Friday, August 18, 2017

KYAI MAS YAHYA BIN ABU DZARRIN


beliau nih termasuk kyai yg sangat penyabar dan sangat tekun beribadah. bisa dibilang kesabarannya itu yg membawa beliau kederajat yg sangat mulia. tiap hari rumah beliau selalu banyak dikunjungi para tamu dari berbagai kalangan. mulai orang biasa, kyai , habaib dll. banyak yang terkesan jika habis bertemu dg beliau.

  


Speakerpun Jebol

beliau ini sangat dermawan apalagi dengan anak kecil. beliau termasuk anak keturunan sayyid abu dzarrin basyaiban. saya sendiri masih teringat dengan 2 kisah yg sangat populer tentang beliau. diantaranya adalah: tentang kezuhudannya dan ke-wira'iyannya. hingga beliau sama sekali tak suka mendengarkan musik atau nyetel tape rocorder . nah tentang semuanya itu pernah ada kejadian yg nyata disaat saudara beliau yg bernama kyai thoha bin abudzarrin sedang mengadakan sebuah acara khitanan putrannya .





nah sudah menjadi biasa ketika satu keluarga yg ada acara ky' gitu pasti ada hiburan musiknya berupa memutar lagu2 qasidahan .. nah itu juga yg dilakukan kyai thoha . mendengar bunyi musik yg keras itu, terdengarlah hingga ketelinga kyai yahya ..langsung beliau keluar kehalaman rumah beliau dan melihat speaker yg bunyi itu . beliau geleng2 kepala dg berkata :


" Subhaanallah . . . "
apa yg terjadi ? ternyata speaker itu langsung diem dan semua yg berhubungan dg musik itu seakan terbakar tak bisa digunakan lagi ..




Batu Bata Merah Untuk Bayar Hutang 

ini terjadi pd seorang habib arab yg bertempat didaerah wonokusumo surabaya. kebetulan saat itu aku sedang mengajar pengajian rutin didaerah itu . dan habib sholeh suatu saat ikut mendengarkan pengajianku itu. setelah pengajian selesai , habib sholeh mendekati aku dan saling ngobrol . tiba saatnya dia bertanya dg ku begini :" gus , kenal dengan kyai yahya ndresmo ? " tanya habib sholeh itu .


" kyai yahya bin abu dzarrin ? " .. tanyaku memastikan .

" iya betul ! saya masih inget dulu sering sowan ke rumah beliau saat masih sangat muda. beliau org nya sangat baik sekali dg saya. hingga saya ini seperti anak beliau sendiri. akhlaq-nya itu loh zein (bagus) sekali. saya seneng jika sowan kesana " kata habib sholeh itu .

" gitu ya ? terus awal perkenalan anda dg kyai yahya itu bagimana ceritanya ? " . tanyaku pd habib itu .

" begini gus , saad itu saya sangat terhimpit oleh masalah ekonomi . hutang saya banyak sekali. kalau dikurs-kan dijaman sekarang ini ya kira 300 jutaan lah ... sedang usaha saya jatuh . saya hampir putus asa . g' ada jalan lain . nah , suatu ketika saya diajak oleh teman saya kerumah kyai yahya itu . temen saya itu ngga' tau dg permasalahan saya itu . dalam hati saya , biarlah urusan ini tak aku ceritakan pada siapapun .



nah, akhirnya sampailah kita dirumah kyai yahya. beliau mempersilahkan masuk kita berdua. saya seneng sekali ketika pertama kali lihat wajah kyai itu . teduh dan sejuk dihati. namun apapun itu, saya tetep tak menceritakan masalah saya . nah , setelah mengobrol lama tiba saat nya kami pulang . dan tiba2 kyai yahya bilang pada saya begini :

' jika Allah adalah tempat mencari jalan keluar terhadap berbagai masalah , maka jangan kawatir ' .

itu yg dikataka beliau . lalu beliau menyuruh saya mengambil batu bata merah dua biji yg ada dihalaman rumah beliau itu. segera saya ambil kedua batu itu dan saya berikan pd beliau. lalu beliau membungkus 2 batu itu dg kertas koran lama dihadapanku. setelah dbungkus, lalu dimasukkan ketumbu (nama tempat nasi saat kendurian yg terbuat dari bambu) .

nah setelah selesai semuanya, kyai yahya memberikan tumbu itu padaku dg berkata :

' ini bawa pulang ya bib , jangan dibuka kecuali sudah nyampe rumah kamu ' .



habib itu meneruskan kisahnya. 

"saya jadi penasaran dg maksud kyai yahya tersebut. tapi saya tak berani melanggar dg apa yg sudah beliau katakan tadi. nah, sesampainya dirumah, segera aku buka tumbu itu dikamar tanpa ada yg tahu. subhanallah ... ternyata tumbu yg tadinya berisi 2 bata merah ternyata berganti dengan tumpukan uang kertas. setelah saya hitung, ternyata jumlahnya tidak lebih dan tak kurang dari jumlah hutang saya yg besok harus dilunasi ... sekali lagi Allahu akbar !! ..

dari situlah saya bisa mengembalikan hutang2 saya. dan sejak itu, saya sering sowan ketempat kyai yahya itu dan mengaji pd beliau"
nah itulah kisahnya .. semua yg mendengarkan pada heran dan berdecak kagum. nah cuma itu yg saya ketahui kisah tentang kyai yahya bin abudzarrin bin muhammadun bin abudzarrin basyaiban .


kisah tadi sipelaku yg berkisah dan menjadi saksi...

______________________________


saya mengharapkan bagi para pembaca atau anak cucu tokoh ini agar sudi mengirimkan pengalaman atau kisah yg berhubungan dengan beliau, agar bisa kami tampilkan diblog ini. tak ada maksud apa2. semua itu kami pakai tauladan . kirimkan ke email saya di : xpdccinta85@gmail.com  atau langsung saja tulis di comment di blog ini .

terima kasih


karya tulis muhammad khoir basyaiban


P.P " ATTAQOWWIYAH "

ndresmo - wonoclo - surabaya



7 comments:

  1. kyai manshur pernah bilang kalo suatu malam pernah di datandi kyai maimun zuber rembang kalo' sebenarnya asal muasal pondok di jawa itu dari ndrosmo kang yaitu kyai Abdul qohhar pondok albadar punyai 2 santri namanya Kyai sholeh langitan dan kyai sholeh Semarang

    ReplyDelete
  2. sak kepireng kulo nggeh ngoten, malah menawi di teliti, kyai-kyai besar di jawa khususnya yang menurunkan kyai-kyai besar sekarang pernah berguru kepada beliau, itu terbukti dari kitab peninggalan abah nya kyai-kyai besar sekarang ada nama kyai abdul qohhar ndresmo. dan menurut crita kyai abdul qohhar inilah yang membawa kitab i'anatu tholibin ke tanah air..
    beliau juga di kenal alim dalam ilmu falak, pernah beliau mengajak santrinya jalan-jalan sehari sebelum hari raya, lalu tiba tiba beliau langsung menunjukkan pada santrinya ke arah hilal yang terlihat.. subhanallah

    ReplyDelete
  3. nama abdul kholiq n nyai hawanah itu ada gak dalam silsilah keluarga mbah selagah atau sanak kh.Jasim pasuruan?

    ReplyDelete
  4. Alhmdulillh ...Mudah2an bi barokatihi wabi karomatihi.. semua dzurriyyah mbah yahya umar dijadidikan dzurriyah min ahlil ilmi wa ahlil choir,wa ahli ttoqqo wa ahli sshobri ..Amiin ya mujiiibasssaaailiin.

    ReplyDelete
  5. Alhmdulillh ...Mudah2an bi barokatihi wabi karomatihi.. semua dzurriyyah mbah yahya umar dijadidikan dzurriyah min ahlil ilmi wa ahlil choir,wa ahli ttoqqo wa ahli sshobri ..Amiin ya mujiiibasssaaailiin.

    ReplyDelete
  6. Alhmdulillh ...Mudah2an bi barokatihi wabi karomatihi.. semua dzurriyyah mbah yahya umar dijadidikan dzurriyah min ahlil ilmi wa ahlil choir,wa ahli ttoqqo wa ahli sshobri ..Amiin ya mujiiibasssaaailiin.

    ReplyDelete
  7. Tolong beri tau juga dimana yg mulia kyai yahya dan kyai abu dzarrin.. saya ingin sekali ke pesareannya.. trima kasih. Maaf kata2 saya kasar saya dari pasuruan emang begini kata2 orang sini agak kasar dan sulit sopan hehehe

    ReplyDelete

setelah baca2 ... isi dong commentnya . ok ! kutunggu ya

ADSENSE


html5 tutoriels - cheap morocco desert tours