Kyai Nur bin Yusuf bin Ashdar Basyaiban


beliau ini adalah kyai muhammad nur bin yusuf bin ashdar bin ibrohim basyaiban. salah satu sesepuh ndresmo yang sangat 'alim , zuhud dan waro' . dalam hal ilimu agama siapapun tak meragukannya . setiap hari pekerjaan rutin beliau kebanyakan diisi dg sholat , puasa , wirid dan mengajar ngaji . banyak para kyai-kyai sepuh yang mengaji ketempat beliau . kenapa banyak yang memilih beliau untuk dijadikan guru mereka ? jawabannya sederhana saja , yaitu tingkat ketaqwa'an dan kezuhudan beliau lah sebagai acuan mereka mengaji kesana .



ada kisah menarik seputar kehidupan kyai nur ini . suatu ketika salah satu murid kesayangannya beliau yang bernama abdul qodir bin alwi bin yahuda bin baidhowi adzamatkhan yang terkenal cerdas dan sangat pemberani ini punya masalah . maklum lah kyai abd qodir kala itu masih sangat muda sekali . jadi biasalah jika terjadi tawuran atau pertengkaran. apalagi abd qodir muda itu sangat hobi sama yg namanya pencak silat . hingga beliau sangat mahir dalam menguasai pencak silat tersebut .

Jadi suatu hari terdengar kabar jika abd.qodir muda itu dikeroyok oleh brandal2 dipasar . meski sendirian , abd qodir sanggup membuat para berandal itu berlarian tunggang langgang krn kenekatan dan keberanian beliau . tapi masalah tidak selesai sampai disitu , para berandal tersebut tak menerima atas kekalahan mereka . maka suatu hari dengan mengajak teman2-nya yg lebih banyak segera berangkat ke-ndresmo guna mencari abd.qodir muda itu .


setelah mereka sampai dikampung ndresmo , langsung mencari orang yg bernama abd.qodir . setelah tanya2 , akhirnya mrk mendapat informasi bahwa abd. qodir sedang ngaji ketempat kyai nur bin yusuf . mereka pun menuju kerumah kyai nur . singkat kisah , mereka sampai dirumah kyai nur dan ditemui oleh beliau diteras rumah .


" ada perlu apa kalian semua kemari ? " tanya kyai nur pd mereka .


" kami mencari abd.qodir kyai ! kurang ajar dia !! " jawab salah satu dari para berandal yg paling ditakuti itu .


" lalu , jika kalian bertemu dg abd. qodir , kalian mau apa ? " tanya kyai nur lagi ...


" ya jelas kami hajar dia ! biar dia tahu siapa kami !! " . jawab mereka dengan angkuhnya .


" kalian mau menghajar dia ? kurang ajar sekali kalian !! mencret lah kalian semua jika kesini punya tujuan yang kurang baik ! "


dan apa yang terjadi ? belum mereka lama dihadapan beliau ( kyai nur ) , perut mereka semua pada sakit seketika . hingga mencret2 dibuatnya . bukan pada satu orang saja , tapi semuanya ! . akhirnya mereka-pun mengerti akan keistimewaan dan karomah beliau . merekapun segera minta maaf dan pergi meninggalkan ndresmo dan tak pernah kembali lagi . itulah salah satu kisah dari kyai nur bin yusuf yang memang sudah bukan rahasia lagi dindresmo tentang siapa diri beliau .

kalau dilihat dari segi peta kampung ndresmo tempo dulu , rumah beliau itu termasuk hampir berhadap2an dg bekas rumah sayyid ali asghor bin ali akbar bin sulaiman . wallohu a'alam . semoga profile dan kisah beliau ini membawa kemanfa'atan dan hikmah bagi para pembaca . dan semoga Allah SWT memberi kemuliaan dunia dan akhirat untuk anak cucu beliau . amin ya robbal alamin .

Jika para anak cucu beliau ada kisah-kisah lagi seputar beliau , silahkan kirim ke-email kami di : zaky_nafis@yahoo.co.id / atau ke pesan facebook ... terimakasih .

- abi elkhoir bin muhammad nur rosul basyaiban.
- sumber : kyai mas 'alwi bin abdul qodir bin alwi adzamatkhan

Comments

  1. wah matursuwun atas usahanya menjembatani ajang silaturahmi bagi sedulur basyaiban...salam kenal dari muntilan, magelang....agus

    ReplyDelete

Post a Comment

setelah baca2 ... isi dong commentnya . ok ! kutunggu ya

Popular posts from this blog

KISAH NYATA MEYAKINKAN SILSILAH DG CARA SPIRITUAL

GUS 'UD ( kyai ali mas'ud )

Kisah Unik : Sayyid Arif segoropuro & Sayyid Sulaiman Kanigoro