaaa ... tapi sejak kejadian itu , dia mulai hilang was-wasnya dan kembali normal . alhamdulillah ...

kalian ada kisah menarik dan lucu ? share disini yuk ...




karya tulisan : Muhammad khoir Basyaiban



    

No comments:

Post a Comment

setelah baca2 ... isi dong commentnya . ok ! kutunggu ya

ADSENSE


html5 tutoriels - cheap morocco desert tours