Friday, August 18, 2017

KYAI NUR BIN YUSUF BIN ASDAR



beliau ini adalah kyai muhammad nur bin yusuf bin ashdar bin ibrohim basyaiban. salah satu sesepuh ndresmo yang sangat 'alim, zuhud dan waro'. dalam hal ilimu agama siapapun tak meragukannya. setiap hari pekerjaan rutin beliau kebanyakan diisi dg sholat, puasa, wirid dan mengajar ngaji.


banyak para kyai-kyai sepuh yang mengaji ketempat beliau. kenapa banyak yang memilih beliau untuk dijadikan guru mereka ? jawabannya sederhana saja, yaitu tingkat ketaqwa'an dan kezuhudan beliau lah sebagai acuan mereka mengaji kesana .


ada kisah menarik seputar kehidupan kyai nur ini. suatu ketika salah satu murid kesayangannya beliau yang bernama abdul qodir bin alwi bin yahuda bin baidhowi adzamatkhan yang terkenal cerdas dan sangat pemberani ini punya masalah. maklumlah kyai abd qodir kala itu masih sangat muda sekali. jadi biasalah jika terjadi tawuran atau pertengkaran. apalagi abd qodir muda itu sangat hobi sama yg namanya pencak silat. hingga beliau sangat mahir dalam menguasai pencak silat tersebut .


Jadi suatu hari terdengar kabar jika abd.qodir muda itu dikeroyok oleh brandal2 dipasar. meski sendirian, abd qodir sanggup membuat para berandal itu berlarian tunggang langgang krn kenekatan dan keberanian beliau. tapi masalah tidak selesai sampai disitu, para berandal tersebut tak menerima atas kekalahan mereka. maka suatu hari dengan mengajak teman2-nya yg lebih banyak segera berangkat ke-ndresmo guna mencari abd.qodir muda itu .

setelah mereka sampai dikampung ndresmo, langsung mencari orang yang bernama abd.qodir. setelah tanya2, akhirnya mrk mendapat informasi bahwa abd. qodir sedang ngaji ketempat kyai nur bin yusuf. mereka pun menuju kerumah kyai nur. singkat kisah, mrk sampai dirumah kyai nur dan ditemui oleh beliau diteras rumah .



" ada perlu apa kalian semua kemari ? " 
tanya kyai nur pd mereka .

" kami mencari abd.qodir kyai ! kurang ajar dia !! " 
jawab salah satu dari para berandal yg paling ditakuti itu .

" lalu, jika kalian bertemu dg abd.qodir, kalian mau apa ? " 
tanya kyai nur lagi ...

" ya jelas kami hajar dia ! biar dia tahu siapa kami !! ". 
jawab mereka dengan angkuhnya .


" kalian mau menghajar dia ? kurang ajar sekali kalian !! mencret lah kalian semua jika kesini punya tujuan yang kurang baik ! " bentak kyai Nur pada mereka. beliau betul-betul marah .

dan apa yang terjadi ? belum lama mrk dihadapan beliau (kyai nur ), perut mereka semua pada sakit seketika. hingga mencret2 dibuatnya. bukan pada satu orang saja, tapi semuanya !. 


akhirnya merekapun mengerti akan keistimewaan dan karomah beliau. merekapun segera minta maaf dan pergi meninggalkan ndresmo dan tak pernah kembali lagi. itulah salah satu kisah dari kyai nur bin yusuf yang memang sudah bukan rahasia lagi dindresmo tentang siapa diri beliau.


kalau dilihat dari segi peta kampung ndresmo tempo dulu, rumah beliau itu termasuk hampir berhadap2an dg bekas rumah sayyid ali asghor bin ali akbar bin sulaiman. wallohu a'alam . 

semoga profile dan kisah beliau ini membawa kemanfa'atan dan hikmah bagi para pembaca. dan semoga Allah SWT memberi kemuliaan dunia dan akhirat untuk anak cucu beliau. amin ya robbal alamin .

Jika para anak cucu beliau ada kisah-kisah lagi seputar beliau , silahkan komentar disini terimakasih .



karya tulis muhammad khoir









sumber : kyai mas 'alw darojatin bin abdul-qodir bin alwi

6 comments:

  1. wah matursuwun atas usahanya menjembatani ajang silaturahmi bagi sedulur basyaiban...salam kenal dari muntilan, magelang....agus

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya , salam kenal juga ..
      main ke blog sini lagi ya hehee

      Delete
  2. kang Agus , saya salah satu cicit dari Kyai Muhammad Nur Basyaiban bin Kyai Muhammad Soheh Basyaiban .
    Istri saya orang magelang , dan kami juga tinggal desa senden, kec.butuh ,kab. magelang ...dekat jembatan blondo ..yang mengelola arum jeram disitu adalah buyut nya istri saya ...
    Jika Kang Agus mengijinkan, bolehkah kami silaturahim ke kediaman Akang di muntilan ? ini nomor WA saya : 6281332525700

    ReplyDelete
  3. kang adi kurniawan , kalau boleh saya tanya, sampeyan cicit kyai nur bin shoheh basyaiban darimana ya ? boleh tahu urutan sampeyan hingga ke kyai shoheh ... tanya serius kang gak ada tendensi apa2 kok hehehe ... suwun ..

    ReplyDelete

setelah baca2 ... isi dong commentnya . ok ! kutunggu ya

COBA

COBA

ADSENSE

ADSENSE


html5 tutoriels - cheap morocco desert tours