Saturday, August 19, 2017

NDRESMO - SING NDERES KABEHE LIMO . . .



Ndresmo, kampungku yg kecil. yg berbagai macam orang mengucapkannya. ada yang bilang sidosermo atau sidoresmo. namun nama asal dari kampung itu bernama ndresmo dari kata 'sing nderes kabehe limo. hampir seluruh daerah bahkan negara-negara lain terlebih timur tengah banyak yang kenal desa itu. ya karena kebanyakan penduduknya punya pesantren.















ya ! jumlahnya sangat banyak. dan lagi para penduduk asli situ adalah dari keturunan baginda nabi MUHAMMAD SAW dari berbagai arah silsilah yang berbeda. ada dua jalur silsilah yg menghubungkan nasab penduduk ndresmo kebaginda nabi Muhammad SAW. yaitu dari keturunan sayyid abu bakar basyaiban dan sayyid adhmatkhan (bisa jadi ada yang lain dari kedua keturunan itu).



nama NDRESMO itu bukan sebuah kebetulan saja. namun terdapat sejarah awal penamaan itu .




dahulu sekali, setelah sayyid Sulaiman dan kakaknya sayyid Ali Arif [keduanya adalah putra dari sayyid abdurrahman suami dari syarifah khodijah putri syarif hidayatullah,sunan gunung jati]berkelana dalam penyiaran islam, akhirnya beliau berdua menetap disuatu tempat. sayyid sulaiman berakhir dimojoagung hingga wafat beliau. dan dikebumikan disana. 



namun sebelum kemojoagung beliau sudah mendirikan sebuah pesantren dipasuruan yg hingga kini masih berdiri kokoh dan besar. nama pesantren itu adalah SIDOGIRI. sedangkan kakaknya, sayyid ali al-arif menetap dan mengajar didaerah pasuruan yg terkenal dg sebutan SEGOROPURO. beliaupun diwafatkan dan dikebumikan disana .


nah, disaat sayyid sulaiman masih memangku pesantren dipasuruan itulah, beliau berkeinginan lebih meluaskan syi'ar islamnya kedaerah2 lain. beliau menyuruh putra2nya agar semakin giat dalam hal penyebaran islam diberbagai daerah. terdapat beberapa nama dari putra2 beliau yang tercatat diberbagai silsilah. diantaranya :

abdul wahab, hazam, tsabit, ali akbar, abdulloh, abid, hasan, husein dan muhammad baqeer.( mungkin ada yg lain. insyaallah dan allahu a'lam.

para putra2 sayyid sulaiman itu banyak yg menyebar utk melaksanakan keinginan ayah mereka untk memperluas penyebaran islam. tak terkecuali putra beliau yg bernama sayyid ali akbar. dalam masa pengembaraan, beliau berpamitan pd ayahandanya untuk menuju arah Surabaya. Tapi belum pasti daerah mana yang beliau tuju. akhirnya sayyid ali akbar mampir dulu didaerah geluran, tempat saudaranya bermukim yaitu sayyid bageer bin sulaiman. dan hingga sampai wafatpun sayyid bager pun dimakamkan didaerah itu.


selama digeluran beliau [sayyid ali akbar] bermunajat dan mengisi waktunya beribadah pada Allah agar diberi petunjuk dimana tempat atau daerah yg layak buat dirinya menetap. dan ternyata Allah memberikan petunjukNYA. pada suatu malam terlihat oleh sayyid ali akbar, ditengah2 munajatnya, sebuah cahaya yg terang yang mengarah kesuatu tempat yg kala itu masih sebuah hutan yg angker .

menurut riwayat tidak ada satupun orang yg sanggup memasuki hutan itu. orang banyak yg menyebutkan nama daerah itu dengan nama 'alas demungan'. akhirnya sayyid ali akbar melaporkan hal itu pada ayahandanya, sayyid sulaiman. mendengar penuturan putranya itu, sayyid sulaiman menyuruh sayyid ali akbar agar membabat dan menakhlukkan hutan itu dan membangun tempat tinggal disitu. beberapa santri ayahnya dipesantren sidogiri di-ikut sertakan untuk membantu putranya mengemban tugas itu .

singkat cerita, sayyid ali akbar berhasil membabat dan menakhlukkan hutan itu. berbagai kendala dan cobaan alhamdulillah berhasil beliau lalui. setelah selesai, beliau membangun satu rumah sederhana yang dihalaman depannya terdapat sebuah 'gutekan' atau istilah sekarang satu tempat yg disediakan untuk santri menetap. setelah selesai semuanya, tak lama ayahanda beliau datang untuk melihat hasil kerja putranya itu. 

cukup puas perasaan sayyid sulaiman melihat semua hasilnya. maka beliau berpesan pada putranya agar menetap disitu dan beliau menyuruh sebagian santrinya yg tadinya membantu sayyid ali akbar agar ikut menetap bersama putranya. sayyid sulaiman memilih beberapa santri yg berjumlah 5 orang. akhirnya sayyid sulaiman kembali kepasuruan dan meninggalkan 5 santri buat putranya, ali akbar.



hari terus berganti kehidupan sayyid ali akbar penuh berisi dengan ibadah, ngaji dan pembenahan. setiap tak ada kegiatan ngaji bagi para 5 santri tersebut, mereka isi dengan muthola'ah(belajar) kitab2 yg telah diajarkan sayyid ali akbar. hingga suara mereka dalam hal membaca kitab terdengar oleh beliau. akhirnya beliau segera menghampiri para santri-nya itu. dihadapan para 5 santri itu beliau berkata :

“ nderes [ belajar baca ] to kang ? “ Tanya sayyid ali akbar

“ inggih kyai “ jawab ke 5 santri serentak

" kang, tiap malam aku selalu mendengar kalian belajar bersama saling nderes 

[membaca] kitab yg telah aku ajarkan. maka ingat baik-baik, sejak saat ini yang mulanya desa ini bernama ndemungan, maka aku ganti dengan nama NDRESMO. sing nderes kabehe limo [ yang belajar lima orang ].

" inggih kyai " ( iya kyai ) jawab para 5 santri itu kompak .


maka sejak itulah, desa itu mulai dikenal orang dengan nama ndresmo. dan lama kelamaan ndresmo mulai berdatangan para murid sayyid ali akbar yang ingin menimba ilmu dipesantren beliau ini. semakin ramai dan terkenal desa itu. dan hingga kini kampung ndresmo terkenal dengan sebutan ' mekkah-nya tanah jawa ' .

perlu diketahui, salah satu dari 5 santri sayyid ali akbar tersebut adalah ' ki ageng hasan besari ' yg terkenal dg ki kasan besari ponorogo. seorang ulama besar dan sangat terkenal hingga kini








NDRESMO DIMASA PENJAJAHAN


sudah sejak dulu atau tepatnya sejak zaman penjajahan desa itu selalu dikunjungi banyak orang . bagaimanapun juga keamanan didesa itu terjamin sejak terikatnya perjanjian antara sayyid ali akbar dan pemererintah kolonial belanda . lalu diperkuat lagi perjanjian sayyid iskandar (putra beliau).


jadi para tamu-tamu yang memasuki desa ndresmo dulunya itu bisa dipastikan ada 2 hal: 

yaitu niat belajar mengaji atau cari perlindungan dari kejaran para tentara belanda. perjanjian antar belanda dan kedua tokoh sentral ndresmo itu sudah tertulis. hingga sekarang konon tulisan perjanjian untuk menjadikan desa ndresmo sebagai tempat yg diistimewakan masih tersimpan rapi dinegara belanda sana. desa itu memang membuat masalah dan mati kutu bagi para penjajah. tak bisa berbuat banyak jika berurusan dengan penduduk desa itu. dan itupun berlanjut hingga kepenjajahan jepang. 


sudah menjadi rahasia umum disaat penjajahan belanda dan jepang dulu, jika ada tentara yg berusaha melanggar perjanjian tersebut bisa dipastikan terkena musibah yg mengenaskan . bahkan jika ada tentara yg berusaha masuk kedesa itu , banyak yang matanya tertutupi dengan sesuatu hal, hingga keberadaan ndresmo seakan hilang tak berbekas (baca dipostingan sayyid iskandar bin sayyid sulaiman). 

ada banyak beberapa peninggalan kuno yang masih ada didesa ndresmo . yaitu masih utuhnya rumah bekas kediaman sayyid ali akbar hingga keputranya sayyid ali ashghor. yang kini rumah itu ditempati oleh K.H.Mas Mas'ud (almarhum ). lalu celana panjang yg biasa dipakai dalaman jubah milik sayyid ali ashghor yg masih tetap utuh. 


kemudian sumur yang dulunya biasa dipakai sayyid ali akbar untuk memberi minuman para pejuang, hingga sesiapapun yg habis meminumnya secara fakta tak mempan oleh segala macam senjata para penjajah. sekarang keberadaan sumur itu ditutup karena pernah terjadi hal yg sangat menakjubkan. ada seseorang yang mencuci buah pepaya yang masih utuh disitu. lalu setelah habis dicuci ternyata pepaya itu tak mempan dikuliti oleh pisau. 


terus yg pernah heboh lagi adalah seekor ayam yg dikasih minum air sumur tersebut yg akhirnya tak mempan disembelih . dan masih banyak lagi kejadian yg berhubungan dengan sumur itu hingga membuat orang yg meminumnya kebal akan segala senjata tajam [fakta tak terbantahkan dan banyak saksi yg masih hidup hingga saat ini]






NDRESMO DIMASA tahun 1950 - 2009 .


dimasa itu desa ndresmo ibarat bunga yang segar dan indah. dimasa itu pula makin banyak berdatangan para santri disetiap rumah-rumah anak cucu keturunan baginda nabi SAW didesa itu . banyak tokoh-tokoh kyai ndresmo kala itu yang berwibawa dan kharismatik. baik kyai ndremo yg menetap didesa itu, ataupun kyai ndresmo ( ahli ndresmo ) yang berada dikota-kota lain seperti pasuruan dll. atau baik kyai ndresmo dari fam basyaiban atau fam adhamat khan atau fam lainnya .


para sesepuh dulu dengan tindakan nyata memberikan contoh terhadap keturunan mereka kelak, agar senantiasa mementingkan ilmu agama daripada duniawi. juga pentingnya berserah diri pada Allah SWT disaat kondisi apapun. membiasakan diri utuk selalu meng-khatamkan alqu'an minimal 3 hari sekali .membiasakan diri agar tak tidur malam untuk memuji Allah hingga pagi . semua itu masih terlaksana hingga saat ini. 


maka jangan heran jika kita melihat dirumah-rumah keturunan baginda nabi di-ndresmo jika malam jarang yang tidur. ada yang dimasjid 'ali akbar' dan ada yang dirumah membaca alqu'an, ada yang memimpin para santrinya untuk istighotsah , ada yang ngelalar pelajaran agama. namun jika siang hari jarang yg keluar rumah ( ingat , bukan rumah para pendatang lo ). terdapat nama-nama para kyai yang bisa mempertahankan kewibawaan ndresmo dari dulu hingga saat ini . yaitu kyai mujahid , kyai mansur bin thoha , kyai muhibbin , kyai baqer , kyai abdul qadir , kyai yahya , kyai thoha , kyai ahmad dan kyai2 lainnya ( masih banyak yg tidak aku sebutkan ) .


kini, ndresmo masih tetap sebuah desa yg sangat religius sekali . makin banyak kegiatan saadah ( para sayyid ) dimasa modern ini . tak seperti sesepuh ndresmo hadapi, yg berupa para penjajahan dan peristiwa keganasan PKI yang penuh dengan kekerasan , maka para saadah sekarang menghadapi sesuatu yg complicated . baik dalam kehidupan bermasyarakat yg lain dg yg dulu . karena para pendatang baru makin banyak . apalagi teknologi yg maju pesat dan zaman telah banyak berubah . tapi alhamdulillah tak bisa merubah ke-religiusan ndresmo itu .


tercatat kegiatan para saadah yg masih berjalan hingga saat ini . antara lain :


a)-bahtsul-masa'il kitab fat-hul muin para kyai mas nya . dilaksanakn seminggu sekali

b)-bahtsul masail kitab fat-hul wahab juga dilakukan oleh jam'iyah pemuda para gus-gus atau para kang mas ndresmo setiap jumat sekali secara keliling yg dipimpin oleh KH.mas syaikhul akbar, KH.mas muzammil dll.

c)- pengajian kitab dan istighostah antar masjid dindresmo dan sekitarnya ( luar ndresmo ).banyak yang mengikuti kegiatan yang dipimpin oleh KH.Mas khoirul anam almarhum .

d)- khataman alqur'an secara keliling yg dilakukan oleh para gus-gus ndresmo yg terbentuk dalam organisasi ORISSA .

e)- Pengajian rabu malam kamis (aku sendiri yg mendirikannya) yg di-ikuti oleh orang-orang luar ndremo ( ada juga orang ndresmo ) .

f)- kalau ini memang kegiatan sehari-hari para saadah ndresmo. yaitu mengajar ngaji pada santrinya masing-masing baik ditempat lain atau dipesantrennya masing2 .

g)- masih buanyak lagi kegiatan religie yg dilakukan para saadah ndresmo . belum lagi kegiatan para ning-ning dan para bu nyai disitu . kalau aku catat semuanya , wah bisa capek aku .






dan perlu diinget , bahwa meski ndresmo desa yg sangat kecil tapi terdapat puluhan pesantren disitu , meski rata-rata santrinya cuma sedikit . terhitung hanya 2 pesantren yg bisa dikatakan besar dindresmo itu . yaitu ponpes annajiyah dan ponpes at-tauhid . dan inilah nama pesantren didesa ndremo yg memang sudah punya nama :


1 . an-najiyah ( pim. KH.Mas yusuf muhajir , diponpes barat )

2 . an-najiyah ( pim. KH.Mas abdullah muhajir , diponpes timur )

3 . at-tauhid ( pim. KH.Mansyur Tholhah )

5 . Yanaabi'ul-ulum ( pim. KH.Mas Khotib )

6 . Al-haqiqi ( pim. KH.Mas Lukman abdul qadir )

7 . Al-wasilah ( pim. KH. Anshor Muhajir )

8 . lupa namanya ( pim. KH.Mas Khalim dan K.Mas Abdul Qadir )

9 . lupa namanya ( pim. K.Mas Faqor )

10. pondok alqur’an ( pim. Nyai Hj. Mas Farohah

11. al-irsyad ( pim. Nyai Hj. Mas Afifah binti KH.Mas Nur Rosul )

12. lupa namanya ( pim. Nyai Mas Luthfa binti KH.Mas Abu Dzarrin )

13. al-hasan ( pim . . . . )

14. at-taqowwiyah ( pim. saya sendiri, pemilik blog ini, 
      putra pertama KH.Mas Nur Rosul )

15. lupa namanya ( pim. Kyai Mas Qadir )

16. al-ahih ( pim. KH.Mas Dawam )

17. lupa namanya ( pim. KH.Mas Busyairi )

18. Al-badar ( pim . KH.Mas Nur )

19. lupa namanya ( pim. KH.Mas abdul qahar )

20. Al-badar putri ( pim. KH.Mas Muzammil )

21. lupa namanya ( pim. KH.Mas Yazid )

22. masih banyak .. kapan2 saya teruskan lagi


oh iya , kalian pernah ke ndresmo ? atau ada keluarga yg mondok disana ??
kisah2 lainnya tentang ndresmo akan saya buat postingan lain .


thanks


Muhammad Khoir Basyaiban









41 comments:

  1. assalamu'alaikum kang mas abi khor. panjenengan suka banget sejarah ya?....
    bagus banget sejarah dari sejarah para suriat nabi yang ada di ndresmo khususnya.
    denger-denger kalo desa ndresmo saat ini telah ada perubahan teritorial menjadi sidoresmo dan sidosermo. kalo boleh tau tahun berapa itu terjadi dan penyebabnya apa? tolong dong balesin di iemail ku bunder_abah@yahoo.com

    ReplyDelete
  2. assalamualaikum,saya hafidzotul,setelah melihat cerita2 diatas,saya jadi tertarik karena saya salah satu santri yg mondok di "an-najiyah barat"yg dipimpin oleh kh.mas yusuf muhajir.Sungguh ceritanya menarik sekali,wassalam

    ReplyDelete
  3. ndresmo itu nama kampung, setelah terjadi pembagian wilayah oleh pemerintah, maka ndresmo terbagi 2 wilyah, ada yg masuk wilayah sidosermo, ada yg masuk wilayah sidoresmo. sejatinya tetap kmpung ndresmo,. kalo boleh dikatakan, nama kampungnya NDRESMO, dan di dalam NDRESMO ada 2 nama jalan, yakni sidosermo dan sidoresmo.

    ReplyDelete
  4. motho soko umahe kaji arip ya kang khoir..??

    ReplyDelete
  5. assalamu alaikum.
    Salam kenal Kang Abi.
    Wah asyik dan nambah ilmu baca2 blog-nya.
    Paling seneng moco manaqib kyai/ulama/habib, bikin semangat, lan pancen mereka orang2 pinunjul ing apapah (punya kelebihan dibanding laennya).
    Makin ramai saja blog/web tentang Ba Alawi, alhamdulillah, khususnya tentang Basyaiban seperti yang njenengan tulis.
    Pandangan/pendapat tentang nasab seperti yang kang Abi tulis mewakili seperti apa yang juga aku pikirkan. Semoga makin banyak konten-nya kang dan up load foto-fotonya. Aku minta izin ngunduh foto-fotone. Matur tengkyu.
    Wassalam.
    Wahyu, bumi mentaok raya.

    ReplyDelete
  6. > wahyu :
    alaikum salam kang wahyu ..
    terimakasih atas dukungan sampeyan pd blog ini .
    semoga akan terus membawa manfaat bagi para pembaca .

    ReplyDelete
  7. Kemudian ,...
    Bagaimana dengan kisah julukan MAS di nasab ndresmo itu sendiri??
    Nama perempuan dan laki laki sama sama di panggil mas.

    Bagaimana juga dengan tradisi budaya di ndresmo sekarang??khususnya pemuda/pemudinya seiring dengan perkembangan zaman yang semrawut ini....

    ReplyDelete
  8. > untuk julukan MAS di-ndresmo , hingga ssat ini masih tetap seperti itu . lihat artikel : " kisah unik : sayyid ali al-arif segoropuro dan sayyid sulaiman kanigoro .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kang mas abi mau tanya ada tidak keturunan kyai dari dresmo yg tinggal d wilayah pungging ato mojosari, kab mojokerto???

      Delete
  9. ada hubungannya dengan ponpes langitan?

    ReplyDelete
  10. Mas Abi,
    Punya usul nih, kalau ada mp3 ceramah or ngaji kitabnya kyai mas disana , saya pikir lebih bagus lagi.
    misalnya ihya bab apa oleh KM. Khoitul, atau yang lain, dengan bahasa asli, itu akan sangat mengesankan.
    Kita dengan senang hati bisa download.

    Wassalam

    ReplyDelete
  11. Terimakasih atas info dan tulisannya Gus, Mas, dan Pak Kyai. Tapi masih kepingin tahu, bagaimana prosesnya dari julukan Sayyid ke julukan MAS?Maksud dari MAS niku nopo?Trus nopo bedane SAYYID dengan HABIB?Saya sempat baca ada salah seorang Kyai Ndresmo yang namanya ada SATTAR, nopo niku pertanda pengikut tarekat Syattariah?Suwun sing katha dan ngapunten pertanyaannya katha.Ok trims

    ReplyDelete
  12. - gemintang : wah , saya kurang tahu hubungan antara ponpes langitan dan ndresmo . tapi yg jelas para pengasuh pp langitan itu masih dzurriyah ( keturunan ) baginda Nabi SAW dari jalur lain ..

    - adi : wah , usul yg bagus itu . dan insyallah akan saya usahakan dalam waktu dekat ini . matur suwun usulnya ..

    - ipunk : prosesnya kan sudah saya tulis disalah satu artilel disini ? intinya , panggilan MAS itu bertujuan lebih merakyat dan mempribumi daripada panggilan habib atau sayyid atau syarif . dan itulah yg diterap-kan oleh garis fam bani basyaiban dan adhmatkhan dinusantara ini .

    ReplyDelete
  13. assalamu'alaikum gus
    Matur nuwun informasinya, siiiip, lanjutkan perjuangan islam.tolong di tanyakan kpda habaib dresmo nggih, kyai mustafit PP Darussalamah Jl Kyai Mojo Jerukgamping Krian, apakah ahlul bait, sekedar ta'kid saja, untuk memperkuat keyakinan.
    Sholallahu 'ala nabi wa alihi
    wassalam.

    ReplyDelete
  14. sareh gus, Gusti Allah niku Kuoso, ndamel kahanan kados punopo kemawon. idep2 sodaqoh ilmu, nek katah sing ngopy niku lak tenger bilih artikel e Gus niku sae. pun sah muring2. pun sah mboten ridlo. wong kabeh niku sing duwe pengeran. kantun kuwat nopo mboten kulo njenengan niko, mung disawang dening Gusti Allah kemawon, tanpo di Sawang menungso. pancen ndonyo niku nggonne soro, susah, mboten wonten kang sekeco ten ndonyo, njenengan bikak maleh to hikam e, maturnuwun

    ReplyDelete
  15. - agus darminto : alaikum salam pak agus dan terima kasih atas dukungannya pd blog ndresmo ini . tentang kyai mustafit , rasa2nya saya pernah tahu beliau . kalau tak salah beliau tinggi dan besar . berjawah agak arab. dulu sering ke ndresmo juga . apakah pesantrennya itu utk menghafal alqur'an ya ? kalau iya , yg saya tahu insyallah beliau memang keturunan baginda nabi . apa ayah beliau bernama kyai munawwir ya ??

    - anonim : oh sae2 mawon .. kulo mboten sare kok . monggo bikak sareng2 hikam'e . insyallah hikam niku rupi pinten2 jemparing sing setunggal gendewone ananging sasarane mung setunggal mawon ....

    ReplyDelete
  16. maturnuwun gus, pun pak ngoten to, mnawi mastani, kulo tesih nem nggih an. nggih leres, putro abah kyai munawir, memang tafdzul quran, lan kulo krungu saking slah stunggaling santrinipun, malah abah kyai mustafit diparingi pengeran saget qiroah sab'ah. slain tahfidz ten darussalamah krian ugi dipun tekananaken masalah ilmu alat, kados nahwu, sorof, balaghoh lan sak sanes-sanesipun.



    gus, sing inggil niku senes sare...., tape sareh.., adem mksd e, heeeeeeee......, ngapunten lo nggeh sakderenge, pun kladuk wani kurang dugo

    ambok bilih wonten informasi, bilih abah kyai mustafit niku nasab e saking sayyid sinten, kok kulo tambah kpngin ngertos, ambok bilih abah njenengan mangertosi......, matur nuwun

    ReplyDelete
  17. ngapunten gus sakderenge, kulo ngaji hikam nggeh nembe kok, dateng darussalamah, cumak ingkang cabang klampis ngasem. maksude ungel njenengan niki nopo : " hikam niku rupi pinten2 jemparing sing setunggal gendewone ananging sasarane mung setunggal mawon " kulo dereng dong.. perkawis pralampito mniko... nuwun.... kawuningo bilih kulo niki lare saking wetan redi lawu, magetan peneripun,.... oooo nggih gus kesupi, ambok nek gadah kesempatan blog kulo dipun sambangi, nggih idep-idep tukar kaweruh, ngapunten kulo ndamel boso jawi, bilih boso mlayu sajak kok kirang prayogi, kados mboten ngajeni

    ReplyDelete
  18. mas, kok mboten di jawab, mbah kyai mustafit tedak turun saking sayyid sinten, kirim ten agus_darminto@its.ac.id nggih

    ReplyDelete
  19. mungkin perlu dikaji kembali kisah ndresmo (nderes santri limo /santrinya dari pasusuruan)
    mengingat desa teb sudah berumur lebih dari 600 th. sedang syarif hidayatullah menurut catatan sejarah cirebon lahir tahun 1450, jadi sampai dengan sekarang 560 th. padahal sayid ali akbar cucunya. otomatis kurang dari 560 th desa tsb. nah ini kan perlu penulusuran kembali sejarahnya

    ReplyDelete
  20. salam takdzim kanggem Mas abi..
    saya baru sekali ke ndresemo..jembput bu nyai (ibu nya Ning ida) bersama Gus Hajar (Putranipun Kyai Ismail, at-taufiq malang)..

    nyaman dan tentram..semoga saya bisa kesana lagi..

    ReplyDelete
  21. assalmualaikum, blog keren nih, nuwon sewu ikut nimbrung, nama saya jalaludin, saya jadi inget cerita teman saya d nginden yang pernah nyantri d sidosermo sampai akhirnya d nikahkan oleh guru ngajinya (lok gk slah namae mas khasin...) sama seorang wanita dari sidosermo dalem, nah sebelum mereka menikah..., sang guru pernah d tanya oleh seorang sanak dri keluarga wanita : "si fulani iku ape rabi kon olehno arek lanang teko nginden iku ana'e sopo????" lalu d jawab "niku si fulan putune yai pa'i king nginden" "owhh... Yowes lak ngono gk po2"
    (yg saya tau, yai pa'i ini nma asli nya yai syafi'i seorang modin yg tinggal d nginden gang 2) saya tertarik dengan tulisan anda tentang bagaimana keluarga sidosermo dalem menjaga nasab keturunannya...
    Yg mw saya tanyakan apakah silsilah keluarga sidosermo dalem itu sampai d desa nginden hingga wanita dri sidosermo boleh menikah dengan laki2 dri nginden????
    Matur tenkyu sak derengipun, mbok bilih wonten kalepatan ngaturaken agung-agunge samudro pangeksami...

    ReplyDelete
  22. di wilayah Tumpang, Kab. Malang, tepatnya di desa Tulus Ayu ada makam waliyullah bernama Mbah mangun Darmo. Nama asli beliau adalah Sayyid Ahmad Shiddiq/Shodiq Basyaiban. Apakah habib punya info tentang beliau

    -Arief-

    ReplyDelete
  23. assalamu'alaikum
    numpang silaturahmi dengan sederek ndresmo,ngelihat foto diatas sedikit mengobati rasa kangen dengan kampung kelahiran, tempat saya menghabiskan waktu kecil bersama ami2 tercinta...

    ReplyDelete
  24. assalamualaikum numpang silaturahmi kang khoir, ndresmo aku kangen banget...sudah 7 kali lebaran takkulewatkan disana lagi.pas lihat foto2 diatas tepat disitulah kuhabiskan masa kecilku disana..bermain bersama ami2 tercinta kejailan, kenakalan, canda tawa ada disekitar situ..salam buat sederek sedanten yang masih mengenal..mbah, dan ami 2 tercinta..

    ReplyDelete
  25. saya orang dari luar Sidosermo kebetulan pernah lewat dan saya temukan spanduk bertuliskan Peringatan 1 Muharam di situ terpampang nama Kyai Jatisari dan Nyai ... (saya lupa namanya) apakah nama itu juga senasab dengan Sayyid Sulaiman/Sayyid Ali Akbar...? saya sekedar ingin tahu karena saya juga suka membaca perjuangan Ulama mohon penjelasannya. Trimakasih

    ReplyDelete
  26. Kang khoir, pesantrennya bunyai farohah namanya Raudlatu Hubbil Qur'an

    ReplyDelete
  27. kok jarang di apdet nikiiii??? ditunggu apdetannya njeh

    ReplyDelete
  28. Subhanalloh sae sdoyo sjarah lan pitutur poro alim niki ya robb., prtmukan kami skalian di dalamajlisnya amin. .
    Alfaqir: ibnudinar78@yahoo.com

    ReplyDelete
  29. semoga sejarah dan pengetahuan ini berguna kelak bagi saya, amiin,,

    ReplyDelete
  30. Assalamu'alaikum
    Ma'af Kang Saya mau tanya Tentang Makam KH.ABDUL QOHAR NDRESMO Itu dimana ya ?
    Karena Teman2 saya (Santri Al-Ishlah Ponpes Kediri) Mencari kesana kemari TIdak ada yang tahu

    Mohon Bantuannya Bila Tahu

    Assalamu'alaikum

    ReplyDelete
  31. Asslm....nuwun sewu sak derengipun kang,niki kawulo bade nderek tangklet punopo wonten anak putu saking sido sermo ingkang paring asmo haryono/gus gimbal?? Matur suwun wsslm..

    ReplyDelete
    Replies
    1. alaikum salam ,,
      sak ngertos kulo mboten wonten kang ..
      ngapunten

      Delete
  32. Assalammualaikum Gus. Saya jg pernah silaturahmi ke ndresmo. Silaturahmi ke ibuk Asiyah. dan alhamdulillah sekarang d anggap anak sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alaikum salam ...
      ibu asiyah yg mana ya ?
      alhamdulillah kalau dianggap keluarga ..
      hehe

      Delete
  33. Assalammualaikum Gus. Saya jg pernah silaturahmi ke ndresmo. Silaturahmi ke ibuk Asiyah. dan alhamdulillah sekarang d anggap anak sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alaikumsalam,,
      alhamdulillah sudah tahu ke ndresmo berrti ..

      Delete
  34. Apapun silsilah, wasilahnya yang terpenting jangan sampai nasabmu ndahului amal mu. Apalagi nasabnya masih dlm proses penelitian. Yg utama adalah mampukah kita berperangai layak nya intruksi Rasul, bukan berebut kemuliaan jabatan dzurriyah Rasul.

    ReplyDelete
  35. Apapun silsilah, wasilahnya yang terpenting jangan sampai nasabmu ndahului amal mu. Apalagi nasabnya masih dlm proses penelitian. Yg utama adalah mampukah kita berperangai layak nya intruksi Rasul, bukan berebut kemuliaan jabatan dzurriyah Rasul.

    ReplyDelete
  36. scorpio Black : wah itu yang saya belum tahu kang ...
    maaf ya kang .. terimakasih mampir disini,,

    ReplyDelete

setelah baca2 ... isi dong commentnya . ok ! kutunggu ya

COBA

COBA

ADSENSE

ADSENSE


html5 tutoriels - cheap morocco desert tours