Friday, August 18, 2017

KISAH KYAI FATAH SEGOROPURO DAN MBAH SHOLEH SEMENDI


Dulu, sesama habaib jawa apabila sudah berkumpul atau bertemu pasti tak lepas dari yg namanya becanda ala kyai. dan tradisi itupun masih berlangsung di ndresmo hingga kini. seperti halnya pada kyai fatah ini, disaat beliau silaturrahmi kekerabat dekatnya, kyai sholeh bin syarif hidayatullah ( sunan gunungjati ) dipasuruan. beliau tak bisa menghindar atas guyonan kyai sholeh tersebut. ketika kyai fatah sudah dipersilahkan duduk diruang tamu, kyai sholeh segera memanggil santrinya utk mengambil suguhan. selang beberapa waktu, suguhan itupun datang. bukan berupa makanan nasi dan lauk pauknya atau lainnya, tapi berupa buah semangka yg masih utuh yg belum dikuliti. disamping buah semangka tersebut sudah disediakan satu buah pisau agak besar dan sangat tajam .


langgar kyai fatah 2


keterangan foto :
mushollah kyai fatah di-ndresmo yg dulu dibawa dari segoropuro


kyai fatah sangat heran , lha wong ngasih suguhan tamu kok semangka yg masih utuh. mestinya kan sudah dikuliti dan tinggal makannya aja toh ? pikir beliau …

 



ayo kang , silahkan dimakan semangkanya . tuh pisaunya sudah saya sediakan disampingnya “ . kata kyai sholeh mempersilahkan kyai fatah .

“ oh , iya kang … matursuwun . repot-repot aja nih “ . jawab kyai fatah .

kyai fatah pun tak membuang kesempatan itu , segera beliau ambil pisau yg tajam itu . sambil tangan yang satunya memegang buah semangka yang masih utuh itu . namun apa yang terjadi ? ketika kyai fatah menggunakan pisaunya utk mengiris buah itu ,    eh ternyata buah itu tak mempan atas pisau tersebut . hingga sampai lama kyai fatah tersebut mengiris-iris buah itu tapi tak sedikitpun cuil atau terkuliti . sementara , kyai sholeh yg melihat hal itu dari kejauhan Cuma terkekeh-kekeh tertawa sambil bilang :

“ ayo kang , terus … masa’ seorang kyai fatah membelah semangka aja tak mampu hehehe “ goda kyai sholeh semendi pada kyai sholeh .

dan memang sampai waktu yang lama , kyai fatah benar-benar tak bisa membelah semangka itu. akhirnya kyai fatah pun menyerah dan menyuruh pemilik rumah , kyai sholeh semendi utk membelah semangka itu. kyai sholehpun dengan enaknya membelah semangka itu dan dimakan bersama . dan tak lama kemudian kyai fatah pun pamit pulang .






selang beberapa hari, atau minggu , giliran kyai sholeh semendi yang silaturrahmi kerumah kyai fatah dilokasi pesantren segoropuro pasuruan, dimana pesantren itu adalah milik menantu kyai sholeh sendiri yaitu kyai abdurrahim yg lebih dikenal dengn sebutan kyai arif segoropuro bin abdurrahman bin umar basyaiban . setelah menemui menantunya dg wktu yang cukup lama , akhirnya kyai sholeh menuju kerumah kyai fatah .

melihat ada kyai sholeh semendi yang datang , kyai fatah pun mempersilahkan beliau untuk duduk diruang tamu. persis dengan yg dilakukan kyai sholeh dulu terhadap dirinya, kyai fatah-pun menyuruh santrinya untuk membawa suguhan kepada beliau . namun ditempat kyai fatah , bukan semangka yg beliau suguhkan tapi buah pepaya matang yg masih utuh dan belum dikuliti . dan tak lupa disamping pepaya itu disertakan pisau besar yang sangat tajam .

“ ayo kang sholeh , di cicipi suguhan dari saya ini kang “ kata kyai fatah .

“ oh iya kang , terimakasih . wah ? pepaya ? pasti segar ! “

segera kyai sholeh semendi mengambil pisau besar itu untuk membelah pepaya itu . beliau pikir bisa mudah membelah buah itu . namun apa yang terjadi ? persis yg dialami oleh kyai fatah dulu , pepaya itu sangat sakti hingga kyai sholeh tak mampu untuk membelahnya. cukup waktu yg lama kyai sholeh berusaha bisa membelah buah tersebut . namun hasilnya nihil. terlihat wajah kyai sholeh agak putus asa . sedang kyai fatahpun melihat dari kejauhan dengan senyum-senyum sendiri .

“ ayo lah kang , masak seorang kyai sholeh pemimpin pesantren semendi tak mampu membelah pepaya itu sih “ . ejek kyai fatah dengan senyuman .

“ hahahaha , waah sampeyan mbales ya kang ? “ jawab kyai sholeh dengan tertawa .

“ sekali-kali dapet balesan kan adil to kang ? “ kata kyai fatah .

“ ya ya ya … wes , aku percaya kok kang atas kesaktian sampeyan . ya udah kang , nih pepayanya . silahkan dibelah . saya sudah kepingin nih “ .

akhirnya kyai fatah lah yg membelah pepaya tersebut dengan sangat mudahnya. dan mereka berdua menikmati buah itu sambil ngobrol santai dan sesekali bercanda . nah itu lah kisah pendek dari kyai fatah segoropuro pasuruan dengan kerabat dekat beliau , kyai sholeh semendi pasuruan bin syarif hidayatulloh ( s.gunung jati ) bin abdullah adzamatkhan .


semoga kisah ini bermanfaat dan bisa diambil hikmahnya amin …

karya tulis Muhammad khoir basyaiban


CHANEL YOUTUBE PEMILIK BLOG INI
ayo masuk. jangan lupa like,subcribe dan komentarnya ya 
suwun







9 comments:

  1. jazakumullah khoiron katsiro......
    bisa minta silsilah mbah semendi samapi ke anak cucu beliau,,,,,sukron

    ReplyDelete
  2. upload foto2nya mbah semendi dong

    ReplyDelete
  3. bisa minta tolong bsa ngambilin gambar makam mbah semendi ga?

    ReplyDelete
  4. boleh minta biografi mbah soleh semendi?

    ReplyDelete
  5. di atas tertulis kyai soleh bin syarif hidayatullah, bukannya kyai soleh bin hasanuddin bin syarif hidayatulloh?
    maka dari itu, saya mohon biografi kyai sholeh.

    ReplyDelete
  6. Matur suwun telah dibukakan sejarah semangka dan pepaya di Pasuruan. Panjenengan masih keturunan Mbah Soleh - Semendi ya?

    ReplyDelete
  7. Assalamu'alaikum
    saya mohon ijin copy sejarah mbah semendi dan segoro puro untuk jama'ah rotib kami d sukorejo
    krn sudah lama kami membiasakan ziaroh ke pasuruan akan tetapi minim pengetahuan tentang beliau....ketika kemarin kami ziaroh ke tempat beliau ada bberapa jama'ah yg menanyakan tentang mbah semendi dan segoro puro ..terimakasih
    (majlis dzikir dan istighosah qolbuliman)sukorejo-pasuruan.

    ReplyDelete
  8. sangat ingin lebih detail sejarah asal muaasal mbah semendi dan sekarang kok bangunannya megah siapa yang buat,, tadi malam saya kesana,, jadi heran,, (30 April 2014)

    ReplyDelete

setelah baca2 ... isi dong commentnya . ok ! kutunggu ya

ADSENSE

ADSENSE

MAMPIR


html5 tutoriels - cheap morocco desert tours