Friday, August 18, 2017

KYAI ABDUL QOHAR BIN THOLHAH BIN HAJJI


Siapakah beliau? hingga semua telinga dan mulut di-ndresmo sudah tak asing lagi mendengar nama dan kisah tentang beliau. begitu berpengaruhnya perwujudan beliau ini hingga patut dibuat tauladan bagi anak cucu beliau khususnya, dan bagi warga ndresmo pada umumnya. beliau lah sosok ulama yg sangat alim allamah pada zamanya. yaaa kalau diitung2 mungkin bisa kurang lebih dari 200 thn-an yg lalu beliau hidup dan memberi warna keharuman tersendiri pada kampung para habaib ndresmo itu. kealimannya tak diragukan lagi. kezuhudan dan kewaro’annya sudah menjadi buah bibir dikalangan penduduk ndresmo . 

24052009(010) PP albadar
- pic 1 kiri : adalah sepanjang Gang para anak keturunan kyai abd.qohhar bin hajji bin muhammad bin abdulloh mansyur bin abd.karim bin abdulrohman basyaiban . baarokallohu fiihim
- pic 2 kanan : inilah pesantren kyai abd.qohhar yang hingga kini masih ada dan terjaga . tempat ini tak pernah sepi hingga sekarang .


makanya aku tak heran jika beliau menurunkan anak-2 cucu yang rata2 ahlil-ilmi hingga saat ini. terbukti para anak cucu beliau hingga saat ini hampir kesemuanya mempunyai pesantren dan bekerja untuk Allah, yakni mendidik para santri untuk lebih mengerti ilmu2 agama. sungguh, akan terasa sejuk dan penuh dg suara2 pengajian dan dzikir jika kita memasuki sepanjang jalan rumah beliau dan anak2 cucu beliau saat ini. 

beliau ini (Abd qohhar hidup dimasa kyai muhajid bin ali ashghor bin ali akbar. satu masa2 keemasan kampung ndresmo kala itu. masa yg masih dipenuhi oleh orang2 yang hanya mementingkan urusan akhirat ketimbang duniawinya. ah, aku sangat rindu masa2 itu. dan semoga Alloh akan memunculkan orang2 seperti beliau2 dimasa yang modern ini. amin .




beliau adalah abdul qohhar bin tholhah bin hajji (menantu sayyid ali ashghor) bin Muhammad bin abdulloh mansyur bin abdul karim bin abd.rohman basyaiban. nah, kita bisa melihat urutan nasab mulia beliau yang akan terus bersambung hingga kebaginda Nabi SAW. jadi wajar jika kehidupan beliau laksana bintang yg mengisi keindahan langit itu. 

dan hingga saat ini, masih berdiri kokoh peninggalan pesantren beliau yang sangat kuno yaitu orang menyebutnya dg nama Pesantren al-badar. banyak para ulama besar dijawa ini yang pernah nyantri kepesantren beliau. aku lupa akan nama2 itu. yang aku tahu dan ingat adalah seorang kyai kharismatik dan besar yaitu kyai sholeh ndarat adalah salah satu org yg pernah nyantri dan ngaji ketempat beliau .
kyai abd.qohhar bin tholhah ini sejak masa mudanya pernah belajar di makkah almukarromah. hingga makin sempurnalah beliau dalam hal ilmu2 agama yang sangat diperlukan. itu menunjukkan betapa beliau itu adalah sosok pecandu ilmu. tak kan pernah lelah untuk mencari ilmu. namun apapun itu, dlm istilah kata mutiara menyebutkan :

"setinggi tinggi bangau terbang keawan, toh akan kembali juga ketempatnya". 

nah, aku jadi ingat dengan kisah pendek beliau yg saat itu masih makkah almukarromah. begini kisahnya :
dikala itu, sosok kyai yang paling dituakan karena ilmu dan kezuhudannya adalah kyai mujahid bin ali ashghor bin ali akbar . banyak orang yang datang untuk nyantri atau sekedar ngaji ketempat beliau. kyai mujahid ini sama halnya dg kyai abd qohhar, sama dalam hal pecandu ilmu. beliau sangat alim dan waro’. 

nah, kisahnya dimulai sejak kyai mujahid ini sudah merasa sangat sepuh [tua] dan putra putrinya masih belum menginjak dewasa. beliau khawatir keberadaan dirinya dalam hal mengajar ngaji akan berhenti jika beliau meninggal. maka segera beliau memanggil kyai ubaidah bin hajji (yaitu saudara dari ayah kyai abd.qohhar). dan sesampainya dirumah beliau. segera kyai ubaidah disuruh menemui beliau dikamar karena saat itu sedang sakit. (dalam kisah ini, bukan kyai ubaidah bin hajji saja yg dipanggil, namun ada seorang kyai ndresmo lagi yg ikut dipanggil yang aku lupa namanya). agar para pembaca merasa enak utk memahami, maka aku ilustrasikan dg dialog seperlunya disini.




“ assalamu’alaikum kyai “ 
“ alaikum salam saudaraku ubaidah “ 
jawab kyai mujahid bin ali ashghor .
“ kyai memanggil saya ? “. 
Tanya kyai ubaidah penasaran. dan beliau sangat terharu melihat kyai mujahid terbaring lemah karena sakit itu.
“ iya saudaraku, sengaja aku memanggilmu karena ada sesuatu yg akan aku sampaikan padamu tentang keponakanmu abd.qohhar“. 
jawab kyai mujahid .
Singkat dialog adl, kyai mujahid menyuruh kyai ubaidah agar menyusul keponakannya (abd.qohhar) yang masih berada dimakkah almukarromah itu. dalam pikiran kyai ubaidah kalau menyusul dikota yg dekat-deket itu sih bisa dimaklumi. lha ini lho dinegara lain yg tepatnya disaudi Arabia. bayangkan yg kala itu gak ada pesawat seperti sekarang ini yg cukup 9-10 jam udah sampai. 

dengan hati yang mantap karena yang menyuruh adalah seorang kyai mujahid yg sudah mencapai derajat kewalian, maka kyai ubaidah berkata : 
“ baiklah kyai, asal panjenengan mau mendoakan, saya akan segera berangkat. tolong do’akan saya kyai “. 
itulah yg dikatakan kyai ubaidah pada kyai mujahid.
“ baiklah, aku akan berdo’a sekarang juga pada Alloh atas apa yang kau minta“. 
jawab kyai mujahid seketika itu. 

beliaupun berdoa dihadapan kyai ubaidah tersebut. dengan lisan berucap do’a dan mata yg berlinang air mata, kyai mujahid berdo’a sedang kyai ubaidah meng-amininya. jika seorang kekasih alloh yg berdo’a, dan yg dido’akan juga termasuk orang yg suci dan bersih hatinya ? maka apa yg terjadi ? wallohu a’lam. yang terpeting akan aku teruskan kisah ini. 

nah, setelah kyai ubaidah dan satu orang lagi yg aku lupa namanya selesai dido’akan kyai mujahid, segera-lah beliau pamit utk bersiap2 berangkat kemakkah. dan apa yang terjadi ? tak lama dari waktu itu ada berita yang sangat mengagetkan bahwa kyai mujahid bin ali asghor barusan meninggal dunia ! innalillaahi wa innaa ilaihi rooji’uun. kalau tak salah denger wafat beliau itu di waktu pagi hari tatkala kyai ubaidah masih bersiap2 akan berangkat kemakkah. 


dan bagaimana kelanjutannya? yang pasti, kyai ubaidah tetap melaksanakan amanat kyai mujahid utk kemakkah menjemput kyai abd.qohhar pulang ke-ndresmo dan berangkat pagi itu juga sebelum mayat kyai mujahid dikuburkan. yang terjadi adalah, kyai ubaidah berangkat kemakkah yg saat itu jasad kyai mujahid belum dikuburkan, dan datang kembali kendresmo dengan berhasil mengajak kyai abd.qohhar pulang, itupun jasad kyai mujahid belum dikuburkan. artinya apa ? begini, perjalanan dari Surabaya – kemakkah, dan dari makkah kesurabaya lagi itu Cuma ditempuh kurang lebihnya 2 – 3 jam . sub-hanalloh … maha suci alloh atas segala kuasanya. segala yg dikehendaki alloh terhadap para kekasihnya pastilah yg terbaik …

akhirnya, sejak meninggalnya kyai mujahid bin ali ashghor, maka kyai abd.qohhar bin tholhah bin hajji meneruskan apa2 yang sudah dirintis kyai mujahid tersebut. bisa kita bayangkan begini, seorang alim dan wali seperti kyai mujahid hingga mempercayakan tugas itu pada kyai abd.qohhar, itu sudah bisa kita jabarkan betapa alim-nya, betapa sucinya hati kyai abd.qohhar tersebut.
wallohu ‘alam … jika ada kesalahan atau kekhilafan kisah ini mohon dikoreksi. terimaksih banyak.

karya tulis muhammad khoir basyaiban .



1 comment:

  1. pondok al badar itu bukan pondoknya mas kiyai abd qohar bin tolha,tp pondoknya buyut ali bin sahal bin ali asghor.langgar al badar itulah pondoknya kiyai mas abd qohar bin tolha.

    ReplyDelete

setelah baca2 ... isi dong commentnya . ok ! kutunggu ya

ADSENSE

ADSENSE

MAMPIR


html5 tutoriels - cheap morocco desert tours