Friday, August 18, 2017

KYAI UBAIDAH BIN HAJJI BIN MUHAMMAD

Salah satu sosok yang membuat harum dan dikenal disegenap pelosok negri ini adalah seorang kyai yg masih berdarah basyaiban. beliau adlh kyai ubaidah bin hajji. hingga kini, jika kita menyebut nama kyai ubaidah sepuh maka semua pst tahu, yg dimaksud nama itu ya kyai ubaidah bin hajji itu. knp begitu ? iya karna semasa hidupnya tuh sangat penuh dengan misteri.





Dulu, beliau sempat membuat seluruh penduduk ndresmo bahkan daerah lainnya punya perasaan salah paham dan tidak menyukai prilaku yg serba aneh dari beliau. namun semua itu hanyalah aturan dari Allah SWT semata. dan pada akhirnya Allah jualah yg membuka jati diri beliau tersebut .

Apakah ada hal aneh hingga membuat para penduduk ndresmo itu banyak yang tidak suka ? iya ! coba bayangkan, sosok beliau yg notabene putra seorang kyai yg disegani. dan beliau juga cucu dari sayyid ali asghor bin ali akbar bin sulaiman bin umar basyaiban. karena ayah beliau, kyai hajji adalah suami dari nyai ruqoyyah binti ali asghor. jelas sekali jika dilihat dari nasab beliau baik dari ayah dan ibu adalah keturunan orang2 yang alim-alim dan sangat berwibawa . dikenal diberbagai daerah. mestinya kan beliau itu berprilaku yg layak sebagai seorang putra kyai. lha ini tidak kok, beliau itu hampir tak pernah terlihat sholat lima waktu. siapa coba yg tidak jengkel melihatnya? banyak yang mengingatkan beliau, namun hanya diam dan senyuman aja yg beliau lakukan. subhanallah ….

Banyak para pemuda yg sebaya dengan beliau kala itu sama2 rajin ber-ibadah dan mengaji . beda dengan beliau ini. se'enaknya sendiri dengan Cuma main-main saja kala itu. namun yg membuat aneh adalah, pengetahuan ilmu agamanya tak kalah dengan teman2 sebayanya yang memang terlihat sangat rajin mengaji. hal itu sudah terbukti dan diakui oleh masyarakat ndresmo . ayahnya sendiri aja juga heran kok. kapan ngajinya kok ubaidah itu tahu banyak dg ilmu2 pesantren. itu lah salah satu hal yang mengherankan dari diri kyai ubaidah bin hajji ini .

namun, apapun itu yang paling membuat orang2 anti terhadap beliau adalah masalah sholatnya. banyak yang bilang : buat apa pinter tapi kalau ninggalin sholat …!! . dan ada juga yang bilang gini : anak kok gak ngerti balas budi sama orang tua. gara-gara dia yg gak pernah sholat tuh, akhirnya banyak yang menggunjing keluarganya. karena tak mapu mendidik anaknya. nah itulah yg paling sering dibicarakan masyarakat ndresmo kala itu. tentu saja hal itu membuat sedih orang tuanya. sering kyai ubaidah itu kena marah ibunya atau ayahnya. tapi ya gitu, masih tetap aja seperti semula .



nah, dipuncak kejengkelan dan kejenuhan para masyarakat terhadap kyai ubaidah inilah, Allah SWT menunjukkan sesuatu yg selama ini dianggap misteri pada diri kyai ubaidah. yaitu , saat itu adalah saat gencar2nya para penduduk timur tengah hijrah atau sekedar bersilaturrahmi kenegara Indonesia . jadi tak heran jika tanah air kita tercinta ini tak sedikit adanya warga Negara yg dari keturunan arab. dan itu bisa kia saksikan hingga saat ini . tak sedikit pula yang dari Negara yaman , Saudi dll .

salah satu rombongan yg datang dari timur tengah adl rombongan dari Saudi, yaitu Negara tempat baginda Nabi dilahirkan tepatnya kota makkah almukarromah. rombongan itu datang kedesa ndresmo. nah, ketika mereka sampai dindresmo, mereka menanyakan rumah ubaidah. jelas saja hal itu membuat orang2 keheranan. dalam pikir mereka berkata :

" kenapa dengan mereka kok nyari ubaidah bin hajji ? bukankah dia tak pernah keluar desa ? jarang berteman dengan orang2 diluar desa ndresmo ? … " . 
itulah yang terus mereka pikirkan .

melihat ada rombongan yang sepertinya bingung itu, salah satu sesepuh ndresmo mendatangi mereka. karena penasaran, maka sesepuh itu bertanya apa tujuan mereka datang ke ndresmo ?. mereka menjelaskan bahwa mereka kendresmo itu ingin bersilaturrahmi keteman akrab mereka, yaitu ubaidah bin hajji. wah ? jelas org2 ndresmo pada keheranan. lha kapan ubaidah berteman dg orang2 arab itu ?. akhirnya sesepuh ndresmo itupun bertanya lagi :

“ sejak kapan kalian itu kenal dengan ubaidah ? dan dimana ? “ . 
tanyanya penasaran . salah satu dari rombongan arab tadi menjawab :

" kami itu setiap hari bertemu dengan ubaidah disana [dimakkah]. bahkan kami lima kali dalam sehari berkumpul dengan dia. kita sholat berjama’ah bersama 5 waktu disana. kita ini seakan sudah seperti saudara saking akrabnya. nah, setelah kami meninggalkan makkah karena pulang kenegara kami masing2 , maka sejak itulah kami tdk bertemu dengannya lag . kebetulan kami sudah kangen dengan ubaidah . makanya kami bersilaturrahmi kerumahnya “ .

nah coba bayangkan ? betapa kagetnya orang2 yang mendengar langsung penjelasan rombongan tadi ? ternyata apa yg selama ini mereka sangkakan terhadap kyai ubaidah tak benar semuanya . ternyata kyai ubaidah muda yang secara dhahirnya tak pernah melaksanakan sholat 5 waktu seperti yg terlihat , ternyata beliau aktif berjama’ah dimakkah . subhanallah …. Sajak saat itulah , sosok kyai ubaidah sudah tidak dianggap rendah dan hina lagi , beliau sangat dihormati dan diperhitungkan karena kealiman dan kewaliannya tersebut . bahkan beliau pernah menyusul keponakannya ( kyai abdul qohhar bin tholhah bin hajji ) disaat wafatnya kyai mujahid bin ali ashghor bin ali akbar bin sulaiman kemakkah dalam tempo tak kurang sejam ( ndresmo – makkah – ndresmo ) .





Makam Beliau :

ternyata , karomah beliau itu tidak cukup dirasakan disaat beliau masih hidup saja. bahkan sdh meninggalpun karomahnya masih terlihat . yaitu maqbarohnya ( kubur beliau ). kalau kita lihat foto kubur beliau, pasti kita akan heran . karena Cuma satu-satunya kubur yang diberi pagar besi bercat hijau seperti penjara. dikubur lainnya disekitar makam2 ndresmo tak akan kita temui spt itu . itu bukan hanya hiasan atau biar nampak gagah, bukan ! tapi ada kisah2nya seputar kubur itu. sejak dulu , makam beliau itu selalu menampakkan keanehan yg luar biasa . hanya Allah-lah yang tahu maksud semua itu .

salah satu saja yg saya kisahkan disini, yaitu seorang santri yang berziarah kemakam beliau ketika malam tlah larut . dia baca wirid2 yang tlah disiapkan . nah, entah mengapa, tangan santri tadi memegang batu nisan kubur baliau . dari situlah sebuah keanehan terjadi. tangan santri tersebut seakan lengket dan tak bisa melepaskan kedua tangannya dari batu nisan tersebut. jelas saja santri itu menangis. hingga pagipun tangan nya masih lengket kebatu nisan itu . akhirnya para sesepuh ndresmo yang berhasil melepaskannya .

satu lagi, ditahun 90-an keatas, ada salah satu santriku sendiri dari madiun yg juga berziarah kemakam kyai ubaidah. ditengah dia baca wirid, karena hawanya yg sangat dingin dan angin yang semilir akhirnya membuat dirinya mengantuk . nah, disaat rasa kantuk yg tak tertahankan itulah, santri itupun tiba2 kepalanya dibenturkan kebatu nisan itu. padahal saat itu sepi tak ada siapa2 disitu . dia menoleh kesana kemari ternyata sepi. padahal tadi serasa ada tangan yg membenturkan kepalanya .

yg paling menghebohkan adalah sebuah helicopter yg terbang rendah sekali . tatkala melewati tepat diatas kubur beliau itu , mesinnya langsung mati dan mendarat secara darurat . untung tak ada korban kala itu . dan masih banyak kisah2 lainnya seputar kubur itu .

wallahu a’lam bis-showab .

ditunggu kiriman kisah lainnya dari kyai ubaidah bin hajji

jangan lupa komentar ya


karya tulis muhammad khoir



Yuk Mampir di-Chanel Youtube Pemilik Blog ini. KLIK gambar ini.
jangan lupa LIKE , SUBCRIBE , COMENT ya.Matursuwun 


5 comments:

  1. baarokallah .... ana muhammad gufron / nawawi ndresmo

    ReplyDelete
  2. masyaAllah.....

    ReplyDelete
  3. assalamu'alaikum mas abi...... btw tau cikal bakal tonggat gesang gk? (sememi) oh ya mas hubngan mas abi ma K.H.MAS NUR branjangan apa ya tenks........

    ReplyDelete
  4. Subhanallah....jadi pengen sowan keluarga dresmo nich........(salam dari keluarga Tuguran-magelang)

    ReplyDelete
  5. subhanallah....moga bisa sowan...

    ReplyDelete

setelah baca2 ... isi dong commentnya . ok ! kutunggu ya

COBA

COBA

ADSENSE

ADSENSE


html5 tutoriels - cheap morocco desert tours