Friday, August 18, 2017

KYAI EDOR ATAU MBAH EDOR BUNGKUL SURABAYA

Jika kita berziarah kemakam sayyid iskandar bin ali akbar bin sulaiman, yang dikoplek makam bungkul Surabaya, maka kita harus menanyakan kejuru kunci letak makam mbah edor ini. kenapa begitu ? ya karena sosok kyai satu ini sangat dekat dimasa hidupnya dengan sayyid iskandar bin ali akbar. ya benar ! mereka berdua memang berjuang menghadapi belanda bersama-sama dibumi nusantara ini , tepatnya dikota Surabaya 




 Mbh edor 1
keterangan foto : makam mbah edor 


Banyak yang tak tahu siapa nama asli mbah edor ini . sejak dulu Cuma sebutan itu yang ada. yang saya tahu berdasarkan informasi yang sangat bisa dipercaya adalah, beliau ini masih keturunan sayyid badruddin bin ali akbar . atau bisa jadi beliau adalah salah satu putra atau cucu dari sayyid badruddin bin ali akbar .

Kenapa nama aslinya seakan sirna berganti dengan nama panggilan beliau yaitu mbah edor ?. itu dikarenakan tubuh beliau sangat gemuk sekali dan jika berjalan seakan perutnya itu bergoyang krn kebanyakan lemak , yg kata orang jawa kuno mengatakan : edar – edor … edar – edor ... hehehe … yah begitu lah istilah jawanya. beliau ini tak bisa dipisahkan kisahnya dengan saudara dekatnya , sayyid iskandar. Dalam hal membantu perjuangan sayyid iskandar , mbah edor ini tergolong unik. dengan cara berjualan kue keliling. kue yg dia jual adalah kue khas Surabaya yg ukurannya super besar namanya kue kucur. bahkan besarnya kue itu sangat tidak umum. namun kue itu tidak gratis jika yg beli itu adalah para tentara belanda atau para antek2-nya yg pribumi.

namun jika yg beli adalah penduduk pribumi yg miskin, maka di kasih gratis. ada hal yang unik lagi , yaitu kue yang diberikan pada para pejuang pengikut sayyid iskandar akan terdapat pistol didalamnya. pistol itu hasil rampasan dari tentara belanda yg apabila dia memergoki para tentara belanda yg berbuat sewenang2 pada rakyat kecil . maka dari itulah, dia sengaja pembuatan kue-nya diperbesar agar bisa dimasuki pistol .

Meski beliau itu terkenal dengan penjualan kue-nya , tapi beliau sangat sakti dan kuat. tak salah jika sayyid iskandar bin ali akbar yg sakti itu memberi kepercayaan penuh terhadap dirinya . 

Atas kepiawaiannya, banyak tentara belanda yg beliau bunuh. meski para tentara itu bersenjatakan lengkap, seakan tak berpengaruh terhadap tubuh mbah edor ini . banyak tembakan yg diarahkan ketubuh beliau. banyak pisau atau bayonet yg mereka tancapkan ketubuh beliau, namun sedikitpun tak bisa melukai atau menggores kulitnya. itulah kesaktian sayyid yang satu ini. jika para tentara sudah terlalu capek ingin membunuh beliau dan tak pernah berhasil, maka giliran beliau yang mengobrak abrik tempat markas mereka. banyal yg mati dan lari jika sudah kyai edor ini yang datang.

jika para tentara berlarian dan meninggalkan senjata2-nya, maka beliau mengambil dan mengumpulkan senjata2 itu. jika dirasa sudah cukup, maka dibawa pulang. satu persatu senjata itu (konon yg sering diambil adalah pistol dan granat) dimasukkan kedalam kue kucur. jadi jika dilihat dari luar, kue itu ya terlihat kue. namun jika disobek atau dibuka maka terdapat satu buah pistol atau granat. nah, kue yang berisi senjata itulah yg beliau khususkan untuk para pejuang pengikut sayyid iskandar bin ali akbar .







Perjuangan beliau dengan sayyid iskandar bin ali akbar melawan penjajahan belanda tak pernah lelah. hingga membuat pusing dan takut para tentara penjajah. menghadapi satu orang seperti sayyid iskandar saja sudah angkat tangan, apalagi sekarang ditambah dengan sayyid satu ini, yaitu kyai edor. segala tak-tik dan rencana selalu gagal total jika menghadapi beliau berdua .

konon, sejak wafatnya sayyid iskandar bin ali akbar (baca artikel-ku yg berjudul sayyid iskandar bin ali akbar), beliau dengan setia menunggu dan menjaga makam beliau. karena beliau pikir, tak ada lagi teman seperjuangan dan saudara dekat yg sesakti dan secerdas sayyid iskandar kala itu. maka, volume perjuangan kyai edor ini agak berkurang tidak seperti dulu lagi. beliau tetap meneruskan penjualan kue-kuenya yg berisikan senjata tersebut. dan tak lama setelah wafatnya saudara dekatnya , sayyid iskandar , beliaupun wafat dan dimakamkan didekat makam kembar sayyid iskandar .

Tentang wafatnya beliau, ada kisah menarik yg patut kita contoh. yaitu menjelang hari wafat beliau, seperti biasanya beliau mencuci bahan pembuatan kue disumur dekat makam sunan bungkul. disaat mencuci bahan2 itu, tiba2 bahan-bahan adonan kue tersebut berubah menjadi emas murni dan jamrut hijau yg menawan. coba bayangkan jika kita ini mengalami hal spt itu? apalagi kita dlm keadaan serba kekurangan ekonomi ? bukan tak mungkin akan membuat kita senang atas emas dan jamrut tadi. lain halnya dengan kyai edor ini, beliau langsung menangis tersedu-sedu dihadapan harta2 tadi, sambil mengatakan :

“ Ya allah, sungguh, bukan untuk ini saya mau hidup. bukan ini yang saya cari. saya hanya ingin pengampunan dan ridho-MU saja. biarlah saya hidup serba miskin asal Engkau ridho “

kalimat itulah yg beliau ucapkan berulang-ulang sambil menangis. akhirnya emas dan jamrut tadi berubah menjadi bentuk asalnya, yaitu berupa adonan kue. nah, tak lama dari peristiwa itulah beliau wafat dengan husnul khotimah. namun sayang beliau tidak mempunyai keturunan. bahkan ada yang berkisah bahwa beliau selama hidupnya masih belum menikah. Ya karena disibukkan dengan berjuang melawan penjajah.

pertanyaannya , kalian pernah komplek makan bungkul ? tahu makam mbah edor ? ayo datang kesana biar tahu ..

wallahu a’lam bis-showab .

semoga kisah dari para sesepuh basyaiban dan adzamatkhan ini bisa kita ambil manfaatnya sehingga membawa hikmah buat kita semuanya . amin


karyatulis Muhammad khoir basyaiban




Youtube Pemilik Blog ini. KLIK gambar ini. jangan lupa LIKE , SUBCRIBE , COMENT ya.Matursuwun 






7 comments:

  1. alhamdulillah, sangat bermanfaat dan menambah khazanah ilmu pengetahuan, terima kasih, wassalam

    ReplyDelete
  2. ass, wr, wb
    mohon izin share ya Abi
    terima kasih

    ReplyDelete
  3. GUS ABI SAYA TANYA PUTRA SAYYID SULAIMAN MOJOANGUNG YANG NAMANYA SAYYID ABDULLOH DIMANA TEMPAT MAKAMNYA TRM

    ReplyDelete
  4. bi barokah wal karomah mbah yai edor, yaa alloh nyuwun hasil maksud berkah..amien..a'la hadi niat..alfatihah...

    ReplyDelete
  5. assalamu'alaikuum....

    boleh tidak klo saya pngen tau tentang Nasab dan keturunan Mbh bungkul??

    ReplyDelete
  6. akhi ane penasaran tentang sayyed abdulloh apa benar bliau beristri putri nya sunan cendana kwayar madura yaitu nyai aminah lembung tanah merah........dan kalok benar di mana maqbaroh nya sayyed abdulloh..............

    ReplyDelete
  7. Abdullah (suami nyai aminah lembung )menantu sunan cendana itu putra khotib mantoh bin panembahan kulon bin sunan giri

    ReplyDelete

setelah baca2 ... isi dong commentnya . ok ! kutunggu ya

ADSENSE


html5 tutoriels - cheap morocco desert tours