Thursday, August 17, 2017

MASAKAN KAMU MANTAB BI ...



dapur- santri  




Ini kisah kenakalan seorang santri dipesantren. seperti diriku ini. tapi menurutku, aku ini gak nakal-nakal amat lah. gak usah lebay gitu ya kalau sama aku. dulu tuh, udah biasa saling ngerjain temen sesama santri. ya habisnya itu udah jadi tradisi sih. termasuk mencuri barang atau makanan milik temen sendiri. tapi jangan salah paham dulu, disamping itu sudah terbiasa namun cara ngambilnya gak kayak maling2 pada umumnya yg harus tengah malem dan gak ada yg tahu . 





tapi kalau dipesantren tempatku dulu nggak gitu. dilakukan dengan alasan bales dendam. dan dengan cara dilakukan rame-rame antar teman kamar. jadi Cuma sikorban aja yang nggak tahu. dan yang paling penting adalah endingnya yg bagus. ujung-ujungnya pasti mengaku rame2 dan dapet deh maaf dari si korban. nah, sekarang aku ceritain kisah menarikku tempo dulu...





aku tuh dipesantren masak sendiri dg 4 temen yg saling patungan. jadi jika kita dapet kiriman uang, maka sebagian kita jadikan satu untuk dibuat belanja beras dan bumbu-bumbu lainnya. belanja sebanyak mungkin agar mencukupi minimal 15 hari kedepan. nah saat ini, persediaan beras kita masih ada tapi untuk lauk pauknya itu yang habis. wah masa’ sih kita Cuma makan nasi aja ? gimana rasanya atuh ? anyep kali ye . . jadi malem tuh ke 3 temenku pada mikir, apa lauknya ? . pusing deh. semiskin inikah kita ?



oh nooo !!, sepertinya kita layak deh dapet bantuan dari pemerintah daerah bila perlu pusat atas kasus kekurangan pangan ini hehehe. lha iya to ? ini kan bisa dikategorikan bencana kekurangan pangan ? ( lebay ... gak segitunya kali bi ).





nah disaat kita semua pada bingung mikirin lauk sedang perut kita laper banget, akhirnya aku inget temen akrabku beda komplek kamar yg pernah makai berasku tanpa ijin aku dulu. itu dulu sih. namun saat itu dgn entengnya dia ajak makan aku rame-rame, dan berakhir dg pemberitahuan serta permintaan maaf pdku atas pemakaian berasku itu. asem ! mereka sambil ketawa-ketiwi lagi !. namun itu semuanya gak ada masalah apa2. dan akupun ridla kok. itulah dunia santri yg penuh kekurangan dan jauh dari berkecukupan n mewah-mewahan.


ok ,kita lanjutin yah ceritanya ....
Yah, begitu aku inget temenku itu, langsung aku lihat lemari kecil tempat bahan bahan masakan miliknya. setelah aku buka rame-rame dg ketiga temenku, terbukalah pintunya. terlihat lengkap banget persediaannya. bahkan ada daging ayam lagi, meski Cuma dikit. akhirnya kita sepakat ambil daging dan bumbu2 seperlunya. hehehe ..

dasar miskin nih. singkat kisah, kita masak ayam itu dan kita buat kuahnya yg agak banyakan dikit biar jadinya mencukupi. setelah semuanya mateng, temen-temen pada nggak sabar ingin makan. namun aku larang karena aku bilang begini , 

“eit ! jangan makan dulu. sabar ! kita panggil sa-Amin [sipemilik daging dan bumbu yg kita curi itu]. biar ikutan makan bersama kita. tapi jangan dikasih tahu dulu apa yg telah kita kerjakan sampai makan-nya dah selesai “ .

akhirnya temen2-ku pada nurut . mereka cari tuh si-amin. dan akhirnya ketemu deh .


“ min, lagi ngapain ? “ kata temenku .

“ nih, lagi betulin bolpein yg agak bengkok. ada apa ? “. Tanya amin.

“ yuk ikut makan bareng, tuh si-abi dapet rizky lumayan. ayo kedapur “.

“ bener nih ? nah gitu dong sesekali ngajak kita makan “.

dengan senangnya si-amin langsung meletakkan bolpoinnya dan langsung ikut gabung sama teman2. tapi, jika dipikir-pikir, temenku canggih juga ya ? kok gitu ?. iya, ekspresi wajah2 mereka itu loh yang gak ketara banget. hingga membuat amin yakin kalau undangan itu nggak ada unsur merugikan dirinya . wah salut . . .

tibalah si amin dan temen2 ketempat memasak. sedang aku disitu sedang menyiapkan segalanya .

“ wah bi, lagi banyak uang ya ? gitu dong “. kata amin menyapa aku .

“ iya dong, makanya aku tasyakkuran dg ngundang kamu “ . jawabku .

“ lho , ko Cuma aku yg diajak ? yang lainnya mana ? “.

“ huh cerewet banget sih ?!. mau apa nggak ? tinggal makan aja pakai ribut “.

“ iya iya … oke deh , gimana ? sudah bisa mulai ?.

mulailah kita makan bareng malam tuh. meski seadanya. dengan lahapnya kita menyantap makanan itu. kenyang deh. dan semua terlihat legah dan kenyang. terbukti mereka sama pegang perutnya masing2 dan tak jarang dengan mengeluarkan kentut berkali-kali dg macam2 suara dan nada (kaya’ paduan suara ya ?) .

nah sekarang tinggal satu masalah yg harus diselesaikan. temen2 pada pakai isyarat mata agar aku yg nyelesaikan masalah ini. aku pun paham. dan aku dekati si-amin .

“ eh min, jangan pergi dulu. gimana makanannya tadi ? “

tanyaku pd amin dengan tanpa merasa dirugikan, aminpun jawab dg mantap .

“ wah, sip bi. masakannya sedep banget. dagingnya jg empuk. kapan2 undang aku lagi bi. lumayan buat ngurangi jatah. makasih bi hehehe “.

“ beres min, tapi kita semua terima kasih banget juga sama kamu min. berkat kamu kita semua terhindar dari bencana kelaparan “.

“ lho kok bisa ? emang kenapa ? “ Tanya amin heran .

“ iya. tadi tuh sebenarnya daging ayam dan bumbunya punya kamu “.

“ yaah, sial kamu bi ! sama aja dong tadi itu aku yg tasyakkuran. bales dendam   kok gak bilang2. awas kamu bi “


tau apa yg terjadi selanjutnya ? . 
pencurian demi pencurian beras dan bumbu terus berlangsung antara kelompokku dan kelompok amin. tapi ya terjadi begitu aja tanpa adanya jengkel, dendam atau apapun. balas dendam berlanjut. ah dunia santri yg polos dan penuh keikhlasan. dan ending seterusnya adalah kita antar kelompok akhirnya bergabung jadi satu hingga sampai akhir. hingga sekarang para temen2 kalau inget tuh peristiwa pasti pada ketawa. ah indahnya dunia pesantren .



thanks


karya tulis : Muhammad Khoir Basyaiban


    

No comments:

Post a Comment

setelah baca2 ... isi dong commentnya . ok ! kutunggu ya

ADSENSE


html5 tutoriels - cheap morocco desert tours