Friday, August 18, 2017

SAYYID WAZIR ATAU KYAI WIJIL BIN NYAI AYU BINTI SULAIMAN BIN ABDURRAHMAN


Nama kyai wijil, itu bukan nama asing lagi diseputar daerah Surabaya. apalagi diseputar daerah ketintang. itu tak lepas dari kisah beliau yang sangat terkenal dgn mengalahkan gangguan raja jin yg menantangnya. apalagi beliau adalah masih cucu daripada sayyid sulaiman bin Abdurrahman bin umar basyaiban. begitulah menurut data silsilah kuno yg hingga skrg masih terjaga keutuhannya.


Mkm mbh wijil 3Mkm mbh wijil 4
Mkm mbh wijil 1Foto(007)


meski dari jalur perempuan, namun tradisi leluhur para sesepuh kyai jawa tak membedakan antara jalur perempuan dan laki2. beliau adalah sayyid wazir bin nyai ayu bin sulaiman bin Abdurrahman bin umar basyaiban. namun orang lebih mengenal nama beliau dengan sebutan kyai wijil atau mbah wijil.


Jika kita amati tempat tinggal beliau didaerah ketintang yang notabene dekat dengan kampug ndresmo, tempat tinggal sayyid ali akbar berikut putra-putrinya, bukan tidak mungkin dahulu kyai wijil pasti sering berkunjung atau dikunjungi oleh saudara2 dekat beliau dari ndresmo, pasuruan dll. dan bukan tidak mungkin lagi mereka2 yang seesama keturunan sayyid sulaiman saling bersilaturrahmi atau saling bahu membahu memperjuangkan utk melawan belanda. itu tak heran krn konon kyai wijil ini angat luar biasa kesaktiannya . beliau terkenal dgn betahnya dlm hal duduk berdzikir atau membaca alqu’an. jika orang lain menunggu selesainya beliau sholat atau wirid atau membaca alqur’an, pasti gak akan kuat. seakan kehidupan beliau ini hanya berisikan ibadah kepada allah ta’ala saja. nah, itulah ringkasan profile beliau yang memang layak disebut kekasih Allah .


Jika dahulu kita sering mendengar kisah-kisah para kekasih Allah, entah itu dari kalangan nabi atau wali yg merasa nikmat ketika beribadah kepada allah . lalu mereka mendapat godaan dari syeithan atau jin yg sekedar ingin mengganggu jalannya ibadah mereka. maka tak jauh berbeda dengan kisah beliau ini. untuk menempuh kenikmatan ibadah kepada Allah tak semulus yg beliau harapkan. ada saja godaan yg meng-inginkan beliau berhenti untuk duduk dan berdzikir .


Suatu ketika, disaat beliau lagi khusyu’nya berdzikir, tiba2 ada gangguan dari jin2 yg terkadang menyerupai wujud hewan atau bentuk2 yang menyeramkan datang dan menggoda beliau. para jin itu selalu melewati dan berjoget atau berteriak atau berbuat apa sajalah yg bisa membuat kyai wijil ini merasa terganggu. silih berganti mereka menggoda beliau. tidak cukup sehari dua hari, namun hampir tiap hari mereka selalu datang dan menggoda beliau. namun apa yg dilakukan kyai wijil terhadap mereka ? beliau tak menghiraukan sama sekali atas apa yg mereka lakukan. seakan beliau tak terganggu sama sekali. beliau terus saja dengan amaliyahnya, seperti sholat, baca alqur’an, wirid dll .





Hari demi hari, bulan demi bulan, para jin itu gak putus asa menggoda beliau. kyai wijil merasa kasihan terhadap jerih payah mereka. malah beliau menegur mereka dengan halus .

“ sudah lah kalian ,… apa yang kalian lakukan itu tak akan berdampak apa-apa pada diriku . kalian itu masih kecil buat aku. jangankan kalian, raja kalian pun tak akan sanggup menggoda aku untuk menghentikan ibadahku ini “ . itu lah yg dikatakan kyai wijil terhadap para jin yg menggodanya. kontan saja kata2 beliau itu membuat hati para jin itu merasa tertantang dan panas.

“ sampeyan berani dengan raja kami ? jika kami laporkan apa yg sampeyan omongkan tadi, pst sampeyan akan mampus ! “ ancam salah satu jin tersebut.

“ ya sudah, panggil sana ! bilang saja saya yg menantang dia ! saya tunggu disini. saya tak kemana-mana “ . jawab kyai wijil dengan sangat tenangnya.

akhirnya, para jin itu pun menyingkir sambil mengumpat-umpat beliau. mereka berencana melaporkan pada ketua mereka atas tantangan kyai wijil tadi. sedangkan kyai wijil sendiri melanjutkan ibadahnya dengan tenang. tidak tahu hingga berapa lama ketenangan beliau beribadah dengan tanpa gangguan para jin tersebut. yang jelas, ketenangan itu tak seberapa lama. terbukti saat beliau seperti biasanya duduk berdzikir tiba-tiba datang angin yg sangat kencang menerjang tempat beliau duduk . namun itu ta dihiraukan. beliau mengerti bahwa angin itu adalah bawa’an dari si-raja jin yg teramat marah akibat tantangan beliau . nah , tepat dugaan beliau, ternyata tak seberapa lama muncullah sosok jin yg teramat besar dihadapan beliau dengan marah2 . dia mengumpat-umpat kyai wijil dengan kata2 yg kurang nyaman didengar . namun beliau diam saja seakan tak menghiraukan .

merasa tak dihiraukan , akhirnya jin itu membentak beliau :
“ hai kyai ! bukankah engkau telah menantang aku ? kenapa begitu aku sudah kesini engkau diam saja ? “ . bentak jin itu pada beliau .

namun beliau masih saja tetap pada posisi duduknya yg sedang berdzikir . lama-lama si-jin itu sudah gak tahan lagi dengan sikap cuek kyai wijil , akhirnya dia berkata lagi

“ baiklah kalau begitu , jika kyai diam saja , maka jangan salahkan saya jika berbuat sesuatu padamu ! seberapa kuatnya engkau menghadapi aku “ .
kata jin itu .

dan pada peringatan terakhir itulah , kyai wijil baru bicara :

“ wahai jin … aku memang menantangmu. aku katakan itu pada anak buahmu . sekarang apa yg kamu inginkan , akan aku ladeni . asal kamu memenuhi syaratku jika ternyata engkau menyerah “ . kata kyai wijil .

“ kau sombong sekali kyai ! baiklah … apa syaratnya ? “

“ jika engkau sudah menyerah nanti , engkau harus berjanji tak mengganggu aku disini dan dimanapun juga . bukan padaku saja , tapi pada semua anak keturunanku kelak engkau tak akan mengganggunya . bagaimana ? “ . itulah syarat yg diajukan kyai wijil pada raja jin itu .





Akhirnya , jin itupun menerima persyaratan kyai wijil tadi . dengan hati yang sangat dongkol sekali , dia sangat ingin menghajar dan melumat kyai wijil . dia anggap belum ada jenis manusia yg selama ini dia hadapi seperti beliau . dengan berani menantangnya dan bahkan mengajukan persyaratan lagi .

" ya sudah , perjanjian sudah kita setujui , sekarang terserah kamu mau apa padaku . aku hanya Cuma duduk saja disini . apapun yg kamu lakukan , aku persilahkan " . kata kyai wijil sambil duduk memegang tasbihnya .

ya jelas yang namanya jin itu makin menjadi-jadi hatinya . segera dia berbuat sesuatu yg dia pikir bisa menggoyahkan atau mengalahkan sang kyai itu . ah , ternyata semua yg dilakukan siraja jin tersebut tak bisa menggoyahkan beliau . seakan kyai wijil menghadapi anak kecil saja . kobaran api besar yg dia semburkan pada beliau , sama sekali tak bisa membakar tubuh beliau . jangankan tubuh , tempat sekitar beliaupun tak terbakar sama sekali . akhirnya , selesai sudah serangan dengan api yang dia keluarkan .

sekarang , dia pergi sebentar untuk mengambil sesuatu yg dia persiapkan utk meyerang kyai wijil . tak lama , akhirnya dia datang lagi dengan membawa bongkahan besar dari es yang entah dia ambil dari mana itu . dia letakkan bongkahan es itu disamping duduk kyai wijil tadi . lalu jin itu memindah tempat duduk beliau dan diletakkan didalam bongkahan es tadi . coba bayangkan , jika kita ditanam didalam bongkahan es seperti itu , apa yg akan terjadi terhadap diri kita ? pasti mati lah ! hehehe .

jin itu berpikir , kalau dengan kobaran api beliau bisa bertahan , siapa tahu dengan bongkahan es yang sangat dingin sekali bisa membeku dan mati ? ah , ternyata apa yang dia pikir adalah sia-sia belaka . terbukti keadaan kyai wijil yg ada didalam bongkahan es tersebut tenang-tenang saja . segar bugar dan meneruskan dzikirnya . bertambah jengkel-lah jin itu . dia kelihatannya berganti cara lagi utk mengalahkan beliau . segera diambil bongkahan es tersebut dan dia buang . tak lama , dia pegang tangan kyai wijil dan dia bawa terbang keatas .. dan keataaaas terus . . . hingga hilang dari pandangan mata ( jika ada yg ngelihat ) .


 menurut kisah yg sudah beredar , cukup lama jin itu membawa kyai wijil keatas . jin itu berharap bisa melemahkan kyai wijil . namun , masih terlihat kuat dan sehat saja beliau itu . dan terap dengan bibir yg bergerak2 tanda terus berdzikir . akhirnya , jin itu putus asa melihat kekuatan kyai wijil yang seakan tak bisa terkalahkan .
akhirnya , jin itu membawa beliau melesat kebawah . terus melesat dan teruuus hingga sampailah kelaut . nah disinilah kyai wijil mulai kelelahan . apalagi beliau berada didalam air . pendek kata , beliau bisa dikatakan sudah hampir kalah atau tak kuat lagi berada dialam dasar laut . namun , akankah beliau menyerah begitu saja ? ternyata beliau punya strategi sendiri agak perkelahian dg raja jin tersebut cepat selesai . dalam dekapan jin didasar laut tersebut , beliau berkata :

“ sudahlah , cukup perkelahian ini ! bawa aku kedaratan sebelum aku marah beneran “ . ancam kyai wijil .



namun , si-jin itu tak menghiraukan ancaman beliau tadi . dia tetap mendekap lebih kuat lagi dan bahkan membawa ke-kedalaman laut yg lebih dalam lagi . dia berharap sang kyai itu menyerah dan kemenangan berada ditangannya .




merasa ancaman beliau tak dihiraukan , kyai wijil segera berbuat sesuatu . beliau bergerak hingga terlepas dari dekapan jin itu. begitu lepas, dengan ilmunya yg sakti , beliau akhirnya memasuki ke-alam jin dan membuat goncangan disitu. kontan para penghuni jin pada kaget dan banyak yang berlarian . beliau goncang terus alam jin itu . makin bergemuruh dan makin membuat para penghuninya kalang kabut. akhirnya , si-raja jin yg tadinya mendekap dan membawa beliau kedasar lautan tersebut memohon agar beliau menghentikan membuat goncangan dialam-nya .

tapi kyai wijil seakan tak menghiraukannya . beliau terus mengguncang dan menguncang semakin dahsyat. pada akhirnya, si raja jin tersebut sudah kewalahan atas prilaku beliau . dengan sangat terpaksa akhirnya si-jin itu duduk dan meminta ma’af pada kyai wijil . dan dia berjanji tak akan mengganggu beliau beserta para keturunannya. kyai wijil pun menerima janji itu. beliau segera menghentikan membuat goncangan tadi. beliau minta diantar kembali kedaratan, ketempat semula beliau bermunajat .

nah, itulah kisah singkat kyai wazir atau wijil bin nyai ayu binti sulaiman bin abd.rahman bin umar basyaiban. adapun janji raja jin yg tak akan mengganggu beliau berikut para keturunan beliau, jelas terbukti hingga kini . sebagian warga ndresmo, juga ada garis nasab dari beliau meski dari garis perempuan (krn bagi para habaib ndresmo, mrk tak membedakan jalur laki dan perempuan). peninggalan beliau yg terjaga hingga kini adalah , se-ikat sapu lidi, kopyah hitam dan tasbih. adapun kopyah hitam kuno , sekarang masih berada ditempat saya selaku pemilik blog ini ( krn saya sebagai pemilik blog ini , masih ada keturunan dari beliau dari jalur ibu). utk tasbih dan sapu lidi, saya lupa nama org yg membawanya . baik kopyah , tasbih atau sapu lidi tadi, jika didekatkan dengan org yg kesurupan atau diganggu jin, pasti jin yg berada didalam org itu menjerit dan takut. Ini bukan bualan saja , namun sudah terbukti ratusan kali dan banyak yg menyaksikannya .

wallahu a’lam bis-showab .
semoga kisah ini membawa hikmat bagi kita semua. amin
Buah Tulisan : Muhammad Khoir Basyaiban




Chanel Youtube Pemilik Blog ini. KLIK gambar ini.

jangan lupa LIKE , SUBCRIBE , COMENT ya.Matursuwun 


12 comments:

  1. aminnn...
    Salam guss...saya sangat senang membaca kisah-kish di blog ini..
    o iya e..FB nya blom di aprove :D

    ReplyDelete
  2. kalau copy paste dengan tujuan syiar gimana mas bro ?

    ReplyDelete
  3. sae mas, matur suwun.
    eh mau tanya di pesarean kyai wijil ada silsilah yang paling atas adalah Rosululloh Salalluhalaiwassalam,, apakah benar masih ada garis keturununan dari kanjeng Rosul? matur suwun...

    ReplyDelete
  4. sebutan mbah wazir itu keliru/salah, nama tsb adalah nama tukang pijatnya bapaknya mbah wijil,
    mohon dicroscek dg orang yang punya makom kesana.
    terima kasih,
    dari putune mbah wijil ketintang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejarah hk bisa diklaim salah atau keliru secara langsung. Sempat beredar nama2 lain utk mbah wijil. Dan alhamdulillah rombongan dari pihak ketintang sudah datang kerumah utk klarifikasi tentang itu...

      Delete
  5. gus minggu depan ada rentetan acara haul mbah wijil, kami harapkan kehadiran jamaah/warga dresmo
    trims,

    ReplyDelete
  6. apakah benar kyai wijil masih ada silsilah dengan mpu gandring? ada yang bilang begitu. kalau iya mpu gandring itu sebutan lainnya siapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sekali bukan ,
      krn bekas rumah beliau deket rmh saya. Beliau sayyid wazir bin nyai ayu binti sulaiman mojo agung menurut data silsilah kuno .. suwun

      Delete

setelah baca2 ... isi dong commentnya . ok ! kutunggu ya

ADSENSE

ADSENSE

MAMPIR


html5 tutoriels - cheap morocco desert tours